Home » Terbaru » Wisata » Desa Wisata Kampung Jamur di Kediri: HTM dan Daya Tarik

Desa Wisata Kampung Jamur di Kediri: HTM dan Daya Tarik

izan_alhasani May 19, 2024

Diskop.id – Budidaya jamur yang dilakukan di beberapa daerah, ternyata bisa menjadi potensi wisata yang menarik. Seperti desa wisata Kampung Jamur di Kediri yang akan kita bahas pada kesempatan ini. Sebagai informasi, tempat wisata ini terkenal dengan nama Istana Jamur.

Ada apa saja di Istana Jamur dan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di tempat wisata tersebut? Untuk tahu selengkapnya, Anda bisa langsung menyimak informasi dan ulasannya di bawah ini. Tentunya ada banyak keseruan dan pengalaman menarik yang bisa didapatkan.

Daya Tarik Desa Wisata Kampung Jamur Kediri

Daya Tarik Desa Wisata Kampung Jamur Kediri

Berada di di kaki Gunung Kelud, desa wisata yang membudidayakan jamur tiram ini menyajikan pemandangan alam yang indah dengan udara sejuk yang bikin adem. Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan, Istana Jamur Kediri memiliki beberapa daya tarik wisata seperti berikut ini:

1. Lokasi Budidaya Jamur Tiram

Tempat ini merupakan lokasi budidaya jamur tiram sehingga wisatawan yang datang bisa menyaksikan secara langsung bagaimana proses budidaya jamur tersebut. Mulai dari menyiapkan media tanam, perawatan hingga pada tahap panen jamur tiram.

Di kawasan wisata ini pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang asri dan pepohonan rindang di sekitarnya. Lokasinya sendiri cukup luas dengan penataan yang menarik sehingga pengunjung bisa semakin nyaman.

Lokasi yang digunakan untuk budidaya jamur di tempat ini berupa sebuah rumah dengan bentuk menyerupai jamur. Jadi, bagi pengunjung yang ingin melihat cara budidaya jamur bisa langsung masuk ke rumah jamur ini.

2. Banyak Spot Foto Keren

Daya tarik lain dari Desa Wisata Kampung Jamur adalah banyaknya spot foto keren yang tersedia dan bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan momen seru di Istana Jamur. Beberapa diantaranya adalah dekorasi dan ornamen berbentuk jamur yang unik.

Ada pula bangunan rumah dengan ukuran kecil seperti rumah kurcaci dalam dongeng dan cerita anak. Selain itu ada menara jamur yang unik hingga taman bunga. Spot lainnya berupa dekorasi berbentuk patung dua angsa yang sangat cantik dengan warna cukup mencolok.

Spot foto berikutnya berbentuk bangunan menyerupai kastil yang bisa dimanfaatkan sebagai latar untuk berfoto ala princess. Untuk keperluan tersebut, pengunjung bisa menyewa kostum princess agar hasilnya semakin menarik.

Jika masih belum puas dengan spot foto tersebut, jangan lewatkan untuk mengeksplor jembatan kayu yang letaknya agak tinggi. Selain bisa digunakan untuk berfoto, pengunjung juga bisa menikmati suasana alam di sekeliling tempat wisata dari atas jembatan.

3. Fasilitas yang Lengkap

Di lokasi wisata ini terdapat berbagai macam fasilitas lengkap yang akan membuat pengunjung semakin nyaman menikmati liburan keluarga. Fasilitas tersebut antara lain adalah food court, area outbond, toilet, penyewaan gaun, mushola, area parkir, toko oleh-oleh jamur dan lain-lain.

Dengan beragam fasilitas yang tersedia, tidak salah jika Desa Wisata Kampung Jamur di Kediri ini banyak dipilih untuk tujuan wisata bersama keluarga. Karena selain menarik untuk refreshing tempat ini juga mengedukasi dengan budidaya jamurnya yang bermanfaat.

4. Murah Meriah

Bagi Anda yang ingin mengajak liburan keluarga dengan bujet terbatas, maka Istana Jamur di Kediri ini bisa menjadi pilihan terbaik. Pasalnya tempat ini menawarkan harga tiket masuk yang cukup murah, hanya Rp10.000 saja per orang.

