Home » Terbaru » Gadget » Poco X5 5G Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan Terbaru

Poco X5 5G Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan Terbaru

atika_laura July 17, 2024

Diskop.id – Rilis pada Februari 2023, Poco X5 5G bisa dipertimbangkan menjadi salah satu pilihan bila berniat untuk membeli ponsel baru. Namun sebelum itu, ketahui spesifikasi, kelebihan, kekurangan, serta harga terbarunya di Indonesia.

Setiap tahunnya, Poco kerap mengenal produk baru ke para penggemar maupun pengguna gadget kekinian. Pilihan produk tersebut tentu ditujukan agar produk mereka bisa memenuhi kebutuhan pengguna smartphone.

Satu di antara produk Poco yang paling baru adalah seri X5 5G. Sebenarnya, ponsel ini datang dalam dua varian di pasar global. Ada Poco X5 5G dan versi Pro. Tetapi di Indonesia, hanya versi regular yang datang. Sementara varian Pro masih belum menunjukkan tanda-tanda perilisan di tanah air.

Walaupun begitu, Poco tetap menghadirkan spesifikasi yang berkualitas dalam setiap produknya, termasuk seri X5 5G. Berikut ulasan selengkapnya mengenai Poco X5 5G.

Spesifikasi Poco X5 5G

Berikut tersaji tabel spesifikasi Poco X5 5G untuk memudahkan pembaca mengenai penawaran fitur unggulannya. Selain itu, tabel ini juga bisa melihat spesifikasi dengan lebih cepat.

Tabel Spesifikasi

DimensiKetebalanya 7,98 inci
berat 189 gram.
LayarAMOLED DotDisplay 6,67 inci
Refresh rate 120 Hz
Kecerahan hingga 1200 nits
Resolusi Full HD plus
Dolby Vision and Atmos
Hardware dan softwareSnapdragon 695 5G
CPU Octacore hingga 2,2 GHz
GPU Adreno 619
Memori6 GB/128 GB dan 8 GB/256 GB
microSD hingga 1 TB
Kamera Depan13 MP
Kamera Belakang48 MP (utama), 8 MP (ultrawide), 2 MP (makro)
Baterai5000mAh, fast charging 33W
FiturFace Unlock, fingerprint, jack audio, Dolby Atmos, dan lainnya
WarnaGreen, blue, black

Kelebihan dan Kekurangan Poco X5 5G

poco-x5-5g-1

Setelah melihat tabel spesifikasinya, kamu juga perlu mengenali kelebihan dan kekurangan dari seri Poco X5 5G. Setiap produk memang tidak lepas dari keunggulan serta kelemahan.  Nah supaya tidak penasaran, berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Poco X5 5G, salah satu ponsel terbaru dari Poco.

Kelebihan

Bodi Tipis

Kelebihan pertama dari seri X5 5G yang pertama terkait masalah desain bodinya. Poco menghadirkan tampilan bezel yang slick dan slim. Ketebalan ponsel sekitar 8 mm dengan berat 189 gram.

Bahkan ukuran dimensi dari seri ini memiliki ukuran yang lebih tipis daripada generasi pendahulunya. Dengan dimensi tersebut, Poco X5 5G bisa nyaman untuk digunakan maupun dibawa bepergian ke mana saja.

Sementara untuk eksteriornya, khususnya di bagian punggung, Poco merancang produknya dengan desain yang sudah menjadi khasnya. Ada modul kamera yang panjang membentang horizontal berwarna hitam.

Di dalamnya terdapat tiga kamera yang tersusun membentuk segitiga. Selain tiga kamera, modulnya juga memuat lampu flash yang sudah menggunakan LED.

Sedangkan untuk tampilan warna, seri Poco X5 5G memiliki tiga opsi yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Ada hijau, biru, dan hitam. Pada seri ini tidak terdapat lagi warna kuning yang seringkali muncul pada produk Poco.

Layar Oke

Spesifikasi layar dari Poco X5 5G juga tampil dengan cukup baik. Display sudah menggunakan panel AMOLED seluas 6,67 inci. Resolusinya sudah mencapai Full HD+ dengan rincian 1080 x 2400 piksel. Dengan begitu, HP ini bisa tampil baik dalam menghadirkan konten yang jelas untuk pengguna.

Belum lagi, seri X5 ini juga hadir dalam laju kecepatan 120 Hz serta touch sampling 240 Hz. Paduan ini akan memberikan pengalaman visual serta sensorik yang menyenangkan ketika menggunakannya. Bahkan bukan hanya untuk multimedia, perangkat X5 5G juga bisa diandalkan untuk bermain game.

