Home » Terbaru » Pendidikan » Ukuran Lapangan Bola Basket Sesuai Standar Nasional & Internasional

Ukuran Lapangan Bola Basket Sesuai Standar Nasional & Internasional

izan_alhasani May 21, 2024

Ukuran lapangan bola basket dibagi menjadi 3, yaitu yang sesuai standar nasional, internasional, dan lapangan mini untuk anak-anak. Setiap lapangan basket tersebut memiliki panjang, lebar, serta luas yang berbeda-beda.

Dalam pembuatan lapangan basket, baik indoor maupun outdoor semuanya disesuaikan dengan standar dan kebutuhan atlet. Oleh sebab itu, biasanya negara di seluruh dunia mempunyai ketentuan ukuran lapangan basketnya sendiri-sendiri.

Ukuran Lapangan Bola Basket sesuai Standar Internasional

Ukuran Lapangan Bola Basket sesuai Standar Internasional

FIBA atau Federasi Bola Basket Internasional merupakan pihak utama yang mengatur segala urusan dalam pertandingan bola basket. Pihak ini juga menentukan ukuran lapangan yang digunakan untuk bermain basket sesuai kepentingan atlet.

Terdapat beberapa ketentuan yang diatur dalam pembuatan lapangan basket. Mulai dari panjang, diameter, dan bagian-bagian lain dari lapangan. Berikut adalah ukuran lapangan bola basket internasional yang telah dibuat oleh FIBA:

  • Panjang lapangan: 28 meter
  • Lebar lapangan: 15 meter
  • Diameter lingkaran tengah lapangan: 3,6 meter
  • Jarak three point line dari sisi corner: 6,6 meter
  • Jarak three point line dari tengah lapangan: 6,75 meter
  • Tinggi ring: 3,05 meter

Selain itu dalam suatu lapangan basket terdapat berbagai komponen yang digunakan sebagai alat penunjang olahraga. Setiap komponen ini juga diatur ukurannya supaya sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh atlet.

a. Lingkaran di Dalam Lapangan

Umumnya lapangan basket memiliki lingkaran yang dibagi menjadi 3 bagian. Mulai dari sisi depan di kedua ring basket hingga 1 lingkaran di area tengah lapangan. Ukuran diameter lingkarannya adalah sekitar 1,80 meter.

b. Ring Basket

Lapangan basket memiliki 2 ring yang dibagi pada setiap tim dalam pertandingan. Ring ini memiliki tinggi atau panjang mencapai 0,40 meter. Sedangkan jarak yang dibuat dari tiang sampai ke garis akhir adalah sepanjang 1 meter.

c. Papan Pantul

Papan pantul merupakan komponen yang sepaket dengan ring basket. Komponen ini mempunyai panjang 1,80 meter dan lebar 1,20 meter untuk bagian luarnya. Sedangkan ukuran untuk area dalam papan adalah sepanjang 0,59 meter dan selebar 0,45 meter.

Tak hanya itu, ada juga aturan dalam pengukuran jarak antar lantai dengan papan pantul, yaitu sekitar 2,75 meter. Untuk jarak dari papan pantul ke ring basket adalah 0,30 meter jika diukur dari bagian bawah.

d. Garis Tengah

Ukuran lapangan bola basket juga ditentukan dari garis tengahnya. Rata-rata ukuran garis tengah adalah 1,80 meter dan lebarnya sekitar 0,05 meter. Ukuran tersebut sangat penting untuk menentukan luas lapangan basket.

e. Garis Akhir dan Tembakan

Dalam lapangan basket terdapat area yang disebut sebagai gaerah serang. Area ini dibuat dengan garis akhir sepanjang 6 meter. Terdapat juga garis tembakan untuk menyerang lawan dengan ukuran sebesar 3,60 meter.

Ukuran Lapangan Bola Basket Nasional

Ukuran Lapangan Bola Basket Nasional

Berbeda dengan standar internasional, ukuran lapangan basket dalam lingkup nasional ditentukan oleh pihak Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia atau PERBASI. Ukuran tersebut dibuat sesuai ketentuan berikut ini:

  • Panjang lapangan 28,65 meter
  • Lebar lapangan: 15,24 meter
  • Jarak three point line dari area corner: 6,7 meter
  • Jarak three point line dari tengah lapangan: 7,24 meter

Selain itu penentuan ukuran lapangan bola basket juga disesuaikan dengan panjangnya garis tengah, yakni 1,8 meter. Sementara untuk lebarnya adalah 0,5 meter dengan panjang garis akhir di daerah serang mutlak 6 meter.

Secara umum lapangan basket nasional memiliki 3 lingkaran di lapangan dengan ukuran jari-jari 1,8 meter. Adapun jarak papan pantul bagian luarnya adalah 1,8 meter x 1,2 meter. Sedangkan untuk jarak papan dalamnya sebesar 0,59 meter x 0,45 meter.

Jika seorang atlet ingin melakukan serangan, maka harus mengikuti ukuran garis tembakan dengan jarak 3,6 meter. Di samping itu jarak antara lantai dengan papan pantulnya ialah 2,75 meter. Pada bagian ring basket, jaraknya adalah 0,30 meter dari papan pantul bagian bawah.

Ukuran Lapangan Bola Basket Mini

Lapangan bola basket mini biasanya digunakan untuk kebutuhan olahraga anak-anak. Biasanya anak sekolah memiliki postur tubuh yang tidak terlalu tinggi. Maka dari itu ukuran lapangan basket dan ringnya harus disesuaikan kembali sesuai standar berikut:

  • Panjang lapangan basket mini: 18 meter
  • Lebar lapangan basket mini: 9 meter
  • Jari-jari tengah lapangan: 4,5 meter

Sama seperti ukuran lapangan bola basket pada umumnya, terdapat papan pantul untuk memasukkan bola ke dalam ring. Papan ini berukuran 180 cm untuk panjangnya dengan tebal 105 cm. sedangkan untuk ring basketnya setinggi 2,8 meter.

Diameter ring basket memiliki ukuran yang lebih kecil, sebesar 450 mm dan panjang jarring-jarinya 45 cm. Ukuran tersebut sudah disesuaikan dengan rata-rata tinggi anak yang ada di Indonesia supaya bisa berlatih menjadi atlet bola basket.

Pada dasarnya ukuran lapangan bola basket cukup beragam karena harus disesuaikan dengan kepentingan atlet dari berbagai negara. Sehingga biasanya setiap negara memiliki standar ukuran lapangan yang tidak sama.

Baca Juga:

Artikel Terkait