Home » Terbaru » Agama » Yang Benar Syafakallah atau Syafakillah dan Untuk Siapa?

Yang Benar Syafakallah atau Syafakillah dan Untuk Siapa?

arsyad February 26, 2024

Syafakallah – Sebagai muslim menjenguk orang yang sedang sakit adalah hal yang sangat dianjurkan, selain itu pada saat menjenguk sebaiknya turut mendoakan kesembuhan atas orang yang sakit tersebut.

Hal ini merupakan salah satu adab menjenguk orang sakit, karena yang dibutuhkan orang yang sedang sakit adalah kesabaran dan kesembuhan. Berharap dengan menjenguk dan mendoakannya Allah SWT angkat penyakit orang tersebut.

Ada satu doa yang sangat pendek, simpel dan mudah untuk dihafalkan, yakni kalimat “Syafakallah”. Meski pendek makna dari doa tersebut sudah merangkum atas keinginan orang yang sedang sakit. Lalu apakah artinya? Simak terus hanya di diskop.id.

Sekilas Pengertian Sayafakallah

Sekilas Pengertian Sayafakallah

Syafakallah adalah ungkapan yang sering digunakan oleh umat Muslim saat mengucapkan doa bagi orang yang sakit. Ungkapan ini mengandung arti doa untuk kesembuhan dan pemulihan dari segala macam penyakit yang diderita.

Adapun syafakallah arab ditulinya seperti ini “شَفَاكَ اللهُ” secara bahasa artinya “semoga Allah menyembuhkanmu”. Syafakallah juga sering digunakan sebagai ucapan semangat dan dukungan untuk seseorang yang sedang sakit. Ungkapan ini menunjukkan rasa empati dan kepedulian umat Muslim terhadap sesama.

Selain itu, syafakallah juga memiliki makna bahwa kesembuhan dan pemulihan dari segala macam penyakit hanyalah dari Allah SWT. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim seyogyanya selalu memohon pertolongan dan kesembuhan kepada Allah SWT dengan berdoa dan dan dibarengi dengan ikhtiar.

Sebagaimana Allah SWT berfirman :

وَاِنْ يَّمْسَسْكَ اللّٰهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهٗ ٓاِلَّا هُوَ ۚوَاِنْ يُّرِدْكَ بِخَيْرٍ فَلَا رَاۤدَّ لِفَضْلِهٖۗ يُصِيْبُ بِهٖ مَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ ۗوَهُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Artinya :

Jika Allah menimpakan suatu mudarat kepadamu, tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia dan jika Dia menghendaki kebaikan bagimu, tidak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikannya (kebaikan itu) kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Yunus : 107)

Perbedaan Sayafakillah dan Sayafakallah Untuk Siapa ?

Sayafakallah, Sayafakillah Untuk Siapa

Terkait kalimat Syafakallah dan Syafakillah memiliki arti yang sama yakni mendoakan orang yang sedang sakit. Akan tetapi orang yang seadng sakit bukan hanya lelaki saja atau wanita saja.

Disinilah peran dari salah satu kalimat tersebut diatas dimainkan, Syafakallah untuk perempuasn tidak tepat. Karena dibaca ketika menjenguk orang yang sedang sakit untuk laki-laki, karena ada dhommir “Ka” yang menunjukkan makna lelaki.

Sedangkan syafakillah yakni dibaca pada saat menjenguk orang yang sedang sakit perempuan, karena ada dhomir “Ki” yang menunjukka makna perempuan.

Adapun Syafakallah dan Sayafakillah adalah untuk :

Syafakallah doa untuk lelaki yang sedang sakit, Syafakillah doa untuk perempuan yang sedang sakit. Untuk balasan Syafakallah adalah “jazaakumullah khairan” atau bisa juga dijawab dengan kalimat Aamiin.

Beberapa Tambahan Kalimat Dalam Doa Syafakallah

Untuk memberikan tambahan kalimat ketika membaca Syafakallah tidaklah sembarangan. Ada beberapa kalimat yang jika disambung maka akan memiliki arti semakin terarah maksuda dari kalimat tersebut.

