Home » Terbaru » Gadget » Review Samsung Galaxy M14 5G: Spesifikasi, Kelebihan & Harga

Review Samsung Galaxy M14 5G: Spesifikasi, Kelebihan & Harga

izan_alhasani April 18, 2024

Setelah Series M13 baru dirilis 2022 lalu, Samsung kembali merilis produk terbarunya yaitu Samsung Galaxy M14. Ditilik dari spesifikasi serta harga yang disuguhkan, ponsel ini sepertinya memang ditujukan untuk meramaikan pasar ponsel di Indonesia.

Berbagai kelebihan tentu juga disematkan di dalamnya sebagai bentuk penyempurnaan dari seri sebelumnya. Ini meliputi kapasitas baterai yang besar hingga layar yang lebih lebar. Dengan kelebihan tersebut, ponsel ini akan cocok digunakan para anak muda yang memang ditargetkan sebagai pengguna.

Lantas, apa spesifikasi, kelebihan fitur, serta harga yang disuguhkan oleh Samsung Galaxy series ini? Perhatikan selengkapnya pada penjelasan berikut!

Review Spesifikasi Samsung Galaxy M14

Review Spesifikasi Samsung Galaxy M14

Kehadiran produk terbaru dari perusahaan asal Korea Selatan ini begitu menarik perhatian banyak pengguna. Setelah dirilisnya Series M13 tahun lalu, banyak yang mencari HP Samsung Galaxy Series M terbarunya lagi.

Ini karena pasti di seri terbaru akan terdapat beberapa upgrade performa serta fitur-fitur di dalamnya. Dan benar saja, inilah beberapa spesifikasi yang dihadirkan dalam Samsung Galaxy M14!

1. Baterai Berkapasitas 6.000mAH

Salah satu fitur paling menonjol dari Samsung series ini terletak pada spesifikasi kapasitas baterainya. Ponsel satu ini dilengkapi dengan baterai hingga 6.000mAH. Dengan kapasitas sebesar itu pihak Samsung mengklaim bahwa produknya akan tahan digunakan hingga lebih dari sehari.

Selain itu, pada seri ini juga telah dibekali dengan pengisian daya 25W meski ponsel masih tergolong entry level.

2. RAM Memori 4GB dan 6GB

Selanjutnya, Samsung Galaxy seri M14 juga dilengkapi dengan dua jenis RAM memori. Terdapat yang dilengkapi dengan RAM 4GB dan ada yang dilengkapi dengan RAM hingga 6GB. Tentu ini juga membawa perbedaan harga.

Pasalnya semakin besar spesifikasi RAM yang dimiliki, maka performa ponsel akan semakin maksimal.

3. Penyimpanan Internal 64GB dan 128GB

Selain dilengkapi dengan RAM memori yang cukup besar, penyimpanan internal yang disediakan ponsel ini juga tidak main-main. Sesuai dengan ponsel-ponsel pintar yang hadir masa kini, Samsung Galaxy M14 dilengkapi dengan storage 64GB dan 128GB.

Kedua pilihan penyimpanan internal tersebut juga akan disesuaikan dengan harga yang dibandrol. Sementara itu, ponsel masih bisa ditambah dengan penyimpanan eksternal seperti kartu memori hingga 1TB. Dengan kedua penyimpanan tersebut, maka HP sudah bisa digunakan untuk berbagai hal.

4. Kamera Belakang 50 MP, Macro 2 MP, dan Depth Sensor 2 MP

Karena ditargetkan untuk pengguna anak muda, tentu Samsung juga akan membekali ponsel dengan kamera yang memadai. Samsung Galaxy seri ini telah dilengkapi dengan trio kamera belakang dengan lensa utama hingga 50MP. Dua kamera lainnya dibekali dengan lensa makro 2MP dan lensa bokeh 2MP.

5. Kamera Depan 13 MP

Selain memiliki trio kamera belakang yang bagus, tentu ponsel ini juga dilengkapi kamera depan yang cukup bagus. Ponsel ini dilengkapi dengan kamera depan 13MP, yang mana 160 persen lebih jernih daripada series pendahulunya.

Ini bisa menjadi solusi bagi para pengguna yang gemar melakukan swafoto atau selfie. Pasalnya, hasil yang akan didapatkan pastilah tidak mengecewakan.

6. Chipset Exynos 1330

Seri Samsung Galaxy kali ini diotaki dengan chipset Exynos 1330 (5nm). Dengan memiliki ukuran semungil ini pada transistor, tentu efisiensi daya yang dihadirkan akan semakin tinggi. Walau ponsel dikatakan berada di kelas mid-range bisa dikatakan bahwa performnya akan cukup kencang.

Chipset ini juga menghadirkan delapan inti prosesor (octa-core) pada konfigurasi big.LITTLE dengan formasi 2+6.

7. Layar LCD 6,6 Inci dan Refresh Rate 90 Hz

Samsung Galaxy M14 memiliki tampilan yang lebar dengan layar LCD 6.6 inchi. Ini lebih luas dibandingkan series M13 yang dikeluarkan pada tahun sebelumnya, yaitu hanya 6,5 inchi saja. Resolusi layarnya pun sangat bersih dengan Full HD+ dengan aspek rasio 20:9.

