Home » Terbaru » Gadget » Review OPPO Reno 8 5G – Spesifikasi, Kelebihan & Kekurangan

Review OPPO Reno 8 5G – Spesifikasi, Kelebihan & Kekurangan

izan_alhasani June 20, 2024

Meski sudah rilis sekitar satu tahun yang lalu, namun Reno 8 masih relevan sampai sekarang. OPPO Reno 8 hadir dengan dua varian, yaitu Reno 8 5G dan Reno 8 4G. Tentunya, versi 5G lebih mahal dibandingkan dengan versi 4G.

Namun, artikel ini akan membahas Reno 8 5G secara khusus, mulai dari performa, desain, layar dan lain sebagainya. Bagi kamu penggemar smartphone OPPO dan ingin menjajal Reno 8 5G, bisa cek review serta kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Review Spesifikasi OPPO Reno 8 5G

Sebelum membeli smartphone, memang penting untuk tahu spesifikasi yang diusungnya. Jadi, pembeli tidak seperti membeli kucing dalam karung, karena sudah tahu spesifikasi smartphone dengan baik. Bisa dijadikan pertimbangan untuk jadi beli atau tidak.

Bicara tentang smartphone OPPO, seri Reno termasuk yang terbaik, keunggulan utamanya terletak pada kamera. Namun jangan salah, karena Reno 8 5G tidak hanya unggul di kamera saja, karena spesifikasi chip dan layarnya juga luar biasa.

1. Desain

Desain

Pertama, kita akan membahas desain dari Reno 8 5G. Bagian belakang smartphone ini memiliki area tonjolan untuk tempat kamera, yang menyatu dengan bodi smartphone. Warnanya yang shimmer gold membuat smartphone ini terlihat cantik dan memesona.

Menariknya, warna shimmer gold ini bisa terlihat berbeda-beda, tergantung dari mana sudut untuk melihat, serta cahaya di sekitar. Jadi, smartphone ini bisa terlihat keemasan, perak atau campuran berbagai warna yang indah.

Selain enak dipandang, Reno 8 5G juga nyaman digenggam, karena berat dan dimensinya yang pas. Pasalnya, meski mengusung model datar, namun Reno 8 5G memiliki area yang miring di tepi, membuatnya tidak terasa tajam di genggaman.

Beralih ke sisi kiri smartphone, ada tombol untuk mengatur volume. Tombol power sendiri berada di sisi kanan, sedangkan di bagian bawah ada slot kartu SIM ganda serta port USB Type-C. Sayangnya, tidak seperti Reno 8 4G, Reno 8 5G tidak memiliki sertifikasi IPX4, jadi tidak tahan air dan debu.

2. Layar

Bagaimana dengan layar OPPO Reno 8 5G? Jangan khawatir, Reno 8 5G telah menggunakan layar AMOLED 6,4 inci, dengan spesifikasi sebagai berikut :

  • Resolusi 2400 x 1080 piksel
  • Refresh rate 90Hz
  • 90% DCI-P3
  • Corning Gorilla Glass 5
  • Kamera depan di sisi kiri atas layar

Well, smartphone ini memang hanya memiliki refresh rate 90 Hz (tidak setinggi 120Hz), namun tetap bisa menampilkan layar yang mulus, berkat kombinasi dengan animasi ColorOS yang maksimal. Kamu bisa menyetel refresh rate 90Hz atau 60 Hz, namun tidak ada opsi refresh rate dinamis.

Soal kecerahan layar, smartphone ini bisa menampilkan kecerahan layar sampai 800 nits. Tidak sangat cerah namun tetap akan terlihat meski digunakan di bawah terpaan sinar matahari yang terik. Pastinya, tetap terlihat jelas dan tajam, jadi pengguna bisa mengoperasikannya seperti biasa.

3. Performa

Reno 8 5G hadir dengan chip MediaTek Dimensity 1300 serta RAM 8GB LPDDR4x, kombinasi yang bisa memberitakan tenaga yang luar biasa. Bermain game atau membuka aplikasi yang banyak secara bersamaan bukanlah masalah lagi.

Misal, untuk bermain game berat seperti Genshin Impact, Reno 8 5G masih bisa memainkannya dengan baik di setelan tertinggi. Smartphone pun tidak akan terlalu panas meski digunakan untuk bermain game dalam waktu yang lama.

Adapun hasil benchmark dari OPPO Reno 8 5G adalah sebagai berikut :

  • AnTuTu: 602.598
  • Geekbench Single-Core: 590
  • Geekbench Multi-Core: 2.668

Beralih ke sistem operasi, Reno 8 5G menggunakan ColorOS 12.1, berbasis Android 12. Animasi di ColorOS 12.1 terlihat sederhana dan mulus, dan sama sekali tidak ada bloatware yang mengganggu. Pengguna pun bisa menggunakan smartphone ini dengan nyaman.

