Home » Terbaru » Wisata » Wisata Bura Bura Danau Matano: Daya Tarik, Fasilitas, HTM

Wisata Bura Bura Danau Matano: Daya Tarik, Fasilitas, HTM

izan_alhasani May 19, 2024

Diskop.id – Berada di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan atau tepatnya di Desa Matano, Kecamatan Nuha, wisata Bura Bura menjadi salah satu destinasi unggulan yang difavoritkan wisatawan. Danau purba tersebut bukan hanya menyajikan panorama alam yang indah saja tetapi juga mitos dan kisah mistis.

Mata air Bura Bura sendiri diyakini sebagai sumber mata air utama dari Danau Matano. Yang menarik, mata air yang berada di pinggir danau ini juga dipercaya berkhasiat sebagai obat. Untuk tahu lebih jauh tentang keunikan wisata di Bura Bura Danau Matano, silakan simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Sekilas tentang Danau Matano

Sekilas tentang Danau Matano

Membahas wisata Bura Bura tidak bisa terlepas dari Danau Matano. Sebuah danau alami yang terbentuk dari ribuan sumber mata air yang terjadi akibat adanya gerakan tektonik di lapisan litosfer. Arti Matano sendiri dalam bahasa setempat adalah mata air.

Yang menarik, danau yang termasuk cryptodepresson ini memiliki karakteristik air yang tidak dingin. Selain itu ternyata ada banyak fakta unik dari Danau Matano, dan berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Danau Terdalam di Indonesia dan Asia Tenggara

Matano adalah danau yang selalu ramai pengunjung ini memiliki kedalaman hingga 590 meter dengan kedalaman rata-rata 37 meter. Danau ini bahkan termasuk danau terdalam di Indonesia dan Asia Tenggara, terdalam ke-3 di Asia serta terdalam ke-8 di dunia.

2. Berada di Bawah Pegunungan Verbeek

Danau ini membentang sepanjang 28 km dengan lebar sekitar 8 km dan berada di bawah pegunungan Verbeek. Kondisi alamnya yang masih terjaga membuat air danau ini terlihat jernih dan bernuansa kebiruan.

Dengan view pegunungan Verbeek di sekitarnya, danau ini menyajikan pemandangan alam yang luar biasa. Selain dimanjakan dengan keindahan panorama danau dan pegunungan, hawa sejuk khas pegunungan di danau ini juga akan membuat wisatawan semakin nyaman.

3. Mitos di Danau Matano

Konon di dalam danau terdapat sebuah meriam yang disebut Toringkongko. Toringkongko sendiri adalah nama hantu yang menyeramkan. Jika terdengar letusan meriam yang tak kasat mata tersebut maka hal itu menjadi pertanda bahwa akan terjadi suatu peristiwa di kampung.

4. Mata Air Bura Bura di Tepi Danau

Mata air Bura Bura di tepi danau ini dibuatkan dinding sehingga menyerupai sebuah kolam dengan air yang sangat jernih di dalamnya. Saat ini, mata air Bura Bura dimanfaatkan sebagai sumber air bagi warga sekitar dengan cara mengalirkannya melalui pipa ke pemukiman warga.

Daya Tarik dan Keunikan Wisata Bura Bura

Danau Matano merupakan salah satu tempat wisata di Luwu Timur yang menyajikan keindahan alam dengan view pegunungan di sekitarnya. Tentunya ada banyak daya tarik dan keunikan di tempat wisata ini yang tidak boleh dilewatkan. Berikut ini adalah informasinya:

1. Batu Bulan Sabit dengan Kisah Mistis

Salah satu keunikan yang ada di wisata air Bura Bura ini adalah keberadaan batu bulan sabit berwarna perak di dalam kolam. Batu tersebut dianggap keramat oleh warga setempat karena menyimpan kisah mistis yang tidak masuk akal.

Konon pada masa penjajahan Belanda, batu tersebut sempat mau dipindahkan namun tidak ada yang bisa memindahkannya. Warga setempat meyakini bahwa batu tersebut menjadi tempat semedi tomanurung Batara Guru yang merupakan manusia pertama di Luwu.

