Home » Terbaru » Pendidikan » Daftar Keunggulan Classpoint Gamifikasi Pembelajaran

Daftar Keunggulan Classpoint Gamifikasi Pembelajaran

dewi_putri September 28, 2023

Diskop.id – Saat ini banyak metode pembelajaran yang digunakan di dunia pendidikan. Salah satu yang berlaku adalah gamifikasi pembelajaran. Untuk membuat gamifikasi pembelajaran bisa menggunakan classpoint. Apa keunggulan classpoint gamifikasi pembelajaran?

Gamifikasi pembelajaran digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Pembelajaran sendiri adalah bantuan yang diberikan para pendidik dalam proses perolehan ilmu dan pengetahuan, kepercayaan diri dan pembentukan sikap peserta didik, hingga penguasaan tabiat dan kemahiran.

ilustrasi mengajar
Freepik.com/Storyset

Dan saat ini telah banyak model dan metode pembelajaran yang digunakan. Salah satu model dan metode pembelajaran adalah gamifikasi pembelajaran. Gamifikasi ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Selain itu, gamifikasi pembelajaran digunakan oleh para guru untuk memberikan materi yang lebih menarik. Hal inilah yang nantinya dapat membuat murid atau mahasiswa lebih tertarik untuk belajar.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu gamifikasi pembelajar dan keunggulan classpoint gamifikasi pembelajaran, bisa menyimak pembahasan di bawah ini.

Gamifikasi Pembelajaran Adalah

Metode dan model gamifikasi pembelajarn ini merupakan penerapan prinsip-prinsip game di dadlam konteks pembelajaran. Di mana hal ini digunakan untuk meningkatkan partisipasi dan motivasi peserta didik dalam belajar.

Terdapat unsur pemberian level, poin, tantangan, dan kompetisi yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran untuk memberikan motivasi peserta didik. Selain itu, juga membangun minat peserta didik terhadap materi pelajaran yang diberikan.

Melalui penggunaan gamifikasi, para guru bisa menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik. Peserta didik pun bisa lebih mudah memahami materi atau informasi yang diberikan, dan mengingatnya untuk jangan waktu yang panjang.

Dan ap aitu classpointClasspoint merupakan salah satu platform yang bisa digunakan untuk membuat gamifikasi pembelajaran. Bagaimana cara membuat gamifikasi lewat classpoint? Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Membuat Gamifikasi Lewat Classpoint

Untuk membuat gamifikasi pembelajaran, para guru bisa menggunakan classpointBerikut adalah langkah-langkah membuat gamifikasi lewat classpoint:

  1. Buatlah akun classpoint, lalu buatkan kelas untu siswa/I.
  2. Tambahkan aktivitas atau tugas di dalam kelas tersebut.
  3. Setiap aktivitas atau tugas yang diselesaikan oleh siswa/I akan diberikan poin.
  4. Setelah siswa/I mengumpulkan poin yang didapat, para guru bisa memberikan penghargaan seperti hadiah virtual atau sertifikat.
  5. Para guru juga bisa membuat papan peringkat untuk memberikan motivasi siswa/I, agar bisa bersaing dan meningkatkan peringkat di dalam kelas.

Mengapa disarankan membuat gamifikasi dengan classpoint? Apa saja kelebihan atau keunggulan classpoint gamifikasi pembelajaran. Simak ulasannya di bawah ini.

Keunggulan Classpoint Gamifikasi Pembelajaran

ilustrasi guru
Freepik.com/Felicities
  1. Classpoint mudah digunakan. Platform ini dirancang antarmuka yang mudah untuk digunakan dan dipahami oleh guru dan siswa.
  2. Kustomisasi classpoint yang mudah. Platform ini membuat guru dapat membuat penghargaan dan tantangan khusus untuk memenuhi kebutuhan kelas. Dan memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih personal.
  3. Classpoint bisa diintegrasikan dengan LMS atau sistem manajemen pembelajaran seperti Schoology, Google Classroom, dan Canvas.
  4. Classpoint juga menyediakan analitik yang komprehensif mengenai partisipasi siswa dalam permainan atau game. Sehingga, guru bisa melacak dan memperbaiki keterlibatan para siswa di dalam pembelajaran.
  5. Classpoint mempunyai sistem keamanan yang kuat guna untuk melindungi data guru dan siswa.
  6. Classpoint bisa membantu para guru untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan untuk siswa.

Cara Menerapkan Gamifikasi Pembelajaran di Classpoint

  1. Memberikan poin untuk siswa yang telah menyelesaikan tugas dengan baik. Poin yang diberikan bisa diakumulasikan untuk memperoleh hadiah atau penghargaan.
  2. Memberikan level dan ranking untuk siswa berdasarkan dengan prestasi dalam pembelajaran. Hal ini bisa memotivasu siswa untuk meningkat prestasi dan bersaing sehat.
  3. Memberikan tantangan dan misi agar bisa diselesaikan oleh siswa. Tantangan yang diberikan bisa berkaitan dengan tugas atau materi pelajaran.
  4. Memberikan hadiah virtual atau sertifikat untuk siswa yang mencapai prestasi di dalam pembelajaran tertentu.
  5. Membuat papan peringkat untuk memberikan motivasi untuk siswa agar bisa bersaing dan meningkatkan peringkat di dalam kelas.

Demikian penjelasan mengenai classpoint gamifikasi pembelajaran. Semoga membantu, ya.

Baca Juga:

Artikel Terkait