Home » Terbaru » Gadget » HP Tahan Air Murah & Tahan Banting Harga 1-3 Jutaan 2023

HP Tahan Air Murah & Tahan Banting Harga 1-3 Jutaan 2023

atika_laura April 20, 2024

HP tahan air kini menjadi fitur unggulan yang sering hadir pada smartphone kekinian. Bahkan bukan hanya air, smartphone tersebut juga seringkali dilengkapi dengan sertifikasi tahan debu.

Bagi berbagai merek ponsel, ketahanan ponsel terhadap air memang menjadi salah satu spesifikasi yang menarik untuk tersemat dalam produk smartphone terbaru mereka. Sebab tidak jarang pengguna ponsel ini mengambil gambar di dalam air.

Terlebih, ternyata berbagai merek ponsel ingin memastikan penggunanya bisa tetap merasa nyaman meski membawa ponsel di area dekat air seperti kolam. Tak perlu panik lagi jika smartphone terkena air karena produk mereka dirancang untuk bisa tahan air.

Walaupun begitu, ketahanan tersebut memiliki batasan. Produk elektronik ini hanya bisa bertahan di dalam air dengan kedalaman maksimal satu meter dalam waktu 30 menit. Hal itu agar tidak terjadi masalah pada perangkat ponsel. Terlebih, ponsel juga tidak bisa dibawa untuk menyelam.

Menariknya, fitur tahan air ini juga sudah banyak terdapat pada ponsel dengan harga mulai dari Rp1 jutaan. Sangat terjangkau bukan? Nah berikut ini Diskop id rangkum beberapa daftar HP tahan air murah meriah yang harganya mulai dari Rp1-3 jutaan.

Daftar HP Tahan Air Murah

1. Poco M5s

Poco M5s menjadi pembuka dari deretan HP tahan air murah meriah. Walaupun murah, perangkat smartphone ini memiliki spesifikasi yang andal untuk membantu segala kebutuhan pengguna gawai di Tanah Air.

Menilik eksteriornya, Poco M5s tampil dengan desain 3D curved yang memnyebabkannya terasa mantap saat berada dalam genggaman. Smartphone Poco yang satu ini memiliki dimensi ketebalan 8,29 mm serta bobot 178,8 gram.

Pada sektor layar, HP tahan air mulai harga 1-3 jutaan ini mengusung panel AMOLED dengan luas 6,43 inci. Ada juga konfigurasi resolusi gambar Full HD Plus untuk menghasilkan tampilan layar yang lebih tajam dan jernih.

Selain itu, Poco M5s mendapatkan pengaturan kecerahan puncak hingga 1100 nits. Ini untuk memberikan tampilan konten yang terlihat jelas meski berada di luar ruangan dengan cuaca yang terik. Terakhir pada sektor display, Poco menyematkan teknologi DC Dimming untuk melakukan penyesuaian kecerahan ponsel secara otomatis.

Sementara pada sektor fotografi, smartphone tersebut sudah memiliki kamera utama berkekuatan 64 MP dengan bukaan sekitar f/1.8. Lensa ini juga sudah menerima fitur autofocus untuk memberikan hasil potret yang lebih fokus pada objek. Selain itu, ada juga lensa ultrawide dengan kekuatan 8 MP dan bukaan f/2.2. Tersedia pula kamera makro serta sensor kedalaman yang tersemat pada sisi punggung Poco M5s.

hp-tahan-air-poco-m5s
Ilustrasi Poco M5s (po.co)

Salah satu HP tahan air 2023 ini mengusung kamera selfie resolusi 2 MP untuk dua lensa pendamping yang terakhir. Sedangkan bukaannya, mereka menggunakan ukuran f/2.4. Pada sisi depannya, terdapat kamera selfie beresolusi 13 MP dengan bukaan f/2.4. Poco memberikan dukungan berbagai mode fotografi pada kamera yang tersemat pada seri M5s.

Bahkan kameranya juga dapat berguna untuk merekam video. Adapun konfigurasinya mencapai 4K dengan kecepatan 30 fps pada sisi belakang. Sedangkan untuk sisi depan, resolusi hingga 1080p dengan kecepatan 30 fps.

Masuk ke sektor jeroan, HP tahan air murah ini mengusung chipset MediaTek Helio G95 untuk memberikan tenaga pada perangkat. Chipset tersebut berpadu dengan prosesor Octa-core dengan kecepatan hingga 2.05 GHz dan GPU Mali G67 MC4 agar semakin maksimal.