Reno 8 5G memang tidak menyediakan slot untuk memori eksternal, namun tidak masalah. Pasalnya, Reno 8 5G memiliki kapasitas penyimpanan sampai 256GGB, yang juga bisa digunakan sebagai RAM virtual tambahan (sampai 5GB).

Beralih ke speaker, Reno 8 5G hanya memiliki satu speaker, yang berada di bagian bawah. Suaranya cukup kencang, sudah memadai untuk bermain game, menonton video dan sebagainya. Meski, akan lebih sempurna jika Reno 8 5G juga memiliki speaker stereo.

4. Baterai

OPPO Reno 8 5G memiliki baterai 4.500 mAh, terbilang memiliki daya tahan yang cukup lama. Smartphone ini juga telah dilengkapi dengan fitur fast charging 80W SUPERVOC, bisa mengecas dengan kecepatan luar biasa. Hanya butuh waktu 32 menit untuk isi ulang dari 5% ke 100%.

Untuk penggunaan standar, Reno 8 5G bisa bertahan seharian sampai malam tanpa isi ulang daya. Namun tidak akan bertahan selama itu jika untuk bermain game, apalagi dalam waktu yang lama. Overall, dengan penggunaan sederhana, smartphone ini bisa bertahan selama 13 jam 35 menit sampai 14 jam 32 menit.

5. Kamera

Soal kamera, spesifikasi Reno 8 5G tidak perlu diragukan lagi. Smartphone ini memang dilengkapi dengan kamera yang gahar, dengan spesifikasi seperti berikut ini :

  • Tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 50MP Sony IMX766, 8MP ultrawide dan 2MP makro.
  • Satu kamera depan, 32 MP Sony IMX709.

Dengan spesifikasi seperti di atas, kamera Reno 8 5G bisa menghasilkan foto yang memuaskan, tidak peduli di siang atau malam hari. Warna yang dihasilkan pun cukup akurat, tidak jauh berbeda dengan objek aslinya.

Kamu bisa mendapatkan foto yang tajam dan jernih di malam hari. Secara otomatis, mode malam akan aktif, bisa menghasilkan foto yang lebih jernih lagi. Kamu pun bisa mengaktifkan mode malam secara manual, sesuai dengan kebutuhan.

Kamera OPPO Reno 8 5G unggul di fitur portrait-nya, bisa menghasilkan efek bokeh yang rapi. Kamera ultrawide Reno 8 5G bisa menangkap foto dengan sudut lebih luas, meski tidak sebagus kamera utama. Untuk kamera makro sendiri tidak terlalu wah, karena apa sih yang diharapkan dari lensa 2MP?

6. Harga

OPPO Reno 8 5G dibanderol dengan harga sekitar Rp7.999.000. Jika ingin membeli Reno 8 5G bekas, harganya berada di kisaran Rp5.300.000 sampai Rp6.700.000. Harga yang cukup wajar untuk smartphone kelas menengah ke atas, meski kamu bisa mendapatkan smartphone yang lebih baik dengan harga itu.

Namun, semua soal selera, apalagi jika kamu fans berat OPPO. Jika iya, harga tersebut akan terasa worth it, tidak peduli jika kamu bisa mendapatkan smartphone yang lebih baik. Kamu bisa beli Reno 8 5G online maupun offline, harganya mungkin berbeda-beda di setiap toko.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno 8 5G

Layar

Terakhir, kami akan menyimpulkan hal-hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari Reno 8 5G, yaitu :

1. Kelebihan

Berikut ini adalah kelebihan dari Reno 8 5G :

  • Bodi yang kompak, ramping serta stylish.
  • Kamera belakang dan depan yang solid.
  • Baterai awet, dengan dukungan fast charging 80W SUPERVOC.
  • ColorOS 12.1 yang kaya fitur dan kustomisasi.
  • Konektivitas termutakhir dengan jaringan 5G dan Bluetooth terbaru.

2. Kekurangan

Adapun kekurangan Reno 8 5G adalah :

  • Chip kalah saing dengan smartphone dengan harga yang sama.
  • Tidak memiliki IP Rating, tidak tahan air dan debu.
  • Tidak memiliki stereo speaker.
  • Refresh rate layar hanya 90Hz.
  • Tidak memiliki slot memori eksternal.
  • Tidak memiliki 3.5 Jack Audio.

OPPO Reno 8 5G sudah mumpuni untuk berbagai kebutuhan, seperti game dengan grafis tinggi, multitasking, foto di malam hari dan lain sebagainya. Masalahnya, dengan harga yang sama, kamu bisa mendapatkan smartphone lain dengan spesifikasi yang lebih gahar.

Baca Juga:

Artikel Terkait