Home » Terbaru » Agama » Bacaan Doa dan Niat Sholat Witir 1 Rakaat & 3 Rakaat Arab Latin

Bacaan Doa dan Niat Sholat Witir 1 Rakaat & 3 Rakaat Arab Latin

wisnu June 20, 2024

Diskop.id – Niat Sholat Witir merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Sholat ini dilakukan setelah sholat Isya’ dan sebelum sholat subuh. Meski tidak wajib, sholat witir sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan para sahabatnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang keutamaan sholat witir, tata cara melaksanakannya, serta hal-hal yang perlu diketahui sebelum melaksanakannya.

Keutamaan Sholat Witir

Keutamaan Sholat Witir

Sholat Witir memiliki keutamaan yang sangat besar di dalam Islam. Keutamaan ini disebutkan dalam banyak hadis, di antaranya:

  1. Rasulullah SAW bersabda, “Sholat witir adalah sholat yang terakhir dari malam, maka sholatlah kalian witir.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  2. Rasulullah SAW juga bersabda, “Allah SWT memerintahkan kalian sholat witir, maka sholatlah witir.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  3. Sholat witir juga dianjurkan oleh para sahabat, termasuk Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Dari hadis-hadis tersebut, dapat dipahami bahwa sholat witir merupakan ibadah yang sangat dianjurkan. Dengan melaksanakan sholat witir, kita akan mendapatkan pahala yang besar dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Bacaan dan Niat Sholat Witir Arab dan Latin 1,2 dan 3 Rakaat

Bacaan dan Niat Sholat Witir Arab dan Latin

Bacaan Niat Sholat Witir 1 Rakaat

Sebelum melaksanakan sholat witir, bacalah niat sholat witir 1 rakaat sebagai berikut:

أُصَلِّيْ وِتْرًا رَكْعَةً إِلَى اللهِ تَعَالَى

Usholli witran rak’atan ilallahita’ala

Artinya: “Aku niat sholat witir 1 rakaat karena Allah Ta’ala.”

Bacaan Niat Sholat Witir 2 Rakaat

Niat sholat witir 2 rakaat adalah sebagai berikut:

أُصَلِّي سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

“Usholli sunnatal-witri rak’ataini lillahi ta’ala”

Artinya: Aku niat melaksanakan sholat sunnah witir 2 rakaat karena Allah Ta’ala.

Bacaan Niat Sholat Witir 3 Rakaat

Niat sholat Witir 3 rakaat sebenarnya tidak ada ketentuan yang khusus. Namun, umat muslim biasanya mengucapkan niat seperti berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلَاثًا لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: “Aku niat sholat Sunnah Witir 3 rakaat karena Allah Ta’ala.”

Niat ini harus dibaca sebelum melaksanakan sholat witir.

Pelajari juga:

Tata Cara Melaksanakan Sholat Witir

Berikut ini adalah tata cara melaksanakan sholat witir:

1. Niat

Seperti sholat lainnya, sholat witir harus dimulai dengan niat yang tulus dan ikhlas lillah wa rosulillah SAW. Niat sholat witir dapat dilakukan dalam hati atau dengan mengucapkannya.

2. Sholat Tahajjud

Sebelum melaksanakan sholat witir, sebaiknya kita melaksanakan sholat tahajjud terlebih dahulu. Hal ini karena sholat tahajjud merupakan sholat sunnah yang sangat dianjurkan di dalam Islam. Namun, jika kita tidak mampu melaksanakan sholat tahajjud, kita tetap dapat melaksanakan sholat witir.

3. Jumlah Rakaat

Jumlah rakaat sholat witir dapat bervariasi, tergantung pada masing-masing madzhab. Namun, yang umum dilakukan adalah satu, tiga rakaat, lima rakaat, atau sembilan rakaat. Setelah menyelesaikan rakaat terakhir, dilakukanlah salam seperti dalam sholat lainnya.

4. Membaca Doa

Setelah selesai melaksanakan sholat witir, sebaiknya kita membaca doa yang dianjurkan. Doa ini dapat membantu kita mendapatkan keberkahan dan pahala yang besar.

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Melaksanakan Sholat Witir

Meski sholat witir tergolong sholat sunnah, namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum melaksanakannya, di antaranya:

1. Waktu Melaksanakan Sholat Witir

Sholat witir dilakukan setelah sholat Isya’ dan sebelum sholat subuh. Namun, waktu terbaik untuk melaksanakan sholat witir adalah pada sepertiga malam terakhir, karena waktu tersebut merupakan waktu yang paling utama untuk beribadah.

2. Sholat Witir Bisa Dilakukan Setelah Sholat Tarawih

Sholat witir juga dapat dilakukan setelah sholat tarawih pada bulan Ramadhan. Meski tidak wajib, sholat witir setelah tarawih sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

3. Jumlah Rakaat Sholat Witir

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jumlah rakaat sholat witir dapat bervariasi, tergantung pada masing-masing madzhab. Namun, yang umum dilakukan adalah tiga rakaat, lima rakaat, atau sembilan rakaat.

4. Sholat Witir Bisa Dilakukan Sendiri atau Berjamaah

Sholat witir dapat dilakukan sendiri atau berjamaah. Namun, lebih baik jika kita melaksanakan sholat witir secara berjamaah, karena keutamaannya lebih besar.

5. Doa Setelah Melaksanakan Sholat Witir

Setelah selesai melaksanakan sholat witir, kita dapat membaca doa yang dianjurkan. Doa ini dapat membantu kita mendapatkan keberkahan dan pahala yang besar.

Sholat witir merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim. Sholat witir dilakukan setelah sholat isya dan dapat dilakukan dengan satu rakaat atau tiga rakaat. Umat muslim diwajibkan untuk mengetahui tata cara sholat witir, bacaan niat, serta bacaan doa pada setiap rakaat sholat witir agar sholat witir dapat dilakukan.

Artikel Terkait