Home » Terbaru » Agama » Wirid Doa Setelah Sholat Witir Arab, Latin Berikut Artinya

Wirid Doa Setelah Sholat Witir Arab, Latin Berikut Artinya

arsyad February 27, 2024

Doa Setelah Sholat Witir – Sholat witir merupakan salah satu sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah sholat isya atau setelah sholat tarawih pada bulan Ramadan. Sebagai penutup sholat sunnah dimala hari, adapun rokaat yang dikerjakan adalah ganjil yakni boleh 3, 5 atau 7 rokaat.

Dengan cara pengerjaannya yakni 2 rokaat salam dan dilanjtkan denghan satu rokaat salam, namun ada juga yang berpendapat sholat witir 3 rokaat satu salah. Hal ini jangan diperdebatkan karena semuanya memiliki dasar atau pendapat masing-masing agar tidak memperkeruh sucinya bulan Ramadhan..

Sholat witir memiliki keutamaan yang sangat besar dalam Islam. Rasulullah SAW selalu melaksanakan sholat witir dan memerintahkan umatnya untuk melakukannya juga. Sholat witir dapat menjadi penyempurna dari sholat malam seperti sholat tahajjud dan lainnya.

Setelah menyelesaikan sholat witir ummat islam dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT sebagai ungkapan rasa syukur dan juga permohonan ampun atas dosa yang telah diperbuat. Simak penjelasan berikutnya terkait doa setelah sholat witir arab, latin dan artinya hanya di diskop.id.

Beragam Bacaan Doa Setelah Sholat Witir Sesuai Sunnah

Beragam Bacaan Doa Setelah Sholat Witir Sesuai Sunnah

Dalam pelaksanaan sholat witir umumnya ummat muslim memiliki doa yang dibaca setelah selesai sholat witir bahkan terkadang doa tersebut tergantung dari daerah masing-masing.

Namun hal ini sampai saat ini Alhamdulillah tidak menjadi perdebatan karena sudah memiliki dalil masing-masing dalam melantunkan doa setelah witir. Maka jangan heran ketika melaksanakan sholat witir diwilayah yang berbeda maka doa witirnya tidak sama dengan dareha yang ia tempati.

Maka dari itu dalam artikel ini penulis akan merangkum beragam bacaan doa setelah sholat witir ramadhan agar mudah memilihnya sesuai dengan yang diinginkan.

Doa Setelah Sholat Witir Arab

Lumrahnya ummat muslim ketika membaca doa yakni berbahasa arab, paham atau tidak maknanya yang penting bahasa arab. Meskipun pada dasarnya ketika berdoa dengan bahasa sendiri diperbolehkan namun sedikit terasa asing didengarnya.

Adapun bacaan doa stelah sholat witir arab adalah seperti dibawah ini :

أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْاَلُكَ إِيْمَانًا دَاِئمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا
وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا
وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا
وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ
وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ
أَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا
وَتَخَشُعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا
يَا أَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ
سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ
وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Doa Setelah Sholat Witir Latin Dan Artinya

Doa Setelah Sholat Witir Latin Dan Artinya

Tidak semua ummat muslim diberikan Allah SWT kemudahan dalam membaca tulisan arab, agar bacaan do’a setelah sholat witir sesuai sunnah dapat dibaca dengan jelas dan tidak terbata-bata maka bisa dilihat dalam artikel diskop.id.

Adapun bacaan do’a setelah sholat witir latin adalah berikut dibawah ini :

Allahumma Inna Nasaluka Iimaanan Daa’ima,
Wanas Aluka Qolban KhooSyi ‘aa, Wanas Aluka Yaqinan Shodiqoo
Wanas Aluka ‘Amalan Sholihaa, Wanas Aluka Diinang Qoyyimaa
Wanas Aluka Khoiron Katsiiroo, Wanas Alukal ‘Afwa Wal ‘Aafiyah
Wanas Aluka Tamaamal ‘Aafiyah, Wanas Aluka Syukron
‘Alal ‘Aafiyah, Wanas Alukal Ghinaa ‘Anin Nas.
Allahumma Taqobbal Minna Sholatana, Washiyaamana,
Waqiyaamana, Wazakaatana, Wata ‘Abbudana,
Watammim Taqsirona Ya Allah Ya Arhamar Rohimiin.
Walhamdulillahi Robbil ‘Aalamiin.