Pada sisi software, seri M ini berjalan menggunakan sistem operasi Android 12 dan MIUI 13 for Poco. Memorinya juga cukup memadai, yakni RAM 4 GB/6 GB serta storage 64 GB/128 GB. Apabila masih kurang, storage bisa diluas hingga 1 TB menggunakan microSD.

Terkait baterai, Poco M5s memiliki daya 5000 mAh yang mampu membuatnya bertahan lama meski dipakai seharian. Ada juga teknologi fast charging 33W untuk mengisi daya lebih dari 64 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Sebagai penutup, HP ini juga sudah memiliki rating IP53 yang tahan air dan debu. Ini bisa membuat pengguna merasa lebih nyaman ketika membawa ke area dekat air.

Tabel Spesifikasi

Dimensi160.46 x 74.5 x 8.29 mm
Bobot 178.8 gram
LayarAMOLED 6.43 inci
Resolusi FHD Plus (2400 x 1080)
kecerahan hingga 1100
teknologi DC Dimming
Corning Gorilla Glass
Hardware dan softwareMediaTek Helio G95
CPU Octa-core kecepatan hingga 2.05 GHz
GPU Mali G67 MC4
Android 12
MIUI 13 for Poco
MemoriRAM 4 GB dan 6 GB
Internal 64 GB dan 128 GB
MicroSD hingga 1 TB
Kamera Depan13 MP (f/2.4)
Kamera Belakang64 MP (utama, f/1.8, PDAF)
8 MP (ultrawide, f/2.2)
2 MP (makro, f/2.4)
2 MP (depth,f/2.4)
Baterai5000 mAh
Fast charging 22W
Fiturfingerprint, face unlock, jack audio, NFC, WiFi, Bluetooth, USB-C, IP53, dan lainnya
WarnaAbu-abu, putih, biru, dan kuning
HargaRp2,2 jutaan

2. Oppo A16

Rekomendasi HP tahan air tapi murah selanjutnya adalah Oppo A16. Perangkat ini memiliki ukuran yang masih ramping dan ringan, cocok untuk dibawa ke mana saja. Bahkan ponselnya masih tetap nyaman dalam satu genggaman.

Layarnya seluas 6,52 inci dengan mengusung panel IPS LCD. Walaupun belum AMOLED, perangkat ini mendapatkan resolusi gambar HD Plus dan memiliki lapisan kaca berupa Corning Gorilla Glass 3.

Masuk ke kamera, Oppo memberikan tiga kamera untuk bagian belakangnya. Ada lensa utama dengan ukuran resolusi 13 MP untuk lensa utama, lalu ada 2 MP untuk masing-masing konfigurasi lensa portrait dan makro. Sedangkan pada sisi depannya ada kamera swafoto berkekuatan 8 MP.

Beralih ke sektoc chipset, HP tahan air murah 2023 menggunakan chipset MediaTek Helio G35 dan mendukung kapasitas RAM 3 GB/4 GB dan storage 32 GB/64 GB. Apabila masih kurang, storage masih bisa diperluas hingga 256 GB.

Masalah baterai, tersedia daya 5000 dengan dukungan fast charging 10W. Untuk tampil dengn aman dan nyaman, Oppo sudah mendapatkan bekal sertifikasi IPX4 yang tahan air.

Tabel Spesifikasi

Dimensi163,8 x 75,6 x 8,4 mm
bobot 190 gram
Layar6,52 inci LCD, resolusi HD Plus
Corning Gorilla Glass 3
Hardware dan softwareMediaTek Helo G35 (12nm)
Memori3 GB/32 GB dan 4 GB/64 GB
microSD hingga 256 GB
Kamera Depan8 MP
Kamera Belakang13 MP (utama)
2 MP (portrait)
2 MP (makro)
Baterai5000 mAh
Fast charging 22W
Fiturfingerprint, face unlock, jack audio, USB-C, IPX4, dan lainnya
WarnaCrystal black, space silver
HargaRp2 jutaan

3. Oppo A16e

Oppo A16e juga masuk ke deretan HP tahan air yang murah meriah. Perangkat ini hadir dalam ukuran yang ringan serta slim. Ketebalannya sekitar 7,85 cm dan bobot 175 gram. Perangkat ini pun masih terasa nyaman untuk digenggam dan dibawa bepergian.

