Home » Terbaru » Gadget » Review iPhone XR Indonesia: Kelebihan & Kekurangannya

Review iPhone XR Indonesia: Kelebihan & Kekurangannya

izan_alhasani February 23, 2024

Harga smartphone keluaran Apple juga telah mengalami penurunan harga pada saat ada model baru yang dirilis, seperti kebanyakan produk gadget lainnya di pasangan. Setelah perilisan seri iPhone 13 beberapa waktu lalu, harga dari iPhone XR sendiri kini sudah menurun secara drastis.

Ya, karena memang smartphone yang satu ini sudah tertinggal beberapa generasi dari model terbaru. Walaupun begitu, bukan berarti seri XR ini bisa dikesampingkan begitu saja. Ponsel ini masih tetap layak untuk digunakan di tahun ini.

Selain harganya yang terbilang cukup terjangkau, fitur-fitur yang dimilikinya dirasa masih cukup untuk memenuhi kebutuhan dari para penggunanya. Namun sebelum itu, simak dulu review kelebihan dan kekurangan iPhone XR yang ada di bawah ini.

Kelebihan iPhone XR

Kelebihan iPhone XR

Walaupun sudah dirilis sejak beberapa tahun silam, namun banyak pengguna yang menganggap jika iPhone XR masih bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini bisa terjadi karena ponsel tersebut mempunyai beberapa kelebihan sebagai berikut ini.

1. Varian warna yang cantik

Demi memenuhi kebutuhan pengguna akan tampilan yang keren saat digunakan, ponsel ini menghadirkan 6 varian warna yang cantik. Keenam warna yang dimaksud tersebut adalah kuning, biru, merah, koral, putih, dan juga netral hitam.

Adanya beberapa varian warna tersebut, tentu saja dapat membantu para pengguna untuk menentukan dan memilih warna yang paling sesuai dengan gaya. Tidak usah khawatir, varian-varian warna tersebut tidak terlalu mencolok sehingga tetap nyaman saat dipandang.

2. Fitur keamanan dengan face ID

Seperti yang sudah diketahui, jika Apple sudah beralih ke sistem keamanan face ID yang mengutamakan keamanan dengan menggunakan wajah dari para penggunanya. Dengan teknologi sensor infrared, fitur yang satu ini akan memudahkan pengguna saat akan membuka kunci ponsel.

Sinar infrared itu sendiri disematkan pada bagian poni depan ponsel, sehingga sistem keamanan dari smartphone ini akan sulit untuk dikelabui. Tidak perlu khawatir, keamanan ponsel ini tetap tidak bisa dengan menggunakan foto maupun saat pengguna tertidur.

3. Chipset yang powerful untuk melibas semua game

Sama seperti pendahulunya yaitu iPhone X series, chipset yang digunakan pada smartphone satu ini adalah A12 Bionic. Dengan fabrikasi yang mencapai 7 nm, ponsel ini mampu menghadirkan performa yang powerful namun tetap hemat daya.

Apple A12 Bionic tersebut dipadukan dengan Apple GPU, sehingga mampu melibas berbagai macam game dengan grafis tinggi tanpa ada kendala sedikitpun. Selain melibas game berat, tentu saja scroll media sosial atau penjelajahan web bisa dilakukan dengan sangat lancar.

4. Kemampuan kamera yang andal

Dengan menggunakan konfigurasi single camera, iPhone XR ini berhasil mencatatkan skor sebesar 104 untuk foto dan 96 untuk video di DxOMark. Dari segi pengambilan foto, ponsel ini mampu menghasilkan foto dengan warna, eksposur, dan juga detail yang sangat baik.

Kemudian dalam hal pengambilan gambar, lensa tunggal yang digunakan oleh ponsel ini juga dapat memberikan tangkapan dengan dynamic range yang sangat baik, bahkan dalam kondisi minim cahaya. Selain itu, sistem stabilisasi yang baik membuat video yang dihasilkan tidak goyang-goyang.

5. Daya baterai yang tahan lama

Ada satu hal yang sangat menarik dan mencolok dari ponsel ini jika dibandingkan dengan ponsel keluaran Apple yang lainnya, yakni daya tahan baterai yang dimiliki. Menurut klaim resmi dari Apple, iPhone XR dapa bertahan lebih lama 90 menit dari iPhone 8 Plus.