Artinya :

“Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyu, ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar,amal yang saleh, agama yang lurus, kebaikan yang banyak. Kami mohon kepada-Mu ampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: shalat, puasa, ibadah, kekhusyu’an, rendah diri dan ibadah kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semestra alam.”

Doa Setelah Sholat Witir Nu

Doa Setelah Sholat Witir Nu

Untuk Nu sendiri bacaan doa setelah sholat witir ramadhan dibarengi dengan wirid yang dibaca sebelum doa witir. Yakni dengan membaca puji-pujian kepada Allah SWT dengan kalimat .

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسِ

Subhanal Malikil Quddus

Artinya :

Mahasuci Tuhan Raja yang Maha Suci.

Dzikir tersebut termasuk umum dan sering didengar oleh ummat muslim pada saat setelah melaksanakan ibadah sholat tarawih. Namun bisa juga ditambah dengan bacaan-bacaan doa lainnya.

Adapun secara lengkap doa setelah sholat witir Nu adalah seperti dibawah ini :

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوْحِ اللَّهُمَّ إنَّك عَفْوٌ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي يَا كَرِيْمُ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِرِضَاك مِنْ سَخَطِك وَبِمُعَافَاتِك مِنْ عُقُوبَتِك وَأَعُوذُ بِك مِنْك لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْك أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْت عَلَى نَفْسِك

Subhanal malikil qudduus, Subbuuhun, qudduusun, rabbunaa wa rabbul malaa’ikati war ruuh Allaahumma innaka ‘afuwwun kariimun tuhibbul ‘afwa, fa‘fu ‘anna Yaa kariimu, bi rahmatika yaa arhamar raahimiina Allaahumma inii a‘uudzu bi ridhaaka min sakhathika, wa bi mu‘aafaatika min ‘uquubatika. Wa a‘uudzu bika minka, laa uhshii tsanaa’an alayka anta kamaa atsnayta ‘alaa nafsika.

Doa Setelah Sholat Witir 3 Rakaat

Pelaksanaan sholat witir ada yang 3 rokaat, ada yang 5 rokaat dan 7 rokaat, semuanya sudah ada dalilnya masing-masing. Namun pada umumnya setelah sholat tarawih ummat muslim mengerjakan witirnya 3 rokaat.

Adapun bacaan doa setelah sholat witir 3 rokaat adalah sebagai berikut dibawah ini :

Subhanal Malikil Quddus, Subhaanal Malikil Ma’buud,
Subhaanal Malikil Maujuud, Subhanal Malikil
Hayyil Lazii Laa Yanaamu Walaa Yamuutu
Walaa YaFuutu Abadaa

Subbuhun Quddusun Robbuna Warobbul Malaikati Warruh
Subhanallahi Wal Hamdulillahi Walaa Ilaha Illallahu Wallahu Akbar
Wala Haula Wala Quwwata Illabillahil ‘Aliyyil ‘Adziim

A’udzubillahi Minasyaithonir Rojiim, Bismillahir Rohmaanir Rohiim
Allahumma Inna Nas Aluka Ridhooka Wal Jannah, Wana ‘Udzubika
Mingsa Khootika Wannaar.
Allahumma Innaka ‘Affuwwun Kariim Tuhibbul ‘Afwa Fa’fuanna
Ya kariim.

Setelah bacaan wirid dan doa tersebut diatas selesai kemudian dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat witir Adi Hidayat Nu pada umumnya.

Penutup

Demikianlah ringkasan terkait bacaan doa setelah sholat witir yang dapat penulis sampaikan dalam sebuah artikel diskop.id.

Besar harapan penulis artikel yang dibuat ini dapat bermanfaat untuk seluruh ummat muslim yang sedang membutuhkannya.

Sekian dan demikian Wallahu A’lam….

Baca Juga :

Artikel Terkait