Untuk spesifikasi layar, Oppo A16e tampil agak mirip dengan seri A16. Layarnya masih menggunakan IPS LCD beresolusi HD Plus dan terlapisi Corning Gorilla Glass 3. Tetapi luas display agak berbeda. HP tahan air murah itu hadir dengan ukuran 6,51 inci.

Beralih ke sisi kamera, Oppo membekali produknya dengan lensa tunggal di bagian belakang. Hanya tersedia kamera utama dengan ukuran 13 MP. Sedangkan di bagian depan, ada kamera selfie dengan ukuran kekuatan 5 MP.

Walaupun kameranya memiliki jumlah yang lebih terbatas daripada berbagai ponsel saingannya. Oppo A16e tetap mampu memenuhi kebutuhan fotografi para penggunanya. Bahkan juga bisa digunakan untuk merekam video.

HP Lainnya:

Beralih ke sektor dapur pacu, HP tahan air murah 2023 ini mengusung tenaga MediaTek Helio P22 dengan fabrikasi 12 nm. Chipset ini lebih bisa diandalkan dalam urusan bermain game daripada seri A16 tanpa e.

Agar lebih maksimal, tersedia kapasitas 3 GB/32 GB untuk menyimpan file. Bila merasa belum cukup, storage masih bisa diperluas hingga 256 GB menggunakan microSD.

Masalah baterai, tersedia daya 4320 dengan dukungan teknologi fast charging 10W. Agar lebih aman, Oppo sudah mendapatkan bekal berupa sertifikasi IPX4 yang tahan terhadapa percikan air.

Tabel Spesifikasi

Dimensi164 x 75,4 x 7,85 mm
berat 175 gram
Layar6,51 inci PLS LCD resolusi HD Plus
Corning Gorilla Glass 3
Hardware dan softwareMediaTek Helio P22 (12 nm)
Memori3 GB/32 GB
microSD hingga 256 GB
Kamera Depan5 MP
Kamera Belakang13 MP (utama)
Baterai4320 mAh
fast charging 10W
Fiturfingerprint, face unlock, jack audio, USB-C, IPX4, dan lainnya
WarnaHitam dan biru
HargaMulai dari Rp 1,7 jutaan

4. Samsung Galaxy A33

Samsung Galaxy A33 juga bisa dipilih bagi kamu yang mencari HP tahan air murah 2023. Ponsel ini membawa beragam spesifikasi yang menarik dari segi layar, kamera, baterai, dan lainnya.

Layarnya sudah mengusung Super AMOLED untuk menampilkan visual yang menyenangkan. Display itu sudah memiliki komposisi gelap terang dan level kecerahan yang memanjakan mata.

Ada juga konfigurasi berupa refresh rate 90 Hz untuk membuat layar bisa lebih responsif dan mulus. Terdapat pula sertifikasi IP67 yang tahan terhadap air serta debu untuk membuat ponsel lebih awet.

Dari sektor kamera, terpasang empat lensa kamera belakang. HP anti air ini membawa beberapa konfigurasi yang berbeda. Di antaranya, lensa utama 48 MP lengkap dengan fitur stabilisasi OIS.

Selanjutnya juga ada lensa ultrawide dengan resolusi 8 MP, lensa makro dengan kekuatan 5 MP, dan lensa depth dengan kekuatan 2 MP. Selain empat kamera tersebut, sisi belakang juga sudah lengkap dengan lampu flash. Sementara pada sisi depan, terdapat kamera selfie berukuran 13 MP.

hp-tahan-air-samsung-a33-5g
Ilustrasi Samsung A33 5G (samsung.com)

Kamera utama pada HP tahan air 2023 ini bisa berfungsi untuk merekam video dengan resolusi hingga 4K. Sedangkan kamera ultrawide hanya bisa merekam dengan resolusi maksimal 1080p (Full HD). Hasil foto maupun rekaman video menggunakan ponsel ini cukup baik terutama saat dalam kondisi pencahayaan yang terang.

Untuk dapur pacu, Samsung A33 5G datang dengan Exynos 1280, warisan dari seri Galaxy A53. Meski begitu, ternyata performanya mampu menyaingi chipset Snapdragon. Bahkan performanya setara dengan kinerja Snapdragon 765G, yang memiliki skor AnTuTu Benchmark sekitar 300 ribuan.

Dalam hal multitasking, HP tahan air murah ini masih cukup memadai. Namun lain halnya bila dipakai untuk menjalankan game. Kinerjanya masih belum begitu bagus.