Tak berhenti sampai di sana, smartphone itu juga sudah memiliki level kecerahan hingga 1200 nits. Konfigurasi tersebut membuat Poco X5 5G bisa dipakai di luar ruangan dengan cuaca yang terik.

Sebagai perlindungan tambahan, Poco memberikan kaca pelindung berupa Corning Gorilla Glass 3 untuk menghindarinya dari goresan atau layar yang retak akibat jatuh.

Kamera Lengkap

Seperti sudah disinggung pada sisi desain, kamera belakang yang ada di Poco X5 terdiri dari tiga lensa. Ada lensa utama dengan kekuatan 48 MP yang lengkap dengan sensor Omnivision OV48B dan PDAF untuk menciptakan hasil gambar yang jenis dan memuaskan.

Bukan hanya itu, ada juga kamera pendamping seperti lensa ultrawide yang juga lengkap dengan sensor Omnivision. Terakhir, terdapat kamera makro dengan kekuatan 2 MP untuk memberikan hasil gambar yang mendetail.

Sementara untuk bagian depan, Poco menghadirkan kamera selfie dengan resolusi 13 MP lengkap dengan sensor Samsung 3L6. Kamera tersebut tampil di layar berdesain punch hole.

Masih masalah kamera, Poco X5 5G juga bisa dipakai untuk merekam video. Adapun kamera depan memiliki kualitas hingga 1080p pada kecepatan 30fps. Begitu pula dengan kekuatan resolusi video bila menggunakan kamera belakang.

HP Lainnya:

Performa Mumpuni

Kelebihan selanjutnya adalah mengenai performa. Poco X5 5G tampil menggunakan chipset Snapdragon 695 5G buatan Qualcomm. Walaupun mesinnya menurun dari generasi pendahulunya, tetapi tidak dengan kinerjanya. Pasalnya, seri X5 5G hadir dengan performa yang mumpuni.

Apalagi chipset tersebut dirancang dengan arsitektur 6nm yang bisa menghasilkan daya yang lebih efisien. Selain itu, chipset tersebut sudah memiliki konetivitas 5G sehingga kecepatannya untuk berinternet bisa lebih cepat dan tentu saja dapat diandalkan.

Chipset tersebut berpadu dengan CPU dengan kecepatan 2,2 GHz dan GPU Adreno 619 agar lebih bertenaga. Kedua komponen tambahan selain chipset ini dinilai mampu menghadirkan performa yang baik serta mulus saat digunakan untuk bermain game. Bahkan kualitasnya juga tergolong cukup tinggi.

Kapasitas Memori Luas

Supaya bisa lebih maksimal lagi performanya, RAM yang ada pada HP seri X5 5G ini berkapasitas luas. Ada dua RAM yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yakni 6 GB dan 8 GB.

Tidak hanya itu, perangkat ini juga sudah memiliki RAM virtual dengan mengadopsi teknologi 3.0. Dengan begitu, Poco X5 5G punya kapasitas RAM yang lebih luas lagi dan bisa menyimpan banyak file dari berbagai format. Adapun perluasan itu bisa dilakukan hingga 13 GB.

Bukan hanya kapasitasnya yang besar, ternyata RAM ponsel ini juga sudah menggunakan tipe LPDDR4X berfrekuensi 2133 MHz serta bandwith mencapai 17 Gbit/s untuk menampilkan hasil kinerja yang lancar, bahkan untuk bermain game.

Selain RAM, Poco juga tidak melupakan komponen lain seperti memori internal. Smartphone itu datang dengan kapasitas 128 GB serta 256 GB. Jika masih kurang, memori masih bisa diperluas lagi menggunakan microSD. Tetapi perlu menjadi perhatian, Poco tidak menyediakan slot khusus. Pengguna harus merelakan satu SIM card untuk digantikan dengan microSD.

Baterai Awet

Masalah daya tahan baterai, Poco membenamkan baterai dengan daya berukuran maksimal 5000 mAh. Dengan kapasitas tersebut, HP ini tampil dengan cukup andal. Pasalnya, Poco mengklaim bahwa produk ponselnya ini bisa dipakai untuk 20 jam menelpon, 13 jam untuk merekam video, 21 jam untuk memutar video, serta 192 jam untuk mendengarkan musik.

