Home » Terbaru » Gadget » Poco F4 GT – Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Poco F4 GT – Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

atika_laura June 14, 2024

Diskop.id – Poco F4 GT menjadi salah satu ponsel gaming yang tidak boleh terlewatkan untuk diulas. Smartphone ini menghadirkan spesifikasi yang menarik. Sebelum membelinya, cek dulu kelebihan, kekurangan serta harga terbarunya di tahun 2023 agar tidak menyesal.

Poco seringkali meluncurkan ponsel baru setiap tahunnya. Hal ini pun menyebabkan banyaknya pilihan ponsel di Tanah Air di setiap kelasnya. Penawaran spesifikasinya pun tidak kalah dari brand ternama lainnya.

Dari kelas atas atau flagship, Poco memiliki beberapa produk. Satu di antaranya adalah Poco F4 GT. Perangkat ini merupakan penerus dari seri F3 GT yang rilis pada 2021 lalu yang dirancang untuk melibas banyak game mobile.

Untuk lebih mengenal smartphone ini lebih lengkap, berikut ulasan spesifikasi, harga, serta kelebihan dan kekurangan dari HP Poco F4 GT.

Spesifikasi Poco F4 GT

poco-f4-gt-2
Ilustrasi Poco F4 GT (Instagram/@poco_id)

Berikut tersaji tabel spesifikasi Poco F4 GT untuk memudahkan pembaca mengenai penawaran fitur unggulannya. Selain itu, tabel ini juga bisa melihat spesifikasi dengan lebih cepat.

Tabel Spesifikasi

Dimensi162.5 x 76.7 x 8,5 mm
Berat 210 gram
Layar6,7 inci AMOLED resolusi Full HD+
Refresh rate 120 Hz
touch sampling rate hingga 480 Hz
Corning Gorilla Glass Victus
ChipsetSnapdragon 8 Gen 1
Memori12 GB/256 GB
Kamera depan20 MP, Sony IMX596
Kamera belakang64 MP (Sony IMX686), 8 MP (ultrawide), 2 MP (makro)
Baterai4700 mAh
Fast charging 120W
Sistem OperasiAndroid 13, Redmagic OS 6
WarnaStealth black, knight silver, cyber yellow

Kelebihan dan Kekurangan Poco F4 GT

Setelah melihat spesifikasinya sekilas, kamu juga perlu tahu mengenai kelebihan dan kekurangan dari seri Poco F4 GT. Hal ini karena produksi dari setiap produk tidak lepas dari keunggulan dan kelemahan. Dengan mengetahuinya, kamu jadi paham soal kelayakan dari ponsel yang sedang diincar.

Nah supaya tidak semakin penasaran, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari Poco F4 GT, salah satu ponsel flagship asal Tiongkok.

Kelebihan

Desain Bodi Tangguh

Poco F4 GT hadir dengan penampilan yang tangguh, khas ponsel gaming. Pada bagian belakangnya, ada dua bilah segitiga yang saling berhadapan sebagai motif dari casing. Adapula lampu LED flash yang berbentuk petir, serta modul kamera berbentuk persegi panjang tetapi agak menyempit di bagian tengahnya.

Di bagian tengah punggung dari seri F4 GT terhias satu garis yang menjuntai vertikal untuk menambahkan kesan futuristik. Menariknya lagi, terdapat bentuk panah pada sisi kanan dan kiri modul kamera yang bisa menyala ketika bermain game dan menerima pesan.

Tetapi spesifikasi F4 GT khususnya pada sektor desain tidak berhenti sampai di sana. Pasalnyan, ponsel ini menghadirkan desain yang solid. Tampilannya juga tidak banyak aksen. Sementara untuk dimensi bobotnya sekitar 210 gram.

Meski terkesan berat, tetapi ukuran ini justru terbilang ringan untuk ukuran ponsel gaming. Sekeliling bingkainya pun dirancang menggunakan aluminium, sementara sisi depan dan belakang mengusung material kaca. Material ini akan membuat seri F4 GT terkesan premium. Adapun Poco menyediakan tiga opsi yang bisa dipilih sesuai dengan selera masing-masing pengguna.