Ponsel ini juga memiliki memori yang luas. Pasalnya, ada RAM 6 GB hingga 8 GB yang tersedia untuk menyimpan banyak data. Selain itu, tersedia pula slot microSD untuk meluaskan ruang penyimpanan internal bila masih kurang.

Sementara untuk baterai, HP tahan air murah 2023 ini memiliki daya berukuran 5000 mAh. Kapasitas ini bisa membuat perangkat mampu dipakai seharian.

Tak ketinggalan juga, ada teknologi fast charging yang mendukung pengisian ulang daya menjadi lebih cepat. Bahkan, ponsel ini mampu mengisi daya penuh hingga 100 persen dalam waktu 1 jam 10 menit.

Tabel Spesifikasi

DimensiKetebalan 8,1 mm
Bobot 186 g
LayarSuper AMOLED 6,4 inci resolusi FHD+
refresh rate 90Hz, Corning Gorilla Glass 5
ChipsetExynos 1280
CPU Octa Core
GPU Mali G68
MemoriRAM 6GB/8GB
Memori internal 128GB/256GB
Kamera depan13MP
Kamera belakang48 MP (utama, teknologi PDAF, OIS)
8 MP (ultrawide)
5MP (makro)
5MP (depth)
Baterai5000mAh
Fast charging 25W
Sistem operasiAndroid 12, One UI 5
SIMHybrid dual SIM
Fitur lainUnder display fingerprint scanner, speaker stereo, Bluetooth, WiFi, USB-C, IP67 dan lainnya
WarnaAwesome black, awesome white, awesome blue, awesome peach
HargaMulai dari Rp3,8 jutaan

5. Redmi Note 10

Redmi Note 10 tercipta dalam dimensi 160.5 x 74.5 x 8.3 mm dan bobot seberat 178.8 gram. Melihat ukurannya, perangkat ini memiliki kenyamanan saat berada di genggaman maupun dibawa bepergian. Bahkan ukurannya yang ramping dan ringan membuat ponsel ini nyaman masuk ke dalam tas atau saku.

HP tahan air yang satu ini juga sudah dibekali dengan rating anti debu dan percikan air IP53. Sehingga, pengguna tidak perlu khawatir bila ponsel tercebur air.

Masuk ke spesifikasi layar, HP Xiaomi ini datang dengan panel AMOLED seluas 6,43 inci dan beresolusi Full HD Plus. Layar juga sudah mendapatkan kerapatan piksel hingga 409 ppi sehingga tampilan warna semakin akurat.

Redmi Note 10 juga memiliki spesifikasi kecerahan layar hingga 1100 nits. Dengan begitu, perangkat ini bisa tetap nyaman saat dipakai di luar ruangan.

Selain itu, Xiaomi juga memberikan sertifikat SGS yang rendah akan cahaya biru. Dengan teknologi ini, HP tahan air ini bisa membuat mata pengguna tidak mudah lelah saat menatap layar dalam waktu lama.

Sementara itu masuk ke sektor kamera, HP Xiaomi seri Note tersebut memiliki empat kamera belakang yang siap menunjang sisi fotografi. Keempat lensa tersebut di antaranya, kamera utama dengan kekuatan 48 MP, lensa ultrawide 8 MP.

Selain itu, ada juga dua kamera pendamping lain seperti makro dan depth yang masing-masing memiliki kekuatan sebesar 2 MP. Untuk bagian depannya, ada kamera selfie berkekuatan 13MP.

Beralih ke bagian jeroannya, HP tahan air yang satu ini cukup andal dalam hal menunjang aktivitas multitasking hingga bermain game. Bahkan, Redmi Note 10 bisa digunakan untuk menjalankan game berat.

HP Lainnya:

Ternyata hal ini karena Xiaomi membekali chipset Snapdragon 678 pada bagian mesinnya. Selain itu, ada juga GPU Adreno 612 untuk mendapatkan performa yang lebih gesit.

Supaya lebih andal lagi, Redmi Note 10 memiliki ruang penyimpanan yang luas. Tersedia dua opsi RAM yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yakni 4 GB dan 6 GB.

Sementara itu untuk storage terdapat opsi 64 GB dan 128 GB. Walaupun kapasitasnya masih kalah dari ponsel lain yang menawarkan kapasitas hingga RAM 18 GB, tetapi Redmi masih tetap mampu menyimpan banyak file dari berbagai format.

Untuk baterai, ponsel ini memiliki daya sebesar 5000 mAh. Ketahanannya terbilang awet karena layarnya sudah menggunakan panel AMOLED serta dapat dukungan chipset Snapdragon.

