Home » Terbaru » Wisata » 10 Wisata Danau Toba & Samosir dengan Pemandangan Indah

10 Wisata Danau Toba & Samosir dengan Pemandangan Indah

izan_alhasani February 28, 2024

Pulau Sumatera merupakan salah satu pulau yang memiliki beragam jenis wisata alami maupun buatan. Jika berkunjung ke pulau ini, maka jangan sampai melewatkan wisata di Danau Toba dan sekitarnya. Beragam jenis aktivitas menyenangkan bisa dilakukan di kawasan wisata danau yang satu ini.

Selain menikmati keindahan alam memukau, para wisatawan juga bisa mengunjungi berbagai tempat makan untuk wisata kuliner. Penasaran dengan berbagai tempat wisata di sekitar danau ini? Simak saja rekomendasi wisata menarik di kawasan salah satu danau terbesar Sumatera melalui artikel ini!

Daftar Rekomendasi Wisata Danau Toba, Hits Abis!

Daftar Rekomendasi Wisata Danau Toba

Berikut ini daftar rekomendasi wisata yang harus Anda kunjungi ketika berada di Toba, Sumatera, yaitu:

1. Simarjarunjung

Apakah Anda suka wisata pegunungan? Jika menyukainya, maka lebih baik datang langsung ke wisata Simarjarunjung. Destinasi wisata ini menawarkan keindahan dan kecantikan danau dari ketinggian. Air danau bahkan tampak hijau kebiruan.

Selain menikmati keindahan pemandangan, pihak pengelola Simarjarunjung juga menawarkan beragam fasilitas untuk foto. Beragam spot foto yang ada di Simarjarunjung adalah sepeda melayang, balon udara, meja makan menggantung, rumah pohon, dan lain sebagainya.

Jika berwisata ke Simarjarunjung, maka jangan lupa untuk menikmati pemandangan sunset atau matahari terbenam. Semburat langit jingga akan terlihat lebih cantik dengan latar belakang pemandangan danau dan pegunungan.

2. Pusuk Buhit, Samosir

Pusuk Buhit merupakan salah satu destinasi wisata Toba Samosir yang menarik perhatian wisatawan domestik hingga mancanegara. Di kawasan destinasi wisata yang satu ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan spektakuler dari atas ketinggian.

Hal ini karena Pusuk Buhit sebenarnya merupakan sebuah gunung berapi yang dikelilingi oleh beberapa desa. Hamparan pemandangan pepohonan hijau hingga padang rumput dan danau dapat dinikmati dari atas Tower Tele.

Selain memiliki keindahan alam yang memukau, destinasi wisata ini juga dikenal karena memiliki beragam cerita legenda hingga mitos.

Salah satu cerita yang banyak beredar dan dipercaya orang adalah Pusuk Buhit sebenarnya tempat asal mula munculnya Suku Batak. Masyarakat sekitar juga percaya wilayah ini merupakan tempat kelahiran dari Raja Batak.

3. Air Terjun Efrata

Danau Toba juga memiliki wisata air terjun yang layak untuk dikunjungi. Salah satu contohnya adalah Air Terjun Efrata yang berada di Kecamatan Harian, Samosir. Tinggi air terjun ini mencapai 20 meter dan diapit oleh perbukitan.

Air yang mengalir dari ketinggian ini sangat jernih dan segar karena berasal dari mata air Bukit Barisan. Lingkungan sekitar Air Terjun Efrata juga masih sangat asri ditumbuhi berbagai tumbuhan hijau yang rimbun.

Anda bisa menemukan spot yang cocok untuk berkemah di sekitar Air Terjun Efrata. Camping di sekitar destinasi wisata ini pasti akan sangat menyenangkan dan membuat pikiran lebih fresh.

4. Air Terjun Situmurun

Selain Air Terjun Efrata, Anda juga bisa berkunjung ke Air Terjun Situmurun. Destinasi wisata yang satu ini sangat mempesona karena memiliki ketinggian air terjun hingga 70 meter. Tidak hanya itu, pesona Air Terjun Situmurun juga terlihat semakin indah dengan adanya tujuh tingkatan air terjun.

Uniknya lagi, aliran Air Terjun Situmurun langsung mengalir ke Danau Toba. Sangat unik dan berbeda dengan destinasi wisata air terjun lainnya, bukan?

5. Desa Paropo

Tempat wisata Paropo Danau Toba merupakan salah satu rekomendasi destinasi wisata terbaik yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Desa yang ada di tepi danau ini memang memiliki keunikan dan pesona tersendiri, sehingga banyak mengundang wisatawan untuk mengunjunginya.