Tingkat kerapatan piksel yang dimilikinya tergolong cukup tinggi, yaitu hingga 400ppi. Ini akan mengurangi sisi gambar yang terlihat kurang bagus atau pixelated. Pergeseran animasi yang ditampilkan juga lebih tinggi dengan refresh rate 90 Hz.

8. Sistem Operasi One UI Core 5.1

Ponsel ini akan dirilis dengan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka One UI Core 5.0. One UI sendiri adalah antarmuka yang digemari oleh banyak industri smartphone.

Pasalnya di dalamnya telah mendukung durasi update versi OS lebih panjang.Selain itu, tidak seperti antarmuka lainnya, One UI dikatakan jarang memiliki bug.

9. Konektivitas Unggul

Samsung Galaxy seri ini dilengkapi dengan berbagai fitur konektivitas unggul. Di antaranya seperti USB Type-C 2.0, Bluetooth 5.2 dengan coverage luas, hingga Wi-Fi 5.

Sesuai dengan namanya, Samsung Galaxy M14 5G juga dilengkapi dengan dual SIM 5G. Ini akan mendukung kecepatan internet yang lebih stabil serta cepat jika dibandingkan dengan LTE.

Kelebihan Samsung Galaxy M14

Kelebihan Samsung Galaxy M14

Dari berbagai penjabaran spesifikasi di atas telah digambarkan kelebihan yang dimiliki oleh seri Samsung ini. Untuk ukuran mid-range tentu spesifikasi di atas sudahlah lebih dari cukup dalam mendukung berbagai aktivitas yang sering dilakukan anak muda.

Sementara itu, inilah kelebihan lebih lengkap yang akan didapatkan dari menggunakan ponsel ini:

1. Pengisian Daya yang Cepat

Pada penjelasan spesifikasi daya baterai, dijelaskan bahwa ponsel ini dilengkapi dengan baterai 6000mAH. Namun tidak sampai itu saja, perangkat juga dibekali dengan pengisian daya sebesar 25W. Ini akan memungkinkan para pengguna mengisi daya dengan sangat cepat.

Dikatakan angka baterai rata-rata yang bisa dicapai selama 30 menit pengisian daya bisa mencapai 50%. Artinya baterai bisa penuh dengan pengisian daya selama satu jam saja. Selain itu dengan kapasitas besarnya, maka baterai akan tahan lebih lama.

2. Tidak Lemot

Adanya memori RAM yang cukup besar akan membuat performa ponsel sangat baik. Artinya, smartphone tidak akan gampang lemot walau digunakan untuk membuat beberapa aplikasi sekaligus. Semakin besar RAM yang disediakan, maka performa HP juga akan semakin efisien dan tidak lemot.

3. Tampilan Lancar dan Menyenangkan

Mengusung sistem antarmuka One UI 5, ponsel ini dilengkapi dengan berbagai tampilan yang menyenangkan. Kegiatan scrolling serta pergeseran animasi terasa lebih mulus dan sangat efisien. Semenara skema warna dari serta tampilan ikon aplikasi maupun notifikasi terlihat minimalis.

Dengan begitu, notifikasi dapat terbaca dengan jelas walau hanya terlihat sekilas. Warnanya yang terkesan soft juga akan memanjakan mata.

Kekurangan Samsung Galaxy M14

Dibalik berbagai kelebihan dari fitur serta spesifikasi di atas, tentu masih terdapat beberapa kekurangan di dalamnya. Adapun kekurangan yang dimiliki oleh ponsel ini terletak pada kondisi kameranya yang tidak dilengkapi dengan ultrawide.

Hal ini disayangkan oleh beberapa pengguna pasalnya beberapa ponsel kompetitor telah menyediakan fitur tersebut. Ultrawide sendiri digunakan untuk mengambil sudut keluasan foto lebih tinggi.

Sementara itu, kekurangan selanjutnya terdapat pada fitur rekam video yang terbilang minim. Pasalnya kamera tidak mendukung resolusi perekaman 4K. selain itu ponsel juga tidak bisa digunakan untuk merekam di frame rate 60 FPS.

Harga Pasaran Samsung Galaxy M14 5G Terbaru

Setelah mengetahui spesifikasi, kelebihan, hingga kekurangan, informasi terakhir yang perlu diketahui adalah rentang harga ponsel ini. Dengan begitu, apabila tertarik ingin membelinya maka harus menyiapkan dana sejumlah harga yang dibandrol.

Tipe Samsung Galaxy M14 5GHarga
Samsung Galaxy Seri M14 5G (4GB+64GB)Rp2.800.000
Samsung Galaxy Seri M14 5G (4GB+128GB)Rp2.999.000
Samsung Galaxy Seri M14 5G (6GB+128GB)Rp3.300.000

Dari ulasan di atas apakah sekarang sudah tertarik membeli Samsung Galaxy M14? Jangan lupa untuk memperhatikan detail spesifikasi agar sesuai dengan ekspektasi dalam penggunaannya nanti.

Baca Juga:

Artikel Terkait