Home » Terbaru » Wisata » Wisata Curug Benowo Ungaran: HTM, Rute, Fasilitas & Daya Tarik

Wisata Curug Benowo Ungaran: HTM, Rute, Fasilitas & Daya Tarik

izan_alhasani February 20, 2024

Di daerah Semarang terdapat gunung yang sangat mempesona dengan ketinggian hampir 2000 mdpl. Sebut saja Gunung Ungaran yang di kawasan tersebut banyak diketahui ada air terjun yang indah. Salah satunya adalah Curug Benowo yang dengan keindahan alamnya yang masih alami dan asri.

Saat ingin mengunjungi curug ini sebenarnya sangat memacu adrenalin karena tracknya sendiri bisa membuat Anda sangat tertantang. Akan tetapi, hal tersebut akan terbayarkan dengan kesejukan dari tempat ini karena sepanjang perjalanan terdapat arus air yang jernih dan bersih.

Informasi Mengenai Curug Benowo

Berada di kaki Gunung Ungaran membuatnya menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Sebenarnya, terdapat satu daerah wisata lagi yaitu Curug Lawe yang mana dipisahkan oleh persimpangan sebelum menuju ke curug ini.

Asal usul diberi nama Benowo adalah karena dulunya kawasan ini merupakan tempat bersinggahnya Pangeran Benowo. Yang merupakan salah satu pangeran dari kerajaan Pajang pada masa lampau. Pangeran Benowo sangat sering menuju kesini dan warga setempat mengetahuinya.

Oleh sebab itu, nama curug ini adalah Benowo yang diberi nama oleh masyarakat sekitar. Curug ini memiliki keunikan tersendiri yang pastinya masih sangat asri dan alami karena tidak banyak perubahan yang terjadi.

Aktivitas/Daya Tarik Wisata di Curug Benowo

Aktivitas:Daya Tarik Wisata di Curug Benowo

Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan di curug ini karena memang tempat wisata ini sangat mengasyikkan. Selain pemandangannya yang sangat bagus, pengunjung bisa saja melakukan hal-hal yang berkesan saat telah meninggalkan tempat ini, seperti:

1. Mendaki Rute Ekstrim

Agar bisa sampai ke tempat wisata ini maka harus menempuh jarak dengan waktu 45 menit sampai 1 jam lamanya hanya untuk perjalanan berangkat saja. Sedangkan, untuk pulang juga harus menyiapkan waktu panjang seperti itu.

Untuk perjalanan menuju ke air terjun akan sangat mulus tanpa hambatan. Akan tetapi, setelah pengunjung melewati bendungan maka jalanan memiliki tekstur tanah dan bebatuan yang terus menerus menanjak. Tenaga sangat dibutuhkan di sini karena untuk melewati rute yang ekstrim.

Disarankan pada saat hari biasa harus membawa minuman sendiri karena jarang ada penjual. Berbeda saat mengunjungi curug di waktu weekend atau liburan sekolah pastinya pengunjung akan padat dan pedagang menggelar dagangannya. 

2. Melihat Pemandangan Unik

Pemandangan unik yang bisa dilihat di daerah wisata ini bukan hanya pepohonan rindang dan lainnya. Akan tetapi ada pohon yang memiliki gantungan sandal-sandal para korban yang melalui track cukup ekstrim tersebut.

Oleh sebab itu, disarankan untuk menggunakan alas kaki yang kuat atau bisa menggunakan sepatu saja yang tidak licin. Untuk rutenya sendiri memang sangat terjal setelah 500 meter. Dan pada 400 meter sebelumnya ada persimpangan yang tiba-tiba berbelok ke arah curug lawe.

3. Jembatan Selfie

Meskipun merupakan salah satu wisata alam namun tetap memiliki spot terbaik untuk berfoto dan sekaligus menjadi tempat peristirahatan. Ya, saat sudah lelah berjalan maka bisa beristirahat di jembatan selfie yang disediakan sebagai fasilitas pengunjung.

Untuk jembatan ini sendiri memiliki warna merah yang menyala. Dan menariknya, langsung berbatasan dengan jurang, Fasilitas ini hanya boleh dilintasi oleh maksimal 5 orang. Oleh sebab itu, sembari menunggu maka pengunjung bisa sembari beristirahat.

Selain disebut sebagai jembatan selfie, pengunjung sering juga menyebutnya sebagai jembatan romantis. Lantaran sangat banyak sepasang kekasih yang mengunjungi curug ini dan mengabadikan momen di jembatan selfie. Bukan hanya untuk berfoto saja namun juga bergandengan tangan.  

