Home » Terbaru » Gadget » Xiaomi Mi 12 Lite Review Spesifikasi (Kekurangan & Kelebihannya)

Xiaomi Mi 12 Lite Review Spesifikasi (Kekurangan & Kelebihannya)

izan_alhasani April 18, 2024

Xiaomi telah berhasil kembali merilis produk terbaru mereka yaitu Xiaomi Mi 12 Lite secara global. Walaupun waktu perilisannya sedikit terlambat dari beberapa varian Xiaomi 12 lain, namun Mi 12 Lite hadir dengan desain yang fresh.

Tidak hanya itu, beberapa fitur terbaru juga turut menghiasi ponsel penerus dari Xiaomi Mi 11 Lite ini. Ya, produsen Xiaomi benar-benar memperhatikan detail-detail pada ponsel ini demi kepuasan dari para pecinta gadget dari seluruh dunia.

Meskipun ini adalah versi “terjangkau” dari Xiaomi 12 serta Xiaomi 12 Pro, namun Xiaomi tetap melakukan upgrade pada beberapa sektor penting, terutama untuk meningkatkan performanya. Nah, bagi yang tertarik untuk memilikinya, simak dulu kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 12 Lite yang ada di bawah ini.

Kelebihan Xiaomi 12 Lite

Kelebihan Xiaomi 12 Lite

Ada beberapa poin keunggulan yang bisa ditemukan pada Xiaomi Mi 12 Lite. Beberapa poin yang akan dijelaskan di bawah ini, adalah kekuatan utama mengapa ponsel ini layak untuk dibeli dan digunakan untuk saat ini.

1. Desain modern yang tipis dan ringan

Xiaomi Mi 12 Lite hadir dengan membawa sejumlah pengembangan dari segi desain. Versi lite dari ponsel flagship Xiaomi ini memiliki tampilan yang terkesan kotak dengan modul kamera berbentuk oval. Bodi bagian belakangan juga dilapisi dengan lapisan kaca khusus, sehingga anti jamur dan juga bekas sidik jari.

Modul kamera yang digunakan ini memang terlihat sedikit menonjol, dan berisikan tiga buah lensa kamera. Setiap lensa tersebut diberi ring metal di bagian sisi luarnya. Ya, bisa dibilang modul ini sangat mirip dengan seri Xiaomi 12.

Kemudian untuk tampilan bagian depannya, sepertinya tidak jauh berbeda dengan kebanyakan ponsel yang rilis di tahun yang sama, yakni kamera depan bermode punch hole.

2. Layar AMOLED

Sebagai ponsel yang ditargetkan untuk melakukan aktivitas gaming dan multitasking dengan lancar, Xiaomi tentu saja turut menghadirkan sektor layar yang mumpuni. Bukan hanya ukurannya yang besar, layar dari HP ini telah dibekali teknologi yang mampu menunjang pengalaman menonton video dan bermain game.

Layar dari ponsel ini memiliki ukuran seluar 6.55 inci, layar yang terbilang besar dan juga akan terasa sangan nyaman digunakan untuk bermain game, menonton video, dan bermain media sosial. Selain itu, layar tersebut menggunakan panel AMOLED dengan resolusi FHD+.

Layar tersebut juga mempunyai sudut penglihatan yang sangat baik dengan tingkat kecerahan yang cukup ideal. Bahkan tingkat kecerahan bisa diatur hingga 2 nits, lho.

3. Pemindai sidik jari di layar

Lalu untuk sistem keamanan, Xiaomi membekali seri Mi 12 Lite ini dengan pemindai sidik jari yang ditanamkan di dalam layar. Penempatan fitur sidik jari ini, tentu saja akan memudahkan para pengguna ketika ingin membuka layar HP secara lebih cepat.

4. Dapur pacu terbaik di kelasnya

Sebagai smartphone mid-range, Xiaomi Mi 12 Lite ini mempunyai keunggulan di sektor dapur pacu. Hal ini karena HP tersebut ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 778G. Chip mobile 5G ini, dibuat dengan konfigurasi octa-core dan proses fabrikasi 6 nm.

Selain itu, penggunaan core berbasis Cortex A78 membuat chipset tersebut terasa jauh lebih menarik. Bagi yang belum tahu, Cortex A78 sendiri merupakan mikro-arsitektur yang juga digunakan oleh chipset flagship Snapdragon 888.

Jadi tidak heran jika performa chipset Snapdragon 778G yang dimiliki oleh seri Mi 12 Lite cukup tinggi, bahkan terbaik di kelasnya.

