Home » Terbaru » Wisata » 11 Tips Liburan Saat Puasa yang Nyaman dengan Keluarga

11 Tips Liburan Saat Puasa yang Nyaman dengan Keluarga

izan_alhasani May 21, 2024

Diskop.id – Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan, rahmat dan ampunan. Pada bulan Ramadhan umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Lantas bagaimana dengan umat muslim yang ingin menikmati liburan di bulan Ramadhan, apakah ada tips liburan saat puasa yang bisa dilakukan?

Sebenarnya puasa tidak menghalangi seseorang untuk melakukan aktivitas liburan yang menyenangkan. Meski begitu, tetap saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar puasa yang dijalankan tetap lancar dan liburan terasa semakin menyenangkan.

Tips Liburan Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Tips Liburan Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Apa yang harus dipersiapkan ketika merencanakan liburan di bulan puasa? Pertanyaan tersebut mungkin juga pernah singgah di benak Anda yang ingin tetap liburan meskipun sedang menjalani ibadah puasa. Pasalnya liburan saat puasa sangat berbeda dengan liburan sebelum puasa.

Tentunya ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan dan perlu dilakukan agar liburan semakin menyenangkan. Jangan hanya karena ingin menikmati liburan, puasa Ramadhan yang menjadi kewajiban justru dikorbankan. Lantas, apa saja tips liburan yang harus diperhatikan?

1. Memilih Destinasi yang Tepat

Tps pertama adalah memilih destinasi Wisata yang tepat. Dalam hal ini daerah yang terkenal dengan wisata halalnya bisa dijadikan pilihan. Mengunjungi beberapa tempat yang menawarkan wisata religi juga tidak kalah menarik untuk dipertimbangkan.

Selain itu, memilih destinasi wisata yang berada di dataran tinggi seperti Malang, Batu, atau Lembang bisa jadi ide yang tepat. Karena cuaca dan suhu udara di wilayah tersebut cenderung sejuk dan tidak panas, sehingga tidak akan membuat puasa semakin berat.

2. Membawa Perlengkapan Ibadah

Untuk keperluan sholat selama kegiatan liburan, pastikan Anda sudah membawa perlengkapan sholat sendiri. Tentunya berupa mukena dan sajadah bagi wanita serta sarung, peci dan sajadah bagi pria.

Meskipun di beberapa masjid sudah menyediakan perlengkapan sholat, namun tidak ada salahnya membawa perlengkapan sendiri dari rumah. Selain lebih higienis, menggunakan perlengkapan sholat yang dibawa sendiri tentu akan jauh lebih nyaman.

3. Aktivitas Wisata yang Bermanfaat

Dapat dikatakan bahwa konsep wisata yang paling tepat di Bulan Ramadhan adalah wisata religi. Dengan melakukan kegiatan wisata religi maka Anda bisa mendapatkan manfaat yang baik dan bukan hanya sekedar jalan-jalan atau refreshing saja.

Salah satunya bisa dengan mengunjungi masjid-masjid yang bersejarah dan merasakan momen ibadah di masjid tersebut. Tentunya momen liburan saat puasa akan semakin berkesan dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

4. Perhatikan Jadwal Sahur dan Berbuka

Tips liburan saat puasa selanjutnya adalah memperhatikan jadwal sahur dan berbuka. Hal ini sangat penting, terutama untuk tujuan wisata yang jadwalnya berbeda dari tempat asal.

Oleh karena itu, sebelum mengunjungi tempat wisata yang diinginkan, pastikan jadwal sahur dan puasa di tempat tersebut sudah diketahui. Salah satunya bisa dengan memanfaatkan informasi dari Google.

5. Fasilitas Ibadah yang Memadai

Meskipun sedang liburan, namun ibadah tetap nomor satu dan tidak boleh ditinggalkan. Jadi sebelum mengunjungi tempat wisata yang akan dituju, pastikan terlebih dulu bahwa di lokasi wisata tersebut menyediakan fasilitas ibadah yang memadai.

Dengan begitu, Anda bisa tetap menjalankan ibadah sholat dengan tenang dan nyaman selama liburan di tempat wisata.

6. Manfaatkan Perjalanan dengan Membaca Al Qur’an atau Mendengarkan Murottal

Tips liburan saat puasa berikutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah memanfaatkan waktu perjalanan dengan kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya mendengarkan murottal.

