Home » Terbaru » Aplikasi » Aplikasi Pohon Duit Apakah Penipuan? Cek Faktanya!

Aplikasi Pohon Duit Apakah Penipuan? Cek Faktanya!

atika_laura April 11, 2024

Sempat viral, aplikasi pohon duit apakah aman atau justru penipuan? Pertanyaan seperti itu memang wajar hadir pada setiap aplikasi pinjaman online. Apalagi bila aplikasi tersebut tidak memberikan syarat yang rumit bagi calon peminjam.

Saat ini berbagai aplikasi pinjaman online sudah banyak bermunculan. Sebenarnya hal tersebut menjadi kabar baik bagi kamu yang memang sedang membutuhkan dana untuk berbagai kebutuhan penting. Akan tetapi yang perlu diperhatikan lagi, kini sudah banyak pinjaman online ilegal.

Kehadiran pinjaman online ilegal ini pun tidak jarang menjadi incaran dari pemerintah. Sebab jika penggunanya tidak hati-hati, peminjam bukan mendapatkan untung tetapi justru bunting. Terlebih, pinjaman online memang bisa menjerumuskan orang ke hal yang kurang baik.

Satu di antara aplikasi pinjol adalah aplikasi pohon duit. Apk ini memungkinkan calon nasabahnya untuk melakukan peminjaman uang dengan syarat yang tidak menyulitkan. Hal itu pula yang menyebabkan aplikasi pinjol ini menjadi ramai diincar banyak orang.

Aplikasi Pohon Duit Adalah

aplikasi-pohon-duit-3
Ilustrasi pinjam uang (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Sebelum mengunduh dan memasang aplikasinya, kamu perlu tahu terlebih dahulu mengenai aplikasi pohon duit. Hal ini agar kamu tidak merasa tertipu. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, aplikasi pohon duit sejatinya merupakan sebuah aplikasi pinjaman online. Di sini, calon nasabah bisa meminjam uang mulai dari Rp200 ribu hingga Rp20 juta.

Sayangnya saat setuju meminjam melalui aplikasi ini, calon nasabah sudah harus siap dengan beban bunga rendah. Mereka juga wajib mengembalikannya dalam kurun waku paling lambat 120 hari atau sekitar empat bulan.

Persyaratan Peminjaman di Aplikasi Pohon Uang

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum meminjam uang di aplikasi pohon uang. Pastikan kamu sudah memenuhi ketentuan yang ada pada aplikasi tersebut supaya proses peminjaman lancar. Berikut ini syarat peminjamannya:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Minimal berusia 18 tahun dan memiliki KTP. Apabila belum memiliki KTP, maka bisa menggunakan tanda pengenal pengganti KTP.
  • Punya penghasilan untuk membayar cicilan
  • Punya rekening bank atas nama sendiri
  • Melengkapi dokumen tambahan yang diperlukan dalam proses peminjaman

Melihat persyaratan yang dari aplikasi pohon uang, sebenarnya kamu bisa mengajukan peminjaman tanpa menggunakan KTP. Akan tetapi, kamu memerlukan tanda pengenal resmi lainnya yang bisa menjamin kebenaran data pribadi.

Link Download Aplikasi Pohon Duit

Setelah mengetahui sekilas tentang aplikasi pohon duit, apakah kamu tetap tertarik untuk meminjam uang melalui aplikasi tersebut? Jika ya, kamu bisa mengunduh aplikasinya terlebih dahulu melalui tautan di aplikasi ini.

Ini karena aplikasi pohon uang cukup sulit ditemukan di toko resmi seperti Google Play Store atau App Store. Jadi kamu perlu mencari link downloadnya terlebih dahulu dan mulai mengunduh. Berikut ini tautan download aplikasi pohon duit.

NamaAplikasi Pohon Duit
Versi1.4.8
Ukuran97 MB
OSMulai dari Android 4.4
HargaGratis
Link DownloadKlik di sini

Adapun semua kerusakan pasca mengunduh aplikasi dari tautan di artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembaca. Kami tidak bertanggung jawab atas risiko apapun yang terjadi pada perangkat yang digunakan untuk mengunduh aplikasi tersebut termasuk soal pencurian data.

Panduan Pemasangan Pohon Duit Apk

Sesudah mengunduh/download aplikasi pohon duit lewat tautan di atas, kamu juga perlu mengetahui tutorial atau panduan pemasangannya. Sebab, aplikasi pohon uang memang bukanlah aplikasi resmi sehingga proses pemasangannya harus dilakukan sendiri secara manual.

