Home » Terbaru » Wisata » Arti dari Staycation Itu Apa Sih? Ini Penjelasannya Lengkap!

Arti dari Staycation Itu Apa Sih? Ini Penjelasannya Lengkap!

izan_alhasani April 19, 2024

Diskop.id – Akhir-akhir ini istilah staycation menjadi tren tersendiri karena sering dibahas dalam berbagai tayangan, seperti yang terlihat di televisi maupun media online. Sebenarnya apa arti dari staycation, dan bagaimana konsep dari staycation itu sendiri?

Bagi yang masih awam tentu belum begitu paham dengan apa itu staycation. Untuk memahami konsep liburan tersebut, berikut ini akan dibahas secara lengkap tentang definisi staycation, konsep, keuntungan serta tips-nya.

Definisi Staycation adalah..

Apa itu staycation? Jika dari segi bahasanya, staycation terdiri dari kata stay yang artinya tinggal atau tetap dan cation yang asal katanya dari vacation yang berarti liburan. Jika diartikan secara bebas maka staycation merupakan konsep liburan dengan menetap atau tinggal di suatu tempat.

Sementara menurut Cambridge Dictionary, istilah staycation bisa diartikan sebagai konsep liburan tanpa perlu pergi ke tempat lain dan hanya dilakukan di dekat rumah. Jadi secara sederhana, orang yang melakukan staycation menjadi wisatawan di kota sendiri.

Bagaimana Konsep dari Staycation?

Bagaimana Konsep dari Staycation?

Arti dari staycation seperti yang telah didefinisikan sebelumnya merujuk pada kegiatan liburan yang dilakukan di dekat rumah. Itu artinya akan lebih menghemat waktu, tenaga dan biaya. Konsep staycation sendiri lebih kepada liburan hemat dan tidak berkontribusi dalam kerusakan lingkungan.

Seperti yang diketahui, kegiatan liburan di berbagai tempat wisata biasanya sering menimbulkan dampak kerusakan lingkungan akibat banyaknya wisatawan yang membuang sampah sembarangan. Konsep awal dari staycation sendiri bermula pada tahun 2008 ketika krisis ekonomi melanda Amerika.

Krisis ekonomi tersebut memaksa banyak rumah tangga di Amerika untuk menekan pengeluaran, termasuk anggaran untuk kegiatan liburan. Kondisi tersebut membuat banyak orang mencoba untuk menemukan hal menarik yang ada di sekitar mereka.

Arti dari Staycation bagi Masyarakat Indonesia

Istilah staycation cukup populer di Indonesia dan diartikan sebagai kegiatan liburan yang dilakukan dengan menetap atau tinggal di suatu tempat, bisa di villa, apartemen atau hotel yang letaknya masih berada dalam satu kota atau tidak terlalu jauh dari rumah.

Salah satu alasan melakukan staycation adalah untuk menyiasati waktu liburan yang terbatas. Selain itu, kegiatan staycation juga dianggap cukup efektif untuk melepas kepenatan dan rasa jenuh setelah disibukkan dengan berbagai aktivitas.

Suasana yang berbeda dengan fasilitas yang lengkap akan membuat momen liburan lebih berkesan daripada hanya berdiam diri di rumah. Apalagi jika tempat menginap yang dipilih berdekatan dengan taman hiburan, pusat kuliner dan mall.

Keuntungan Melakukan Staycation

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa arti staycation adalah melakukan kegiatan liburan dengan tinggal di suatu tempat yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah. Lantas apa saja keuntungan yang akan didapatkan dari aktivitas tersebut? Inilah penjelasannya.

1. Mudah untuk Direncanakan

Berbeda dari konsep liburan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri yang membutuhkan banyak persiapan dan perencanaan yang matang, staycation lebih mudah untuk direncanakan. Tanpa perlu repot memikirkan tiket dan kota atau negara yang dituju, staycation bisa dilakukan.

Yang diperlukan hanya mencari hotel, penginapan atau villa yang lokasinya tidak jauh dari rumah dan aktivitas staycation pun bisa langsung dilakukan. Tentunya aktivitas tersebut akan semakin menyenangkan jika mengajak keluarga atau pasangan bagi yang sudah menikah.

2. Jatah Cuti bisa Tetap Aman

Dengan perencanaan yang mudah dan tidak perlu banyak persiapan yang berat, arti dari staycation bagi pekerja tentu sangat penting. Karena dengan melakukan staycation pekerja tidak perlu mengganggu jatah cuti yang dimiliki.

