Home » Terbaru » Wisata » 8 Curug di Tasikmalaya, Hidden Gem di Cisayong Indah Banget!

8 Curug di Tasikmalaya, Hidden Gem di Cisayong Indah Banget!

izan_alhasani May 19, 2024

Diskop.id – Tidak hanya terkenal sebagai kota santri, ternyata Kota Tasikmalaya juga memiliki berbagai destinasi wisata alam yang sangat memukau. Beberapa destinasi wisata alam yang bisa kamu nikmati berupa air terjun (curug) dengan pemandangan indah. Sudah tahu belum beragam Curug di Tasikmalaya?

Beberapa curug terkenal yang berlokasi di Tasikmalaya meliputi Curug Ciparay, Curug Cimedang, Curug Agung Galunggung, Curug Putih, dan masih banyak lagi. Ingin tahu informasi lebih lengkap mengenai curug Tasikmalaya? Simak langsung penjelasan lengkapnya pada pembahasan kali ini.

8 Curug di Tasikmalaya Paling Populer dengan Pemandangan Indah

8 Curug di Tasikmalaya Paling Populer dengan Pemandangan Indah

Pasalnya curug merupakan destinasi wisata Tasikmalaya yang jarang diketahui oleh wisatawan karena akses jalannya yang sulit dan berada di daerah terpencil. Namun meskipun begitu, panorama alam yang mengagumkan akan membuatmu tidak menyesal susah-susah menuju lokasi curug tersebut.

1. Destinasi Wisata Curug Ciparay

Curug Ciparay merupakan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di kaki Gunung Karacak dan juga Gunung Dinding Ari. Curug Ciparay banyak dijuluki sebagai “Curug Kembar” oleh warga sekitar karena kedua air terjun memiliki 2 bentuk serupa dengan ketinggian 80 meter.

Namun kamu harus berhati-hati saat ingin memutuskan mandi di tempat ini, karena debit airnya sangat deras sampai terdengar gemuruh air dari arah kejauhan. Jika ingin sambil duduk-duduk di atas bebatuan menikmati pemandangan alamnya yang indah, tentu tidak masalah untuk dilakukan.

Saat berada di area Curug Ciparay, kamu akan merasakan suasana sejuk khas hawa pegunungan ditambah lagi ditemukan ragam pepohonan hijau alami. Bagi kamu yang ingin berwisata disini, lokasinya ada di Jalan Cidegaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

2. Curug Cimedang

Curug yang ada di Tasikmalaya ini memiliki ukuran yang sangat mungil dibandingkan air terjun lainnya. Air terjun memiliki ketinggian hanya 5 meter, oleh sebab itu banyak warga daerah dan wisatawan malah lebih menyukai datang ke tempat ini untuk mandi dan bersantai.

Air curug sangat jernih ditambah lagi terdapat kolam yang bisa kamu gunakan untuk berenang ria bersama dengan teman-teman. Bagi siapapun yang ingin mengunjunginya, Curug Cimedang ada di daerah Kampung Malaganti dan cukup membayar tiket Rp 2 ribu rupiah saja untuk masuk.

Lokasi curug sangat bersih dan terawat, bahkan kamu tidak akan menemukan tumpukan sampah saat berada di Curug Cimedang. Hal ini wajar terjadi karena sampai saat ini Curug Cimedang termasuk wisata yang dilindungi dan ikut dikelola oleh Dinas Perhutani daerah Tasikmalaya.

3. Curug Agung Galunggung

Curug Agung Galunggung berlokasi di Jalan Linggarjati, Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya. Untuk bisa berwisata ke tempat ini, kamu perlu mengeluarkan biaya tiket sebesar Rp20 ribu rupiah. Meski mahal bagi sebagian pengunjung, namun tidak akan menyesal saat tahu panorama didalamnya.

Curug di Tasikmalaya ini memiliki ciri khas terbentuk dari aliran pembuangan kawah Galunggung. Aliran tersebut konon melewati terowongan yang terbuat saat zaman Jepang dan memiliki tinggi sampai 80 meter, sehingga cukup berbahaya saat pengunjung melompat dari atas aliran.

Mau tahu keunikan Curug Agung Galunggung? Curug ini akan mengalami perubahan warna saat memasuki malam hari mirip seperti pelangi. Namun sayangnya para pengunjung hanya bisa lihat keindahan curug dari jauh karena aksesnya dibatasi untuk mecegah hal-hal tidak diinginkan.

4. Curug Patih

Pernah berkunjung ke kawasan destinasi wisata Curug Putih? Lokasinya tepat berada di Jalan Sukamukti, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat ini, maka perlu mengeluarkan banyak waktu dan tenaga untuk sampai.