4. Pemanasan Naik Puncak Ungaran

Aktivitas seru dalam mendaki di Curug Benowo ternyata bisa dijadikan sebagai pemanasan saat ingin naik ke puncak Gunung Ungaran. Untuk track dan jalurnya sendiri sangat menantang bahkan untuk momen sandal putus pun juga ada.

Bagi yang merasakannya pastinya akan menjadi sebuah momen yang tidak terlewatkan dan kenangan yang manis saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Rute dan Lokasi Curug Benowo

Rute Curug Benowo

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa untuk curug ini berada di kaki Gunung Ungaran. Akan tetapi, alamat lengkapnya terletak di Desa Kalisidi RT. 001/RW. 006 Ungaran Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kode Pos 50519.

Jika ingin mengunjungi curug ini maka bisa mulai dari alun-alun kota Ungaran. Kemudian, bisa langsung menuju ke daerah Mapagan atau melewati Jalan Gunung Pati. Beloklah ke arah kanan jika sudah menemukan Makam Darul Mukminin Si Plaosan Sumur Gunung.

Dari arah sana, petunjuk arah untuk bisa masuk ke daerah curug ini sudah terdapat petunjuk arah yang jelas. Dengan begitu, para pengunjung bisa berjalan dengan melihat pada petunjuk arah tersebut.

Melihat jalannya memang sedikit terjal dan menanjak serta di samping kanannya juga terdapat pohon karet dengan area yang cukup luas. Saat ingin mengunjungi curug ini maka bisa menggunakan kendaraan dalam kondisi yang baik.

Selain adanya tanjakan, saat mengunjungi tempat ini jalannya juga memiliki belokan yang cukup tajam. Oleh sebab itu, pengemudi harus benar-benar menguasai medan jalannya dan sangat berhati-hati. Sayangnya, masih belum tersedia transportasi umum untuk bisa sampai ke curug ini.

Harga Tiket Masuk Curug Benowo

Untuk bisa menikmati keindahan curug ini sebenarnya Anda tidak perlu merogoh uang sampai kantong kering. Harga tiket masuknya sendiri sangat terjangkau yaitu hanya Rp. 4.000,- saja untuk setiap orang yang memasukinya baik anak-anak sampai dewasa.

Sedangkan, biaya lain yang akan dikenakan adalah biaya parkir kendaraan. Untuk harga parkir kendaraan roda dua dikenakan Rp. 3.000,- saja dan untuk mobil maupun kendaraan besar akan dikenakan Rp. 10.000,-.

Jam Operasional

Jika ingin berkunjung ke curug ini maka lihatlah jam operasionalnya. Wisata curug ini memiliki jam operasional mulai dari 07.00 sampai dengan 17.00 waktu setempat. Namun, di jam 15.00 atau 3 sore maka pengunjung sudah dibatasi untuk bisa masuk ke dalam objek wisata ini.

Pembatasan tersebut dilakukan karena untuk mencapai tempat ini membutuhkan waktu 45 menit sampai dengan 1 jam lamanya. Oleh sebab itu, jam kunjungan dibatasi karena dengan alasan keamanan. Jika semakin malam maka curug pastinya akan membahayakan pengunjung.

Di sepanjang perjalanan tidak ada penerangan berupa lampu jalan sehingga saat kesini di waktu sore hari Anda bisa membawa lampu senter. Jalannya sendiri tidak ada batasan yang mana sehingga harus sangat berhati-hati melewatinya. 

Fasilitas-Fasilitas yang Disediakan

Curug Benowo menjadi salah satu tempat wisata yang sangat populer di Semarang. Benowo ini tidak boleh dilewatkan karena berbagai keseruan dan panorama yang menawan sudah disuguhkan. Selain itu, kenyamanan pengunjung bisa didukung dengan fasilitas yang disediakan seperti:

  • Kamar mandi
  • Air bersih
  • Pusat informasi
  • Tempat parkir kendaraan luas
  • Jalur untuk jalan kaki
  • Warung-warung, dan
  • Spot foto yang menarik

Keseruan di tempat ini bisa dirasakan dengan baik saat nyaman dengan menggunakan fasilitas yang dimiliki. Menikmati area wisata di air terjun Semarang memang menjadi pilihan yang sangat tepat.

Bagaimana dengan pembahasan mengenai Curug Benowo mulai dari HTM, fasilitas, aktivitas seru, dan lainnya? Kesegaran dari air terjun ini akan memberikan pengalaman menyenangkan tersendiri bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini.

Baca Juga:

Artikel Terkait