Untuk layarnya sendiri, smartphone ini hadir dengan desain yang datar. Desain ini pun akan membuat perangkat menjadi lebih praktis untuk dibawa bepergian atau digenggam dengan satu tangan. Supaya lebih bebas dari goresan, Poco menghadirkan kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus yang tangguh.

Layar yang Cerah

Layar ternyata menjadi salah satu kelebihan dari seri F4 GT. Ponsel ini menghadirkan panel AMOLED seluas 6,67 inci yang sudah beresolusi Full HD Plus. Display dirancang dengan aspek rasio 20:9 dengan kerapatan piksel hingga 395 ppi yang menunjukkan bahwa layarnya memiliki tampilan yang tajam.

Selain itu, akurasi warna dari Poco F4 GT juga layak diacungi jempol. Smartphone itu menawarkan konfigurasi yang berkualitas, seperti standar 10 bit yang mampu memuat lebih dari satu miliar warna. Ditambah, terdapat tambahan gamut warna DCI P3, sehingga tampilan warna menjadi lebih hidup. Perpaduan ini pun memberikan pengalaman visual yang memanjakan mata.

poco-f4-gt-1
Ilustrasi Poco F4 GT (Instagram/@poco_id)

Tetapi kelebihan dari seri Poco ini juga tidak selesai sampai di sana. Display F4 GT ini sudah berstandar HDR10+ yang banyak ditemui pada ponsel flagship. Ada juga laju penyegaran 120 Hz yang bisa meningkatkan kemulusan gambar saat melakukan scrolling dan menjalankan game. Sementara itu untuk konfigurasi touch sampling-nya tersedia 480 Hz untuk membuat layar menjadi lebih responsif.

Tak ketinggalan juga terdapat teknologi PWM Dimming yang bisa meningkatkan kecerahan layar.  Melalui teknologi ini, pengguna pun bisa lebih nyaman dalam menatap layar Poco F4 GT.

Hasil Foto Cukup Baik

Untuk ukuran ponsel gaming, Poco F4 GT ternyata juga mampu menghasilkan jepretan yang cukup baik. Padahal biasanya, smartphone gaming lebih mengedepankan spesifikasi layar, mesin, dan baterainya. Namun hasil foto serta video yang diambil menggunakan seri F4 GT ini layak untuk dipamerkan ke media sosial.

Poco menghadirkan tiga kamera pada sisi belakang. Ada lensa utama berukuran 64 MP lengkap dengan sensor Sony IMX686, lalu ada lensa ultrawide dengan kekuatan 8 MP lengkap dengan fitur OmniVision OV08856, serta terakhir ada lensa makro sebesar 2 MP. Pada bagian depan, terpasang kamera selfie dengan kekuatan 20 MP lengkap dengan sensor Sony IMX596.

HP Lainnya:

Smartphone ini memiliki beragam mode fotografi yang bisa menunjang kebutuhan pengambilan gambar dan video. Ada auto night mode, manual night mode, dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana dengan hasilnya? Kamera Poco F4 GT ternyata cukup bisa diandalkan. Potret yang dihasilkan terlihat detail dan minim noise.

Sementara untuk konfigurasi perekaman video, seri F4 GT sudah mendukung recording dengan resolusi 4K pada kecepatan 30 fps atau 60 fps.

Performa Mumpuni

Kelebihan dari HP Poco F4 GT selanjutnya adalah sektor dapur pacu. Sebab, mesinnya berkinerja dengan baik dan andal. Ternyata chipset yang diusung adalah Snapdragon 8 Gen 1, yang banyak ditemui pada HP harga Rp10 jutaan ke atas.

Chipset ini mampu meningkatkan daya sebesar 20 persen daripada Snapdragon 888. Bahkan, daya yang dihasilkan juga 30 persen lebih hemat. Selain mengusung Snapdragon 8 Gen 1, ponsel ini memiliki kecepatan CPU hingga 3 GHz. Sedangkan untuk tampilan grafisnya ditunjang dengan GPU Adreno 730.

GPU ini menurut The Verge bisa mendukung proses rendering 30 persen lebih baik, serta lebih hemat daya 25 persen bila dibandingkan dengan Snapdragon 888. Adapun smartphone Poco F4 GT memiliki memori yang cukup luas. Ada RAM 12 GB dan storage 256 GB.

