Home » Terbaru » Wisata » 6 Wisata Jakarta Saat Lebaran yang Buka, Cocok untuk Keluarga!

6 Wisata Jakarta Saat Lebaran yang Buka, Cocok untuk Keluarga!

izan_alhasani February 22, 2024

Diskop.id – Berwisata saat libur lebaran menjadi hal menyenangkan dan sangat ditunggu oleh banyak orang. Bagi warga Jakarta, tentunya ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. Dengan beragam wisata Jakarta saat lebaran, maka akan lebih leluasa dalam menentukan tujuan wisata bersama keluarga.

Beberapa tempat terkenal di Jakarta bisa menjadi pilihan terbaik karena menawarkan pengalaman yang mengasikkan. Daripada bingung lebaran tahun ini mau traveling kemana, sebaiknya ikuti terus informasi berikut agar momen lebaran semakin berkesan.

6 Rekomendasi Tempat Wisata Jakarta Saat Lebaran

6 Rekomendasi Tempat Wisata Jakarta Saat Lebaran

Selain berkumpul bersama keluarga besar, momen lebaran juga sering dimanfaatkan untuk berwisata dan mengunjungi berbagai objek Wisata menarik. Bagi masyarakat yang libur lebaran di Jakarta, berikut ini 6 tempat wisata yang direkomendasikan:

1. Dunia Fantasi

Rekomendasi pertama adalah Dunia Fantasi atau lebih dikenal dengan Dufan. Taman hiburan ini menyediakan beragam keseruan yang akan membuat liburan semakin berkesan dan tak terlupakan.

Di taman hiburan dan wisata lebaran Jakarta ini pengunjung bisa menikmati berbagai macam wahana yang disesuaikan dengan tingkatan usia. Seperti Children Rides bagi anak-anak usia 5-12 tahun. Selain itu anak-anak juga bisa berfoto dengan karakter kartun kesayangan.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan di kawasan Ancol, jangan lewatkan untuk mencoba wahana Bianglala dengan ketinggian hingga 30 meter. Dan bagi yang ingin memacu adrenalin, ada wahana Thrill Rides dengan berbagai ketegangan di dalamnya.

LokasiJalan Lodan Timur, Kota Tua, Ancol, Jakarta Utara, DKI Jakarta
HTMRp200.000 – Rp355.000
Jam Buka10.00 WIB – 17.00 WIB

2. Pantai Ancol

Destinasi wisata Jakarta saat lebaran berikutnya yang tidak kalah asik untuk disambangi adalah Pantai Ancol. Objek wisata yang difavoritkan warga Jakarta ini memang selalu menarik untuk dikunjungi, termasuk saat lebaran tiba.

Lokasinya yang berada di dekat kota menjadikan pantai ini sebagai tempat favorit untuk melepas penat. Dengan garis pantai sepanjang 6,5 km, tentunya ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan selama berada di pantai.

Selain jalan-jalan dan menikmati indahnya suasana pantai, pengunjung bisa menaiki kereta wisata Sato-sato yang akan mengajak berkeliling kawasan Ancol. Selain itu, berenang dan kulineran di kawasan Pantai Ancol menjadi aktivitas yang tidak kalah seru untuk dilakukan.

Tempat wisata di Jakarta yang buka saat lebaran ini sering dimanfaatkan pengunjung untuk piknik. Banyak diantara pengunjung yang membawa bekal makanan untuk dimakan bersama dalam suasana yang penuh kehangatan. Meskipun sederhana, namun sangat berkesan.

LokasiJalan Pantai Nusa Dua No. 13, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta
HTMRp25.000
Jam Buka06.00 WIB – 24.00 WIB

3. Sea World

Wisata Jakarta saat lebaran tidak lengkap tanpa mengunjungi Sea World yang masih berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Objek wisata ini bukan hanya sekedar menyajikan keindahan biota laut saja tetapi juga edukasi yang sangat bermanfaat.

Selain menikmati keanekaragaman biota laut dan air tawar, di kawasan ini pengunjung bisa menyaksikan berbagai macam atraksi yang sangat menghibur. Seperti memberi makan biota laut pada jam-jam tertentu hingga menyentuhnya di area Touch Pool.

Yang tidak kalah seru, pengunjung bisa melakukan aktivitas diving di wahana Fun Dive dan bahkan ikut memberi makan ikan-ikan yang ada di dalamnya. Tentunya aktivitas ini akan menjadi pengalaman luar biasa yang tidak akan terlupakan.

Namun aktivitas menyelam di akuarium ini hanya diperbolehkan bagi pengunjung yang sudah memenuhi syarat. Tujuannya agar aktivitas menyelam tetap aman dan berjalan lancar.