5. Speaker stereo yang jernih

Untuk membuat para pengguna di kelas smartphone mid-range semakin puas, Xiaomi tidak lupa menghadirkan teknologi stereo speaker pada ponsel ini. Bahkan speaker stereo ini juga telah disokong oleh teknologi dari Harman Kardon untuk membuat kualitas suaranya semakin maksimal.

Nah, jadi speaker utama dari ponsel ini terletak di bagian bawah, sementara speaker sekunder berada di bagian atas menyatu dengan komponen earpiece. Untuk HP di kelas menengah, rasanya suara yang dihasilkan sudah cukup bersih, jernih, dan berkualitas.

6. Kamera dengan resolusi tinggi

Xiaomi tetap berusaha untuk menghadirkan kamera yang berkualitas pada Xiaomi Mi 12 Lite ini agar para pengguna bisa mengambil foto dan video dengan nyaman. Hal ini dilakukan dengan melakukan upgrade secara signifikan pada spesifikasi kamera.

Pada bagian kamera utama, Xiaomi menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM2 dengan resolusi 108 MP. Kinerja dari kamera tersebut juga didukung dengan beberapa fitur seperti panorama, portrait, pro mode, sticker, time lapse, dan juga short video.

Kemudian untuk urusan perekaman video, para pengguna bisa menghasilkan video dengan kualitas 4K 30 fps. Resolusi ini bisa dicapai berkat dukungan teknologi gyro-EIS.

Kekurangan Spesifikasi Xiaomi 12 Lite

Kekurangan Xiaomi 12 Lite

Ketika ingin membeli sebuah produk, mengetahui kekurangan dari produk tersebut menjadi hal yang wajib. Nah, bagi yang tertarik untuk menggunakan Xiaomi Mi 12 Lite, ketahui dulu beberapa kekurangan yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Desain tanpa adanya perlindungan

Sebagai ponsel di kelas mid-range keluaran terbaru, tentu saja para pengguna mengharapkan jika ponsel yang satu ini memiliki desain yang lebih baik dari para pendahulunya. Ya, memang tampilan bodi belakanga  serta modul kamera yang dimiliki oleh Xiaomi Mi 12 Lite ini terkesan mewah dan fresh.

Akan tetapi, kemewahan tersebut tidak didukung dengan fitur perlindungan sertifikasi IP yang biasanya digunakan oleh perangkat ponsel di kelas mid-range ke atas. Sertifikasi IP sendiri diberikan pada ponsel yang tahan debu dan air.

Tentu saja hal ini terasa sangat disayangkan, mengingat ada banyak ponsel pesaing yang sudah mengantongi sertifikasi tersebut.

2. Kapasitas baterai kecil

Untuk saat ini, daya tahan baterai dari sebuah ponsel sering menjadi nilai tersendiri. Ponsel dengan daya baterai yang mampu bertahan lama, tentu saja akan memudahkan para penggunanya terutama yang sering melakukan kegiatan di luar rumah.

Akan tetapi, rasanya hal itu tidak selaras dengan Xiaomi Mi 12 Lite, dimana ponsel yang satu ini hanya memiliki daya baterai sebesar 4300 mAh saja. Padahal, saat ini ponsel-ponsel keluaran terbaru sudah banyak yang menggunakan baterai 500 mAh hingga 6000 mAh.

Namun yang sedikit membuat para pengguna merasa lega, yakni penggunaan teknologi pengisian daya cepat sebesar 67 W.

3. Para pesaing yang lebih handal

Dapat dikatakan spesifikasi dari Xiaomi Mi 12 Lite ini memang sudah cukup baik di kelas ponsel menengah. Akan tetapi, ternyata masih ada beberapa pesaing di kelas yang sama, yang menyediakan fitur dan teknologi lebih maju.

Xiaomi sendiri memang terkenal sebagai pabrikan yang merilis produk berkualitas dengan harga murah. Namun untuk ponsel ini, rasanya Xiaomi mematok harga yang terlalu mahal. Jika tetap berada di harga yang sama, sepertinya harus ada peningkatan lagi di sektor yang lainnya.

Memilih satu smartphone yang akan digunakan untuk menemani kegiatan sehari-hari itu memang tidak mudah. Oleh karena itu, pastikan kelebihan dan juga kekurangan dari Xiaomi Mi 12 Lite di atas benar-benar dipahami agar bisa mengambil keputusan yang paling tepat.

Baca Juga:

Artikel Terkait