Home » Terbaru » Wisata » 8 Wisata Thailand Unik & Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup!

8 Wisata Thailand Unik & Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup!

izan_alhasani May 26, 2024

Terkenal dengan sebutan Negeri Gajah Putih, wisata Thailand menawarkan berbagai keseruan dengan deretan tempat wisata menarik di dalamnya. Thailand sendiri sudah populer di kalangan wisatawan internasional sebagai salah satu negara di Asia yang memiliki potensi wisata yang beragam.

Biaya perjalanan serta biaya hidup sehari-hari yang relatif murah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan sehingga semakin yakin untuk datang ke Thailand. Jika Anda masih bingung, ada tempat wisata apa saja di Thailand, informasi di bawah ini patut disimak untuk mengetahui jawabannya.

Rekomendasi Tempat Wisata Thailand 2023

Rekomendasi Tempat Wisata Thailand 2023

Thailand sering digambarkan sebagai negara yang cukup sibuk dengan aktivitas perdagangan, terutama di Kota Bangkok maupun Chiang Mai. Thailand juga identik dengan pemandangan pegunungan di sekitarnya serta atraksi gajah maupun monyet yang berkeliaran.

Tentunya ada banyak hal menarik  yang bisa ditemukan di Thailand dengan keunikannya masing-masing. Bagi yang sedang merencanakan liburan ke Thailand, berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang direkomendasikan:

1. Sukhothai Old City

Ibukota kuno Thailand ini menjadi salah satu tempat wisata budaya Thailand yang difavoritkan oleh penggemar fotografi. Reruntuhan kota tua yang ada di kawasan ini justru menjadi daya tarik tersendiri yang membuatnya semakin dikenal dan populer di kalangan wisatawan asing.

Sukhothai Old City sendiri termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO. Desain bangunan kuno yang terlihat dari reruntuhannya menunjukkan banyaknya wat (kuil tempat tinggal para biksu Buddha) yang menyajikan kisah kehidupan peradaban kuno di masa silam.

2. Pantai Railay

Destinasi wisata Thailand selanjutnya adalah Pantai Railay yang menawarkan secuil ketenangan dengan lautan biru yang jernih, berpadu dengan pasir putihnya yang bersih. Tidak heran jika pantai ini menjadi salah satu tempat yang difavoritkan wisatawan.

Selain menyajikan keindahan pantai yang menenangkan, kawasan wisata ini juga sering dimanfaatkan para penghobi panjat tebing. Dengan lanskap tebing kapur yang tinggi menjulang, tempat ini memang sangat cocok untuk aktivitas olahraga yang memacu adrenalin.

Untuk menikmati pemandangan secara maksimal, wisatawan bisa mengakses Diamond Cave dengan kondisi jalan yang cukup nyaman.

3. Floating Markets

Menikmati liburan yang unik di Thailand tidak akan lengkap tanpa menjelajahi Floating Markets yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Wisata Thailand yang satu ini menawarkan pengalaman yang berbeda dengan perjalanan yang berkesan.

Untuk mengunjungi tempat ini, wisatawan bisa datang di pagi hari dan memulai petualangan di pasar apung Thailand. Ada banyak barang yang dijual di pasar apung ini, seperti rempah-rempah, sayuran, buah-buahan hingga berbagai makanan lezat yang menggugah selera.

Meskipun ada beberapa pasar terapung yang bisa dikunjungi saat liburan ke Thailand, namun yang paling populer adalah Damnoen Saduak dan Amphawa. Untuk mengunjungi tempat tersebut, wisatawan bisa bergabung dengan rombongan tour atau datang sendiri.

4. Khao Yai National Park

Seperti yang diketahui, di Thailand gajah merupakan binatang yang sangat dihormati. Bahkan hampir di semua tempat wisatawan bisa melihat berbagai macam patung maupun lukisan bergambar gajah.

Salah satu wisata Thailand yang menawarkan pengalaman unik berinteraksi dengan gajah adalah di Khao Yai National Park. Jika dari Bangkok, wisatawan perlu menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam.

Selain menyaksikan aktivitas satwa, wisatawan bisa menjelajahi taman dan berburu spot foto yang paling menarik, termasuk di area air terjun. Dengan ketenangan suasana dan alamnya yang masih sangat terjaga, tempat ini bisa dijadikan pilihan tepat untuk retret di akhir pekan.

