Home » Terbaru » Agama » Doa Puasa Hari ke 17 Ramadhan: Arab Latin & Artinya

Doa Puasa Hari ke 17 Ramadhan: Arab Latin & Artinya

dewi_putri April 14, 2024

Diskop.id – Di puasa hari ke 17 Ramadhan, terdapat amalan doa yang dianjurkan untuk dibaca oleh umat muslim. Simak arab latin dan arti doa puasa hari ke 17 Ramadhan yang terdapat keutamaan mulia.

Banyak amalan ibadah yang dapat dikerjakan oleh umat muslim di bulan puasa Ramadhan. Salah satunya adalah berdoa. Berdoa menjadi salah satu rutinitas yang tak pernah ditinggalkan oleh umat muslim.

Namun tahukah jika berdoa di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan yang tak akan ditemui di bulan-bulan lainnya? Di bulan Ramadhan ini, Allah SWT menjanjikan balasan pahala yang berlipat ganda bagi hamba-Nya yang khusyu’ mengerjakan amalan ibadah, termasuk berdoa.

Di bulan Ramadhan ini doa umat muslim tak akan tertolak oleh Allah SWT. Oleh karena itu, umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa. Mulai dari berdoa meminta ampunan atas dosa yang diperbuat, hingga menginginkan hajat kepada Allah SWT.

Amalan ibadah lain yang bisa dikerjakan oleh umat muslim di antaranya adalah berdzikir, beristigfar, bershalawat, bersedekah, membaca Al-Quran, dan lainnya.

Dan jangan lupa pula untuk membaca doa hari puasa ke 17 Ramadhan, yang memiliki keutamaan mulia untuk umat muslim yang mengamalkannya.

Berikut adalah arab latin dan arti bacaan doa puasa hari ke 17

Bacaan Doa Puasa Hari ke 17: Arab Latin dan Artinya

Doa hari ke 17 puasa Ramadhan

Arab Latin:

Allâhummah dinî fîhi lishâlihil a’mâli waqdhi lî fîhil hawâija wal âmâla yâ man lâ yahtâju ilat tafsîr was suâli yâ ‘âliman bimâ fî shudûril ‘âlamîn shalli ‘alâ muhammadin wa âlihith thâhirîn

Artinya:

Ya Allah anugrahilah aku di bulan ini untuk bisa berperilaku yang baik dan kabulkanlah semua hajat dan keinginanku. Wahai yang tidak memerlukan penjelasan dan pertanyaan. Wahai yang Maha mengetahui apa yang ada di dalam alam ini. Anugrahilah shalawat dan salam bagi Muhammad dan keluarganya yang suci

Doa hari ke 16 puasa

Arab latin:

Allâhumma waffiqnî fîhi limuwâfaqatil abrâr wa jannibnî fîhi murafaqatal asyrâr wa âwinî fîhi birahmatika ilâ dâril qarâri bîlâhiyyatika yâ ilâhal ‘âlamîn

Artinya: 

Ya Allah, anugrahilah kepadaku di bulan ini agar supaya bisa bergaul dengan orang-orang baik, dan jauhkanlah aku dari bergaul dengan orang-orang jahat. Berilah aku perlindungan di bulan ini dengan rahmat-Mu sampai ke alam Akhirat. Demi keesaan-Mu wahai Tuhan semesta Alam

Doa hari ke 15 puasa

Arab latin:

Allâhummar zuqnî fîhi thâ’atal khâsyi’în wasyrah fîhi shadrî bi inâbatil mukhbitîn biamânika yâ amânal khâifîn

Artinya:

Ya Allah, Mohon anugrahkan padaku di bulan ini dengan ketaatan orang-orang yang khusyu serta lapangkanlah dadaku dan dengan taubat orang-orang yang rendah diri. Dengan kekuatan-Mu. Wahai tempat berlindung bagi orang-orang yang ketakutan.

Apa keutamaan doa hari ke 17 puasa?

Do'a Nabi Ayyub

Pada hari ke 17 puasa Ramadhan, Allah SWT menyatakan bahwa, ‘Sungguh Aku telah mengampuni mereka dan bapak-bapak mereka. Aku akan lindungi mereka dari azab hari kiamat’.

Dalam hadist yang diriwayatkan Ahmah menuturkan:

“Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.”

Dari keterangan hadist tersebut diketahui bahwa satu malam di bulan Ramadhan mempunyai nilai yang melebih dari seribu bulan. Yang artinya adalah Ramadhan adalah peluang untuk setiap muslim untuk memperbanyak melakukan amalan ibadah.

Selain berpuasa, amalan ibadah lain yang bisa dilakukan umat muslim adalah berdoa. Di bulan Ramadhan ini pula, Al-Quran pertama kali diturunkan. Allah SWT berfirman dalam surah Al-Qadr ayat 1 sampai 5, yang berbunyi:

“Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar”.

Demikian, arab latin dan arti bacaan doa puasa hari ke 17 Ramadhan yang dapat diamalkan. Selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga membantu, ya.

Baca Juga:

Artikel Terkait