Home » Terbaru » Wisata » 6 Tempat Wisata di Makassar Terbaru, Selain Pantai Losari

6 Tempat Wisata di Makassar Terbaru, Selain Pantai Losari

izan_alhasani May 26, 2024

Diskop.id – Salah satu tempat wisata di Makassar yang sudah sangat terkenal adalah Pantai Losari. Liburan ke Makassar seolah tidak akan lengkap tanpa singgah ke Pantai Makassar. Namun tahukah Anda kalau di Kota Daeng ini ada sederet tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi?

Seperti daerah lainnya di Indonesia, potensi wisata di Makassar juga semakin berkembang dengan banyaknya destinasi wisata yang diunggulkan. Untuk tahu lebih jauh tentang tempat wisata populer di Makassar, langsung saja ikuti informasinya di bawah ini.

Rekomendasi Tempat Wisata di Makassar

Rekomendasi Tempat Wisata di Makassar

Seperti yang sudah disinggung di awal, ada banyak tempat wisata di Makassar yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sebagai referensi, berikut ini adalah 6 rekomendasinya:

1. Pantai Galesong

Selain Pantai Losari, di Makassar juga ada Pantai Galesong yang hanya berjarak sekitar 15 km dari Kota Makassar. Untuk sampai ke lokasi pantai, wisatawan hanya perlu menempuh perjalanan selama 20 menit saja.

Tempat wisata pantai di Makassar ini bukan sekedar menyajikan keindahan pantai saja tetapi juga wahana permainan dan area outbond. Bahkan di bibir pantai terdapat kolam renang dengan pemandangan langsung mengarah ke pantai.

Tentunya ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai ini. Mulai dari menikmati keindahan pantai dan berburu spot foto untuk diabadikan, berenang dengan view pantai, mencoba wahana permainan yang memacu adrenalin, hingga memancing dan kulineran.

LokasiDesa Sampulungan, Galesong, Takalar, Sulawesi Selatan
Jam Buka08.00 WITA – 18.00 WITA
HTMRp20.000 – Rp30.000

2. Pantai Tanjung Bayang

Nama tempat wisata di Makassar lainnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Tanjung Bayang. Pantai ini bisa dijadikan alternatif tujuan wisata selain Pantai Losari dan Pantai Galesong karena menawarkan daya tarik yang tidak kalah menggoda.

Pantai ini menyuguhkan pemandangan sunset yang begitu menakjubkan dengan nuansa pantainya yang begitu romantis. Garis pantai yang cukup panjang membuat pengunjung bisa lebih leluasa dalam menikmati suasana pantai.

Selain berjalan-jalan menyusuri pantai, banyak diantara wisatawan yang berenang, bermain pasir atau menjajal berbagai wahana permainan air yang menantang. Seperti flying fish dan banana boat.

Jarak pantai dari Kota Makassar hanya sekitar 8 km dan bisa ditempuh dalam waktu 25 menit saja. Dengan akses yang mudah dan harga tiket yang murah, tidak heran jika pantai ini menjadi salah satu tempat wisata yang difavoritkan.

LokasiBarombong, Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan
Jam Buka24 jam
HTMRp5.000

3. Leang-Leang

Rekomendasi tempat wisata di Makassar selanjutnya adalah Leang-Leang yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dari Kota Makassar. Salah satu daya tarik yang ditawarkan tempat ini adalah keberadaan jejak kehidupan zaman purba yang masih bisa disaksikan hingga saat ini.

Beberapa bukti nyata yang bisa dilihat antara lain adalah lukisan tangan bergambar telapak tangan dan babi rusa yang usianya sudah ribuan tahun. Di tempat ini juga ditemukan artefak purba dan fosil yang tentunya sangat menarik dipelajari.

Leang-Leang sendiri memiliki makna gua, sesuai dengan banyaknya gua prasejarah yang ada di tempat ini. Gua tersebut diyakini sebagai tempat tinggal manusia purba sekitar 3.000 sampai 8.000 tahun sebelum masehi.

Dari 40 situs gua yang ada di lokasi ini dan dua diantaranya dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Sementara 38 gua lainnya lebih dimanfaatkan untuk kebutuhan riset dan penelitian.

Tempat wisata di Maros Makassar ini sangat cocok untuk wisata edukasi. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan alamnya yang indah. Dengan keindahan alam dan keunikannya tersebut, banyak yang datang ke sini untuk foto prewedding.

