Home » Terbaru » Gadget » Iphone 13 Review Indonesia: Kelebihan & Kekurangannya

Iphone 13 Review Indonesia: Kelebihan & Kekurangannya

izan_alhasani April 18, 2024

Tahun 2021 lalu, Apple berhasil merilis seri iPhone 13 yang mampu menggemparkan publik pecinta gadget. Bukan tanpa sebab, ponsel yang satu ini didesain dengan model kamera yang cukup unik. Yakni dua buah kamera belakang yang ditata secara diagonal atau miring.

Selain itu, varian warna yang disediakan juga lebih banyak dari seri-seri sebelumnya. Untuk desain secara umum, sebenarnya ponsel ini tidak jauh berbeda dari pendahulunya, yakni iPhone 12. Akan tetapi, notch yang ada di bagian layarnya, diklaim 20% lebih kecil, sehingga layarnya tampak lebih luas.

Kemudian dari segi harga, rentang harga dari iPhone seri 13 ini tidak jauh beda dari iPhone 12 yaitu mulai dari 11 jutaan rupiah. Nah, bagi yang tertarik untuk menggunakannya, simak dulu beberapa kelebihan dan juga kekurangan iPhone 13 yang ada di bawah ini.

Kelebihan iPhone 13

Desain dan display yang beragam

1. Desain dan display yang beragam

Keunggulan yang pertama, yakni adanya varian warna baru, seperti hitam, pink, putih, merah, biru, dan lain sebagainya. Bahkan ada beberapa varian warna yang tidak ada pada seri sebelumnya, lho. Lalu jika dilihat dari segi desain, desain ponsel ini masih sama seperti iPhone 12.

Masih bisa ditemukan frame aluminium serta pinggiran yang dibuat secara tegas. Sedangkan untuk kamera, dibuat miring atau diagonal seolah menjadi pembeda dari seri-seri yang sebelumnya.

2. Kualitas baterai ditingkatkan

Jika dibandingkan dengan iPhone 12, ponsel yang satu ini juga mendapatkan peningkatan pada sektor kualitas baterai, dimana daya tahan baterainya diklaim mampu bertahan hingga 2.5 jam lebih lama. Tidak hanya itu, ada pula peningkatan kapasitas baterai yang digunakan.

Jika sebelumnya menggunakan baterai berkapasitas 2.815 mAh, kini menjadi 3240 mAh. Kapasitas baterai yang cukup besar tersebut, juga didukung dengan fitur pengisian daya cepat sebesar 20W.

3. Performa kencang dengan chipset A15 Bionic terbaru

Sebuah ponsel keluaran terbaru, tentu saja dilengkapi dengan chipset terbaru pula. Nah, untuk iPhone 13 ini, menggunakan chipset A15 Bionic seri terbaru besutan Apple. Chipset tersebut memang dirancang untuk bisa menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Apple sendiri telah mengklaim bahwa performa dari ponsel ini jauh lebih cepat dari ponsel-ponsel lain. Chipset dengan GPU 4-Core ini juga mendapat peningkatan performa sebesar 30% berkat penggunaan teknologi 5-nm yang mencakup 15 miliar transistor. 

Tidak hanya itu, para pengguna juga akan memperoleh sistem operasi iOS 15 terbaru dari Apple, yang terkenal dengan fitur canggih dan terkini terkait kenyamanan para pengguna saat kegiatan multitasking.

4. Kualitas kamera yang makin canggih

Dua buah kamera belakang yang ditata secara diagonal, terdiri dari kamera utama beresolusi 12MP (wide) dan kamera 12MP (ultra wide). Kamera wide yang digunakan pada ponsel ini telah mengalami peningkatan, dimana terdapat teknologi sensor-shift OIS.

Lalu untuk kamera bagian depan, ponsel ini menggunakan sensor kamera 12MP (lensa wide) dengan beberapa fitur menarik seperti sensor kedalaman dan biometrik, gyro-EIS, serta HDR. Tentu saja fitur-fitur tersebut sangat mendukung kebutuhan foto selfie pengguna.

Kamera pada ponsel ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengambil vide dengan resolusi HDR dengan menggunakan Dolby Vision sampai 60fps, dan juga ada mode malam dengan dukungan sensor LiDAR.

