Home » Terbaru » Gadget » Harga IQOO Z7x dan Z7x 5G di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Harga IQOO Z7x dan Z7x 5G di Indonesia, Ini Spesifikasinya

wisnu July 15, 2024

Brand satu ini, belum lama ini masuk ke Indonesia dimana pada series sebelumnya IQOO 11 telah hadir duluan dengan spesifikasi yang gahar di kelas flagship. Kali ini, brand tersebut telah mengeluarkan versi mid-range yang paling dinantikan oleh banyak orang.

IQOO memang selalu berusaha menghadirkan smartphone dengan high perform sesuai dengan kelas harganya. Apalagi saat ini brand tersebut sedang mencoba bersaing dengan smartphone di kelas menengah, mungkin banyak brand lain yang ketar-ketir, ya.

Meskipun memiliki nama yang asing bagi telinga banyak pengguna smartphone, tapi IQOO ingin segera mengukir namanya dalam daftar pesaing di tahun 2023. Lantas, seperti apa smartphone IQOO Z7X 5G ini? langsung saja, inilah full review-nya!

Sipaling Mending! Review Spesifikasi dan Harga IQOO Z7X Paling Lengkap, HP Mid-range Termurah 2023

Sipaling-Mending-Review-Spesifikasi-dan-Harga-IQOO-Z7X-Paling-Lengkap-HP-Mid-range-Termurah-2023

Hanya di seri ini, IQOO menyertakan dua versi yaitu IQOO Z7X dan IQOO Z7 yang sama-sama berada di kategori smatphone mid-range. Setelah ditelusuri, ternyata versi yang lebih murahnya adalah Z7X.

Meskipun dibilang yang paling murah, tapi untuk urusan spesifikasi tidak perlu diragukan lagi. Tidak heran, smartphone satu ini sangat cepat naik ke permukaan dan bahkan bersaing dengan merek populer lainnya.

Nantinya akan admin diskop.id buatkan perbandingan dari kedua series tersebut dengan menyertakan spesifikasi dan harganya. Tidak perlu menunggu waktu lama, langsung saja simak lebih lengkapnya dengan spesifikasi berikut.

1. Segi Desain dan Layar

Dari segi desainnya tentu cukup menari dengan lengkungan di setiap sisi-nya sehingga sangat nyaman untuk digenggam dalam waktu lama. Untuk ukuran layarnya, smartphone ini memiliki layar 6.64 inch IPS.

Yang paling luar biasa adalah layarnya telah mendukung 120 hz untuk memberikan kenyamanan pada saat scrolling dan bermain game. IQOO Z7X 5G memiliki dimensi 164.6 x 75.8 x 9.1 mm dengan bobot 205g.

Berbeda dengan series IQOO Z7X 5G sedikit lebih unggul pada SIM tray yang sudah mendukung Dual SIM dan nano-SIM. Dengan begitu, tidak masalah jika mengambil varian 128 GB karena bisa menambahkan memori eksternal hingga 1 TB.

2. Kamera yang Tergolong Canggih

Untuk kamera belakangnya sendiri tentu terbilang relatif baik dengan dibekali Dual Camera 50 MP f/1.8 dan 2 MP f/2.4. Bisa dibilang, kamera yang diberikan biasa saja dan tidak berbeda dengan kamera pada smartphone di kelas yang sama.

Selain itu, kamera Selfie nya mencapai 8 MP f/2.0 yang terlihat tidak seperti kamera pada umumnya. Biasanya untuk smartphone kelas ini sudah dibekali kamera selfie minimal 13 MP. Hal itu telah dibuktikan dengan pesaing mereka dengan menggunakan kamera 13 MP.

Yang paling disukai dari smartphone ini adalah telah mendukung perekaman dengan resolusi 1080p 60 fps. Kapan lagi mendapatkan smartphone di kelasnya, kami rasa tidak ada smartphone yang memiliki resolusi tersebut.

3. IQOO Z7X 5G Dibekali chipset Snapdragon 695 5G

IQOO-Z7X-5G-Dibekali-chipset-Snapdragon-695-5G

Dengan chipset Snapdragon 695 5G dirasa menjadi varian mid-range basic yang sangat menjanjikan. Smartphone ini bersaing dengan Poco X5 yang memiliki chipset yang sama dengan fabrikasi 6 nm.

Untuk chipset seperti ini, memainkan game berat sekalipun masih sangat stabil dan tidak mendapatkan frame drop yang begitu jauh. Bahkan performanya ditambah dengan teknologi 5-layer Liquid cooling system.

Dengan ini, bermain game berat sekaligus dapat dilibasdengan sangat mudah dengan menurunkan hingga suhu 10°C dan dalam jangka waktu yang lama. Pihak IQOO memang sudah memiliki hal seperti ini dengan harga yang murah bisa memberikan fitur terbaik.

4. Baterai besar dan pengisian daya super

Inilah yang membuat IQOO Z7X 5G begitu diminati karena dibilang menjadi smartphone yang memiliki kapasitas baterai yang besar. Untuk series yang Z7X 5G diketahui telah dibekali baterai bertenaga 6000 mAh, ini berbeda dengan series IQOO Z7 5G yang hanya 5000 mAh.

