Home » Terbaru » Wisata » 10 Rekomendasi Wisata Takengon Aceh Terbaru & Hits Abis

10 Rekomendasi Wisata Takengon Aceh Terbaru & Hits Abis

izan_alhasani May 26, 2024

Aceh memilki keindahan alam yang populer sebagai tempat tujuan wisata bagi wisatawan domestik hingga mancanegara. Wisata Takengon di Aceh Tengah menjadi salah satu tempat dengan beragam potensi wisata menarik.

Memangnya, apa saja wisata menarik yang ada di Takengon, Aceh? Seperti apa objek wisata tersebut? Jika akan berlibur ke Aceh, maka sebaiknya cari tahu dulu rekomendasi objek wisata yang ada di Takengon melalui artikel di bawah ini!

Daftar Tempat Wisata Takengon Aceh

Daftar Tempat Wisata Takengon Aceh

Berikut ini beberapa rekomendasi destinasi wisata populer yang harus dikunjungi ketika berada di Takengon Aceh, yaitu:

1. Bur Lancuk Lereng

Takengon Aceh menawarkan wisata pegunungan untuk wisatawan yang ingin mencari tempat sejuk dengan udara segar. Wisata yang dimaksud adalah Bur Lancuk Lereng yang memiliki ketinggian kurang lebih 1.600 mdpl.

Meskipun harus melewati perjalanan yang cukup berliku dan menanjak, Anda tidak akan kecewa dengan pemandangan di Bur Lancuk Lereng. Panorama Kota Takengon bahkan bisa dinikmati dari atas perbukitan yang satu ini.

Jika mampir ke Bur Lancuk Lereng, maka jangan lupa mengambil foto di tempat ikonik destinasi wisata ini. Ornamen ikonik tersebut berupa tulisan “I Love Gayo” dengan pemandangan perbukitan dan panorama Kota Takengon di belakangnya.

2. Air Terjun Mengaya

Selain perbukitan, Takengon juga menawarkan destinasi wisata berupa air terjun. Salah satu air terjun di Takengon yang populer adalah Air Terjun Mengaya. Objek wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi wisatawan yang memang ingin menghabiskan liburan lebih dekat dengan alam.

Anda harus berjalan kaki menyusuri rute yang cukup menantang dan melelahkan untuk sapai di Air Terjun Mengaya. Sesampainya di lokasi air terjun ini, Anda bisa menikmati kesegaran aliran air terjun yang masih jernik.

Udara sekitar Air Terjun Mengaya juga cukup sejuk ditambah rimbunnya pepohonan di sekelilingnya. Wisata air terjun ini memang masih sangat asri dengan pemandangan memukau yang bisa menyegarkan pikiran.

Kicauan burung yang masih terdengar jelas di sekitar Air Terjun Mengaya membuat suasana semakin nyaman. Jika tertarik berkunjung ke Air Terjun Mengaya, maka pastikan kondisi tubuh sehat dan fit karena akan menempuh perjalanan cukup melelahkan.

3. Dermaga Lukup Panalan

Wisata Takengon Dermaga Lukup Panalan tidak boleh dilewatkan begitu saja ketika berkunjung ke Aceh. Dermaga yang satu ini memiliki pemandangan perbukitan hijau indah dan air danau tampak kebiruan, sehingga cocok untuk liburan.

Anda bisa menghabiskan waktu untuk jalan santai di sepanjang dermaga sambil menikmati pemandangan sekitar. Dermaga ini juga memiliki fasilitas jalan setapak atau jogging track yang dapat digunakan untuk jogging.

4. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar merupakan salah satu objek wisata Takengon yang populer dan ramai dikunjungi wisatawan. Anda bisa menikmati keindahan air danau yang berwarna kebiruan dengan latar belakang pegunungan hijau.

Abadikan juga moment liburan di Danau Laut Tawar dengan melakukan hunting foto. Wisata danau yang satu ini memang memiliki banyak spot foto instagramable. Anda bisa mengambil foto cantik di pagi, siang, maupun sore hari ketika cuaca sedang cerah.

Selain berfungsi sebagai objek wisata penunjang perekonomian masyarakat sekitar, Danau Laut Tawar juga memilki peranan penting untuk sumber air.

5. Pantai Menye

Ingin menghabiskan liburan dengan bermain di pantai? Langsung saja mengunjungi Pantai Menye Takengon. Pantai ini cukup unik dan menarik karena lokasinya berada di tepi danau. Meskipun demikian, Anda tetap bisa menikmati deburan ombak tenang di tepi Pantai Menye.