5. Pengisian daya dengan teknologi MagSafe

MagSafe adalah produk magnet sirkuler yang mempunyai fungsi untuk mengisi daya ponsel tanpa kabel alias wireless. Sebenarnya produk ini sudah dirilis untuk iPhone 12 sebelumnya, dan tetap disematkan pada penerusnya yaitu iPhone 13.

Untuk penggunaannya sendiri sebenarnya sangat mudah, pengguna hanya perlu menempelkan magnet tersebut di bagian belakang ponsel. Pengisian daya wireless ini memang dinilai lebih cepat dan pastinya lebih praktis karena tetap bisa dilakukan saat ponsel ada di genggaman.

6. Perlindungan layar dengan Ceramic Shield

Sejak perilisan iPhone 12, Apple sudah memulai inovasi baru dalam hal proteksi layar dengan menggunakan Ceramic Shield. Nah, inovasi tersebut masih terus dilanjutkan pada iPhone 13 untuk melindungi layarnya.

Ceramic Shield sendiri adalah lapisan kaca keramik yang diproduksi oleh Corning, perusahaan yang merilis Gorilla Glass yang telah bekerja sama dengan Apple secara resmi. Proteksi layar ini dibuat dari kristal nano keramik, dan diklaim jauh lebih tangguh dibandingkan jenis proteksi layar lain.

7. Super Retina XDR OLED

Teknologi lain dari iPhone 12 yang masih dibawa ke seri berikutnya adalah Super Retina XDR OLED. Teknologi tersebut disematkan oleh Apple pada layar berukuran 6.1 inch dengan resolusi sebesar 1170 x 2532 pixel.

Untuk menambah kenyamanan dari para pengguna, layar pada iPhone 13 ini juga telah didukung oleh teknologi HDR 10 yang mempunyai kontras tinggi serta warna yang lebih akurat. Dengan ini, pengalaman menonton video akan terasa lebih menyenangkan.

8. Perekaman video 4K Dolby Vision

Bagi para pengguna yang suka mengambil video untuk keperluan vlog atau konten media sosial, tentu saja butuh dukungan dari kamera yang berkualitas, bukan? Nah, ponsel yang sedang dibahas ini, mempuyai kualitas perekaman video 4K Dolby Vision.

Kualitas tersebut merupakan encoding HDR standar dengan format HDR 10 yang sudah ditingkatkan. Dengan ini, maka video yang dihasilkan akan jauh lebih baik, dari segi kontras, kualitas, dan juga kedalaman warna.

Kekurangan iPhone 13

Kualitas baterai ditingkatkan

Dengan beberapa kelebihan yang sudah disebutkan di atas, bukan berarti bahwa iPhone 13 ini adalah ponsel yang benar-benar sempurna. Ada sedikit celah yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli dan menggunakan ponsel satu ini.

1. Tidak include charger dalam paket pembeliannya

Sama seperti seri sebelumnya, paket penjualan iPhone 13 ini tidak mengikutsertakan charger. Para pembeli hanya akan mendapatkan unit ponsel serta kabel converter Lightning to USB-C saja. Jadi, pembeli memang harus membeli kepala charger sendiri secara terpisah.

Walaupun Apple beralasan jika hal ini dilakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan, namun tidak sedikit pengguna yang belum punya kepala charger dan harus mengeluarkan lebih banyak uang.

2. Desain yang mirip seri sebelumnya

Bisa dibilang jika desain dari desain iPhone 13 ini cukup mirip dengan seri sebelumnya, yakni iPhone 12 dan juga iPhone 11. Ketiga sama-sama mempunyai dua buah modul kamera, hanya saja posisi atau tata letak kameranya saja yang berbeda.

Selain itu, tidak ada perbedaan signifikan yang bisa ditemukan dari segi desainnya. Mengingat perubahan desain yang cukup signifikan pada iPhone seri-seri sebelumnya mulai dari XR sampai iPhone 12, membuat para pembeli layak untuk mempertimbangkannya.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari iPhone 13 yang sudah dijelaskan di atas, diharapkan bisa membantu para calon pembeli untuk memantapkan keputusan. Apakah ponsel tersebut layak untuk digunakan atau tidak sama sekali.

Baca Juga:

Artikel Terkait