Home » Terbaru » Wisata » Pantai Ngrawe Gunung Kidul: Ini Daya Tarik, HTM & Alamatnya

Pantai Ngrawe Gunung Kidul: Ini Daya Tarik, HTM & Alamatnya

izan_alhasani June 20, 2024

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di DIY yang   terkenal dengan deretan pantainya yang eksotis. Selain Pantai Drini, Pantai Sundak, Pantai Ngrenehan, Pantai Seruni dan pantai pasir putih lainnya, wisatawan juga bisa mengunjungi Pantai Ngrawe dengan pesonanya yang tidak kalah cantik.

Pantai yang terkenal dengan sebutan Pantai Mesra ini lagi-lagi viral dan semakin populer berkat para pengguna sosial media yang secara gencar memposting liburannya di tempat ini. Di lain sisi, pantai ini memang sangat layak dikunjungi karena menyimpan banyak daya tarik yang memikat.

Daya Tarik Wisata Pantai Ngrawe Gunung Kidul

Daya Tarik Wisata Pantai Ngrawe Gunung Kidul

Sudah tidak terhitung berapa banyak wisata pantai yang ada di Gunung Kidul  sehingga memberikan beragam pilihan bagi wisatawan yang hendak berlibur. Dari sekian banyak pantai eksotis di Gunung Kidul, pantai dengan julukan Pantai Mesra ini bisa dijadikan salah satu pilihan terbaik untuk dikunjungi.

Lantas, apa yang menjadi daya tarik dari wisata pantai di Kabupaten Gunung Kidul ini? Untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut adalah beberapa daya tarik yang tidak boleh dilewatkan:

1. Menyajikan Keindahan Pantai yang Unik Bertema Taman

Salah satu keunikan yang menjadi daya tarik pantai adalah tema yang berbeda dari kebanyakan wisata pantai yang ada di Gunung Kidul. Karena kawasan pantai menyajikan hamparan rumput hijau yang tertata rapi layaknya sebuah taman tropis yang menyejukkan.

Jika biasanya pantai identik dengan hamparan pasir yang luas, pohon kelapa atau hutan bakau, maka konsep taman di pantai ini mampu menghadirkan suasana yang berbeda. Begitu memasuki kawasan pantai, wisatawan justru disuguhi dengan taman yang hijau dan asri.

Seperti taman pada umumnya, di sekitar lokasi tersebut juga tersedia beberapa bangku taman warna putih dan lampu taman yang membuat suasana taman semakin terasa. Suasana yang asri di taman tentu terlihat kontras dengan pemandangan laut biru yang ada di depannya.

Selain bangku taman dan panorama laut biru yang memanjakan mata, di area taman juga terlihat beberapa gazebo yang dilengkapi kursi kayu. Sementara di sekitarnya berdiri bukit karang yang tinggi menjulang, membuat suasana alami di pantai semakin terasa.

2. Pemandangan Laut yang Tenang dengan Batu Karang

Tidak berbeda jauh dengan deretan pantai cantik lainnya, Pantai Ngrawe di Gunung Kidul ini juga menyajikan pemandangan laut yang sangat indah dengan ombak yang tenang. Lokasi pantainya sendiri lebih didominasi dengan hamparan pasir berwarna putih dan batu karang.

Garis pantai di tempat ini tidak terlalu panjang karena dikelilingi oleh batu karang di sekitarnya. Meski begitu, keindahan yang disajikan benar-benar memanjakan mata. Pemandangan laut yang tenang dan indah ini sudah sepantasnya untuk diabadikan dalam jepretan kamera.

Selain menghirup segarnya udara pantai, pengunjung bisa menyewa gazebo dan bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang indah di depan mata. Atau kalau mau sambil jalan-jalan juga sangat menyenangkan karena garis pantainya tidak terlalu panjang.

3. Spot Foto Alami yang Instagramable

Dengan penataan tempat wisata yang benar-benar diperhitungkan dari berbagai sisi, pantai yang bisa diakses dari Pantai Kukup ini menyajikan keindahan alam yang menakjubkan. Tidak heran jika pantai ini disebut-sebut sebagai salah satu pantai Instagramable di Gunung Kidul.

Tidak perlu repot-repot berburu spot terbaik untuk berfoto karena hampir semua sudut di kawasan pantai terlihat cantik untuk diabadikan. Beberapa spot yang sering dimanfaatkan untuk keperluan foto diantaranya adalah di bangku taman, gazebo, hingga tepi Pantai Ngrawe.

