Home » Terbaru » Wisata » 7 Tempat Wisata di Purwokerto Viral & lagi Hits, Cocok untuk Anak!

7 Tempat Wisata di Purwokerto Viral & lagi Hits, Cocok untuk Anak!

izan_alhasani May 26, 2024

Diskop.id – Membahas tempat wisata di Purwokerto pasti akan langsung tertuju pada wisata alam Baturaden yang sudah sangat populer. Namun tahukah Anda bahwa selain Baturaden ada banyak tempat wisata lainnya yang tidak kalah hits dan menarik untuk dikunjungi saat liburan tiba.

Purwokerto sendiri dikenal dengan julukan Kota Wisata karena menyediakan beragam potensi wisata di dalamnya. Baik berupa wisata alam yang keindahannya memanjakan mata, wana wisata, wisata edukasi, hingga wisata hiburan. Jadi penasaran kan, ada tempat wisata apa saja di Purwokerto?

Rekomendasi Tempat Wisata di Purwokerto Paling Populer 2023

Rekomendasi Tempat Wisata di Purwokerto Paling Populer 2023

Banyaknya objek wisata menarik di Purwokerto tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi wisatawan yang datang, karena pilihannya cukup beragam. Untuk tahu lebih jauh tentang daftar objek wisata di daerah Purwokerto yang paling populer, silakan simak informasi terbaru berikut ini.

1. Hutan Pinus Limpakuwus

Hutan pinus dengan pemandangan yang masih sangat alami ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan karena keindahannya yang memanjakan mata. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Slamet mampu memberikan kesejukan tersendiri yang membuat pikiran fresh.

Tempat wisata hutan pinus Purwokerto ini bukan hanya menyajikan keindahan alam saja, karena ada banyak wahana permainan yang bisa dicoba. Salah satunya adalah trampoline yang memungkinkan pengunjung untuk melompat hingga ketinggian 8 meter.

Selain menikmati suasana hutan pinus yang asri, pengunjung bisa menjelajahi setiap sudut yang ada untuk berburu spot foto yang paling keren. Seperti di jembatan kayu yang aesthetic, gubuk kayu hingga anjungan. Kalau mau tiduran tinggal naik saja ke hammock yang tersedia.

LokasiJalan Raya Baturaden Timur, Kabupaten Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah
HTMRp15.000 – Rp20.000
Jam Buka08.00 WIB – 16.00 WIB

2. Telaga Kumpe

Daftar tempat wisata di Purwokerto yang lagi hits selanjutnya adalah Telaga Kumpe. Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam serta berbagai macam aktivitas seru di dalamnya.

Tempat wisata alam di Purwokerto ini menyajikan panorama telaga yang masih alami dan eksotis dengan pepohonan di sekitarnya yang asri dan menyejukkan mata. Tentunya tempat ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran dan mengembalikan mood yang mulai turun.

Selain berkeliling danau dengan sampan dan menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga bisa berkemah di sekitar telaga. Memanfaatkan waktu liburan di Telaga Kumpe dengan berburu spot foto juga tidak boleh dilewatkan untuk mengabadikan momen seru di tempat ini.

LokasiDusun III, Gunung Lurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah
HTMRp5.000
Jam Buka24 jam

 

3. Pagubugan Melung

Bagaimana rasanya berenang di tengah areal persawahan? Pasti sensasinya sangat seru dan unik. Anda bisa merasakan pengalaman tersebut dengan mengunjungi Pagubugan Melung. Tempat wisata di Purwokerto yang instagramable ini sangat cocok untuk liburan keluarga.

Pemandian alami ini terasa menyegarkan karena berasal dari sumber mata air yang berada di tengah persawahan. Konsep menanam padi bertingkat atau terasering di tempat ini juga terlihat sangat indah dan menyejukkan pandangan dengan warna hijau tanaman padi yang segar.

Di tempat ini wisatawan bisa melihat secara langsung kehidupan masyarakat di pedesaan yang damai. Sementara untuk menambah keseruan, pengelola sudah menyediakan fasilitas berupa camping ground, spot selfie, warung makan, mushola, gazebo, dan area outbond.