LokasiJalan Lodan Timur, Kota Tua, Ancol, Jakarta Utara, DKI Jakarta
HTMRp110.000 – Rp310.000
Jam Buka09.00 WIB – 16.30 WIB

4. Taman Margasatwa Ragunan

Tempat wisata Jakarta saat lebaran yang direkomendasikan berikutnya adalah Taman Margasatwa Ragunan. Kebun binatang yang sudah berdiri sejak tahun 1814 ini sangat menarik untuk dikunjungi karena menyajikan keanekaragaman satwa di dalamnya.

Lokasinya yang berada di tengah kepadatan kota mampu memberikan kesejukan tersendiri. Karena di kawasan ini banyak pepohonan yang rindang sehingga lingkungannya pun terlihat asri dan sejuk. Sangat cocok untuk piknik keluarga, apalagi tiketnya juga murah meriah.

Tempat wisata saat lebaran ini menawarkan pengalaman liburan yang seru dengan beberapa zona di dalamnya. Pengunjung bisa menjelajahi setiap zona yang ada. Mulai dari Zona Mamalia dengan koleksi satwa seperti Siamang, Marmoset, Harimau Sumatera, dan lain-lain.

Ada pula Zona Reptil yang menjadi habitat Kura-Kura Pipi Merah, Biawak, Sanca Kembang, Kadal Maluku, Sanca Patola, Kadal Lidah Biru, Kadal Hijau, Komodo dan lain sebagainya. Sementara di Zona Unggas dan Burung ada berbagai jenis burung yang bisa disaksikan.

Mulai dari burung Flamingo, Kasuari Gelambir Tunggal, Elang Irian, Pelikan, Beo, Kakatua Raja, Merak Biru, Betet, Nuri Coklat, Burung Unta dan lain sebagainya. Setiap unggas maupun burung memiliki keindahan warna serta kicauan unik yang sangat menghibur.

LokasiJalan Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
HTMRp3.000 – Rp75.000
Jam Buka07.00 WIB – 16.00 WIB

5. Jakarta Aquarium

Jika di kawasan Ancol ada Sea World dengan keanekaragaman biota laut dan air tawar yang sangat memukau, di Jakarta Barat ada Jakarta Aquarium dengan satwa laut yang tidak kalah menarik. Tempat ini tentunya cocok dijadikan salah satu tujuan wisata Jakarta saat lebaran.

Meskipun namanya Jakarta Aquarium, namun koleksi satwa di tempat ini bukan hanya satwa laut saja tetapi juga ada satwa daratnya seperti pinguin, berang-berang, hingga kura-kura. Di tempat ini setidaknya ada 2.000 satwa dari ratusan satwa endemik di Indonesia.

Tempat wisata di Jakarta saat lebaran ini juga menyediakan 12 zona atraksi yang akan membuat pengunjung semakin terhibur. Diantaranya adalah Otter Tunnel yang menampilkan atraksi lucu berang-berang. Ada pula Kolam Sentuh, Aqua Trekking dan lain-lain.

LokasiJalan Letjen S. Parman Kav. 28, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, DKI Jakarta
HTMRp115.000 – Rp225.000
Jam Buka10.00 WIB – 21.00 WIB

6. Taman Mini Indonesia

Taman Mini Indonesia atau sering dikenal dengan singkatan TMII bisa dijadikan pilihan yang menarik untuk acara piknik keluarga. Wisata Jakarta saat lebaran ini akan memberikan pengalaman yang berharga karena menyediakan berbagai macam wahana yang lengkap.

Setidaknya ada 9 taman rekreasi yang bisa dikunjungi saat berada di kawasan TMII. Beberapa diantaranya adalah Taman Flora, Taman Fauna, Taman Monumental, Taman Budaya dan lain-lain. Ada pula Snowbay Waterpark, Dunia Air Tawar dan Istana Anak Indonesia.

Selain itu, wisatawan bisa mengunjungi Anjungan Daerah yang merupakan replikasi kepulauan Indonesia. Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana TMII dari ketinggian bisa menaiki kereta gantung sehingga seolah-olah sedang menyaksikan kepulauan Indonesia.

LokasiJalan Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta
HTMRp25.000
Jam Buka06.00 WIB – 17.00 WIB
Taman Mini Indonesia

Jadi jangan bingung lagi, liburan lebaran tahun ini mau kemana ya! Karena ada banyak tempat wisata Jakarta saat lebaran yang bisa dikunjungi. Sebagai persiapan, untuk tiket masuk yang sudah tersedia secara online sebaiknya langsung dipesan sejak sekarang, takutnya nanti kehabisan pas hari H.

Baca Juga:

 

Artikel Terkait