Tak berhenti sampai di sana, HP tahan air ini sudah mendapatkan teknologi pengisian cepat 33W dan mampu mengisi penuh daya selama 1 jam.

Tabel Spesifikasi

LayarAmoled DotDisplay 6,43 inci resolusi FHD+
kecerahan layar 1100 nits
refresh rate 60Hz
Gorilla Glass 5, IP53
Dimensi160,46 x 74,5 x 8,29 mm
Bobot178,8 gram
ChipsetSnapdragon 678G
CPU Kryo 460
GPU Andreno 612
SIMDual SIM (Nano SIM dual stand by)
MemoriRAM 4 GB
Memori internal 64 GB
NFCTidak Tersedia
Kamera belakang48mP (utama, PDAF), 8MP (ultrawide), 2MP (makro), 2MP (depth)
Kamera depan13MP
Baterai5000mAh
Fast charging 33W
WarnaLake green, onyx gray, pebble white
HargaRp 2,5 jutaan

6. Vivo Y22

Deretan HP tahan air selanjutnya adalah Vivo Y22. Penerus Vivo Y21 ini memiliki ukuran yang ringan sehingga mudah dibawa ke mana saja dan mengusung layar seluas 6,55 inci. Panelnya masih menggunakan LCD dengan resolusi HD Plus.

Untuk lebih responsif dan mulus, Vivo kemudian membekali produknya dengan laju kecepatan hingga 90 Hz. Sehingga ponsel ini terasa nyaman saat digunakan untuk berinternet maupun bermain game.

Beralih ke sisi fotografi, HP ini memiliki kamera ganda untuk bagian belakang. Adapun konfigurasinya sebesar 50 MP untuk lensa utama dan 2 MP untuk  lensa makro. Pada bagian depan, Vivo menyematkan kamera selfie dengan kekuatan 8 MP pada layar berdesain poni berbentuk tetesan air (waterdrop).

Perangkat ini menyediakan memori yang cukup luas untuk menyimpan file dari berbagai format. Bahkan perusahaan asal Tiongkok tersebut menyediakan opsi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ada memori seluas 4GB/64GB dan 6GB/128GB.  Apabila masih kurang, storage bisa diperluas hingga 1 TB menggunakan kartu microSD

hp-tahan-air-vivo-y22
Ilustrasi Vivo Y22 (vivo.com)

Tak ketinggalan juga, Vivo memiliki fitur extended RAM 2.0 untuk memperluas RAM. Kapasitasnya tersedia hingga 2 GB. Walau begitu, sebenarnya fitur ini tidak benar-benar memperluas, tetapi hanya meminjam ruang kosong dari storage.

Untuk masalah baterai, Vivo menyokong HP tahan air ini dengan daya maksimal 5000 mAh. Tidak hanya itu, ada juga teknologi pengisian cepat berdaya 18W untuk mempercepat pengecasan.

Lebih lanjut, Vivo Y22 ini menjalankan sistem operasi Android 11 dengan lapisan tampilan antarmuka Funtouch OS 12.

Sebagai tambahan, Vivo memberikan sejumlah fitur yang bisa menunjang kebutuhan penggunaan sehari-hari, yakni konektivitas 4G, Wi-Fi, Bluetooth, GPS, USB tipe C, serta sertifikat tahan air dan debu IPX4 dan IPX5. Sementara untuk warna, ada opsi Starlit Blue, Summer Cyan, dan Metaverse Green yang bisa dipilih s esuai dengan selera masing-masing pengguna.

Tabel spesifikasi

Dimensi164,3 x 76,10 x 8,38 mm
bobot berat 190 gram
Layar6,55 inci HD Plus (1.612 x 720 piksel)
refresh rate 90 Hz
aspek rasio 20,1:9
ChipsetMediaTek Helio G85
CPUOcta-core kecepatan hingga 2 GHz
GPU Mali-G52
Memori4 GB/64 GB dan 6 GB/128 GB
SIMDual SIM (Nano) + microSD (hingga 1 TB)
KameraDepan 8 MP
Belakang utama 50 MP
Makro 2 MP
Sistem operasiAndroid 11, FunTouch OS 12
Baterai5.000 mAh, fast charging 18 Watt
Fitur lainjaringan 4G, Wi-Fi, Bluetooth, GPS, USB tipe C, audio jack, sertifikat IPX4 dan IP5X yang tahan air dan debu
WarnaStarlit Blue, Summer Cyan, Metaverse
HargaMulai dari Rp2,3 jutaan

7. Realme C35

Realme C35 masuk sebagai HP tahan air berikutnya yang bisa dicoba. Ponsel ini membawa spesifikasi yang mumpuni sehingga bisa memenuhi kebutuhan penggunanya.

