Home » Terbaru » Agama » Bacaan Tahiyat Akhir Sampai Salam NU & Muhammadiyah

Bacaan Tahiyat Akhir Sampai Salam NU & Muhammadiyah

arsyad April 18, 2024

Bacaan Tahiyat Akhir – Didalam pelaksanaan ibadah sholat ada salah satu rukun yang tidak boleh ditinggalkan yakni bacaan tahiyat akhir. Adapun rangkaian rukun dalam sholat yakni dimulai dari niat hingga salam pertama.

Bukan hanya doa tahiyat akhir yang menjadi rukun sholat melainkan duduk tahiyat akhir juga sama menjadi salah satu rukun sholat yang tidak boleh dilewati.

Ummat muslim wajib hafal terkait bacaan tahiyat akhir ini karena menjadi salah satu keharusan dalam bacaan sholat, meskipun ada perbedaan bacaan dari NU dan Muhammadiyyah.

Bacaan Tahiyat Akhir NU VS Muhammadiyyah Lengkap Sampai Salam

Bacaan Tahiyat Akhir NU VS Muhammadiyyah Lengkap Sampai Salam

Sedari dahulu sampai dengan saat ini organisasi NU dan Muhammadiyyah terkait bacaan doa tahiyat akhir memang memiliki perbedaan. Akan tetapihal tersebut tidak menjadikan perselisihan yang kuat karena sudah ada dalinya masing-masing.

Meskipun ada perbedaan diantara keduanya namun memiliki inti dan tujuan yang sama yakni penyaksian tentang keimanan dan pujian kepada Allah SWT dan Rosulullah SAW. Untuk lebih jelasnya maka dapat dilihat dibawah ini hanya di website diskop.id.

Bacaan Tahiyat Akhir NU

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ . أَشْهَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ الله. اللَّهُمَّ صَآلِ إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْد.

Attahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thayyibatul lillaah. Assalaamu’alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh. Assalaamu’alainaa wa’alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallaah, Waasyhadu anna Muhammadar rasuulullaah. Allahhumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad, kamaa shallaita ‘alaa Ibraahim, wa ‘alaa aali Ibraahim. Wabaarik ‘alaa Muhammad, wa ‘alaa aali Muhammad, kamaa baarakta ‘alaa Ibraahim, wa ‘alaa aali Ibraahim. Fil ‘aalamiina innaka hamiidum majiid.

Artinya :

“Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan bagi Allah, salam, rahmat, dan berkahNya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad). Salam keselamatan semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang shaleh-shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah! Limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad. “ Sebagimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. “ Di seluruh alam semesta Engkaulah yang terpuji, dan Maha Mulia.”

Bacaan Tahiyat Akhir Muhammadiyyah

اَلتَّحِيَّاتُ لِلّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّباَتُ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهاَ النَّبِيُّوَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْناَ وَع وَعَلَى عِباَدِاللهِ الصَّالِحِيْنَأَشْهَدُ اَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهِ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُا.اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَللَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Attahiyyaatu lillaahi washsholawaatu waththoyyibaat. Assalaamu ‘alaika ayyuhannabiyyu warohmatullaahi wabarokaatuh. Assalaamu’alainaa wa’ala ‘ibaadillaahi shshoolihiin. Asyhadu anlaa ilaaha illallaah waasyhadu annamuhammadan ‘abduhu warosuuluh. Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kamaa shollaita ‘ala Ibroohim wa ‘ala aali Ibrohim, innaka hamidun majiid. Allahumma baarik ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kamaa baarokta ‘ala Ibrohim wa ‘ala aali Ibrohimm innaka hamidun majiid.

Artinya:

“Segala kehormatan, kebahagiaan, dan kebagusan adalah kepunyaan Allah, Semoga keselamatan bagi Engkau, ya Nabi Muhammad, beserta rahmat dan kebahagiaan Allah. Mudah-mudahan keselamatan juga bagi kita sekalian dan hamba-hamba Allah yang baik-baik. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu hamba Allah dan utusan-Nya utusan-Nya, Ya Allah, semoga shalawat tercurah kepada Muhammad dan keluarga Muhammad. Seperti rahmat yang tercurah pada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Seperti berkah yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia di seluruh alam,”.

Bacaan Doa Setelah Tahiyat Akhir

Setelah bacaan doa tahiyat akhir selesai kemudian sunnah dilanjutkan membaca doa yang maknanya terkandung permohonan perlindungan dari siksa neraka, fitnah kubur dan terhindar dari fitnah dajjal.

Adapun bacaan doa setelah tahiyat akhir adalah sepeerti dibawah ini :

أَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

Allahumma inni a’udzu bika min ‘adzaabi jahannam, wa min ‘adzabil qobri, wa min fitnatil mahyaa wal mamaat, wa min syarri fitnatil masiihid dajjaal.

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka Jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari kejahatan fitnah Al-Masih Ad-Dajjal”

Keutamaan Membaca Doa Tahiyat Akhir

Keutamaan Membaca Doa Tahiyat Akhir

Ada banyak keutamaan dari membaca doa tahiyat akhir simak dibawah ini :

  • Meningkatkan keimanan dan ketakwaan, karena doa tahiyat akhir mengandung kalimat syahadat yang menyatakan keyakinan kita sebagai seorang muslim.
  • Membersihkan hati dan pikiran dari gangguan dan godaan setan, karena dengan membaca doa tahiyat akhir kita mengingatkan diri kita sendiri tentang kebesaran Allah dan kedudukan kita sebagai hamba-Nya.
  • Menjaga kesempurnaan shalat, karena doa tahiyat akhir merupakan bagian penting “Rukun” dari shalat yang harus dibaca oleh setiap muslim ketika melaksanakan shalat.

Demikianlah ringkasan terkait bacaan doa tahiyat akhir yang penulis sampaikan dalam artikel diskop.id, semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Artikel Terkait