Home » Terbaru » Agama » Niat Sholat Taubat Nasuha 2 Rakaat, Doa, Waktu dan Caranya

Niat Sholat Taubat Nasuha 2 Rakaat, Doa, Waktu dan Caranya

wisnu September 29, 2023

Sebagai manusia yang selalu menjadi tempatnya salah dan dosa, khususnya umat Muslim perlu untuk mengetahui doa atau niat Sholat Taubat. Sangat penting untuk menyegerakan melakukan taubat Nasuha.

4 Madzhab fiqih yaitu Madzhab Hambali, Syafi’i, Maliki dan Hanafi menyebutkan bahwa Sholat taubat adalah sholat sunnah yang dikerjakan apabila seorang umat Islam menyadari segala dosa yang telah dilakukannya selama ini. Tidak ada seorang pun yang memastikan kapan kita mati, kecuali Allah SWT.

Khususnya taubat Nasuha sendiri merupakan memohon pengampunan dengan bersungguh-sungguh kepada Allah SWT dan menyesali dan tidak akan mengulanginya kembali. Untuk lebih jelasnya, temukan lebih lengkapnya di diskop.id di bawah ini.

Pentingnya Melaksanakan Sholat Taubat Untuk Meminta Pengampunan Berdasarkan ayat Al-Qur’an

Pentingnya-Melaksanakan-Sholat-Taubat-Untuk-Meminta-Pengampunan-Berdasarkan-ayat-Al-Quran

Tidak dapat disangkal bahwa setiap hamba-Nya pasti pernah melakukan dosa, bahkan orang yang taat kepada Allah SWT. Terutama seseorang yang terus berbuat dosa pun harus bertaubat yang diikuti dengan keseriusaan, penyesalan keikhlasan dan janji untuk tidak mengulanginya kembali.

Sebagai hamba-Nya, Allah SWT merupakan Maha Pengampun dan selalu membuka pintu taubat kepada umat-umatnya. Hal tersebut terdapat dalam surat At Tahrim ayat, Allah SWT berfirman;

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَى رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ نُورُهُمْ يَسْعَى بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Bertaubatlah kamu kepada Allah dengan ‘taubat nasuha’ (taubat yang sebenar-benarnya), mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapuskan kesalahan-kesalahan kamu dan memasukkan kamu ke dalam Surga yang mengalir di bawahnya beberapa sungai, pada hari Allah tidak akan menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama-sama dengannya;”

“Cahaya (iman dan amal soleh) mereka, bergerak cepat di hadapan mereka dan di sebelah kanan mereka (semasa mereka berjalan); mereka berkata (ketika orang-orang munafik meraba-raba dalam gelap-gelita): “Wahai Tuhan kami! Sempurnakanlah bagi kami cahaya kami, dan limpahkanlah keampunan kepada kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu,” (QS. At- Tahrim: 8).

Catat! Waktu Sholat Taubat yang Tepat dan Dianjurkan Untuk Laksanakan Beserta Waktu yang Dilarang

Catat-Waktu-Sholat-Taubat-yang-Tepat-dan-Dianjurkan-Untuk-Laksanakan-Beserta-Waktu-yang-Dilarang

Dalam pelaksanaannya, sebenarnya Sholat taubat yang mutlak dilakukan pada waktu kapan saja entah siang maupun malam hari. Akan tetapi meskipun dapat dilakukan di dua waktu, ada beberapa pelarangan waktu khusus untuk melaksanakan sholat taubat.

Beberapa waktu yang dilarang untuk melaksanakan sholat taubat dapat dilihat sebagai berikut

  • Waktu dimana mulai terbitnya fajar kedua sampai terbit matahari.
  • Ketika terbitnya matahari sampai matahari naik sepenggalah
  • Ketika matahari hampir di tengah-tengah sampai terlihat condong
  • Mulai dari sholat ashar sampai matahari tenggelam
  • Saat menjelang matahari tenggelam sampai benar-benar tenggelamnya dengan sempurna

Kemudian sebagian ulama mengatakan bahwa waktu yang tepat dalam pelaksanaan sholat taubat nasuha yang paling utama dilakukan 2/3 malam (qiyamul lail) atau saat waktu melaksanakan sholat tahajud.