Tetapi tidak usah khawatir, karena kami sudah merangkum panduan memasang aplikasi pohon uang agar bisa terpasang dengan benar dan tentunya bisa segera digunakan. Berikut panduan selengkapnya:

  • Buka menu Pengaturan lalu pilih menu Keamanan dan Privasi di smartphone
  • Beri izin pemasangan apk dari ‘Sumber Tak Dikenal’ dengan cara geser toggle sampai berubah warna
  • Buka menu File Manager
  • Cari file aplikasi pohon duit yang sudah diunduh
  • Klik file aplikasi kemudian pilih opsi Pasang/Instal
  • Tunggu hingga proses pemasangan selesai

Cara Dapat Uang di Aplikasi Pohon Duit

aplikasi-pohon-duit (2)
Ilustrasi pinjam online (Pexels.com/Monstera)

Setelah mengunduh dan memasangnya, kamu mungkin penasaran dengan cara mendapatkan uang di aplikasi pohon duit. Berikut kami bagikan cara mengumpulkan pundi-pundi uang dari aplikasi pinjol pohon duit.

Menanam Pohon Uang

Kamu bisa mendapatkan uang dari aplikasi pohon duit dengan menanam pohon. Setiap harinya, kamu harus merawat pohon tersebut agar bisa membuahkan hasil yang maksimal. Semakin besar ukuran pohon tersebut, maka daun uangnya pun juga akan semakin banyak.

Menyiram Pohon Menggunakan Awan

Dengan menyiram pohon pun kamu juga bisa mendapatkan pundi-pundi uang. Sebab, melakukan penyiraman pada pohon yang kamu tanam di dalam aplikasi pohon uang mampu menambahkan saldo akunmu. Sesudah kamu siram, pohon akan tumbuh lalu memberikan koin sebagai imbalan.

Memanfaatkan Burung

Di dalam aplikasi pohon uang, kamu akan menemukan burung yang bisa memberimu keuntungan. Apabila kamu berhasil membuat burung tersebut hinggap di pohon, maka akunmu akan mendapatkan tambahan saldo. Namun sebelumnya kamu diharuskan untuk menonton iklan terlebih dahulu hingga selesai dengan durasi yang beragam.

Ikut Undian Berhadiah

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan uang dengan mengikuti undian berhadiah di dalam aplikasi pohon uang tersebut. Namun undian ini tidak selalu ada. Jadi kamu harus bersabar dengan cara yang satu ini.

Cara Tarik Saldo di Pohon Uang Apk

Kamu sudah banyak mengumpulkan uang tetapi bingung cara tarik saldonya? Jangan khawatir! Sebab, kamu bisa mengikuti beberapa langkah yang ada di panduan berikut ini. Berikut tutorialnya:

  • Buka dan masuk ke aplikasi pohon uang
  • Buka menu Saldo di profil akun
  • Masukkan nomot ponsel di kolom yang tersedia
  • Klik tombol Tukarkan
  • Muncul notifikasi dan tunggu proses selesai

Sebagai catatan, proses pencarian saldo tersebut akan dikirimkan ke akun ShopeePay atau DANA. Jadi pastikan kamu sudah memiliki kedua akun tersebut agar bisa menukarkan pundi-pundi uang yang selama ini sudah dikumpulkan.

Apakah Aplikasi Pohon Duit Aman?

Masalah keamanan aplikasi pohon uang memang sering menjadi pertanyaan. Wajar saja, kini ada banyak kasus mengenai aplikasi pinjam online yang memberikan kerugian.

Nah dalam kasus aplikasi pohon duit, beberapa orang yang sudah pernah menggunakannya menyebut bahwa aplikasi ini merupakan penipuan. Sebab, aplikasi ini belum terbukti membayar meski pengguna sudah rutin menonton iklan sesuai dengan aturan permainannya.

Selain itu, proses pencariannya pun tergolong sulit. Saat ditelisik lebih lanjut, aplikasi pohon duit termasuk ke daftar pinjol ilegal, hasil temuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Agustus 2022 lalu. Oleh karena itu, hindari penggunaan serta peminjaman uang di aplikasi pinjam online ilegal karena bisa menimbulkan berbagai risiko pada penggunanya.

Namun jika kamu hanya ingin bermain game menanam pohon tanpa mengharapkan imbalan, kamu bisa menggunakan aplikasi ini. Apalagi kamu juga tidak perlu melakukan deposit uang untuk sekadar memainkannya.

Baca Juga:

Artikel Terkait