Meskipun tidak secepat IQOO Z7 5G yang memiliki 120W, tapi varian yang lebih murah ini juga termasuk yang paling cepat di kelasnya. Bagaimana tidak, pengisian dayanya bisa mencapai 80W dan pihak IQOO mengklaim bahwa dapat mengisi daya 1-50% selama 25 menit.

Biasanya smartphone di kelas mid-range awal memiliki pengisian daya paling tinggi adalah 66W. Alhasil, dapat dikatakan bahwa series satu ini adalah yang terbaik di kelasnya dan semua pengguna sangat menikmati keunggulan ini.

5. Segi RAM dan memori internal yang luas

Hampir semua smartphone mid-range sudah dibekali banyak keuntungan dari segi RAM yang besar hingga mulai dari 8 GB. Sayangnya, series ini tidak seperti kakaknya yang terdapat varian RAM 12 GB, tapi terdapat 8 GB extended RAM.

Kemudian ada juga variasi memori internal yang begitu luas mulai dari 128-256 GB yang didukung slot memori eksternal up to 1 TB. Ini yang tidak akan ditemukan pada series iQOO Z7X 5G.

Jadi, tidak masalah jika banyak yang ingin menghemat budget dengan membeli varian 8/128 GB yang nantinya bisa ditambah memori eksternal di lain waktu. IQOO memang memikirkan apa yang diinginkan konsumen tentang smartphone idaman.

6. Sistem Operasi dan UI

Jangan khawatir dengan OS dan tampilan UI dari smarthphone ini karena dapat dimulai dari OS Android 13. Kemudian, pada interface atau UI masih dipercaya oleh FunTouch OS 13.0 yang aman dan ringan dari segala macam iklan.

Bahkan pada update security-nya masih terbilang sangat baik dimana telah update pada Maret 2023. Nantinya dapat di-upgrade lagi ke versi dan tanggal yang lebih baru untuk mendapatkan keamanan tingkat tinggi.

7. Fitur dan Konektivitas

Selain beberapa keunggulan diatas, ada pun beberapa fitur yang diberikan seperti NFC, OTG, Bluetooth 5.1 hingga audio jack 3.5mm. Belum lagi ditambah dengan beberapa sensor pendukung yang sangat komplit seperti Gyro hardware yang responsif.

8. Harga IQOO Z7X 5G Terbaru 2023

Harga-IQOO-Z7X-5G-Terbaru-2023

Hingga saat ini, IQOO Z7x 5G baru memiliki dua varian warna yaitu Metalic Grey dan Tropical Blue. Dengan warna yang elegan tentu memberikan warna tersendiri yang membuat smartphone ini tampak sangat mewah.

Kemudian, untuk rilisnya masih belum terdapat di toko offline dan hanya dapat dipesan dalam bentuk pre-order. Untungnya, pihak IQOO melalui akun media sosial resmi mengumumkan bahwa harga yanag ditawarkan mulai dari 3 jutaan dengan detail berikut.

  • IQOO Z7X 5G 8/128 GB – Rp3.099.000 (Shopee) Promo
  • IQOO Z7X 5G 8/256 GB – Rp3.499.000 (Shopee) Promo

Baca Juga: Tecno Spark 10 Pro NFC – Spesifikasi dan Harga di Indonesia 2023

Ada Minusnya! Kekurangan HP IQOO Z7x 5G dengan Perbandingan di Kelas Mid-range, Potong Fitur?

Ada-Minusnya-Kekurangan-HP-IQOO-Z7x-5G-dengan-Perbandingan-di-Kelas-Mid-range-Potong-Fitur

Setelah melihat beberapa keuntungan diatas tentu harus melihat beberapa kekurangan lainnya untuk dapat menentukan apakah smartphone ini sangat worth it dibeli atau lebih baik membeli merek lainnya?

Kekurangan pertama bisa dilihat yang paling menonjol dari smartphone ini adalah pada fitur fotografi. IQOO Z7X 5G tidak memiliki mode ultra-wide yang sebenarnya ada di smartphone Poco X5.

Selain itu, kamera-nya juga tidak selengkap merek sebelah dimana belum memiliki triple camera. Bahkan banyak yang mengatakan smartphone ini seperti memiliki single camera utama-nya dengan 50 MP, tapi hebatnya bisa merekam 1080p 60fps.s

Kemudian, layar yang diberikan masih jenis IPS jika dibandingkan dengan smartphone sebelah yang sudah dibekali dengan layar Amoled. Tetapi, banyak juga yang menyukai layar IPS karena sangat cocok untuk kegiatan outdoor.

Sejauh ini, tidak ada kekurangan lain yang terasa dari smartphone IQOO Z7X 5G yang sangat dominan dibagian chipset, baterai dan pengisian. Dapata dikatakan bahwa smartphone ini memang dikhususkan untuk kerja berat seperti gaming dan aktivitas luar tapi tetap mengimbangi dari sisi fotografi dan videografi-nya.

Baca juga: Poco X5 5G Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan Terbaru

Artikel Terkait