Kegiatan tersebut bisa dilakukan pada akhir pekan dengan menghabiskan liburan akhir pekan di hotel atau villa yang tidak jauh dari rumah. Dengan begitu jatah cuti bisa tetap aman dan bisa dimanfaatkan untuk liburan panjang bersama keluarga.

3. Mengeksplorasi Daerah di Sekitar Tempat Tinggal

Keuntungan lain dari kegiatan staycation adalah bisa mengeksplorasi berbagai macam spot menarik di daerah sekitar tempat tinggal. Pastinya ada banyak tempat menarik yang bisa dieksplorasi dan hal ini akan memberikan energi tersendiri sehingga semakin bersemangat.

4. Menghemat Waktu dan Biaya

Melakukan staycation juga akan lebih menguntungkan karena menghemat waktu dan biaya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kegiatan staycation ini bisa dilakukan pada akhir pekan dengan memilih hotel atau penginapan yang tidak begitu jauh dari rumah.

Staycation juga lebih menghemat biaya karena tidak perlu memikirkan biaya pembelian tiket pesawat, akomodasi maupun pengeluaran tak terduga selama menjalani liburan. Dengan liburan di dekat rumah maka biaya yang dikeluarkan bisa lebih dihemat.

5. Efektif untuk Menghilangkan Stress

Arti dari staycation bagi orang yang melakukannya juga akan sangat bermanfaat karena cukup efektif untuk membantu menghilangkan stress. Dengan tinggal di hotel atau penginapan yang menyediakan fasilitas lengkap maka hal itu akan memberikan pengalaman yang berbeda.

Kegiatan staycation di hotel atau penginapan dekat rumah juga akan memberikan suasana yang berbeda. Meskipun terlihat sederhana, namun hal itu akan membantu melepaskan penat dan rasa jenuh sehingga tingkat stress juga akan menurun.

6. Quality Time dengan Keluarga Lebih Maksimal

Menghabiskan waktu yang berkualitas dengan keluarga memang bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke suatu tempat. Tapi kegiatan staycation yang dilakukan bersama keluarga di hotel akan membuat momen quality time bersama keluarga akan lebih maksimal.

7. Momen Spesial semakin Berkesan

Meskipun merayakan momen spesial bersama orang yang disayangi bisa dilakukan di rumah, namun akan tetap berbeda jika dilakukan saat staycation.

Arti staycation juga penting dalam perayaan momen spesial seperti ulang tahun perkawinan atau ulang tahun keluarga karena akan terasa lebih berkesan.

Seperti yang diketahui, yang namanya momen spesial tidak terjadi setiap hari sehingga merayakannya dengan staycation akan membuat perayaan tersebut semakin spesial dan tidak terlupakan.

8. Lebih Produktif setelah Staycation

Keuntungan lain yang akan didapatkan dari aktivitas staycation adalah bisa lebih produktif. Hal ini bisa terjadi karena sebelumnya sudah menikmati suasana yang berbeda dan melakukan aktivitas seru sehingga akan memberikan energi positif dan meningkatkan mood.

Tips Staycation Hemat

Tips Staycation Hemat

Bagi yang sedang merencanakan kegiatan staycation singkat bersama keluarga atau teman-teman, berikut ini adalah beberapa tips staycation hemat yang perlu diperhatikan:

1. Membuat Agenda Liburan

Tips pertama adalah membuat agenda liburan dengan menentukan waktu serta tujuan dari kegiatan staycation. Apakah untuk healing, quality time bersama keluarga, pasangan atau bahkan me time.

2. Tempat Menginap yang Murah dan Nyaman

Untuk mendapatkan harga yang murah, pastikan membooking hotel sejak dari jauh hari dan manfaatkan promo yang disediakan. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan promohotem yang ditawarkan setiap bulannya.

3. Menyiapkan Bekal Makanan

Bagi yang memilih menginap di villa atau homestay bisa membawa bekal dari rumah seperti sosis, daging, jagung, dan lainnya sehingga bisa menghemat pengeluaran. Momen quality time bersama keluarga atau teman-teman tentunya akan semakin seru dengan acara barbeque.

Arti dari stacation sebenarnya lebih ke menghabiskan liburan dengan menginap atau tinggal di penginapan yang lokasinya tidak jauh dari rumah. Liburan dengan waktu yang terbatas ini akan lebih menghemat biaya namun cukup efektif untuk mengusir penat dan menghilangkan stress.

Baca Juga:

Artikel Terkait