Home » Terbaru » Wisata » 10 Pilihan Wisata NTT Juara 1 Dunia, Nggak Cuma Labuan Bajo!

10 Pilihan Wisata NTT Juara 1 Dunia, Nggak Cuma Labuan Bajo!

izan_alhasani May 26, 2024

Diskop.id – Wisata NTT sangat bervariasi yang didominasi oleh keindahan alam dan kekayaan budaya. Panorama provinsi ini mampu memikat wisatawan dari berbagai wilayah. NTT dibentuk oleh tiga pulau utama dengan keunikan yang istimewa, yaitu Sumba, Timor Barat, dan Flores.

Beberapa destinasi alam di NTT bahkan diakui oleh lembaga internasional. Contohnya seperti Taman Nasional Pulau Komodo yang menjadi warisan dunia menurut UNESCO. Tentu ada lebih banyak keindahan yang dapat ditelusuri ketika berkunjung di provinsi cantik ini!

Rekomendasi Wisata NTT Wajib Dikunjungi

Daftar Pilihan Wisata NTT

NTT memang dikenal sebagai salah satu daerah wisata di Indonesia karena keindahan panorama alam merupakan keunggulan utamanya. Berikut beberapa destinasi yang dapat membuktikan kecantikannya, dijamin akan membuat siapa pun terpukau!

1. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu terlihat unik dengan menampilkan kombinasi tiga warna, yaitu putih, biru, dan merah. Perbedaan warna ini disebabkan oleh kandungan belerang dan mineral lainnya yang terdapat di dalam danau. Siapa saja yang melihat warna-warna cantik di destinasi ini pasti akan merasa terpukau.

Lokasinya di puncak Gunung Kelimutu juga menjadi alasan kenapa danau ini mengundang perhatian banyak wisatwan. Wisatawan bisa melihat-lihat keindahan Flores dari ketinggian. Udara di sekitar wisata Danau Kelimutu juga cukup sejuk, sehingga membuat Anda merasa lebih segar.

2. Pantai Nemberala

Pantai menjadi salah satu destinasi wisata alam andalan yang dimiliki oleh NTT. Pantai Nembrala adalah bukti nyata betapa mengesankan wisata bahari yang dimiliki oleh provinsi ini.

Pantai Nemberala memiliki ombak yang cukup tinggi, sehingga cocok dijadikan arena berselancar. Air lautnya jernih dengan pohon-pohon kelapa berbaris rapi di pinggir pantai membuat Nemerala terlihat semakin cantik.

Wisata pantai NTT ini juga dilengkapi fasilitas lengkap, seperti homestay dan rumah makan. Jika tertarik mengunjunginya, maka langsung saja datang ke Kabupaten Rote Ndao.

3. Pantai Lasiana

Hamparan pasir putih tampak berkilau ketika tertimpa cahaya matahari di pesisir Pantai Lasiana. Airnya begitu jernih dengan perbedaan warna yang agak mencolok di bagian tepi ke tengah laut. Tekstur pasir terasa halus ketika diinjak sehingga akan membuat siapa pun betah bermain di sini.

Pantai Lasiana merupakan salah satu destinasi kebanggaan masyarakat setempat yang cukup populer di kalangan wisatawan. Fasilitas penunjang wisata di Pantai Lasiana cukup lengkap dan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

4. Pulau Alor

Keanekaragaman terumbu karang menjadi daya tarik utama di Pulau Alor. Destinasi ini kerap dikunjungi oleh wisatawan domestik hingga mancanegara yang hobi menyelam. Terdapat 18 spot penyelaman yang dapat dijelajahi untuk menambah pengalaman bersenang-senang di bawah laut.

Rekomendasi wisata NTT ini cocok dipilih oleh wisatawan yang menyukai keindahan bawah laut. Kawasan perairannya begitu jernih, sehingga keindahan aneka biota laut lebih mudah terlihat. Ciptakan pengalaman tidak terlupakan melalui kegiatan diving atau snorkeling di Pulau Alor yang menawan!

5. Batu Termanu

Tertarik mengunjungi wisata yang menyuguhkan cerita rakyat? Datanglah ke Batu Termanu, tempat di mana cerita rakyat setempat menjadi tambahan daya tarik wisata. Konon kabarnya batu di destinasi wisata ini bisa berpindah-pindah dengan sendirinya.

Batu Termanu merupakan wisata kebanggaan masyarakat Kabupaten Rote Ndao. Terdapat dua pilihan perjalanan yang bisa dijelajahi, yakni Batu Suelay dan Batu Hun. Selain melihat keunikan Batu Termanu, Anda juga bisa melakukan snorkeling dan memancing.

Berbagai jenis ikan dan biota lait hidup di perairan Batu Termanu. Pengunjung bisa memancing untuk kemudian dimasak sendiri. Destinasi wisata ini cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi dengan kesempatan merasakan sensasi memasak makanan yang diambil dari alam secara langsung.