Seperti yang diketahui, selama bulan Ramadhan semua amal ibadah akan dilipatgandakan pahalanya. Termasuk membaca Al Qur’an dan mendengarkan bacaan ayat suci Al Qur’an. Kalau memang tidak memungkinkan untuk membacanya setidaknya Anda mendengarkannya.

Karena dengan mendengarkan bacaan Al Qur’an pun Anda akan tetap mendapatkan pahala. Bukan hanya itu saja, bacaan Al Qur’an juga akan memberikan rasa tenang selama perjalanan sehingga tidak ada ruginya untuk dilakukan.

7. Asupan Gizi Seimbang

Tips puasa lancar yang perlu dilakukan ketika sedang liburan adalah memastikan tubuh mendapatkan asupan gizi seimbang. Sehingga mampu memberikan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas saat liburan.

Dengan kebutuhan nutrisi yang terpenuhi dengan baik, maka Anda bisa tetap bugar ketika sedang liburan ke tempat wisata. Tentunya kondisi yang bugar akan membuat perjalanan wisata semakin menyenangkan.

8. Banyak Minum Air Putih dan Konsumsi Vitamin

Selain asupan gizi yang seimbang, banyak mengkonsumsi air putih juga bisa menjadi salah satu tips liburan saat puasa yang harus diperhatikan. Kekurangan cairan tubuh saat puasa dapat menurunkan stamina sehingga cenderung lemas dan kurang bertenaga.

Oleh karena itu, sebelum menjalankan kegiatan liburan pastikan kebutuhan cairan sudah terpenuhi dengan baik. Yaitu dengan mengkonsumsi banyak air putih di malam hari dan saat sahur. Hal ini sangat penting agar tidak mengalami dehidrasi selama puasa dan liburan.

Agar kebutuhan cairan terpenuhi, dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari dan 2 gelas saat sahur. Selain air putih, penting juga untuk mengkonsumsi vitamin agar kondisi tubuh tetap fit selama liburan meskipun sedang berpuasa.

9. Batasi Kegiatan di Siang Hari

Kondisi siang hari yang cenderung terik akan membuat Anda lebih mudah haus sehingga perlu disiasati dengan cara yang tepat. Salah satunya adalah membatasi kegiatan bepergian di siang hari. Dalam hal ini Anda bisa datang pagi-pagi atau bahkan di sore hari saat matahari meredup.

Jalan-jalan ke tempat wisata di sore hari bisa sekaligus sebagai aktivitas ngabuburit sembari menunggu waktu berbuka. Tentunya akan lebih menyenangkan jika di sekitar tempat wisata tersebut menyediakan berbagai menu buka puasa yang menggugah selera.

10. Pilih Destinasi Malam Hari

Selain membatasi perjalanan wisata di siang hari, tips liburan saat puasa berikutnya adalah mencari rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi malam hari. Salah satunya dengan menjelajahi wisata kuliner di tempat wisata seperti pasar Ramadhan dan lain sebagainya.

Destinasi wisata malam sendiri memiliki daya tarik yang berbeda karena menawarkan suasana Ramadhan yang lebih sejuk. Tentunya ada beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi untuk melengkapi liburan di hari tersebut sebelum melanjutkan perjalanan di esok hari.

11. Pastikan Istirahat Cukup

Tips selanjutnya yang tidak boleh disepelekan adalah memastikan bahwa istirahat Anda cukup dan berkualitas. Oleh karena itu, waktu istirahat harus diatur dengan baik agar tubuh bisa kembali berenergi dan siap untuk menjalani aktivitas liburan yang sudah direncanakan.

Dalam hal ini Anda bisa mencari rekomendasi penginapan atau hotel yang menyediakan fasilitas memadai sehingga bisa mendapatkan tidur berkualitas. Selain itu, fasilitas yang memadai juga akan memberikan kenyamanan tersendiri.

Pastikan Istirahat Cukup

Jadi meskipun sedang berpuasa, ternyata hal itu tidak menghalangi untuk tetap menjalani aktivitas liburan yang menyenangkan. Agar puasa tetap lancar dan liburan semakin berkesan, jangan lupa untuk memperhatikan 11 tips liburan saat puasa yang telah dijelaskan di atas. Tetap semangat puasa ya!

Baca Juga:

Artikel Terkait