Hampir sama seperti sholat shunnah, untuk sholat taubat nasuha sendiri dlaksanakan dengan jumlah dua rakaat dengan sekali salam. Bahkan bisa dikerjakan lebih dari dua rakaat entah sebanyak empat rakaat atau enam rakaat dan dianjurkan untuk dikerjakannya secara sendirian.

Karena pada dasarnya, sholat taubat nasuha ini termasuk ke dalam sholat nafilah yang disyariatkan untuk dijalankan secara sendirian atau tidak berjamaah.

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa sholat taubat ini dikerjakan pada waktu yang bersamaan dengan sholat tahajud. Jadi akan lebih baik jika keduanya dibarengi dan diakhiri dengan sholat witir.

Baca Juga: Bacaan Doa dan Niat Sholat Witir 1 Rakaat & 3 Rakaat Arab Latin

Keistimewaan dan Manfaat Mengerjakan Sholat Taubat yang Dikerjakan Dengan Sungguh-sungguh, Diampuni Segala Dosa?

Catat-Waktu-Sholat-Taubat-yang-Tepat-dan-Dianjurkan-Untuk-Laksanakan-Beserta-Waktu-yang-Dilarang

Dalam pernyataan Abu Bakar RA, meriwayatkan hadits sebagai berikut:

“Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Tiada seorang pun yang berdosa, kemudian ia berwudhu, lalu sholat serta memohon ampun kepada Allah, melainkan ia diampuni-Nya,” Selanjutnya beliau membaca ayat: Orang-orang yang mengerjakan keburukan atau menganiaya diri sendiri, lalu ingat kepada Allah serta memohon ampun atas dosa-dosanya, dan siapa lagi yang kuasa mengampuni dosa-dosa itu selain Allah, mereka tidak terus menerus berbuat dosa, setelah mereka mengetahui. Maka untuk mereka ini disediakan balasan pahala ampunan dari Tuhannya, serta surga yang mengalir beberapa sungai di bawahnya, mereka tetap berdiam di sana untuk selama-lamanya,” (HR Abu Dawud, an-Nasa’i, Baihaqi, Ibnu Majah dan At-Tirmidzi yang berkata hadits ini adalah hasan).

Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap tentang keistimewaan sholat taubat beserta manfaat secara lengkap di bawah ini.

1. Keistimewaann Sholat Taubat bagi Umat Islam

Mendapatkan Pengampunan

Keutamaan utama dari sholat taubat adalah mendapatkan pengampunan dari Allah SWT atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Dalam Islam, manusia dianggap memiliki dosa dan kesalahan yang harus dipertanggungjawabkan di hadapan Allah. Dengan melakukan sholat taubat, manusia dapat memohon ampunan dan pengampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

Meraih Kedamaian Hati

Dosa-dosa yang dilakukan oleh manusia dapat membebani hati dan pikiran. Dalam Islam, kedamaian hati sangat penting untuk memperoleh ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup. Dengan melakukan sholat taubat, manusia dapat membersihkan hati dari dosa-dosa dan meraih kedamaian hati.

Meningkatkan Keimanan

Sholat taubat juga dapat meningkatkan keimanan seseorang kepada Allah. Dengan menyadari kesalahan dan dosa-dosa yang telah dilakukan, manusia menjadi lebih dekat dengan Allah dan merasa perlunya untuk beribadah kepada-Nya. Sholat taubat menjadi salah satu cara untuk memperkuat iman dan kepercayaan kepada Allah.

Menghindarkan dari Azab Allah

Allah SWT menjanjikan azab bagi manusia yang melakukan dosa-dosa. Dalam Islam, azab Allah dianggap sebagai hukuman yang sangat berat bagi manusia. Dengan melakukan sholat taubat, manusia dapat menghindarkan diri dari azab Allah dan memohon perlindungan-Nya dari segala bahaya.

2. Manfaat Sholat Taubat Bagi Umat Islam

Membersihkan Diri dari Dosa

Dalam Islam, dosa-dosa yang dilakukan manusia dapat membawa dampak negatif dalam kehidupannya. Dengan melakukan sholat taubat, manusia dapat membersihkan diri dari dosa-dosa dan menghapuskan dampak negatif yang mungkin timbul.

