Home » Terbaru » Agama » Bacaan Niat Puasa Ganti Ramadhan (Qadha) Lengkap

Bacaan Niat Puasa Ganti Ramadhan (Qadha) Lengkap

arsyad April 18, 2024

Niat puasa ganti Ramadhan ialah niat puasa yang dilakukan oleh seseorang yang sebelumnya tidak bisa berpuasa di bulan Ramadhan karena beberapa alasan seperti sakit, menstruasi, hamil, menyusui, atau dalam perjalanan.

Sedangkan mengganti puasa tersebut hukumnya wajib bagi umat muslim yang telah mencapai usia baligh dan berakal sehat serta mampu secara fisik. Akan tetapi sebelum melakukan puasa ganti Ramadhan, ada baiknya untuk memahami apa itu niat puasa ganti Ramadhan dan bagaimana cara melaksanakannya.

Karena niat sangat penting dalam melakukan puasa ganti Ramadhan tanpa adanya niat yang kuat, puasa ganti Ramadhan yang dikerjakan tidak akan memiliki nilai ibadah sesuai dengan tuntunan agama.

Beberapa Bacaan Niat Puasa Ganti Ramadhan

Beberapa Bacaan Niat Puasa Ganti Ramadhan

Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa sebelaum melaksanakan puasa ganti ramadhan ada baiknya tentukan terlebih dahulu hari-harinya. Karena untuk mengganti puasa yang tertinggal boleh dihari apa saja kecuali 5 hari yang diharamkan untuk berpuasa seperti hari raya idul fitri, hari raya idul adha, dan 3 hari tasyrik selain 5 hari tersebut ummat muslim boleh berpuasa.

Jika hari untuk membayar puasa Ramadhan sudah ditentukan maka selanjutnya adalah memasang niat yang kuat untuk memulai berpuasa. Sebaiknya semakin cepat membayar puasa tersebut maka akan semakin baik nilainya.

Karena hal tersebut termasuk kategori hutang kepada Allah SWT yang wajib dibayar, sedangkan hutang sebaiknya sesegera mungkin dibayarkan.

Kembali lagi terkait niyat puasa ganti, dalam artikel ini penulis akan merangkum beberapa bacaan niyat puasa ganti Ramadhan yang dapat dibaca pada saat akan membayar. Tetap simak hanya di diskop.id.

Niat Puasa Ganti Ramadhan Arab, Latin Dan Artinya

Niat Puasa Ganti Ramadhan Arab, Latin Dan Artinya

Agar pembaca lebih mudah untuk memahami terkait bacaan niyat puasa ganti Ramadhan maka penulis merangkumnya dengan teks arab, latin serta artinya.

Bacaan niat ganti puasa dibawah ini adalah secara umum, maksudnya tidak dihari-hari tertentu, hari apa saja ketika sudah ada niat puasa ganti bulan ramadhan maka cukup dengan membaca niat dibawah ini.

Adapun bacaan niat puasa ganti Ramadhan tulsan arab, latin dan artinya adalah seperti dibawah ini :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ghodin an qada’i fardhi syahri ramadhana lillahi ta’ala.

Artinya :

“Aku niat untuk mengganti puasa Bulan Ramadhan karena Allah Swt.”

Niat Puasa Ganti Ramadhan Haid

Salah satu penyebab ummat muslim mengganti puasa Ramadhannya adalah karena haid. Hal ini hanya dihususkan bagi para wanita yang sudah baligh biasanya dalam satu bulan ada beberapa hari datang bulan.

Jika mengalami hal demikian maka seorang wanita tersebut wajib membayar puasanya diluar bulan Ramadhan. Bagi seorang muslim yang belum mengetahui bacaan niat puasa gantinya maka simak dibawah ini.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ بسبب الحيض لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ghodin an qada’i fardhi syahri ramadhana bisababil haidhi lillahi ta’ala.

Artinya :

“Aku niat untuk mengganti puasa Bulan Ramadhan sebab haidh karena Allah Swt.”

Bacaan niat tersebut dibaca pada amalam hari ssampai sebelum masuknya waktu sholat subuh atau terbitnya fajar shodiq.

Niat Puasa Ganti Ramadhan Di Hari Senin

Bagi seorang muslim yang pernah tidak berpuasa pada bulan suci Ramadhan baik karena beberapa sebab. Maka wajib diganti puasanya jika ingin mengganti puasa tersebut dihari senin bisa saja membaca niat puasa seperti pada umumnya.

Akan tetapi jika ingin mengkhususkan pada hari-hari tertentu bisa saja misal puasnya di hari senin niatnya dikhususkan ganti puasa Ramadhan hari senin.

Adapun bacaan niat puasa ganti Ramadhan dihari senin dapat dilihat dibawah ini :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فَي يوم الاثنين عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu souma ghodin fii yaumil isnaini an qodhoi fardhi syahri Romadhona lillahi ta’ala.

Artinya :

“Aku niat mengganti puasa Bulan Ramadhan dihari senin karena Allah SWT.”

Niat Puasa Ganti Ramadhan Di Hari Kamis

Niat Puasa Ganti Ramadhan Di Hari Kamis

Begitu pula jika ingin mengganti puasa Ramadhan pada hari kamis, agar bisa serempak dengan teman atau saudara yang melaksanakan puasa sunnah kamis.

Maka untuk bacaan niatnya sama saja boleh membacanya secara umum atau boleh juga dikhususkan pada hari kamis.

Adapun bacaan niat puasa ganti Ramadhan dihari kamis adalah seperti dibawah ini :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فَي يوم الثلاثاء عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu souma ghodin fii yaumis tsalasa an qodhoi fardhi syahri Romadhona lillahi ta’ala.

Artinya :

“Aku niat mengganti puasa Bulan Ramadhan dihari selasa karena Allah SWT.”

Bacaan niat tersebut diatas dibaca seperti pada umumnya niat puasa lainnya yakni diwaktu malam hari hingga menjelang waktu fajar shodiq dan sebelum masuk waktu sholat subuh.

Niat Puasa Ganti Ramadhan Hari Ini

Ada juga versi bacaan niyat puasa ganti Ramadhan lainnya yang dapat dipakai pada hari itu juga, dalam artian dihususkan untuk hari ini saja.

Meskipun sebenarnya bisa saja membaca niyat puasa ganti seperti pada umumnya, akan tetapi bacaan niyat ini lebih dihususkan.

Adapun bacaan niat puasa ganti Ramadhan hari ini adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ في اليوم هذا عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu souma ghodin fii yaumi hadza an qodhoi fardhi syahri Romadhona lillahi ta’ala.

Artinya :

“Aku niat mengganti puasa Bulan Ramadhan dihari ini karena Allah SWT.”

Penutup

Semua bacaan niat yang tertulis diatas dapat dibaca pada malam hari sampai sebelum masuknya waktu sholat subuh. Akan tetapi perlu dipahami bahwa niat dalam puasa bukan hanya sekedar bacaan, melainkan harus diikut sertakan dalam pelaksanaan puasa, sampai datangnya waktu berbuka puasa. Tentunya niat puasa bukan karena apa-apa melainkan hanya karena Allah SWT saja jika niatnya diluar itu maka puasnya akan rusak. Semoga bermanfaat Wallahu A’lam ……

Baca Juga :

Artikel Terkait