HP asal Tiongkok ini membawa layar seluas 6,6 inci dengan panel berjenis LCD. Display datang dengan resolusi Full HD+ dan memiliki dukungan tingkat kecerahan hingga 600 nits.

Layar dirancang dengan rasio ke bodi dengan ukuran 90,7 persen sehingga bisa memberikan pengalaman visual yang menyenangkan.

Pada sektor kamera, HP tahan air murah 2023 ini memiliki tiga kamera belakang yang tersusun secara zigzag, mirip desain pada iPhone 13. Ketiganya membawa konfigurasi yang berbeda-beda demi memberikan hasil foto yang saling melengkapi dan tentunya berkualitas.

Dalam hal ini, ada lensa utama berkekuatan 50 MP, lalu lensa makro 2 MP, serta lensa B&W dengan kekuatan sebesar 2 MP juga. Pada sisi depannya ada lensa swafoto dengan kekuatan 8 MP guna menunjang kebutuhan selfie dan video call.

Kamera tersebut terpasang dalam layar berdesain tetesan air (waterdrop) dan lengkap dengan sensor Sony IMX355 serta AI Beauty untuk memperindah hasil foto. Chipset itu didukung dengan kapasitas RAM yang masih cukup memadai, yakni 4 GB. Sedangkan storage berkapasitas 64GB dan 128GB.

Bahkan ada juga fitur perluasan RAM hingga 7 GB. Sehingga bila ditotalkan, RAM pada HP tahan air ini mencapai 11 GB. Selain itu, storage bisa diperluas menggunakan kartu microSD hingga 1 GB. Jadi pengguna tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Untuk baterai, Realme mengusung daya sebesar 5000 mAh yang sudah mendapatkan dukungan teknologi fast charging 18W. Dengan begitu, proses pengecasan bisa lebih cepat.

Lebih lanjut, Realme seri C ini menjalankan sistem operasi Android 11 dan memiliki tampilan antarmuka Realme UI 2.0.

Sebagai tambahan, Realme C35 membawa sejumlah fitur fingerprint, audio jack, USB tipe C, IP68 yang tahan air dan debu, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk warna, ada dua opsi yang bisa dipilih sesuai selera yakni Glowing Black serta Glowing Green.

Tabel Spesifikasi

Dimensi dan bobot164,4 x 75,6 mm,Ketebalan 8,1 mm
Bobot berat 190 gram
Layar6,6 inci LCD resolusi FHD+
Rasio ke bodi 90,7 persen
kecerahan hingga 600 nits
ChipsetUnisoc Tiger T616
CPU Octa-core
GPU Mali-G57 mp1
Memori4 GB/64 GB dan 4 GB/128 GB
SIMDual SIM (Nano) + microSD (hingga 1 TB)
KameraDepan 8 MP
Belakang utama 50 MP+ makro 2MP + B&W 2MP
Sistem operasiAndroid 11, Realme UI 2.0
Baterai5.000 mAh, fast charging 18 Watt
Fitur lainFingerprint, expansion RAM hingga 7GB, USB-C, jack audio, dan lainnya 
WarnaGlowing Green dan Glowing Black
HargaMulai dari Rp 2,2 jutaan

8. Vivo V25e

Deretan HP tahan air selanjutnya adalah Vivo V25e. Dengan harga yang murah, ponsel ini memiliki spesifikasi yang menarik untuk dimiliki. Mulai dari desain, layar, kamera, dan lainnya.

Adapun secara desain, Vivo merancang seri V25e dengan tampilan yang ramping serta ringan. Ketebalannya sekitar 7,8 mm serta bobot seberat 183 gram. Selain itu, ada pula sertifikasi IP54 yang tahan debu dan percikan air. Jadi pengguna bisa nyaman saat membawa perangkat ini di dekat area air.

Walaupun sudah bersertifikat tahan air dan debu, tetap saja ponsel ini tidak bisa dibawa menyelam. Sebab perangkat ini mampu bertahan di dalam air sedalam satu meter saja dalam waktu maksimal 30 menit.

