Home » Terbaru » Agama » Keutamaan Membaca Surah Al Fath di Awal Puasa Ramadhan

Keutamaan Membaca Surah Al Fath di Awal Puasa Ramadhan

dewi_putri February 23, 2024

Diskop.id – Ada amalan di awal puasa Ramadhan yang tak boleh terlewatkan oleh umat muslim. Membaca surah Al Fath di awal Ramadhan sangat dianjurkan. Apa keutamaan membaca surah Al Fathdi awal Ramadhan?

Simak keutamaan membaca surah Al Fath dan cara mengamalkannya di artikel ini. Di bulan Ramadhan ini, Allah SWT melipatgandakan semua amal ibadah yang dilakukan oleh hamba-Nya. Dan di bulan ini, pintu-pintu neraka pun ditutup.

Terdapat malam yang mulia yakni malam lailatul qadr yang lebih baik dari seribu bulan. Dan semua amalan yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang berlipatganda dari Allah SWT. Oleh karena itu, jangan menyia-nyiakan atau melewatkan kesempatan emas ini, untuk terus beribadah kepada Allah SWT.

Di awal Ramadhan terdapat amalan malam pertama Ramadhan yang sangat dianjurkan. Membaca surah Al Fath di awal Ramadhan memiliki manfaat dan keutamaan tersendiri. Surah Al Fath adalah surah yang kerap dibaca dan sangat dicintai oleh Rasulullah SAW daripada seisi dunia sesuai dengan sabda-Nya.

“Telah turun padaku malam ini sebuah surat; surat tersebut lebih aku cintai daripada terbitnya matahari” (HR. At-Tirmidzi, Shahih Al-Jami’ No. 5121)

Salah satu surah dalam Al-Qur’an ini dinamakan Al Fath lantaran Allah menyebutkan banyaknya penaklukan dan karunia yang agung untuk Rasulullah dan para sahabatnya di dalam surah ini. Surah Al Fath ini terdiri dari 29 ayat yang terdapat di dalam juz 26.

Surah Al Fath tergolong surah Madaniyah (surah yang diturunkan di kota Madinah). Terdapat keutamaan dalam membaca surah Al Fath di awal puasa Ramadhan. Barang siapa yang membaca surah Al Fath, maka istri, harta, dan apapun yang dimilikinya akan terjaga dari kerusakan.

Selain itu, di dalam surah Al Fath juga terdapat arti dan amalan yang baik jika dibaca dan diamalkan pada bulan Ramadhan. Diskop.id akan memaparkan terkait keutaman membaca surah Al Fath di awal puasa lainnya di bawah ini.

Keutamaan Membaca Surah Al Fath di Awal Puasa Ramadhan

ilustrasi mengaji

Dilansir dari buku karya Ustadz Rusdianto, Terjemah dan Fadhilah Majmu’ Syarif, ada beberapa keutamaan yang bisa didapatkan ketika membaca surah Al Fath di awal Ramadhan. Berikut penjelasannya:

1. Sebagian orang makrifat menyebutkan, barang siapa yang membaca surah Al Fath di permulaan malam bulan Ramadhan, maka orang tersebut akan terjaga dari berbagai macam penyakit selama satu tahun kemudian.

2. Jika surah Al Fath dibaca di tiga malam di awal bulan Ramadhan, maka orang yang membacanya akan diberi kelapangan rezeki selama setahun kemudian.

3. Bila membaca surah Al Fath terus-menerus setiap harinya, maka orang tersebut akan ditemui oleh Rasulullah di dalam mimpi.

4. Barang siapa yang membaca surah Al Fath dengan istiqomah hingga akhir hayatnya, maka orang tersebut kelak akan berkumpul bersama orang yang mati syahid.

5. Nabi Muhammad SAW bersabda: ‘Membaca surah Al Fath sama dengan pahalanya berperang syahid bersama Rasulullah semasa Fathu Makkah.’ Sabda ini terdapat dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Sa’labi.

6. Barang siapa yang membacanya sekali setiap shalat fardhu, maka Allah SWT akan memberikan kemenangan untuknya dalam melawan hawa nafsu dan setan.

Cara Mengamalkan Surah Al Fath di Awal Puasa Ramadhan

Setelah mengetahui keutamaan dari surah Al Fath, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengamalkan surah Al Fath. Bagaimana cara mengamalkan surah Al Fath di awal puasa? Simak ulasannya di bawah ini.

Dilansir dari buku karya Haidar Ahmad yang berjudul Mukjizat Surah-surah Al-Quran (2005), umat muslim disunnahkan untuk membaca ayat ke-29 pada surah ini, bersama dengan surah Al Fatihah dan ayat ke-154 Surah Ali Imran selama sepuluh hari. Dan membaca surah tersebut sebanyak 11 kali setiap hari.

Hal tersebut dilakukan agar segala permintaan dan hajat, sebagian atau keseluruhan bisa terkabul atas kehendak Allah SWT.

Cara lainnya menurut para ulama adalah membaca surat Al Fath dalam shalat sunnah. Dalam Tadzkirun Nas Al-Habib Ahmad bin Hasan Alatas berkata:

“Di awal Ramadhan, hendaknya ia melakukan Shalat Sunah dua atau empat rakaat, dan membaca surat Al-Fath dalam shalatnya itu. Jika dilakukan, maka ia akan menjalani tahun itu dalam kemakmuran, dan penjagaan, insya Allah.”

Hal yang sama juga disampaikan oleh Syekh Abdul Qadir Al-Jailani di dalam kitab Al-Ghunyah. Berikut adalah tata cara mengamalkan surah Al Fath dalam shalat sunnah:

Shalat sunnah empat rakaat:

  • Membaca surah Al Fath ayat 1-10 di rakaat pertama usai Al Fatihah.
  • Membaca surah Al Fath ayat 11-16 di rakaat kedua usai Al Fatihah.
  • Membaca surah Al Fath ayat 17-25 di rakaat ketiga usai Al Fatihah.
  • Membaca surah Al Fath ayat 26-29 di rakaat keempat usai Al Fatihah.

Shalat sunnah dua rakaat:

  • Membaca surah Al Fath ayat 1-16 di rakaat pertama usai Al Fatihah.
  • Membaca surah Al Fath ayat 17-29 di rakaat kedua usai Al Fatihah.

Bagi yang tak hafal surah Al Fath dapat membacanya dengan melihat mushaf. Namun, jika membaca dengan melihat msuhaf, maka tidak boleh melakukan tiga gerakan secara beruntun ketika membuka dan menutup Al Quran. Sebab, hal tersebut bisa membatalkan shalat.

Ketika sujud dan rukuk, letakkan mushaf pada sakut atau di tempat terhormat. Ingat, jangan meletakkan mushaf di lantai atau tempat yang tak terhormat.

Baca Juga:

Artikel Terkait