Dengan perpaduan tersebut, HP gaming yang satu ini menghasilkan skor Antutu yang cukup tinggi yakni sekitar 952 ribuan. Bahkan skornya itu hampir menyamai ponsel flagship Realme GT2 Pro serta Samsung Galaxy S22+.

Saat dipakai untuk game, Poco F4 GT mampu menjalankan Genshin Impact pada frame rate dan grafis level 60 fps dengan hasil yang lancar. Sayangnya, ponsel ini mudah panas. Dengan begitu, HP yang satu ini masih kurang direkomedasikan untuk pemakaian harian jangka lama. Padahal, seri ini sudah mendapatkan sistem pendingin Dual Vapor Chamber untuk membuat suhu tetap terjaga.

Fitur Fast Charging Super Cepat

Kelebihan dari Poco F4 GT selanjutnya terkait masalah fitur fast charging atau pengisian cepat. Poco menyematkan teknologi tersebut dengan daya super cepat 120W. Dengan begitu, ponsel ini mampu mengisi ulang daya penuh dalam waktu 17 menit saja. Sedangkan untuk baterainya memiliki daya maksimal 4700 mAh.

Punya Banyak Speaker

Poco menghadirkan banyak speaker pada perangkat F4 GT. Ponsel ini bahkan memiliki empat speaker yang sudah stereo. Keempatnya itu terletak terpisah; dua di atas dan sisanya di bawah. Posisi peletakannya juga cukup nyaman dan tidak tertutupi saat bermain game.

Speakernya juga memiliki suara yang bagus dan tidak pecah. Hal ini akan memberikan pengalaman multimedia yang menyenangkan. Sayangnya, kemampuannya itu masih kalah dari HP Motorola Edge 30 Pro dan ZTE Nubia Red Magic 7 Pro.

Kekurangan

Tidak Punya Slot MicroSD

Slot microSD menjadi kekurangan pertama dari Poco F4 GT. MicroSD yang berfungsi sebagai memori tambahan saat merasa konfigurasi memori yang disediakan tidak cukup. Kartu microSD juga menyediakan ruang penyimpanan yang lebih luas sehingga menyimpan banyak file dari berbagai format menjadi lebih leluasa.

Akan tetapi, Poco tidak menyediakan slot untuk microSD pada perangkat F4 GT. Mereka merasa RAM 12 GB yang berpadu dengan memori internal seluas 256 GB sudah cukup untuk menyimpan banyak file.

Tidak Ada Lensa Telefoto

Kemampuan kamera Poco F4 GT yang mampu menghasilkan foto yang bagus rupanya tidak dibekali dengan lensa telefoto. Jadi ponsel ini tidak begitu cocok dalam mengambil gambar jarak jauh. Hasilnya pun akan pecah. Walaupun begitu, sebenarnya ponsel ini juga menyediakan fitur zoom dan mode 64 MP untuk mengatasi masalah ini meski kualitasnya masih belum begitu baik.

Tidak Punya Audio Jack

Kekurangan selanjutnya adalah tidak terdapatnya audio jack. Sebenarnya hal ini tidak asing, mengingat hilangnya fitur jack audio sekarang sudah seperti tren tersendiri. Namun absennya jack audio pada Poco F4 GT membuat ponsel ini menjadi kurang nyaman bagi sebagian pengguna yang sudah terbiasa dengan earphone berkabel. Terlebih tidak semua orang mau mengeluarkan uang lebih untuk membeli earphone nirkabel.

Harga Terbaru Poco F4 GT

Saat perilisan, ponsel ini datang dalam harga yang masih begitu terjangkau, yakni Rp8,9 jutaan. Namun kini harganya sudah menurun menjadi lebih murah. Menilik website resmi, harga Poco F4 GT dibanderol mulai dari Rp7,9 jutaan di Indonesia.

Pembelian ponsel ini bisa dilakukan secara online di website maupun mendatangi langsung gerai resmi Poco terdekat di kotamu. Segera dapatkan ponsel tersebut sebelum kehabisan.

Artikel Terkait