Masuk ke bagian layar, terdapat panel jenis AMOLED yang beresolusi Full HD Plus. Tidak hanya itu, HP tahan air ini juga memiliki level kecerahan 1300 nits yang membuatnya tetap nyaman digunakan di luar ruangan dengan cuaca terik.

HP Lainnya:

Pada sisi fotografi, terpasang tiga kamera belakang untuk memenuhi kebutuhan fotografi. Lensa utama pada perangkat Vivo V25e memiliki kekuatan 64 MP lengkap dengan teknologi autofocus dan fitur stabilitas OIS.

Ada juga lensa makro dan kedalaman yang masing-masing berkekuatan 2 MP. Sementara di bagian depan ada kamera selfie dengan kekuatan 32 MP untuk menunjang aktivitas selfie dan video call.

Pada sisi jeroan, HP anti air murah ini datang dengan chipset MediaTek Helio G99 serta sistem operasi Android 12.

Sedangkan untuk memorinya tersedia kapasitas 8 GB/128 GB, 8 GB/256 GB, dan 12 GB/256 GB. Dengan begitu, pengguna bisa menyimpan banyak file dari berbagai format. Terlebih. penyimpanannya juga bisa diperbesar lagi hingga 1 TB menggunakan kartu microSD.

Terakhir pada sektor baterai, HP ini memiliki daya sebesar 4500 mAh yang sudah lengkap dengan teknologi fast charging 44W. Teknologi ini pun memungkinkan ponsel bisa mengisi daya 58 persen dalam waktu sekitar 30 menit saja.

Tabel Spesifikasi

Dimensi159.2 x 74.2 x 7.8 mm
Bobot berat 183 g
Layar6,44 inci AMOLED Full HD Plus
Refrresh rate 90 Hz
IP54 tahan air dan debu
ChipsetMediaTek Helio G99
MemoriRAM 8 GB/12 GB
Storage 128 GB/256 GB
Kamera belakang64 MP (utama), 2 MP (depth), 2 MP (makro)
Kamera depan32 MP
Baterai4500 mAhFast charging 44W
WarnaDiamond black, sunrise gold
HargaMulai dari Rp3,9 jutaan

9. Redmi Note 11 Pro

Berikutnya dari deretan HP tahan air murah pada artikel ini adalah Redmi Note 11 Pro. Xiomi menghadirkan spesifikasi yang menarik pada versi Pro dari seri Redmi Note 11.

Secara fisik, Redmi Note 11 Pro tampil dalam ukuran yang masih ramping. Dimensinya antara lain 164,2 x 76,1 x 8,1 mm dan bobotnya 220 gram. Desainnya juga tampil kekinian serta kokoh. Sedangkan untuk warna, tersedia empat pilihan yaitu hitam, hijau, ungu, dan biru.

Untuk spesifikasi layar, HP tahan air ini menggunakan panel berjenis Super AMOLED. Jenis panel ini menghadirkan warna yang akurat. Supaya bisa lebih mulus dan responsif, Redmi memiliki laju penyegaran hingga 120 Hz. Selain itu, ada juga lapisan kaca Corning Gorilla Glass 5 untuk melindungi dari goresan.

Sedangkan pada sektor kamera, Redmi memiliki kamera utama berkekuatan 108 MP. Selain itu ada juga tiga kamera pendamping lain, seperti lensa ultrawide 8 MP, lensa makro dan lensa depth yang masing-masing berkekuatan 2 MP. Sedangkan untuk kamera depannya ada lensa selfie dengan kekuatan 16 MP untuk menunjang kebutuhan selfie serta video call.

hp-tahan-air-redmi-note-11-pro
Ilustrasi Redmi Note 11 Pro (mi.co.id)

Masuk ke sektor jeroan, HP tahan air murah 2023 ini mendapatkan tenaga dari MediaTek Helio G95. Ada juga dukungan CPU Octacore dengan kecepatan 2.05 GHz serta pengolah grafis Mali G57 MC2 yang membuat tenaga Redmi Note 11 Pro tampil lebih maksimal. Paduan mesin tersebut diklaim cocok untuk menjalankan game, walaupun bukan merupakan HP gaming.

Untuk memori, seri Note 11 ini datang dengan kapasitas yang luas. Ada dua opsi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yakni 6 GB/128 GB dan 8 GB/128 GB. Apabila masih kurang, tersedia slot internal hingga 1 TB melalui microSD guna memperluas ruang penyimpanan internal.