6. Pulau Padar

Pilihan wisata NTT lainnya adalah Pulau Padar yang dikenal memilki keindahan pulau tersendiri. Pulau Padar berada di antara Pulau Rica dan Pulau Komodo sehingga kerap menjadi persinggahan sementara sekaligus tempat berwisata.

Meskipun pulau ini tidak berpenghuni, tetapi tetap menarik untuk dikunjungi karena panorama alamnya begitu indah. Pulau Padar dikenal juga sebagai wisata bukti yang panjang membentang di tengah lautan.

Pulau ini tetap terlihat memesona walaupun tandus dan kering. Laut berwarna hijau kebiruan yang mengapitnya berhasil menciptakan suasana menenangkan.

Butuh usaha untuk bisa mendaki hingga ke puncak dan pastinya melelahkan. Perjuangan ini nantinya akan terbayar lunas setelah melihat pemandangan dari puncak bukit Pulau Padar.

7. Gua Liang Bua

Apa saja wisata NTT yang sudah tidak asing di kalangan pecinta arkeologi? Gua Liang Bua tampaknya bisa menjadi salah satu jawabannya. Keberadaan tengkorak manusia purba bertubuh pendek bernama Homo floresiensis menjadi alasan kenapa gua ini mengundang perhatian.

Para arkeolog pernah berdatangan ke lokasi ini untuk melakukan penelitian. Gua Liang Bua menjadi salah satu destinasi andalan Kabupaten Manggarai saat ini. Selain jejak-jejak kehidupan purbakala yang menarik untuk dijelajahi, Anda juga bisa menyaksikan keindahan stalakmitnya.

Stalaktit yang tampak tajam dan kokoh menempel di langit-langit gua. Batu kapur yang sudah terbentuk selama puluhan tahun ini menciptakan pemandangan eksotis. Wisatawan bisa belajar sedikit tentang manusia purba sambil menikmati panorama Gua Liang Bua.

8. Air Terjun Oehala

Perjalanan di NTT terasa kurang lengkap bila tidak mengunjungi salah satu wisata air terjunnya, seperti Air Terjun Oehala. Air Terjun Oehala ini tampak mewah dan indah dengan bentuk beberapa tingkatan seperti tangga.

Air Terjun Oehala menawarkan suasana sejuk dan damai khas pegunungan. Tempat ini cocok dipilih untuk sekadar menenangkan pikiran. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota sehingga lebih bagus jika dikunjungi bersama rombongan.

Anda juga bisa menggunakan jasa pemandu untuk mendapatkan perjalanan yang menyenangkan tanpa tersesat ke air terjun cantik ini. Namun jika cukup percaya diri dalam membaca arah, sebaiknya lakukan penjelajahan bersama teman-teman terdekat agar semakin seru.

9. Labuan Bajo

Labuan Bajo bukan hanya destinasi kebanggaan NTT, melainkan wisata kebanggaan Indonesia. Eksistensinya sudah terkenal hingga ke mancanegara. Wisatawan dari berbagai belahan dunia datang rela datang ke sini untuk menikmati keindahannya.

Keindahan pesona bawah lautnya akan membuat siapa pun ingin datang berulang kali. Aneka biota laut indah sangat menarik untuk diamati. Kegiatan diving dan snorkeling menjadi salah satu aktivitas wajib di Labuan Bajo.

Labuan Bajo juga mengalami pembangunan secara berkelanjutan. Kondisi tersebut dapat dilihat perbaikan dan perawatan fasilitas yang dilakukan terus-menerus, sehingga berhasil menciptakan suasana nyaman bagi wisatawan.

10. Pantai Pink

Pesona wisata NTT bukan hanya cantik secara alami, melainkan juga punya keunikan. Buktinya adalah Pantai Pink yang menyajikan hamparan pasir berwarna merah jambu. Tekstur pasir di pantai ini halus dan  tetap terasa nyaman ketika diinjak tanpa alas kaki.

Pantai cantik ini juga mempunyai air laut kehijauan yang sangat jernih. Ketika terjadi air pasang sampai ke hamparan pasir yang berwarna pink, pemandangannya benar-benar begitu unik dan menarik.

Kombinasi hijaunya laut, pasir merah jambu, serta perbukitan di salah satu sisi pantai tampak memesona. Sulit untuk melupakan panorama alam yang dilihat di Pantai Pink, apalagi jika dikunjungi ketika matahari akan terbenam.

Pantai Pink

Wisata NTT dengan pesona keindahan alamnya bisa menjadi salah satu tujuan wisata ketika waktu liburan. Anda bisa mengunjungi berbagai lokasi wisata, mulai dari wisata air terjun, pulau, hingga pantai yang menakjubkan.

Baca Juga:

Artikel Terkait