Home » Terbaru » Wisata » 8 Curug di Lembang Mempesona dengan Pemandangan Bagus

8 Curug di Lembang Mempesona dengan Pemandangan Bagus

izan_alhasani May 26, 2024

Diskop.id – Kawasan Lembang merupakan salah satu daerah di Kota Bandung Barat yang seringkali dijadikan favorit oleh para wisatawan untuk berlibur. Tidak hanya kulinernya yang terkenal sangat enak, namun curug di Lembang ternyata juga menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa.

Jika membicarakan soal curug atau air terjun di Lembang, tentu wisatawan akan mudah menemuinya karena memang kawasan terletak di dataran tinggi. Kamu tidak hanya akan menemukan tempat kuliner, destinasi wisata keluarga bak luar negeri, namun juga menjumpai wisata alam pegunungan, dan lainnya.

8 Curug di Lembang Hits dan Bagus, Sering Dikunjungi Wisatawan!

8 Curug di Lembang Mempesona dengan Pemandangan Bagus

Kawasan yang terletak di area Bandung Barat memiliki beberapa wisata alam berupa curug atau air terjun dengan pemandangan yang sangat indah. Pengunjung bisa menikmati waktu santai bersama teman, keluarga, dan kerabat lainnya sambil merasakan sejuknya udara serta gemercik air terjun.

1. Curug Maribaya

Curug Maribaya lokasinya cukup strategis tepatnya di Kampung Cikondang Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Hingga saat ini, Curug Maribaya masih masuk dalam kategori destinasi wisata hits dan paling banyak dikunjungi oleh wisatawan daerah maupun luar kota.

Saat menginjakkan kaki di kawasan Curug Maribaya, kamu akan merasakan nuansa alam yang masih asri dan benar-benar terjaga. Namun untuk bisa menjangkau tempat ini, pengunjung perlu memiliki kondisi badan fit karena harus berjalan kaki cukup jauh dari lokasi parkir kendaraan.

Curug Maribaya menyajikan pesona indahnya air terjun dengan ketinggian 15 meter. Disana ada 3 curug yang bisa ditemui yaitu Cikawari, Cikoleang, dan Cigulung. Selain bisa mandi di kolam air terjun, kamu bisa melakukan swafoto, berendam air panas, menjelajah hutan, dan aktivitas lainnya.

2. Curug Leuwi Kacapi

Saat kamu berwisata di kawasan Bandung Barat khususnya daerah Lembang, maka luangkan waktu sebentar untuk mengunjungi Curug Leuwi Kacapi. Curug satu ini menawarkan keindahan alam yang sangat eksotik, bahkan belum tentu ditemui pada wisata air terjun lainnya.

Airnya benar-benar jernih, dingin, dan alirannya juga tidak terlalu deras. Ada fasilitas bernama Ciwangun Indah Camp yang memberi kemudahan pengunjung melakukan camping bersama. Mereka bisa mandi di Curug Leuwi Kacapi, sekaligus melakukan kegiatan lainnya.

3. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug di daerah Lembang yang paling sering dikunjungi para traveler selanjutnya Curug Tilu Leuwi Opat yang berlokasi Bandung Barat. Akses jalannya memang terkenal sangat sulit, namun banyak wisatawan yang tetap mengunjunginya saat hari weekend tiba dengan tujuan refreshing.

Perlu kamu ketahui, Curug Tilu Leuwi Opat menawarkan berbagai pemandangan alam yang luar biasa indah. Bagaimana tidak? Bisa dikatakan pemandangan alam yang disajikan berasal dari perpaduan air terjun, leuwi atau sungai, goa, dan hutan yang jaraknya memang cukup berdekatan.

Menariknya lagi, Curug Leuwi Opat menyediakan 4 air terjun dan 4 sungai yang membuat bentang alamnya benar-benar asri dan panoramanya juga sangat cantik. Disana juga ditemui sebuah goa yang aman untuk kegiatan berjelajah, sehingga suasana liburan akan semakin seru pastinya.

4. Curug Cikawari

Curug di Lembang satu ini lokasinya berdekatan dengan Curug Maribaya. Lokasinya masih satu area dengan Curug Maribaya di Kampung Cikondang, Pangalengan, Lembang, Bandung Barat. Jika ingin sekali berwisata ke Curug Cikawari, kamu perlu berjalan kaki sedikit lebih jauh lagi.