Spot lain yang bisa dijadikan pilihan menarik untuk berfoto adalah papan nama Pantai Mesra yang terlihat unik dengan kalimatnya yang menggelitik. Berfoto di spot tersebut bisa menjadi kenangan tersendiri yang menunjukkan bahwa pengunjung pernah liburan di Pantai Mesra.

Menjelajahi beberapa lokasi di kawasan pantai bisa semakin menyenangkan sambil mengabadikan setiap momen seru saat liburan. Keindahan pantai rupanya juga menarik perhatian beberapa calon pengantin sehingga tertarik melakukan sesi foto prewed di pantai.

4. Menyediakan Fasilitas yang Cukup Lengkap

Daya tarik lainnya yang dianggap penting oleh wisatawan adalah fasilitas yang disediakan. Demi memberikan kenyamanan bagi setiap wisatawan yang datang, di pantai ini sudah dilengkapi dengan berbagai jenis fasilitas.

Selain area parkir yang cukup luas, pengunjung juga bisa melaksanakan sholat dengan tenang di mushola yang ada di kawasan pantai. Fasilitas lainnya yang sudah tersedia adalah toilet, gazebo, warung makan hingga homestay dan penginapan yang nyaman.

Bagi wisatawan yang ingin berfoto dengan hasil yang lebih estetik dan berkualitas, bisa memanfaatkan jasa fotografer yang ada di kawasan pantai. Dengan berbekal kamera pro, hasil fotonya pasti akan jauh lebih memuaskan dibandingkan hanya dengan kamera ponsel.

5. Bisa Mengunjungi Wisata dekat Pantai Ngrawe

Pada dasarnya wisata pantai di Gunung Kidul saling berdekatan sehingga memungkinkan wisatawan untuk mengunjungi pantai yang terdekat agar momen liburan di Gunung Kidul semakin lengkap.

Ngrawe sendiri berdekatan dengan Pantai Baron dan Kukup sehingga wisatawan bisa sekalian mengunjungi kedua pantai tersebut jika waktunya memungkinkan. Tentunya masing-masing pantai memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri yang membuatnya layak untuk dikunjungi.

Alamat dan Rute Jalan Menuju Pantai Ngrawe

Alamat dan Rute Jalan Menuju Pantai Ngrawe

Pantai Mesra atau Ngrawe merupakan destinasi wisata yang beralamat di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, DIY. Jika dari pusat kota bisa langsung mengarahkan kendaraan ke daerah Imogiri kemudian menuju Panggang, ke arah Wonosari dan lanjut ke Ngepung.

Rute melalui Ngepung ini merupakan yang tercepat sehingga bisa dijadikan pilihan terbaik untuk mencapai lokasi pantai. Namun sebelum tiba di pantai, wisatawan harus menuju ke gerbang retribusi Pantai Baron terlebih dahulu.

Selanjutnya bisa meneruskan perjalanan menuju ke arah Pantai Mbuluk. Jika sampai di persimpangan, bisa langsung mengarahkan kendaraan sesuai petunjuk arah yang sudah tersedia menuju ke Pantai Mesra.

Perlu diketahui bahwa akses jalan menuju ke lokasi pantai melewati medan yang cukup menantang karena banyak tanjakan dan turunan yang tajam. Meski begitu untuk akses jalannya sendiri sudah bagus dan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Tiket Masuk Pantai Ngrawe dan Jam Buka

Untuk menikmati keindahan Pantai Mesra, wisatawan bisa melakukan pembayaran tiket di gerbang retribusi Pantai Baron. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp10.000 dan bisa digunakan untuk mengakses beberapa pantai di kawasan tersebut sekaligus.

Lalu bagaimana dengan jam bukanya? Perlu diketahui bahwa pantai di Gunung Kidul ini bisa didatangi sesuai keinginan wisatawan. Karena jam buka pantai berlaku selama 24 jam. Tentunya jam buka yang panjang memungkinkan wisatawan untuk berkunjung kapan saja tanpa dibatasi dengan jam tutup.

Bagi yang ingin mengunjungi destinasi wisata yang unik di Gunung Kidul, salah satu pilihan terbaiknya adalah Pantai Ngrawe. Di Pantai Mesra ini pengunjung akan dimanjakan dengan suasana pantai yang segar berpadu dengan taman hijau yang menyejukkan pandangan. Tentunya bikin rileks dan fresh!

Baca Juga:

Artikel Terkait