Home » Terbaru » Wisata » 11 Tempat Wisata Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi 2023

11 Tempat Wisata Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi 2023

dewi_putri October 2, 2023

Kali ini Diskop.id akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata Yogyakarta wajib dikunjungi saat berlibur ke Yogyakarta. Seperti yang sudah kita ketahui, tempat wisata di Yogyakarta seperti tidak ada habis-habisnya.

Terdapat banyak sekali tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta diantaranya Malioboro dan Pantai Parangtritis. Malioboro dan Pantai Parangtritis merupakan tempat wisata di Yogyakarta yang sering dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Namun, selain Malioboro dan Pantai Parangtritis, ternyata Yogyakarta memiliki beragam tempat wisata lainnya, mulai dari wisata alam, wisata budaya, dan wisata yang instagramable.

Untuk kamu yang baru pertama kali liburan ke Yogyakarta atau sudah sering mengunjungi Yogyakarta dan butuh ide untuk wisata baru yang ingin dikunjungi, berikut merupakan rekomendasi tempat wisata di Yogykarta!

Rekomendasi Tempat Wisata Yogyakarta Wajib Dikunjungi

tempat wisata Yogyakarta

Lemah Rubuh

Lemah Rubuh merupakan sebuah dusun yang memiliki pemandangan yang bisa membuat kamu terpukau apabila mendatangi tempat wisata yang satu ini. Untuk kamu yang gemar berfoto dan mencintai alam, tempat ini sangat cocok dikarenakan banyak spot foto yang instagramable, sehingga kamu bisa mengabadikan setiap momen di tempat wisata yang satu ini.

Di lokasi ini juga terdapat tempat berbentuk sangkar burung yang berada di sisi sungai, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat untuk duduk dan beristirahat dikarenakan tersedia meja dan kursi.

Kampung Wisata Rejowinangun

Kampung wisata Rejowinangun merupakan merupakan kampung wisata yang terletak di kecamatan Kotagede. Kampung wisata Rejowinangun bisa dibilang salah satu tempat wisata yang sangat kompleks karena didalamnya terdapat beragam spot wisata. Spot wisata tersebut berupa kerajinan, seni budaya, kuliner, edukasi agro, souvenir, dan sejarah.

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kampung wisata Rejowinangun. Souvenir asli dari kampung wisata Rejowinangun, yaitu kaos Dagadu yang beralamatkan di Jalan Gedongkuning yang masih satu Kawasan dengan kampung wisata Rejowinangun.

Desa Wisata Kaki Langit

Kaki langit memiliki filosofis tersendiri. Kaki berarti alat untuk bergerak dan seberat apapun beban yang ditanggung, kaki harus tetap melangkah. Sementara langit yang berarti tempat yang tidak terbatas luas dan jaraknya. Sehingga makna dari filosofi tersebut ialah desa ini harus  mampu menggerakkan masyarakat untuk mencapai tujuan tanpa batas ruang dan waktu.

Keindahan alam yang ditawarkan di desa ini ialah lereng-lereng perbukitan, sungai kecil, hutan rakyat, dan tebing-tebing. Desa wisata kaki langit juga menyiapkan homestay yang dimiliki warga setempar, sehingga wisatawan dapat bermalam di lokasi wisata yang satu ini.

Daya tarik yang ditawarkan dari homestay tersebut ialah penginapannya menggunakan rumah adat tradisional yang mayoritas berbahan baku kayu.

Taman Sari

Taman Sari dulunya merupakan pemandian bagi sultan dan para permaisurinya. Untuk sekarang meski tidak digunakan lagi, taman sari dialih fungsikan menjadi salah satu tempat wisata yang ada di Yogyakarta. Disini kamu akan mendapatkan desain-desain bangunan peninggalan sejarah yang bagus untuk dijadikan objek berfoto, selain itu kamu juga bisa belajar tentang sejarah-sejarah di berbagai tempat yang ada di dalam wilayah Taman Sari. Sehingga kamu bisa berwisata dan mendapatkan pengetahuan tentang sejarah yang terdapat di Taman Sari.

Kaliadem

Dahulu kala, Kawasan Kaliadem merupakan sebuah permukiman warga. Tetapi, setelah mengalami erupsi Merapi di tahun 2010 silam, Kawasan Kaliadem ini tidak lagi dihuni. Kini Kawasan Kaliadem menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Yogyakarta.

Kawasan ini memiliki nuansa alam yang sejuk, serta memiliki pengalaman yang indah pada pagi hari. Banyak spot foto yang bisa kamu abadikan disini. Tak hanya itu, disini juga menyediakan paket wisata Jeep Merapi.