LokasiLeang-Leang, Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan
Jam Buka08.00 WITA – 16.00 WITA
HTMRp10.000 (pelajar), Rp15.000 (umum)

4. Benteng Rotterdam

Berada di pusat Kota Makassar, Benteng Rotterdam merupakan salah satu tempat wisata populer yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tempat wisata di Makassar ini menyajikan bangunan bersejarah yang sudah berdiri sejak tahun 1673 dan termasuk dalam cagar budaya.

Dengan luas lahan sekitar 2,5 hektar, pengunjung bisa menyaksikan kemegahan 16 bangunan bergaya Eropa di kawasan ini. Memasuki area benteng ini, pengunjung akan diajak untuk menikmati suasana yang berbeda ala Eropa.

Bangunan-bangunan tua dengan gaya arsitektur khas Eropa abad pertengahan menjadi daya tarik tersendiri yang akan membawa pengunjung mundur kembali ke masa silam.

Di kawasan wisata ini ada banyak spot foto yang keren dan bisa dimanfaatkan sebagai latar untuk berfoto. Agar foto yang dihasilkan semakin maksimal, pengunjung bisa menyewa kostum ala noni Belanda dan berfoto di depan bangunan.

Tempat wisata di Kota Makassar ini lokasinya berada di tepi pantai sehingga menyuguhkan pemandangan alam dan pantai yang begitu indah.

LokasiJalan Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan
Jam Buka09.00 WITA – 18.00 WITA
HTMRp5.000

5. Pulau Samalona

Dengan panorama alamnya yang sangat cantik, Pulau Samalona menjadi salah satu tempat wisata di Makassar yang populer dan difavoritkan wisatawan. Hanya berjarak sekitar 11 km dari Kota Makassar, wisatawan bisa mengunjungi pulau ini dengan menyewa perahu.

Pulau eksotis ini sangat cocok untuk tujuan wisata keluarga karena ombaknya yang sangat tenang dengan pemandangan alam yang memanjakan mata. Pasir putih, air laut yang jernih dan pepohonan yang hijau, rasanya sudah cukup untuk mengusir semua kepenatan.

Selain menikmati keindahan alam, wisatawan juga bisa mencoba wahana permainan air yang seru seperti jetski. Atau menikmati keindahan alam bawah lautnya dengan melakukan aktivitas snorkeling dengan peralatan yang sudah tersedia.

Momen liburan akan semakin nyaman dengan beragam fasilitas yang ada di dalamnya. Mulai dari toilet, wahana permainan, gazebo, tempat makan, penginapan dan lain-lain. Wisatawan juga bisa berburu spot foto dan kulineran dengan menu seafood yang menggugah selera.

LokasiLae Lae, Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan
Jam Buka24 jam
HTMFree (biaya sewa perahu Dermaga Kayu Bangkoa mulai Rp25.000/orang)

6. Pulau Lae Lae

Tidak jauh dari Pulau Samalona, ada Pulau Lae Lae dengan pesona alamnya yang tidak kalah cantik. Tempat wisata di Makassar ini memang bersebelahan dengan Pulau Samalona dan bisa dijadikan tujuan wisata yang menarik saat liburan tiba.

Meskipun pulau ini tidak terlalu luas, namun menyajikan keindahan pantai yang menakjubkan dengan hamparan pasir putih dan laut birunya yang begitu tenang. Suasana pantai semakin menyejukkan dengan hembusan anginnya yang membuat aroma pantai menyebar.

Selain bersantai, wisatawan bisa melakukan aktivitas seru seperti berenang dan snorkeling. Berada di pulau ini wisatawan bukan hanya dimanjakan dengan keindahan alamnya saja, tetapi juga suasana yang tenang dan sunset yang syahdu.

LokasiLae Lae, Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan
Jam Buka24 jam
HTMFree (biaya sewa perahu mulai Rp15.000/orang)
Pulau Lae Lae

Selain 6 rekomendasi di atas, tentunya masih banyak tempat wisata di Makassar yang menarik untuk diexplore. Mulai dari wisata bahari dan wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah dan budaya hingga wisata hiburan yang seru. Jika mencari ketenangan, Pulau Samalona bisa dijadikan pilihan menarik.

Baca Juga:

Artikel Terkait