Home » Terbaru » Wisata » 10 Curug di Sentul yang Indah, Cocok untuk Wisatawan Pemula!

10 Curug di Sentul yang Indah, Cocok untuk Wisatawan Pemula!

izan_alhasani April 12, 2024

Diskop.id – Jika disuruh memilih tempat di Bogor untuk berwisata alam, pasti banyak yang memilih daerah Sentul. Pasalnya memang Sentul memiliki beberapa rekomendasi destinasi wisata alam menarik salah satunya curug. Sudah tahu belum curug di Sentul yang paling laris dikunjungi wisatawan lokal dan luar daerah?

Curug yang ada di kawasan Sentul Jawa Barat memiliki panorama alam pegunungan yang sangat indah, sehingga membuat pengunjung merasa nyaman menikmati suasananya. Lagi pula lokasi Bogor dari Pusat Kota Jakarta lumayan dekat, cocok dijadikan sebagai alternatif healing para pekerja kantoran.

10 Rekomendasi Curug di Sentul, Akses Masih Mudah Dikunjungi!

10 Rekomendasi Curug di Sentul, Akses Masih Mudah Dikunjungi!

Curug yang ada di Sentul memiliki ciri khas pemandangan perbukitan atau pegunungan yang sangat luar biasa indah. Ditambah lagi gemercik air terjun dan sejuknya udara membuat setiap orang yang datang ingin berlama-lama menghabiskan waktu di lokasi curug tersebut.

1. Curug Bidadari

Dari namanya saja sudah terlihat bahwa destinasi wisata Sentul satu ini menawarkan panorama alam sangat cantik. Curug Bidadari bisa kamu temukan di Desa Bojong Koneng dengan bayar tiket masuk cukup murah sekitar Rp25 ribu sampai dengan Rp30 ribu rupiah per orangnya.

Curug Bidadari memiliki mata air yang diturunkan langsung dari lereng pegunungan, sehingga rasanya sangat dingin dan menyegarkan saat tersentuh kulit. Saat mengunjungi tempat ini, kamu bisa mandi di bawar air terjun atau dibalik bebatuan besar yang ada disekitarnya.

2. Curug Leuwi Hejo

Curug di Sentul satu ini juga memiliki keindahan alam yang memikat dan menakjubkan. Banyak mahasiswa dari perkotaan yang memutuskan untuk menikmati waktu camping liburan di tempat ini karena benar-benar menawarkan kenyamanan. Bagaimana tidak?

Ada salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh Curug Leuwi Hejo yakni apitan dinding batuan kapur yang ada disekitarnya. Bentuknya sangat unik, ukuran dinding batuan beragam, dan warna bebatuan juga terkadang terlihat berubah saat terkena sinar matahari secara langsung.

Para pengunjung juga bisa menikmati indahnya kolam air untuk bersantai sambil berenang. Jika kamu ingin menikmati waktu liburan bersama keluarga juga tidak masalah, karena ada spot untuk duduk bersantai di lokasi tersebut. Bagaimana tertarik berlibur ke Curug Leuwi Hejo?

3. Curug Leuwi Cepet

Tidak kalah indahnya dengan Curug Leuwi Hejo, destinasi wisata Sentul satu ini juga menawarkan pesona yang sangat indah dan seru. pengunjung bisa menyaksikan secara langsung tebing ukuran besar, kemudian digunakan sebagai batu loncatan untuk terjun menuju kolam curug.

Kedalaman kolam air terjun curug mencapai 2 meter, oleh sebab itu bagi kamu yang kurang piawai untuk berenang bisa mencari kawasan dengan kedalaman sedang. Untuk mengakses lokasi wisata alam satu ini, pengunjung bisa menuju daerah Karang Tengah, Babakan, Madang, Bogor.

4. Curug Barong

Ada lagi nih rekomendasi curug di Sentul yang bagus dan pemandangannya memukau, tidak lain Curug Barong. Destinasi wisata berlokasi di Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Memangnya apa yang menarik dari tempat satu ini?

Jika dibandingkan dengan lokasi wisata lainnya, Curug Barong memiliki kondisi alam yang sangat natural bahkan kelihatannya tidak pernah dikunjungi orang. Disana kamu akan menemukan mata air segar berwarna biru indah, bebaturan elok, dan gemercik air dari atas pegunungan.

5. Curug Hordeng

Curug Hordeng berlokasi di Desa Cibadak, Sentul, Bogor. Disana kamu akan menemukan wisata air terjun dengan nuansa alam sangat indah. Banyak sekali wisatawan dari luar kota beramai-ramai mengunjungi tempat ini untuk santai bersama keluarga dan camping kecil-kecilan.