Anda bisa menyaksikan keindahan danau dari Desa Paropo. Selain itu, perbukitan yang tampak hijau juga dapat dinikmati dari desa wisata yang satu ini.

Jangan lupa untuk melakukan wisata kuliner ketika berkunjung ke Desa Paropo. Anda harus mencicipi masakan khas yang terbuat dari ikan segar.

Jika ingin merasakan suasana lebih dekat dengan alam, maka tidak ada salahnya untuk menginap di Desa Paropo. Anda bisa mendirikan tenda warna-warni di tepi danau dan menyaksikan keindahan langit malam yang dipenuhi gugusan bintang ketika langit sedang cerah.

6. Bukit Holbung

Rekomendasi destinasi wisata lainnya adalah Bukit Holbung yang dikenal juga dengan sebutan Bukit Teletubbies. Wisata yang satu ini berupa perbukitan yang ditumbuhi hamparan rumput hijau. Perbukitan ini tampak menarik dengan kontur bergelombang.

Di atas perbukitan tersebut terdapat jalan setapak yang bisa dilalui dengan hati-hati. Anda hanya perlu berjalan mendaki selama kurang lebih 15 menit agar sampai di atas bukit. Anda pun bisa menyaksikan pemandangan memukau dari atas Bukit Holbung.

Tidak jarang juga banyak wisatawan memilih berkemah di Bukit Holbung. Pada pagi hari pemandangan sunrise atau matahari terbit dari atas bukit ini memang terlihat sangat mempesona dan mengagumkan. Liburan di Bukit Holbung pasti akan terasa menyenangkan, bukan?

7. Kebun Bunga Sapo Jurna Togging

Wisata apa saja yang ada di Danau Toba? Wisata menarik lainnya yang cocok untuk dikunjungi ketika liburan adalah Kebun Bunga Sapo Jurna Togging. Kebun bunga yang satu ini sebenarnya masuk ke wilayah penginapan bernama Sapo Jurna.

Namun, keindahan taman bunga yang memukau membuat banyak wisatawan mengunjunginya. Kebanyakan wisatawan berkunjung untuk menikmati keindahan aneka jenis bunga yang tumbuh rapi hingga terlihat berwarna-warni.

Keindahan Kebun Bunga Sapo Jurna Togging memang bisa memanjakan mata. Jangan lupa untuk mengabadikan moment dengan melakukan hunting foto di kebun bunga yang cantik ini.

8. Lembah Bakkara

Lembah Bakkara juga merupakan wisata di Danau Toba yang sayang untuk dilewatkan. Seperti namanya, Bakkara merupakan wisata alam yang berbentuk lembah. Daya tarik utama dari wisata lembah ini adalah dua buah aliran sungai yang mengalir deras.

Kedua sungai yang mengalir di Lembah Bakkara adalah Aek Silang dan Aek Simangira. Air kedua sungai ini terlihat sangat sejuk dan menyegarkan karena masih alami. Di spot tertentu, wisatawan bisa menikmati kesegaran dari aliran kedua air sungai tersebut.

9. Khas Parapat

Ingin menginap di sekitar Danau Toba? Jika menginginkannya, maka tidak ada salahnya untuk menginap di Khas Parapat. Penginapan ini memiliki daya tarik tersendiri hingga cocok dijadikan sebagai destinasi tujuan wisata.

Desain penginapan ini cukup menarik perhatian terlebih ada lokasi yang menyerupai negeri Belanda. Bangunan kincir angin khas Belanda dapat dijadikan background foto yang menarik. Selain itu, wisata Parapat ini masih memiliki aneka spot indah dan menarik untuk hunting foto instagramable.

Wisatawan juga bisa melakukan wisata kuliner dengan menikmati makanan yang disajikan di restaurant penginapan ini.

10. Desa Tomok

Anda juga bisa datang ke Desa Tomok untuk menikmati suasana khas pedesaan yang masih kental dengan budaya setempat. Wisatawan bisa mempelajari budaya tradisional masyarakat setempat. Selain itu, desa wisata ini juga menawarkan berbagai kerajinan tangan yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Desa Tomok

Danau Toba memiliki daya tarik tersendiri dengan beragam jenis wisata yang ada di sekitarnya. Liburan panjang Anda pasti akan terasa lebih menyenangkan ketika mengunjungi semua destinasi wisata menarik di sekitar danau populer yang satu ini!

Baca Juga:

Artikel Terkait