Simak dibawah ini agar tidak lagi salah dalam menempatkan kalimat yang akan dijadikan tambahan dalam doa Syafakallah.

Sayafakallah Fii Amanillah Artinya

Kalimat syafakallah meskipun seklumit namun sudah bisa merangkum makna dan tujuan untuk kesembuhan orang yang sedang sakit. Pada saat membaca Syafakallah diwaktu akan berpisah dengan seseorang yang sedang sakit maka sebaiknya ditambahkan dengan bacaan Fii Amanillah.

Adapun arti dari syafakallah fii amanillah adalah :

“Semoga Allah menyembuhkanmu dan semoga engkau dalam perlindungan Allah.”

Kalimat Fii Amanillah juga dapat dibaca pada saat akan berpisah dengan sahabat setelah sebelumnya bertemu. Hanya saja tidak digabung dengan syafakallah, jika kalimat tersebut digabungkan dengan syafakallah maka maksud doa tersebut bisa berbeda.

Syafakallah Syifaan Ajilan

Kalimat Syafakallah Syifaan Ajilan merupakan rangkaian beberapa kalimat yang dijadikan satu dengan tujuan untuk mendoakan seseorang yang sedang sakit. Ketiga klimat tersebut bisa ditujukan kepada keluarga, teman, pacar, sahabat dan orang terdekat lainnya.

Tiga kalimat yang dijadikan satu tersebut adalah syafakallah, syifaan, ajilan ketiga kalimat tersebut jika digabung maka memiliki arti kurang lebih seperti ini.

شفك الله شفعا عاجلا

Syafakallah syifaan ajilan, syifaan.

Artinya :

“Semoga Tuhan menyembuhkan Anda (manusia) sesegera mungkin

Adapun doa tersebut diatas lengkapnya adalah seperti dibawah ini :

شفك الله شفعا عاجلا لا يغادر بعده سقما

Syafakallah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba’dahu saqaman.

Artinya :

“Semoga Tuhan menyembuhkan kamu sesegera mungkin, dengan penyembuhan tanpa rasa sakit setelahnya.”

Rekomendasi Bacaan Doa Untuk Orang Yang Sedang Sakit

Diatas adalah merupakan salah satu cara mendoakan orang yang sedang sakit, baik dirumah maupun diwaktu menjenguk. Akan tetapi apabila ingin mengetahui bacaan doa lain yang bisa dibacakan untuk orang sakit bisa dilihat dibawah ini :

Doa Pertama

أنا متأكد من أنك بخير. أتمنى لك الشفاء العاجل ، لا أطيق الانتظار حتى أمشي معك إلى المنزل. الله معك

Ana mutaakidu min annaka bikhoiriin, Atamani laka syifaal aajil, laa athiqul intidzhoor hatta amsyii maaka ilal manzilillah maaka.

Artinya :

“Aku yakin kamu baik-baik saja. Cepat sembuh, aku tidak sabar untuk mengantarmu pulang. Allah bersamamu.”

Doa Kedua

Satantahi jamiia tajaarub qoriiban. Idza baqoinaa shobuurin, bita;kidi sayufarulllah thoriqon jayyidan lishobri.

Artinya :

“Semua cobaan akan segera habis, jika kita tetap bersabar, pasti Allah akan memberikan jalan yang bagus bagi orang-orang yang bersabar.”

Doa Ke tiga

Bismillah turbatu ardlina biriqoti ba’dlina yusyfa saqimuna bi’idzni robbina.

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah tanah kami dengan sedikit air liur kami, semoga pasien ini disembuhkan dengan izin Allah”.

Penutup

Demikianlah ringkasan terkait kalimat Syafakallah yang ditulis dalam artikel diskop.id, besar harapan penulis artikel ini dapat bermanfaat. Cukup sekian dan demiian Wallahu A’lam…

Baca Juga :

Artikel Terkait