Curug Cikawari menampilkan pemandangan alam yang tidak kalah indah dengan Curug Maribaya, pasalnya tempatnya sudah dirancang serapi mungkin oleh pemerintah setempat. Kamu akan menemui tangga berundak, pepohonan yang sejajar rapi, air terjun, dan kolam yang dangkal.

5. Curug Aseupan

Lokasinya memang sangat tersembunyi, namun keindahan alam Curug Aseupan seperti tidak ada duanya. Curug satu ini berlokasi di area Ciwangun Indah Camp, Dusun Ciwangan, Bandung Barat. Saat berada di tempat ini, pengunjung akan dibuat takjub dengan curug dikelilingi ngarai tinggi.

Jika diamati dengan baik, ngarai yang mengelilingi curug ini seakan membentuk “Aseupan” atau semacam kukusan. Bentang alam inilah yang bisa membuat Curug Aseupan memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan wisata air terjun lainnya yang ada di kawasan Lembang.

Air terjunnya menjulang tinggi dengan aliran yang cukup deras, sehingga kamu perlu berhati-hati saat ingin mandi di bawahnya. Untuk menyeberangi kedua sisi air terjun, pengunjung bisa berdiri di atas jembatan dari kayu sambil melakukan swafoto ria bersama dengan teman-teman.

6. Curug Penganten

Curug Penganten merupakan salah satu curug di Lembang Bandung yang bisa digunakan berenang sepuasnya. Memang lokasinya cukup pedalaman, namun pasti kamu akan terkesima dengan pesona alamnya mulai dari pepohonan rindang, air terjun menjulang tinggi, dan bebatuan.

Menurut Informasi, Curug Penganten memiliki ketinggian sampai dengan 50 meter. Aliran airnya memang cukup deras, namun area bawahnya cukup luas sehingga cocok untuk tempat berenang. Untuk datang ke Curug Penganten, sebaiknya hindari saat musim hujan tiba karena jalannya licin.

Sama halnya dengan tempat wisata lain, Curug Penganten juga memiliki mitos tersendiri yang dipercaya oleh penduduk sekitar. Konon katanya ada pasangan suami istri yang terjatuh dan terbawa arus sungai hingga meninggal dunia, sehingga dijuluki dengan “Curug Penganten”.

7. Curug Malela

Banyak yang mengatakan Curug Malela merupakan duplikasi dari air terjun Niagara yang cukup terkenal di dunia. Namun memang ukuran Curug Malela lebih kecil dibandingkan dengan air terjun Niagara aslinya, meskipun begitu banyak wisatawan yang mengunjunginya.

Untuk menuju Curug Malela, kamu harus melewati kondisi jalan yang rusak kemudian disambung dengan trecking sekitar 1 km. Memang perjalanannya melelahkan, namun akan terbayarkan dengan melihat langsung air terjun yang masih alami dan jumlahnya lebih dari satu.

Sebenarnya Curug Malela menawarkan air terjun dengan ketinggian sedang, kemudian mengalir bak air sungai dibawahnya. Hal inilah yang membuat para traveler sangat menyukainya karena bisa berenang sepuasnya tanpa harus memiliki skill renang mumpuni.

8. Curug Cilengkrang

Curug di Lembang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi mereka yang memiliki jiwa petualang agak kental. Pasalnya disekeliling perjalanan akan ditemukan pemandangan perbukitan yang posisinya menghimpit, sehingga menawarkan suasana keteduhan luar biasa.

Saat sudah sampai di Curug Cilengkrang, kamu akan langsung disuguhkan dengan 7 curug kecil yang memiliki ciri khas tersendiri. Ada salah satu curug atau air terjun yang memiliki ketinggian sampai 8 meter, disinilah spot menarik yang sering diincar oleh para traveler.

Pepohonan yang rindang membuat udara sekitar Curug Cilengkrang terasa sejuk, bahkan ada sebagian orang suka beristirahat di atas bebatuan dengan nyenyak. Kamu juga habiskan waktu untuk berenang, berswafoto bersama, dan melakukan berbagai aktivitas menarik lainnya.

Curug Cilengkrang

Tidak kalah dengan wisata alam lainnya, curug di Lembang juga menawarkan beragam keindahan mulai dari suasana pegunungan, perbukitan, air terjun, dan pepohonan yang rindang. Kamu bisa coba sensasi mandi di alam terbuka dengan udara sejuk dan pemandangan alami sekeliling curug.

Baca Juga:

Artikel Terkait