LokasiDusun I, Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah
HTMRp10.000 – Rp15.000
Jam Buka07.30 WIB – 16.00 WIB

4. Curug Bayan

Tempat wisata di Purwokerto ini lokasinya masih di kawasan Baturraden. Air terjun dengan ketinggian sekitar 7 meter ini memiliki kolam di bagian bawah dengan luas hingga 300 m2. Aliran air yang tidak terlalu deras membuat suasana alami di tempat ini benar-benar terasa.

Dengan kedalaman kolam sekitar 2-3 meter, airnya terlihat sangat jernih sehingga bebatuan yang ada di dalamnya pun bisa terlihat dengan jelas. Meskipun tempat wisata alam Purwokerto ini hanya buka sampai jam 16.00 WIB, namun tersedia villa bagi pengunjung untuk menginap.

Villa untuk menginap terbuat dari material kayu dan dibangun tidak jauh dari lokasi curug. Sehingga pengunjung bisa menikmati suasana malam di curug dengan gemericik airnya yang menenangkan. Untuk tarif menginapnya sendiri cukup bervariasi tergantung ukuran villa.

LokasiDusun II Ketenger, Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah
HTMRp10.000
Jam Buka08.00 WIB – 16.00 WIB

5. Menggala Ranch

Tempat wisata di Purwokerto, Jawa Tengah ini menawarkan sensasi liburan yang unik dan seru. Karena mengajak pengunjung untuk merasakan kehidupan penggembala di peternakan. Suasana di tempat ini sangat sejuk dan bahkan disebut-sebut mirip suasana di Selandia Baru.

Tempat wisata ramah anak di Purwokerto ini merupakan eduwisata dengan pemandangan alam yang indah di sekelilingnya. Lokasinya yang berada di ketinggian 700 mdpl membuat suhu udara di Menggala Ranch terasa sejuk.

Lokasinya yang diapit dengan perbukitan juga menyajikan keindahan tersendiri layaknya suasana peternakan di New Zealand. Selain menikmati pemandangan dan kesejukannya, pengunjung bisa memberi makan hewan ternak, memerah susu sapi dan menggembala.

LokasiHutan, Tumiyang, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah
HTMRp10.000
Jam Buka07.00 WIB – 16.00 WIB

6. The Village Purwokerto

Tempat wisata di Purwokerto selain Baturaden yang tidak kalah menarik untuk tujuan liburan adalah The Village Purwokerto. Wisata kota dengan luas sekitar 2,5 hektar ini menyajikan taman publik yang berada di pusat Karesidenan Banyumas.

Tentunya tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat liburan di Purwokerto. Dengan mengusung konsep bangunan ala Eropa, tempat ini menghadirkan daya tarik tersendiri yang sangat unik. Karena memadukan nuansa nusantara, alam, kota dan Eropa.

Dengan perpaduan yang unik dan pemandangan asri, banyak pengunjung yang memanfaatkan tempat ini untuk berfoto dan mengabadikan momen liburan masing-masing.

LokasiJalan Raya Baturaden Km 7, Dusun I, Rempoah, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah
HTMRp10.000 – Rp25.000
Jam BukaIB – 17.00 WIB

7. Curug Jenggala

Tempat wisata daerah Purwokerto berikutnya yang cukup populer dan banyak dikunjungi wisatawan adalah Curug Jenggala. Wisata air terjun yang lokasinya di Kecamatan Baturraden ini menyajikan keindahan alam yang luar biasa dengan lingkungan asri di sekitarnya.

Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 2 km. Tentunya perjalanan tersebut akan menjadi pengalaman yang berkesan. Karena setibanya di lokasi air terjun akan langsung disuguhi dengan keindahan alamnya yang mempesona.

LokasiDusun III, Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah
HTMRp10.000
Jam Buka07.00 WIB – 17.00 WIB
Hutan Pinus Limpakuwus

Tempat wisata di Purwokerto menawarkan pengalaman liburan yang asik dan pastinya tak terlupakan. Karena ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan berbagai daya tarik yang diunggulkan. Jadi bagi yang sedang merencanakan liburan ke Purwokerto, ingat 7 rekomendasi di atas ya!

Baca Juga:

Artikel Terkait