Home » Terbaru » Agama » Tata Cara dan Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Jelang Puasa

Tata Cara dan Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Jelang Puasa

dewi_putri May 29, 2024

Diskop.id – Menjelang bulan Ramadhan 2023, banyak masyarakat Indonesia yang melakukan nyekar atau ziarah kubur atau makam orang tua dan keluarga yang berpulang. Berikut adalah doa ziarah kubur sesuai sunnah.

Mendekati hari puasa Ramadhan, terdapat tradisi rutin yang tak pernah dilewatkan oleh masyarakat. Ziarah kubur menjadi salah satu tradisi rutin yang baik, tak hanya berdoa biasanya keluarga yang berziarah juga membersihkan makam.

Memasuki bulan suci Ramadhan yang penuh ampunan ini, bisa dijadikan sebagai momen khusus bagi umat Islam untuk berdoa memohonkan ampunan pada diri sendiri. Dan tak lupa pula memohonkan ampunan kepada keluarga yang telah meninggal dunia.

tata cara dan doa ziarah kubur

Bahkan, meski hanya sebagai tradisi, ziarah kubur tak jarang dianggap sebagai kewajiban oleh banyak orang. Walaupun di dalam Islam, hukum ziarah kubur itu adalah sunnah. Yang menjadi dasar hukum dibolehkannya untuk berziarah kubur yakni dengan alasan agar manusia selalu ingat kepada akhirat.

Ziarah kubur ini terdapat di dalam salah satu hadist, di mana Rasulullah SAW bersabda:

“Aku melarang kalian berziarah kubur, tetapi sekarang silahkan ziarah kubur,”

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang hendak ziarah kubur silahkan, karena ziarah kubur dapat mengingatkan akan akhirat,” (HR Muslim) dilansir dari buku Jejak Para Wali dan Ziarah Spritual karya Purwardi.

Diskop.id akan menjelaskan mengenai tata cara doa ziarah kubur jelang Ramadhan 2023.

Tata Cara dan Doa Ziarah Kubur

  1. Kenakan pakaian yang pantas namun nyamun untuk ziarah kubur.
  1. Baca doa atau salam saat datang ke makam.
    Doa Datang ke Makam
    Rasulullah SAW memberikan contoh kepada para sahabat, salam yang diucapkan saat mendatangi makam. Berikut adalah bacaan doa datang ke makam arab latin dan artinya:
    Doa pertama
    Arab latin:
    Assalaamu’alaaikum ayyatuhal arwaahul faaniyyatu wal abdaanul baaliyatu wal ‘izhaamun nakhiratul latii kharajat minad dun-yaa wa hiya billahi mu’minatun allaahummadkhil ‘alaihim ruuhan minka wa salaaman minni.
    Artinya:
    “Keselamatan semoga atas kalian wahai arwah yang telah rusak, jasad yang telah busuk, tulang yang telah remuk yang keluar dari dunia dan percaya kepada Allah. Wahai Allah, masukkanlah kesenangan atas mereka dari-Mu dan keselamatan dariku,”
    Doa kedua
    Arab latin:
    Assalamu’alaìkum dara qaumìn mu’mìnîn wa atakum ma tu’adun ghadan mu’ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun
    Artinya:
    “Assalamualaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin, telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besaok, dan kami InsyaAllah akan menyusul kalian.”
  1. Membaca Istigfar
    Arab latin: 
    Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi
    Artinya:
    “Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.”
  1. Membaca Al-Fatihah
  1. Membaca surat pendek, seperti Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas
  1. Membaca tahlil (Laa Illaha Illallah)
  1. Doa ziarah kubur
    Arab latin:
    Allahummaghfìrlahu war hamhu wa ‘aafìhìì wa’fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì’ madholahu, waghsìlhu bìl maa’ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì.
    Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì.
    Artinya:
    “Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran.”
    “Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari isterinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya.”

Itulah, tata cara dan doa ziarah kubur jelang Ramadhan 2023 sesuai sunnah yang bisa dilakukan. Semoga membantu, ya.

Baca Juga:

Artikel Terkait