Sementara kisah yang lain menyebutkan bahwa ketika sedang bersemedi tersebut muncul penampakan gadis cantik bersamaan dengan gelembung air atau bura bura. Itulah mengapa banyak yang mempercayai jika air tersebut berkhasiat untuk obat dan enteng jodoh.

2. Mata Air Keluar Gelembung atau Bura Bura

Keunikan lain dari wisata Bura Bura adalah mata air akan mengeluarkan gelembung-gelembung air atau bura bura, ketika ada yang meneriakkan bura bura di tepi kolam. Keunikan inilah yang menyebabkan mata air di Danau Matano dikenal dengan nama mata air bura bura.

3. Air yang Berkhasiat

Banyak warga yang percaya jika air dari mata air Bura Bura mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti penyakit kulit dan lainnya. Air ini bahkan bisa langsung diminum tanpa perlu khawatir akan sakit perut.

4. Makam Kuno Raja-Raja

Dari wisata air Bura Bura, pengunjung bisa mengunjungi makam kuno raja-raja yang letaknya ada di atas Bukit Pangkaburu, atau sekitar 2 km dari lokasi mata air Bura Bura. Di pemakaman kuno tersebut terdapat dua makam Raja Matano, yaitu Lamakandiu dan La Mattulia.

Selain makam dua raja tersebut ada banyak makam kuno lainnya. Namun sayangnya beberapa diantaranya ada yang digali oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk diambil harta karun dan barang antik yang ada di dalamnya.

Meskipun sudah ada akses jalan menuju ke lokasi makam, namun masih berupa jalan tanah sehingga wisatawan harus menempuh perjalanan yang tidak mudah apalagi jika di musim penghujan.

Meski begitu, dari atas bukit wisatawan bisa menikmati keindahan tempat wisata Bura Bura yang terlihat indah dan eksotis. Sehingga perjalanan yang sulit saat menuju ke lokasi makam tidak akan sia-sia.

5. Panorama Danau yang Indah

Danau yang sangat luas dengan aliran air yang tenang dan pegunungan di sekitarnya membuat pemandangan di lokasi wisata ini sangat indah dan memanjakan mata. Untuk menikmati keindahan danau, wisatawan bisa berkeliling danau menggunakan perahu ketinting.

Dengan pemandangan yang indah, tentunya aktivitas foto-foto untuk mengabadikan momen liburan yang seru di tempat ini tidak boleh dilewatkan. Ada beberapa spot yang bisa dipilih untuk berfoto, seperti di dermaga dengan view danau dan pegunungan atau di atas perahu.

6. Fasilitas yang Memadai

Fasilitas yang memadai di kawasan wisata Bura Bura Danau Matano akan membuat momen liburan semakin nyaman dan menyenangkan. Selain gazebo dan tempat makan, di danau ini juga tersedia perahu kano, wahana permainan air dan lain sebagainya.

7. Ikan Purba Buttini dan Fauna Endemik

Danau di bawah pegunungan Verbeek ini meniympan kekayaan alam yang luar biasa dengan berbagai macam spesies endemik yang tentunya tidak ada di tempat lain. Salah satunya adalah ikan purba Buttini atau dikenal dengan nama latin Glossogobius matanensis.

Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang unik dengan kulit kecoklatan dan bola mata yang terlihat menonjol. Meski begitu, dagingnya yang gurih membuat jenis ikan ini menjadi salah satu ikan yang digemari masyarakat dan banyak dicari wisatawan.

Lokasi, HTM, Fasilitas dan Jam Buka Wisata Bura Bura

Lokasi, HTM, Fasilitas dan Jam Buka Wisata Bura Bura

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi wisata air Bura Bura yang unik dan eksotis, berikut ini adalah informasi terkait lokasi, fasilitas, harga tiket masuk serta jam buka objek wisata:

LokasiDesa Matano, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan
FasilitasToilet, taman bermain, gazebo, penyewaan perahu, wahana permainan air dan lain-lain.
HTMRp10.000
Jam Buka24 jam

Wisata Bura Bura bukan hanya menyajikan keindahan alam yang mempesona. Ada banyak keunikan yang ada di kawasan ini sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah fenomena keluarnya gelembung air di mata air Bura Bura jika ada yang meneriakkan “bura-bura!”

Baca Juga:

Artikel Terkait