Bayangkan saja, pengunjung harus menuruni sebuah bukit dengan kemiringan sekitar 50 derajat, sehingga medannya cukup curam. Curug Putih memiliki ukuran cukup tinggi, dikelilingi oleh tebing kokoh, dan menawarkan debit air cenderung deras sehingga para pengunjung perlu berhati-hati.

Saat sudah sampai di lokasi Curug Tasikmalaya, maka kamu bisa menikmati waktu untuk renang di air jernih, dingin, dan menyegarkan. Udaranya disana sangat segar, sehingga cocok sebagai tempat healing dengan keluarga sambil menyantap makanan bersama-sama.

5. Curug Batu Mahpar

Berlokasi di Jalan Sukamulih, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Bagi pengunjung yang akan berwisata ke Curug Batu Mahpar perlu membayar tiket sebesar Rp20 ribu per orang, namun bisa mengalami perubahan saat weekend atau padat pengunjung.

Saat berada di Desa Sukamulih, kamu akan menemukan sebuah tempat bernama “Kampung Benjan”. Di kampung itulah, pengunjung bisa menemukan sebuah curug berundah, pemandangan pepohonan hijau rimbun, tebing abu kehitaman, dan volume air terjun yang sedang.

Kini pemandangan curug kian menawan karena adanya hamparan batu yang terbentuk dari bekas lava mengeras. Ukuran curug yang lumayan kecil pastinya membuatmu merasa nyaman untuk mandi, berfoto-foto, bersantai, dan menikmati makanan bekal dari rumah.

6. Curug Cimanintin

Diantara Curug di Tasikmalaya yang lain, Curug Cimanintin memiliki lokasi paling tersembunyi. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan belum tahu banyak mengenai Curug Cimanintin. Akan tetapi, kamu tidak akan menyesal saat mengunjungi wisata terpencil yang ada di Tasikmalaya ini.

Ketika sudah menginjakkan kaki di Curug Ciminintin, maka kamu akan menyaksikan wisata alam yang bersih dan alami. Suasananya menyejukkan, udaranya segar, dan pastinya menawarkan kenyamanan bagi pengunjung saat akan menghilangkan penat jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Sekeliling Curug Cimanintin banyak ditemukan batuan cadas berwarna kecokelatan, tebingnya memiliki bentuk unik, dan gemericik airnya tenang. Saat memutuskan untuk mengunjungi tempat ini, hindari mendaki saat musim hujan karena jalannya licin dan sangat berbahaya.

7. Curug Sawer

Jika dilihat dari namanya “Sawer”, curug yang berlokasi di daerah Tasikmalaya ternyata memang menawarkan keistimewaan. Perlu kamu ketahui, Curug Sawer memiliki air yang debitnya bisa berubah-ubah mengikuti perkembangan musim yang terjadi di lingkungan sekitar.

Misalnya daerah mengalami musim hujan terus menerus, maka volume air terjun Curug Sawer akan semakin besar. Saat memasuki klimaks musim kemarau, maka debit air pada Curug Sawer akan ikut mengering total, bahkan tidak akan ada air yang menetes sama sekali. Unik bukan?

Walaupun curug di Tasikmalaya satu ini memiliki sifat semi permanen, namun banyak orang yang penasaran dan mengunjungi tempat ini. Namun umumnya para pengunjung menyesuaikan dengan waktu musim hujan, agar bisa berenang menikmati air segar Curug Sawer tersebut.

8. Curug Batu Bilek

Tidak kalah dengan destinasi wisata curug lainnya, Curug Batu Bilek memiliki keindahan alam luar biasa. Pemandangan menarik sudah terlihat dari air terjunnya yang letaknya bersebelahan, debit airnya tidak terlalu tinggi, dan memiliki air jernih. Tertarik untuk berwisata ke Curug Batu Bilek?

Akses jalannya tidak terlalu sulit, sehingga seringkali dijadikan sebagai destinasi wisata bersama keluarga. Selain bisa menikmati pemandangan indah di sekeliling curug, kamu juga bisa berenang di kolam alami yang sudah terbentuk di kawasan wisata alam tersebut.

Curug Batu Bilek

Tentunya masih banyak curug di Tasikmalaya yang menawarkan keindahan dan panorama air terjun menakjubkan. Kamu bisa pilih kunjungi lokasi wisata curug untuk healing sekaligus menghilangkan penat pikiran, namun tetap perhatikan kondisi kesehatan agar bisa benar-benar menikmati perjalanan.

Baca Juga:

Artikel Terkait