Home » Terbaru » Agama » Doa Niat Makan Sahur Puasa Ramadhan Sebulan Penuh

Doa Niat Makan Sahur Puasa Ramadhan Sebulan Penuh

arsyad April 13, 2024

Doa Niat Makan Sahur Puasa Ramadhan – Doa niat makan sahur puasa Ramadhan adalah salah satu doa yang penting bagi umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Saat sahur, umat Muslim melakukan makan dan minum sebelum terbitnya fajar.

Sedangkan doa niat makan sahur puasa Ramadhan merupakan doa yang dibaca untuk menyatakan niat puasa di hari tersebut. Waktu membacanya yakni mulai waktu maghrib hingga sebelum masuknya waktu sholat subuh.

Perlu dipahami bahwa niat puasa bukan hanya sekedar dibaca melalui lisan atau hati, akan tetapi diikut sertakan dalam pelaksanaan puasa. Agar puasa yang dilaksanakan tidak tergoda dengan hal-hal yang dapat membatalkannya.

Bacaan Doa Niat Makan Sahur Puasa Ramadhan Yang Benar Sesuai Sunnah

Bacaan Doa Niat Makan Sahur Yang Benar Sesuai Sunnah

Salah satu rukun puasa Ramadhan adalah niat hal ini perlu dipahami baik dari bacaannya maupun artinya. Agar puasa yang dikerjakan tidak sia-sia sebagai mana yang telah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis.

Rosulullah bersabda :

كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلَّا الْجُوْع وَالْعَطْش

Artinya :

“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan sesuatu dari puasanya kecuali rasa lapar dan dahaga” (HR An-Nasa’i).

Maka dari itu dengan memahami niat dalam puasa insya Allah ibadah puasa yang dijalankan sesuai dengan yang diharapkan yakni diterima Alllah SWT.

Adapun bacaan doa niat makan sahur yang benar sesuai sunnah adalah seperti dibawah ini :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ghadin ‘an ada-i fardhi syahri ramadhan hadzihis sanati lillahi ta’ala

Artinya :

“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

Bacaan doa niat makan sahur ini boleh dilafadzkan sebelum sahur boleh juga setelah sahur yang pasti untuk waktunya yakni sampai menjelang waktu sholat subuh.

Bacaan Doa Niat Makan Sahur Puasa Ramadhan Sebulan Penuh

Bacaan Doa Niat Makan Sahur Puasa Ramadhan Sebulan Penuh

Karena niat merupakan rukun dalam puasa maka sebaiknya ummat muslim yang menjalankannya harus ada kewaspadaan untuk memperhatikan sejenak. Benarkah dirinya sudah membaca niat atau belum ketika akan berpuasa.

Jika khawatir niat dalam puasa tersebut lupa dibaca atau tidak bangun sahur dan lain sebagainya, maka boleh juga membaca niat puasa sebulan penuh.

Adapun bacaan doa niat makan sahur puasa Ramadhan sebulan penuh adalah seperti dibawah ini :

نَوَيْتُ الصُّوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ المُبَارَكِ، فَرْضَاً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitus ṣauma syahri Ramaḍāna al-mubaarak, faṛḍan lillaahi ta’aalā.

Artinya :

Saya niat berpuasa bulan Ramadhan yang penuh berkah, hanya karena Allah SWT.

Dengan membaca doa niat makan sahur puasa ramadhab sebulan penuh tersebut diatas, maka ketika lupa membaca niat puasa seperti pada umumnya tidak masalah. Karena sudah diniatkan berpuasa dibulan ramadhan satu bulan penuh.

Beberapa Cara Sunnah Makan Sahur

Beberapa Cara Sunnah Makan Sahur

Makan sahur merupakan sunnah yang dianjurkan Rosulullah SAW dengan demikian tentunya memiliki tata cara dalam pelaksanaannya.

Adapun cara sunnah makan sahur adalah seperti dibawah ini :

Mengakhirkan Waktu Sahur :

Makan sahur sunnahnya adalah pada akhir waktu yakni sebelum waktu Subuh tiba. Hal ini sejalan dengan anjuran Rosulullah SAW yang mengakhirkan waktu sahur. Dengan begitu makan sahur akan memberikan kekuatan dan energi bagi tubuh untuk berpuasa sepanjang hari.

Makan Yang Cukup Jangan Berlebihan :

Rasulullah SAW menyarankan untuk memulai makan sahur dengan makanan yang ringan, seperti kurma atau segelas susu. Hal ini akan membantu tubuh dalam mencerna makanan secara perlahan dan tidak menyebabkan rasa kenyang yang berlebihan.

Minum Air Yang Cukup :

Mencukupkan minum air saat sahur sangat penting untuk menjaga kesehatan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari. Akan tetapi jangan sampai berlebihnan minum airnya.

Berdoa Sebelum Makan Sahur :

Sebelum makan sahur, dianjurkan untuk membaca doa makan setelah selesai makan sahur dilanjutkan dengan membaca niat makan sahur seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Boleh juga menambahkan bacaan doa seperti doa memohon keberkahan dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dan lain sebagainya.

Keutamaan Makan Sahur Puasa Ramadhan

Makan sahur mempunyai keutamaan yang sangat penting bagi umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Ada beberapa alasan mengapa makan sahur sangat dianjurkan dan mempunyai keutamaan dalam Islam.

Adapun beberapa keutamaan makan sahur puasa bulan Ramadhan adalah sebagai berikut :

Menjalankan Sunnah Rasulullah SAW :

Makan sahur merupakan sunnah Rasulullah SAW yang dianjurkan dalam Islam. Nabi SAW selalu menganjurkan umat Muslim untuk makan sahur karena hal ini akan membantu menjaga kesehatan dan memudahkan dalam menjalankan ibadah puasa.

Menjaga Kesehatan :

Makan sahur bisa membantu menjaga stamina kesehatan dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sebelum berpuasa seharian. Dengan makan sahur, tubuh akan memiliki cukup energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dan menjalankan ibadah puasa dengan lebih baik.

Mendapatkan Keberkahan :

Bagi seseorang yang makan sahur insya Allah akan diberi keberkahan dalam hidupnya sehingga menjalankan puasa. Hal ini dapat membantu dalam menjalankan ibadah puasa dengan lebih baik dan mendapatkan pahala yang lebih besar di sisi Allah SWT.

Menambah Iman dan Ketakwaan :

Seiring dengan diberikannya keberkahan dalam maka akan membantu meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT, karena sahur merupakan ibadah yang dianjurkan dalam Islam. Dengan melakukan makan sahur, umat Muslim akan mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT, yang bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Mendapatkan Pahala :

Makan sahur juga memberikan pahala yang besar di sisi Allah SWT karena ini adalah ibadah yang dianjurkan. Dengan makan sahur, umat Muslim akan mendapatkan pahala yang besar karena menjalankan ibadah dengan senang karena Allah.

Penutup

Demikianlah ringkasan terkait artikel tentang Doa Niat Makan Sahur Puasa Ramadhan yang penulis sampaikan melalui website diskop.id. Semoga bermanfaat, Wallahu A’lam….

Baca Juga :

Artikel Terkait