Walaupun harganya lebih terjangkau dari beberapa seri lain, namun ternyata Apple sudah menyematkan fitur wireless charging pada smartphone yang satu ini. Jikalau ingin mengisi ulang daya dengan kabel, maka dapat mengisi dengan kecepatan 15 W.

6. Aman dari kotoran, air, dan debu

Bagi pengguna yang suka membawa ponsel berenang, ke kamar mandi, maupun ke tempat-tempat yang basah, tidak usah khawatir. Hal ini karena iPhone XR telah memiliki sertifikasi IP67, sebagai bukti jika ponsel tersebut benar-benar tahan akan air, debu, atau bahkan kotoran lainnya.

Khusus untuk ponsel yang satu ini, sertifikasi tersebut menunjukkan jika ponsel ini mampu bertahan di dalam air sampai kedalaman 1 meter selama 30 meter. Selain itu, seri XR ini juga benar-benar aman dan dapat terhindar dari berbagai kotoran dan debu yang bisa masuk ke dalamnya.

7. iPhone resmi paling murah saat ini

Bagi yang ingin merasakan sensasi menggunakan Apple ataupun pengguna yang ingin upgrade dari seri sebelumnya, iPhone XR ini menjadi smartphone besutan Apple yang paling murah. Meskipun begitu, desain yang digunakan mirip seperti ponsel flagship milik Apple.

Untuk bisa memiliki ponsel yang satu ini, para pengguna hanya perlu mengeluarkan dana mulai dari 7 jutaan rupiah saja. Harga tersebut tentu sangan layak, mengingat XR memiliki desain yang cantik, performa berkelas, dan juga fitur-fitur yang sangat mumpuni.

Kekurangan iPhone XR

Review Kelebihan dan Kekurangan iPhone XR

Saat review iPhone XR, rasanya tentu tidak lengkap jika yang dibahas hanya kelebihannya saja. Ada pun kekurangan dari ponsel yang satu ini bisa dijadikan sebagai patokan apakah layak digunakan atau tidak. Nah, langsung saja berikut ini kekurangan dari iPhone seri XR.

1. Tidak ada lensa ultra wide

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jika ponsel yang satu ini hanya menggunakan konfigurasi kamera tunggal saja. Walaupun gambar yang dihasilkan sudah cukup bagus, tetap saja tidak adanya lensa ultra wide ini adalah sebuah kekurangan.

Apalagi jika dibandingkan dengan smartphone Android dengan range harga yang sama, kebanyakan konfigurasi kamera yang digunakan sudah mencai 4 atau bahkan 5 lensa. Akan tetapi kembali lagi, jika satu lensa dari ponsel sudah mampu mencukupi kebutuhan pengambilan video dan foto.

2. Tidak termasuk charger dalam paket penjualan

Sejak beberapa generasi terakhir, Apple telah memutuskan untuk melakukan pembaruan dalam paket penjualan. Nah, iPhone XR sendiri menjadi salah satu seri yang termasuk di dalam pembaruan, dimana para pengguna tidak akan menemukan charger dalam paket penjualannya.

Dalam paket penjualan dari smartphone tersebut, pengguna hanya akan menemukan unit smartphone dan USB type-C ke USB lighting saja. Bagi yang belum punya, maka pengguna harus membeli kepala charger sendiri yang harganya cukup mahal.

3. Menggunakan jenis panel LCD

Jika dibandingkan dengan smartphone Android dengan harga yang sama, bisa dibilang layar yang digunakan oleh ponsel ini sedikit ketinggalan. Pasalnya XR masih menggunakan jenis panel LCD, yang pastinya terasa kurang untuk ponsel-ponsel seharga 7 jutaan rupiah.

Selain gambar yang dihasilkan kualitasnya masih ada di bawah jenis panel LED, penggunaan dari panel LCD ini juga akan membuat bagian bezel terasa tebal. Hal ini karena sifat LCD yang kaku serta layar sulit untuk dilipat, terutama di bagian sisi-sisinya.

Setiap ponsel pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk juga dengan iPhone XR. Tinggal penggunanya sendiri yang perlu menyesuaikan kekurangan dan kelebihan tersebut dengan keinginan dan juga kebutuhan.

Baca Juga:

Artikel Terkait