Home » Terbaru » Wisata » 8 Tempat Wisata Wakatobi Paling Populer Standar Internasional

8 Tempat Wisata Wakatobi Paling Populer Standar Internasional

izan_alhasani April 19, 2024

Sejak tahun 2016, wisata Wakatobi termasuk dalam 10 destinasi wisata yang diprioritaskan di Indonesia. Bersanding dengan Danau Toba, Borobudur, Taman Nasional Bromo, Pulau Seribu, Pulau Komodo, Tanjung Lesung, Tanjung Kelayang, Mandalika dan Morotai.

Keindahan alam laut yang ada di Wakatobi menjadi salah satu alasan mengapa wilayah ini sangat layak masuk dalam pariwisata prioritas. Apalagi 90% jenis karang yang ada di dunia bisa ditemukan di Wakatobi, sebuah fakta yang tentunya sangat membanggakan.

Objek Wisata Wakatobi Terpopuler

8 Tempat Wisata Wakatobi Paling Populer Standar Internasional

Dikenal sebagai surganya laut Indonesia, Wakatobi yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara ini menawarkan beragam pesona bahari yang sangat lengkap dan menakjubkan. Wakatobi sendiri meliputi 4 pulau, yaitu Pulau Wangi-wangi, Pulau Tomia, Pulau Kaledupa dan Pulau Binongko.

Berbicara tentang Wakatobi tentu tidak akan lepas dari keindahan dan kekayaan lautnya yang sangat luar biasa. Bahkan sejak 1996, wilayah ini ditetapkan sebagai taman nasional dan sekaligus cagar alam biosfer laut UNESCO.

Yang menarik, ada banyak destinasi wisata yang bisa dijelajahi di Wakatobi dengan berbagai daya tarik dan keunikannya. Bagi yang berencana liburan ke Wakatobi, berikut ini daftar tempat wisata terpopuler dan aktivitas yang bisa dilakukan:

1. Menyelami Keindahan Taman Nasional Wakatobi

Wisata Wakatobi paling populer adalah Taman Nasional Wakatobi yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Di taman bawah laut ini terdapat 750 jenis karang dari 920 jenis yang ada dunia, bisa dibayangkan bagaimana keindahannya.

Tidak heran jika tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata scuba diving. Di taman nasional ini wisatawan bisa melakukan aktivitas diving dengan pemandangan alam bawah lautnya yang menakjubkan. Bahkan Wakatobi disebut-sebut sebagai tempat menyelam terbaik di dunia.

Kehidupan alam bawah laut yang penuh warna di Wakatobi akan memberikan pengalaman menyelam yang sangat berkesan. Apalagi lanskap di bawah laut juga sangat indah dan unik dengan tebing-tebing yang menakjubkan.

2. Berpetualang di Goa Kontamale

Menikmati wisata Wakatobi akan semakin berkesan dengan berpetualang di Goa Kontamale. Lokasi goa ini berada di Pongo, Kecamatan Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit dari Pelabuhan Wanci.

Petualangan di Goa Kontamale bisa memberikan pengalaman yang berbeda. Selain menikmati keindahan alam yang masih asri, di lokasi ini juga terdapat mata air yang jernih sehingga menjadi pemandian alami yang sangat menyegarkan.

Yang menarik, konon goa ini bisa membuat para jomblo enteng jodoh. Tidak heran jika banyak anak muda yang datang ke sini. Terlepas dari mitos yang beredar, yang pasti tempat wisata favorit di Wakatobi ini sangat menarik untuk dikunjungi.

3. Menikmati Sunrise dan Sunset di Puncak Kahyangan

Berada di Pulau Tomia, Puncak Kahyangan menjadi salah satu destinasi wisata Wakatobi yang wajib untuk dikunjungi. Meskipun liburan ke Wakatobi sangat identik dengan aktivitas snorkeling dan diving, namun aktivitas yang satu ini tidak boleh dilewatkan.

Bukit yang masih sangat alami ini menyajikan keindahan alam Wakatobi dari atas ketinggian. Di puncak bukit ini wisatawan bisa menikmati momen sunset yang begitu menakjubkan dengan pemandangan laut yang terlihat samar.

Jika masih belum puas mengagumi keindahan sunset, wisatawan bisa bermalam di puncak Khayangan dan menyambut mentari pagi yang kembali bersinar. Sebagai informasi, untuk mencapai Puncak Kahyangan di Pulau Tomia wisatawan bisa menumpang perahu motor.