Dengan tiket masuk yang cukup murah Anda tidak perlu khawatir karena bisa tetap liburan di akhir bulan. Jadi tidak ada alasan tanggal tua tidak bisa liburan, karena hal itu bisa dilakukan di Istana Jamur.

5. Cocok untuk Segala Usia

Daya tarik lain yang membuat tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan adalah karena konsep wisata edukasinya yang bermanfaat dan cocok untuk segala umur. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa bisa liburan ke tempat yang menyenangkan ini.

Apalagi di tempat ini pengunjung bisa belajar langsung dari petani jamur tiram mengenai budidaya jamur tiram. Sehingga liburan di tempat ini bisa sekaligus bermanfaat untuk menimba ilmu. Siapa tahu sepulang dari liburan ingin menekuni budidaya jamur tiram?

Aktivitas Seru di Istana Jamur Kediri

Aktivitas Seru di Istana Jamur Kediri

Sebagai salah satu tempat wisata yang difavoritkan, Desa Wisata Kampung Jamur di Kediri ini bukan hanya menyajikan pemandangan dan suasana yang sejuk saja. Tetapi juga memungkinkan pengunjung untuk melakukan berbagai macam aktivitas seru selama liburan di tempat ini, yaitu:

Belajar Budidaya Jamur Tiram

Salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan di Istana Jamur Kediri adalah belajar tentang budidaya jamur tiram secara langsung dari para petani jamur. Tentunya kegiatan tersebut akan memberikan banyak manfaat karena nantinya bisa diterapkan di rumah.

Mengeksplor Spot Foto

Aktivitas lainnya adalah mengeksplor berbagai macam spot foto yang tersedia di tempat ini. Karena hampir di setiap sudut lokasi wisata terdapat spot foto yang unik sehingga bisa langsung dimanfaatkan untuk berfoto bersama keluarga.

Berenang

Di tempat wisata ini juga tersedia kolam renang yang bisa dimanfaatkan anak-anak untuk berenang sehingga momen liburan akan semakin seru dan menyenangkan. Jadi setelah berkeliling dan belajar budidaya jamur, pengunjung bisa berenang dan bermain air.

Kulineran

Selain belajar budidaya jamur tiram, pengunjung bisa menikmati aneka menu di beberapa food court yang tersedia. Dengan sajian yang menggugah selera, jangan lewatkan untuk mencicipi menu khas yang tersedia.

Sementara bagi wisatawan yang ingin membawa pulang jamur tiram untuk dimasak di rumah atau sebagai buah tangan, ada toko oleh-oleh yang menjual jarmur tiram segar dan olahannya.

Rute dan Lokasi Kampung Jamur Istana Jamur Kediri

Sebagai informasi, lokasi Desa Wisata Kampung Jamur terletak di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Lokasi tempat wisata ini cukup strategis sehingga sangat mudah untuk diakses. Karena tempatnya tidak jauh dari Kantor Balai Desa Sugihwaras.

Untuk mencapai lokasi wisata ini cukup mudah, Anda bisa langsung menuju ke arah tempat wisata Gunung Kelud. Namun sebelum tiba di gerbang atau pintu masuk wisata Gunung Kelud, tepatnya di Kantor Balai Desa Ngancar silakan belok ke kiri dan lurus ikuti jalan sampai ke ujung.

Nantinya akan terlihat pintu masuk Istana Jamur dengan warna-warni yang cerah dan tanaman bunga di sekitarnya. Langsung saja menuju ke lokasi wisata untuk keperluan membayar tiket masuk.

HTM dan Jam Buka Istana Jamur

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tempat wisata ini menawarkan liburan yang murah meriah dengan HTM sebesar Rp10.000 per orang. Sementara untuk penyewaan kostum, pengunjung bisa membayar sebesar Rp25.000 per kostum.

Terkait dengan jam buka, Desa Wisata Kampung Jamur yang bernama Istana Jamur ini buka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Jadi bagi Anda yang ingin lebih lama menikmati liburan di tempat wisata ini bisa datang di pagi hari.

Pada ulasan kali ini dapat diketahui bahwa  Desa Wisata Kampung Jamur terletak di Kediri. Meski begitu, ternyata ada banyak desa wisata lainnya yang juga mengusung konsep budidaya jamur sebagai potensi wisata. Kira-kira ada di mana saja ya desa wisata jamur tersebut?

Baca Juga:

Artikel Terkait