Air terjun Curug Hordeng dikelilingi dengan tebing batu serta pepohonan yang menjulang tinggi. Bagi kamu yang ingin merasakan berlibur menyatu dengan kesegaran alam sepertinya cocok memasukkan Curug Hordeng ke dalam bucket list wisata yang ingin dikunjungi.

6. Curug Kembar

Berlokasi di Kampung Ciebeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor. Air terjun satu ini memiliki aliran yang cukup deras dengan kedalaman mencapai 2 meter. Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang sangat dianjurkan untuk tidak mandi di tengah-tengah kolam curug.

Disekeliling air terjun Curug Kembar juga ditemukan bebatuan dengan ukuran cukup besar. Kamu bisa menggunakannya untuk berduduk-duduk santai sambil melihat pemandangan di area itu. Jika berniat untuk mengunjunginya, maka pengunjung perlu menyiapkan tenaga full ekstra.

Pasalnya untuk sampai ke lokasi Curug Kembar, maka kamu harus melalui jalanan yang terjal dan menanjak, baru kemudian bisa melewati jalan setapak. Setelah sampai di lokasi wisata, dijamin rasa capek setelah melewati jalanan curam bisa terbayarkan secara tuntas.

7. Curug Kencana

Curug Kencana merupakan salah satu curug di Sentul yang dekat dengan Gunung Panca. Tiap pengunjung nantinya bisa mengetes adrenalin dengan melompat dari tebing ketinggian 7 meter. Dibawahnya akan langsung disambut dengan telaga sangat dalam berukuran sekitar 6 meter.

Bagi kamu yang ragu-ragu untuk mencobanya, sebaiknya jangan ambil risiko untuk terjun dari tebing tinggi tersebut. Cukup habiskan waktu untuk bermain-main pada aliran sungai yang dangkal dan dijamin aman bagi pengunjung yang tidak memiliki skill berenang.

Saat berwisata, tentunya tidak lupa meluangkan waktu untuk mengabadikan gambar dengan latar belakang berupa air terjun. Jika ingin merasakan berendam, maka juga tersedia kolam alam yang mampu menawarkan kesegaran tiada duanya bagi pengunjung setelah penat dalam perjalanan.

8. Curug Ciburial

Saat mengunjungi Curug Ciburial, maka kamu akan disambut dengan 2 buah air terjun dengan pesona yang sangat indah. Namun ketinggian dari 2 air terjun tentunya berbeda, ada yang punya ketinggian 10 meter, sedangnya air terjun satunya memiliki ketinggian 6 meter saja.

Berhubung aliran airnya sangat deras, pengunjung disarankan untuk berhati-hati saat berenang ataupun berada di area Curug Ciburial tersebut. Apalagi saat musim hujan sudah tiba, bebatuan yang ada disekitar curug juga sangat licin dan membuat orang mudah terjatuh.

9. Curug Kalimata

Tahukah kamu bahwa Curug Kalimata memiliki ukuran paling tinggi diantara curug lainnya? Area air terjun yang ada di Curug Kalimata memiliki ketinggian sampai dengan 10 meter. Pengunjung yang ingin mengakses lokasi perlu melakukan perjalanan sekitar 10 sampai 20 menitan.

Jika sudah sampai di Curug Kalimata, kamu bisa menyaksikan pemandangan sawah yang sangat indah, ditambah lagi suasananya sejuk menyegarkan mata. Curug Kalimata berlokasi di Gunung Pancar, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor.

10. Curug Bojong Koneng

Curug Bojong Koneng memiliki nama lain “Curug Handap” dengan menawarkan pemandangan air terjun sangat indah siap memanjakan mata. Air terjun Bojong Koneng memiliki ketinggian sekitar 50 meter, sehingga lebih tinggi dibandingkan dengan Curug Kalimata.

Curug Bojong Koneng menawarkan keindahan alam yang masih asli, pemandangan persawahan, perbukitan, dan masih banyak lagi. Untuk menikmati destinasi wisata alam satu ini, kamu perlu membayar tiket sekitar Rp25 ribu sampai dengan Rp40 ribu rupiah saat weekend.

Tentunya masih banyak curug di Sentul lainnya yang bisa kamu kunjungi saat hari libur tiba. Untuk bisa menikmati wisata air terjun, sebaiknya perhatikan musim agar tidak menghambat perjalanan. Takutnya akses jalan untuk menuju curug akan semakin sulit saat musim hujan telah tiba.

Baca Juga:

Artikel Terkait