Kamu bisa berkeliling ke spot-spot menarik dan indah di Kawasan Kaliadem menggunakan Jeep. Di Kawasan Kaliadem terdapat juga bunker Merapi. Bunker ini merupakan tempat perlindungan apabila terjadi erupsi Gunung Merapi.

Namun, karena bunker tersebutmenelan korban jiwa pada saat terjadinya erupsi pada tahun 2010 silam,  sekarang bunker tersebut dijadikan sebagai objek wisata untuk mengenang tragedi dan korban dari erupsi Gunung Merapi.

Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Yogyakarta. Hutan Pinus menawarkan pemandangan hutan pinus yang cantik dan juga kamu dapat melihat struktur pepohonan yang unik.

Hutan Pinus Pengger sangat cocok untuk kamu kunjungi di pagi ataupun sore hari dikarenakan udara disini sangat sejuk dan adem. Selain itu, disini kamu juga dapat menghirup aroma segar dari pepohonan pinus yang berada di sekeliling kamu. Disini kamu bisa mendapatkan banyak spot foto dengan berbagai macam pemandangan.

Waduk Sermo

Di Kulon Progo terdapat tempat wisata yang harus kamu kunjungi, yakni Waduk Sermo. Waduk sermo memiliki fungsi utama yaitu sebagai penampungan air untuk saluran irigasi area pertanian dan perkebunan.

Saat ini waduk sermo dijadikan sebagai salah satu tempat wisata alam terbaik yang ada di Yogyakarta. Waduk sermo ini juga bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang ingin melakukan pengalaman unik berupa camping di tepi waduk sermo.

Kegiatan ini akan menjadi lebih seru jika kamu menggunakan camper van dan membawa keluarga, serta teman-teman kamu untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa di Waduk Sermo ini.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu yang terletak di jalan Boyong Kaliurang Yogyakarta ini merupakan salah satu museum yang mengenalkan kebudayaan para bangsawan Mataram. Selain menampilkan kebudayaan masa kerajaan Mataram Islam, Museum Ullen Sentalu juga menyajikan kehidupan para bangsawan di masa kasunan Surakarta, kasultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaram dan kadipaten Pakualam.

Disini kamu bisa melihat koleksi berupa mahakarya lukisan dan kamu bisa memahami arti dari kumpulan lukisan tersebut dari pemandu yang menjelaskan selama kamu di dalam museum ini.

Selain memperlihatkan bangunan yang menawan dari segi arsitektur bangunannya, di Museum Ullen Sentalu kamu juga dapat melihat beberapa patung di berbagai sudut museum yang membuat tempat ini semakin indah.

Heha Sky View

Heha Sky View terletak di Gunung Kidul dan dapat dijangkau dalam 30 menit daja dari kota Yogyakarta. Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan pemandangan Yogyakarta dari ketinggian, namun disini bisa dijadikan tempat nongkrong asik bersama keluarga dan teman kamu.

Jika kamu datang di hari yang cerah dan sedang beruntung, kamu akan mendapatkan pemandangan  sunset yang cantik dari Heha Sky View.

Tebing Breksi

Tebing Breksi dahulu sebuah tempat untuk menambang batuan kapur. Tebing Breksi tercipta setelah penambangan dihentikan lalu dikembangkan menjadi tempat wisata.

Di Tebing Breksi kamu bisa melihat pemandangan kearah Utara, sehingga kamu akan melihat Gunung Sindro, Gunung Sumbing, dan Candi Prambanan.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan tempat kediaman sultan. Namun, sebagian area Keraton Yogyakarta dapat dikunjungi oleh publik sebagai destinasi parawisata yang ada di Yogyakarta.

Disini kamu dapat melihat kearifan budaya di Yogyakarta melalui seni bangunan pada Keraton yang khas dan juga tradisi kesultanan yang sampai kini masih terus dilestarikan. Disini kamu juga bisa melihat pagelaran seni yang disuguhkan langsung kepada para pengunjung di waktu tertentu.

Keraton ini juga berisikan beberpa kompleks yang diantaranya terdapat museum benda kesultanan bersejarah. Salah satu warisan budaya ini masih dilestarikan dan dirwat dengan baik hingga saat ini. Museum ini juga terbuka bagi pengunjung yang ingin mengetahui budaya dan sejarah berupa benda, barang-barang kuno, lukisan, dan alat musik.

Demikian rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi bersama keluarga ataupun teman-teman. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu kamu agar tidak kebingungan memilih tempat wisata ketika ingin berlibur ke Yogykarta, ya!

Baca Juga:

Artikel Terkait