Di kawasan taman nasional ini tersedia fasilitas tempat makan, toko yang menjual kebutuhan dasar serta camping ground. Sehingga memungkinkan wisatawan untuk berkemah dan menikmati suasana malam di Khao Yai National Park.

5. Koh Phi Phi

Wisata alam Thailand yang satu ini menyajikan keindahan pulau yang begitu menawan. Lokasinya sendiri berada di Provinsi Krabi, dari Phuket hanya berjarak sekitar 40 km. Di pulau ini wisatawan akan disuguhi dengan laut biru, pasir putih, tebing karst dan tanaman tropis.

Nama Koh Phi Phi sendiri semakin populer setelah digunakan sebagai lokasi syuting film The Beach yang dibintangi oleh Leonardo Dicaprio. Dengan keindahannya, pulau ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk menikmati waktu liburan.

Kebanyakan wisatawan yang datang memanfaatkan paket wisata Thailand 2023 full day tour ke Koh Phi Phi. Paket tersebut sudah termasuk akomodasi, makan siang, ferry express atau speedboat. Untuk harganya sendiri cukup bervariasi tergantung rute dan fasilitasnya.

6. Grand Palace, Bangkok

Ikon sejarah di Bangkok ini sudah dibangun sejak tahun 1782 dan selama 150 tahun difungsikan sebagai tempat tinggal raja serta gedung administratif. Bangunan bersejarah ini lokasinya cukup dekat dengan Sungai Chao Phraya dan memiliki luas sekitar 210.400 m2.

Bangunan istana ini terdiri dari 3 bagian dengan fungsi yang berbeda-beda. Untuk saat ini, istana kebanggaanThailand ini lebih sering digunakan untuk menyelenggarakan perayaan acara keluarga kerajaan maupun jamuan kenegaraan.

Bagi wisatawan yang mengunjungi istana ini ada beberapa aturan yang harus diperhatikan. Bagi laki-laki harus mengenakan celana panjang, tidak boleh mengenakan kaos dan pakaiannya harus yang berlengan.

Sementara bagi perempuan harus mengenakan pakaian yang sopan, tidak boleh transparan, tidak boleh mengenakan tanktop dan tidak boleh mengenakan celana pendek atau rok pendek. Jadi sebelum datang ke istana, pastikan sudah mematuhi aturan berpakaian yang ditetapkan.

7. Pai

Menikmati wisata Thailand tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Pai yang lokasinya cukup tersembunyi. Bagi yang suka dengan aksi petualangan dan ingin mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda, maka datang ke Pai bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

Ada beberapa tempat menarik yang bisa dijelajahi di Pai, salah satunya adalah Chinese Village. Dengan nuansa Tiongkok yang begitu kental, tempat ini juga dihiasi dengan replika Tembok China yang ikonik.

Selain China Village, di Pai wisatawan juga bisa mengunjungi Pai Canyon yang berupa ngarai panjang dengan medan cukup terjal sehingga wisatawan harus ekstra hati-hati. Namun perjalanan yang sulit akan terbayar dengan pemandangan sunset-nya yang begitu romantis.

8. Chiang Mai

Salah satu objek wisata Thailand yang terkenal di mancanegara adalah Chiang Mai. Kota ini menyajikan berbagai macam pesona dan keunikan di dalamnya. Dengan pegunungan di sekitarnya, wilayah di utara Thailand ini menawarkan daya tarik alami yang memanjakan mata.

Salah satu tempat wisata di Chiang Mai Thailand yang menarik adalah Wat Phra That Doi Suthep. Kuil ini didominasi dengan lapisan berwarna emas sehingga terlihat begitu megah dan cantik. Bahkan banyak yang menyebut kuil ini merupakan yang tercantik di Thailand Utara.

Seperti aturan mengunjungi tempat suci yang lain, di kuil ini pengunjung juga harus berpakaian sopan dan menjaga ketenangan selama berada di dalam kuil. Sementara dari bagian belakang kuil, pengunjung bisa menyaksikan keindahan Kota Chiang Mai.

Chiang Mai

Wisata Thailand selalu menarik untuk dieksplor karena ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata alamnya yang memanjakan mata, hingga pasar terapung dan kuil Buddha dengan keindahan desain dan gaya arsitekturnya. Bagaimana, sudah siap melancong ke Thailand?

Baca Juga:

Artikel Terkait