Meningkatkan Kualitas Hidup

Sholat taubat juga dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Dengan membersihkan diri dari dosa-dosa, manusia menjadi lebih tenang dan damai dalam menjalani kehidupan. Hal ini dapat memperbaiki hubungan dengan orang lain dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Meningkatkan Keberkahan dalam Hidup

Allah SWT menjanjikan keberkahan bagi manusia yang melakukan ibadah dengan ikhlas dan tulus. Dalam Islam, keberkahan dianggap sebagai nikmat dan anugerah dari Allah. Dengan melakukan sholat taubat dengan ikhlas dan tulus, manusia dapat meraih keberkahan dalam hidup dan memperoleh berbagai nikmat dari Allah.

Mendekatkan Diri kepada Allah

Sholat taubat juga dapat membantu manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dalam Islam, manusia dianggap sebagai hamba yang harus selalu berusaha untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Dengan melakukan sholat taubat, manusia dapat merasa lebih dekat dengan Allah dan memperkuat hubungan spiritualnya.

Meningkatkan Kesadaran Akan Dosa

Dalam Islam, kesadaran akan dosa dan kesalahan sangat penting dalam meningkatkan keimanan dan spiritualitas seseorang. Dengan melakukan sholat taubat secara rutin, manusia dapat meningkatkan kesadaran akan dosa-dosa yang telah dilakukan dan berusaha untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Doa Sholat Tahajud Arab, Latin dan Artinya Lengkap, Mustajab!

Bacaan Niat Sholat Taubat dan Tata Cara Mengerjakannya Dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya Lengkap, Beserta Doa Setelah Sholat Taubat

Bacaan-Niat-Sholat-Taubat-dan-Tata-Cara-Mengerjakannya-Dalam-Bahasa-Arab-Latin-dan-Artinya-Lengkap-Beserta-Doa-Setelah-Sholat-Taubat

Setelah mengetahui keutamaan dan manfaat dari sholat taubat, maka selanjutnya adalah niat dan tata cara menjalankananya dalam bahasa arab, latin dan artinya berikut ini.

Niat dan Tata Cara Sholat Taubat

Berikut ini adalah niat dan tata cara sholat taubat secara lengkap di bawah ini.

  • 1. Niat Sholat Taubat

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatat-taubati rak’ataini lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Saya niat sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala.

  • 2. Takbiratul Ihram
  • 3. Membaca doa Iftitah
  • 4. Membaca Al-fatihah
  • 5. Membaca surah dalam Al-Qur’an

Sebenarnya tidak aada ketentuan dalam membaaca ayat dalam surah Al-Qur’an yang dikhususkan untuk melaksanakan sholat taubat. Baca surah apapun seperti surah Al Kafirun di rakaat pertama dan Al Lahab pada rakaat kedua.

  • 7. Ruku dan membaca doa saat ruku sebanyak tiga kali
  • 8. Iktidal dan membaca doa iktidal
  • 9. Duduk di antara dua sujud
  • 10. Sujud kedua
  • 11. Bangun dan melanjutkan rakaat kedua seperti langkah di atas
  • 12. Tasyahud akhir
  • 13. Salam.

Doa Sesudah Sholat Taubat

Jika telah melaksanakan sholat taubat, sebaiknya untuk membaca zikir dan doa sholat taubat berikut ini.

أسْتَغْفِرُ اللّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لا إلَهَ إلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأتُوبُ إلَيْه

Astaghfirullahal ladzi laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaihi.

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Jika sudah selesai berzikir, dilanjutkan dengan membaca doa sholat taubat berikut ini.

اللّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لآاِلهَ اِلَّااَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَناَ عَبْدُكَ وَأَناَ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوْذُ بِكَ من شَرِّمَاصَنَعْتَ. اَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَي وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لاَيَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلاَّ اَنْتَ

Allaahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana’abduka wa ana’alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu a’uudzubika min syarri maa shana’tu. abuu ulaka bini’matika ‘alayya wa abuu u bidzanbi fahghfirlii fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Artinya: “Wahai Tuhan, Engkau adalah Tuhanku, tiada yang patut disembah melainkan hanya Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku dalam ketentuan dan janji-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku dan aku mengakui dosaku, karena itulah ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat memberi ampunan melainkan Engkau wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang telah aku perbuat.”

Dengan menjalankan sholat taubat, artinya telah melaksanakan perintah Allah SWT. Semoga dengan melaksanakan sholat Taubat dapat terus menjaga ketaatan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan mengerjakan perintah dan menjauhi setiap larangannya.

Baca Juga: Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya Lengkap Tulisan Arab Latin

Artikel Terkait