Bahkan menurut hasil tes ketahanan yang dilakukan GSM Arena, ponsel Poco ini meraih skor yang lumayan baik. Dari segi endurance rating, seri X5 meraih nilai 106 jam.

Selain itu, baterainya sudah mendapatkan dukungan teknologi fast charging 33W. Fitur tersebut pun sudah cukup andal di kelasnya. Sebab, ponsel ini sudah bisa mengisi daya hingga 50 persen cukup hanya dalam waktu 22 menit. Cukup cepat, bukan?

Fitur Cukup Lengkap

Fitur juga menjadi salah satu pertimbangan yang patut dilihat sebelum membeli ponsel baru. Poco X5 5G sendiri menghadirkan berbagai fitur menarik yang tidak boleh terlewatkan. Sehingga ponsel ini bukan hanya menawarkan keandalan dalam bermain game, tetapi juga untuk menunjang kebutuhan lainnya.

Ponsel ini sudah memiliki fitur NFC yang bisa membantu dalam belanja online sehingga lebih cashless dalam bertransaksi. Bukan itu saja, pengguna juga bisa bertukar file dengan lebih cepat serta mudah.

poco-x5-5g-2

Tidak hanya itu, smartphone juga sudah mendapatkan sertifikat IP56 tahan terhadap air dan debu. Hal ini pun akan membuat penggunanya merasa aman dan nyaman ketika berada di dekat wahana air ataupun kolam berenang.

Bahkan, Poco X5 5G juga memiliki jack audio. Komponen ini menjadi hal yang penting terutama bagi pengguna ponsel yang masih terbiasa untuk mendengarkan lagu ataupun file audio lain menggunakan earphone berkabel.

Kekurangan

Setelah mengetahui beberapa keunggulan, kurang rasanya bila tidak mengetahui pula kelemahan dari Poco X5 5G. Apalagi memang terkadang ada saja komponen yang terasa kurang maksimal dalam penggunaannya.

Belum Dual Speaker

Kekurangan pertama dari ponsel ini adalah belum mendukung dual speaker. Padahal pesaingnya di harga dan kelas yang sama sudah menawarkan spesifikasi yang lebih baik dari segi audio. Walaupun belum dual speaker, tetapi Poco sudah menyematkan teknologi Dolby Atmos sehingga suara yang keluar bisa terdengar jernih.

GSM Arena sempat menguji kemampuan audio dari Poco X5 5G. Hasilnya secara keseluruhan sebenarnya, ponsel ini mendapatkan skor yang baik. Hanya saja, suara bass-nya masih kalah saing.

Resolusi Perekaman Video Masih Kalah Saing

Walaupun memiliki kamera yang lengkap, akan tetapi Poco membatasi resolusi kualitas perekaman video dan gambar. Adapun perusahaan asal Tiongkok ini menyediakan resolusi tertinggi hingga 1080p pada kecepatan 30fps. Sementara untuk resolusi video yang mencapai 4K tidak tersedia pada perangkat seri X5.

Sayangnya dengan resolusi 1080p dengan kecepatan 30 fps, hal ini justru bisa membuat kualitas dari video yang diambil menurun. Selain itu, video juga tidak memiliki frame rate dan fitur stabilitas.

Belum Pakai Android Terbaru

Terakhir, Poco X5 5G ternyata belum menggunakan sistem operasi Android terbaru, yakni Android 13. Seri ini ternyata masih bertahan dengan Android 12. Padahal ada banyak HP yang menawarkan sistem operasi yang sudah Android 13. Selain itu pembeda selanjutnya adalah terkait dengan tampilan antarmuka. Pada Poco X5 5G meggunakan MIUI 13. Sedangkan untuk versi Pro yang rilis secara global itu sudah mendapatkan tampilan sistem operasi MIIUI 14.

Harga Poco X5 5G Terbaru di Indonesia

Sejak rilis hingga sekarang, harga Poco X5 5G tetap datang dengan harga yang tidak terlalu mahal. Bahkan ponsel ini memiliki kisaran harga yang masih cukup terjangkau, yakni Rp7,9 jutaan. Jika tertarik untuk membeli ponsel Poco berikut ini website resmi maupun mitra dan distributor resmi terdekat. Segera dapatkan sebelum kehabisan.

Itulah ulasan mengenai spesifikasi, harga, dan kelebihan dan kekurangan Poco X5 5G. Jadi kamu sebagai pengguna bisa mengetahui kelayakan dari ponsel tersebut.

Artikel Terkait