Sementara untuk baterai, HP tahan air ini memiliki daya yang besar yakni 5160 mAh. Baterai tersebut lengkap dengan teknologi pengisian cepat berdaya 67W sehingga pengecasan bisa lebih cepat. Diketahui teknologi ini membuat Redmi Note 11 Pro mengisi daya penuh dalam waktu 47 menit.

Sebagai tambahan, smartphone ini juga memiliki dukungan teknologi LiquidCool, yang menjaga suhu bodi tetap dingin walaupun dipakai bermain game seharian. Tak ketinggalan pula ada sertifikat IP53 yang tahan air.

Tabel Spesifikasi

Dimensi164.2 x 76.1 x 8.1 mm
bobot 202 gram
Layar6,67 inci panel Super AMOLED
kecepatan refresh 120 Hz
Corning Gorilla Glass 5
ChipsetMediatek Helio G96 (12 nm)
CPU Octa-core
GPU Mali-G57 MC2
Android 11, MIUI 13
MemoriRAM 6 GB/8GBP
enyimpanan internal 128GB
Kamera belakang108 MP (f/1.9, utama)
8 MP (f/2.2 ultrawide)
2 MP (f/2.4, makro)
2 MP  (f/2.4 depth)
Kamera depan16 MP (f/2.5)
Baterai5000 mAh, fast charging 67 W
FiturFingerprint (side-mounted), face unlock, IP53, dan lainnya
Warnamysterious black, forest green, timeless purple dan milky way blue.
HargaMulai dari Rp3,2 jutaan

10. Redmi Note 10 Pro

Terakhir, ada Redmi Note 10 Pro yang masuk ke urutan terakhir HP tahan air murah 2023. Ponsel bikinan negara Tiongkok ini datang dengan dimensi 164 x 76,5 x 8,1 mm dan bobot seberat 193 gram.

Layarnya menggunakan panel berjenis AMOLED seluas 6,67 inci beresolusi FHD Plus. Sama seperti Note 11 Pro, seri Redmi Note 10 Pro juga mendapatkan laju penyegaran hingga 120 Hz dan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Kamera utama HP tahan air ini memiliki resolusi 108 MP yang terletak di belakang. Lalu ada kamera ultrawide dengan kekuatan 8 MP, lensa makro berkekuatan 5 MP dan kamera kedalaman beresolusi 2 MP. Untuk bagian depannya ada kamera selfie 16 MP.

Untuk sisi videografi, kamera pada perangkat Redmi Note 10 Pro mampu merekam dengan kualitas resolusi 4K dan Full HD yang detail. Sedangkan untuk jeroannya, HP Redmi ini menggunakan chipset Snapdragon 732G. Mesin tersebut berpadu dengan CPU Octacore berkekuatan 2,3 Ghz dan GPU Adreno 618 agar lebih kencang.

Supaya lebih maksimal, tersedia kapasitas yang luas pada perangkat tersebut. Antara lain 6 GB/64 GB, 6 GB/128 GB, dan 8/128 GB. Bila masih kurang, ada perluasan penyimpanan internal hingga 1 TB menggunakan kartu microSD.

Redmi Note 10 Pro memiliki baterai berkapasitas jumbo yakni 5020 mAh. Baterai sudah lengkap dengan teknologi fast charging 33W. Melalui fitur tersebut, Note 10 Pro bisa mengisi ulang hingga 59 persen dalam waktu sekitar 30 menit.

Tabel Spesifikasi

Dimensi164 x 76.5 x 8.1 mm
Bobot 193 gram
Layar6,67 inci panel AMOLED
refresh 120 Hz
Corning Gorilla Glass 5
ChipsetQualcomm Snapdragon 732G (8 nm)
CPU Octa-core
GPU Adreno 618
Android 11, MIUI 12
MemoriRAM 6/8GB
Penyimpanan internal 128GB/256GB
Kamera belakang108 MP (f/1.9, utama)
8 MP (f/2.2 ultrawide)
5 MP (f/2.4, makro)
2 MP  (f/2.4 depth)
Kamera depan16 MP (f/2.5)
Baterai5020 mAh fast charging 33W
FiturFingerprint (side-mounted), face unlock, IP53, dan lainnya
WarnaGlacier blue, gradient bronze, dan onyx gray
HargaMulai dari Rp3 jutaan

Itulah beberapa rekomendasi HP tahan air murah 2023 yang bisa dipilih bila ingin ponsel yang nyaman dan aman untuk dibawa ke area perairan. Segera dapatkan salah satunya di masing-masing website atau gerai resmi sebelum kehabisan.

Artikel Terkait