Menghabiskan waktu liburan sambil bersantai di tepi Pantai Menye bisa membuat pikiran terasa lebih fresh. Cuaca yang tidak terlalu panas dengan udara cenderung sejuk membuat wisatawan lebih rileks menikmati pemandangan yang disuguhkan Pantai Menye.

Pantai di Takengon yang satu ini juga cocok dijadikan sebagai tempat wisata kuliner. Anda bisa menemukan banyak pilihan tempat makan atau restaurant di sepanjang jalan. Pastikan untuk mencicipi masakan tradisional dari Kampung Gayo Aceh yang lezat dan menggugah selera.

6. Buntul Rintis

Pemandangan alam Buntul Rintis sangat cocok dinikmati bagi wisatawan yang ingin lebih rileks dan bersantai. Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di destinasi wisata Buntul Rintis adalah mencoba sepeda gantung dari atas ketinggian. Wisata yang cukup menegangkan, bukan?

Jika tidak berani melakukannya, maka Anda bisa berkeliling saja di kawasan wisata Buntul Rintis sambil hunting foto. Manfaatkan berbagai fasilitas spot foto yang disediakan oleh pengelola, seperti dekorasi sangkar burung, pintu rumah, kupu-kupu, kincir angin, dan lain sebagainya.s

7. Tambatan Perahu

Wisata Takengon lainnya yang tidak kalah populer dan menarik adalah Tambatan Perahu. Wisata yang satu ini menawarkan keindahan tepi pantai yang unik. Selain menikmati keindahan tepi pantai, Anda bisa melihat deretan perahu yang bersandar atau menepi.

Cobalah untuk mengambil foto dengan latar belakang perahu-perahu yang menepi di tepi danau tersebut. Anda pasti akan mendapatkan foto aestetic untuk menghiasi feed media sosial. Manfaatkan waktu di pagi hari atau sore hari agar hasil fotonya semakin memukau.

Selain itu, Anda juga bisa hunting foto menarik di spot foto berupa ornamen sangkar burung dari kayu. Hiasan lampu di setiap sudut ornamen ini akan membuat foto tampak lebih menarik.

8. Gunung Berapi Burni Telong

Pendaki yang ingin liburan di Aceh bisa mencoba mendaki Gunung Berapi Burni Telong. Gunung yang satu ini sudah memiliki jalur pendakian cukup baik, sehingga cocok untuk didaki oleh pemula maupun pendaki professional.

Meskipun demikian, sebaiknya tetap melakukan pendakian Gunung Burni Telong secara berkelompok. Sesampainya di puncak gunung, Anda bisa menikmati panorama keindahan Aceh dari atas ketinggian dengan gumpalan awan dan langit indah.

9. Pantan Terong

Wisata Takengon berupa perbukitan lainnya adalah Pantan Terong. Bukit yang dijadikan objek wisata ini memiliki ketinggian kurang lebih hingga 1.350 mdpl. Jika ingin mengunjungi Bukit Pantan Terong, maka lebih baik datang di pagi atau sore hari agar tidak terlalu panas.

Anda bisa menikmati keindahan paronama Kota Takengon Aceh dari atas bukit Pantan Terong ini. Hunting foto dari bukit indah satu ini juga bisa menjadi pilihan aktivitas menyenangkan. Anda bisa memperoleh berbagai foto keindahan alam yang instagramable.

10.  Gayo Waterpark

Selain memiliki beragam destinasi wisata alam, Takengon juga menawarkan wisata buatan menyenangkan, seperti Gayo Waterpark. Destinasi wisata yang tidak terlalu jauh dari Danau Laut Tawar yang satu ini juga disebut dengan nama Gayo Waterpark.

Liburan akan terasa lebih menyenangkan dengan menikmati semua wahana permainan air di Gayo Waterpark. Wahana permainan air yang disediakan pun cukup beragam untuk anak-anak kecil hingga remaja bahkan orang dewasa yang menemani anaknya bermain.

Gayo Waterpark

Wisata Takengon sangat beragam mulai dari perbukitan, dermaga, hingga air terjun. Anda bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata ketika berlibur ke Aceh. Pastikan untuk membuat perencanaan liburan yang matang agar berwisata di Takengon Aceh terasa lebih puas dan menyenangkan.

Baca Juga:

Artikel Terkait