4. Snorkeling dan Diving di Pulau Binongko

Melakukan aktivitas snorkeling dan diving di Pulau Binongko merupakan dua hal yang tidak boleh dilewatkan, terutama saat menikmati wisata Wakatobi. Dengan aktivitas tersebut wisatawan bisa menyaksikan keindahan alam bawah laut secara maksimal.

Perairan yang jernih membuat berbagai bentuk dan warna terumbu karang serta aneka ikan di dalamnya bisa terlihat dengan jelas. Siapapun akan kagum saat disuguhi dengan keindahan alam bawah laut di Pulau Binongko dan pastinya bersyukur dengan nikmat Tuhan tersebut.

5. Menikmati Kekayaan Budaya di Kampung Bajo Mola

Suku Bajo dikenal dengan gaya hidup yang unik karena bermukim di wilayah pesisir pantai. Berkunjung ke tempat ini akan memberikan pengalaman yang unik dan berbeda. Wisatawan bisa menyaksikan secara langsung bagaimana kehidupan masyarakat di Kampung Bajo Mola.

Yang menarik dari kampung ini adalah lokasi pemukimannya yang berada di laut, sehingga bagian pekarangan dan belakang rumahnya merupakan hamparan laut yang berair jernih. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya hidup di kampung ini, pasti sangat menakjubkan!

6. Healing di Pulau Hoga

Jika ingin menikmati ketenangan dan healing, maka wisata Wakatobi di Pulau Hoga bisa menjadi solusinya. Di pulau ini wisatawan akan dimanjakan dengan suasana pantai yang sejuk dengan deretan pohon kelapa dan pasir putih di sekelilingnya.

Pulau ini adalah lokasi terbaik untuk melepaskan kepenatan dan bisa menjadi sarana healing yang efektif. Jika ingin lebih lama menikmati suasana dan keindahan alamnya, wisatawan bisa menginap di penginapan yang tersedia.

Bukan hanya sekedar menikmati keindahan pulau saja, di tempat ini wisatawan juga bisa melakukan aktivitas snorkeling maupun diving. Di Pulau Hoga sendiri ada 12 spot diving yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati keindahan alam di bawah laut secara langsung.

7. Menikmati Keindahan Danau Sombano

Danau Sombano berada di Pulau Kaledupa dan letaknya di tengah-tengah kawasan hutan bakau sehingga menyajikan pemandangan yang begitu asri. Bukan hanya itu saja, aneka jenis flora tropis semacam anggrek juga bisa ditemukan di tempat ini.

Tentunya wisata Wakatobi akan semakin lengkap dengan menjelajahi keindahan Danau Sombano ini. Danau air payau ini bukan hanya indah tetapi juga unik karena menjadi habitat udang merah. Warnanya yang merah terlihat sangat kontras dengan warna ganggang hijau.

Meskipun akses menuju ke lokasi danau cukup sulit dan melelahkan, namun pemandangan di danau ini akan membuat rasa lelah terbayarkan. Yang perlu diingat adalah, ada larangan bagi pengunjung untuk berenang karena danau ini dianggap keramat oleh warga setempat.

Konon, Danau Sombano dihuni oleh buaya hitam. Dan yang unik, kabarnya udang merah yang ada di danau tersebut merupakan udang masak dari penghuni danau. Terlepas dari mitos yang ada, tempat ini sangatlah indah dan eksotis.

8. Menyaksikan Penyu di Pulau Anano

Pulau Anano bisa dijadikan destinasi selanjutnya yang menarik saat liburan ke Wakatobi. Terkenal dengan julukan Pulau Seribu Penyu, wisatawan bisa menyaksikan penyu sisik dan penyu hijau yang sering bertelur di pulau tak berpenghuni ini.

Pulau kecil ini memang menjadi lokasi yang digunakan kawanan penyu untuk bertelur. Tidak heran jika banyak wisatawan yang khusus datang ke pulau ini hanya untuk menyaksikan proses telur penyu menetas.

Dan meskipun sedang tidak musim penyu bertelur, banyak juga wisatawan yang datang ke Pulau Anano untuk menikmati keindahan pantai dan momen sunset di kala senja.

8 Tempat Wisata Wakatobi Paling Populer Standar Internasional

Dengan berbagai daya tarik wisata Wakatobi yang indah dan unik, tidak salah jika Wakatobi termasuk dalam 10 tempat wisata yang diprioritaskan di Indonesia. Selain menawarkan potensi wisata bahari yang menakjubkan, destinasi wisata budaya di tempat ini juga sangat menarik untuk dikunjungi.

Baca Juga:

Artikel Terkait