Home » Terbaru » Agama » Doa Puasa Hari ke 13 Ramadhan: Arab Latin & Artinya

Doa Puasa Hari ke 13 Ramadhan: Arab Latin & Artinya

dewi_putri June 13, 2024

Diskop.id – Memasuki hari ke 13 puasa Ramadhan, terdapat amalan doa yang dianjurkan untuk dibaca. Simak arab latin dan arti doa puasa hari ke 13 Ramadhan yang memiliki keutamaan yang mulia.

Salah satu amalan ibadah yang selalu dilakukan oleh umat muslim adalah berdoa. Berdoa bisa dilakukan dalam kondisi apa pun dan di mana pun. Di bulan Ramadhan ini, berdoa menjadi salah satu amalan yang istimewa.

Mengapa? Sebab, di bulan suci Ramadhan ini Allah SWT menjamin bahwa tak akan tertolak doa-doa hamba-Nya yang meminta ampunan dan memohonkan hajat kepada-Nya. Maka dari itu, umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak berdoa di bulan Ramadhan ini.

Selain berdoa, banyak amalan ibadah lainnya yang bisa dikerjakan oleh umat muslim untuk mendapatkan pahala berlipat-lipat ganda dari Allah SWT. Umat muslim bisa berdzikir, beristigfar, bershalawat, bersedekah, membaca Al-Quran, dan lainnya.

Jangan lupa pula untuk membaca doa hari puasa ke 13 Ramadhan, yang memiliki keutamaan mulia bagi muslim yang mengamalkannya.

Berikut adalah arab latin dan arti bacaan doa puasa hari ke 13

Bacaan Doa Puasa Hari ke 13: Arab Latin dan Artinya

Doa puasa hari ke 13

Arab latin:

Allâhumma thahhirnî fîhi minaddanasi wal aqdzâr wa sabbirnî fîhi ‘ala kâinâtil aqdâri wawaffiqnî fîhi littuqâ wa suhbatil abrâr bi’aunika yâ qurrata ‘ainil masâkîn

Artinya: 

Ya Allah! Mohon sucikanlah diri kami di bulan ini dari segala nista dan perbuatan keji. Berilah aku kesabaran atas apa yang telah Engkau tetapkan. Anugerahkan kepada kami ketakwaan dan persahabatan dengan orang-orang yang baik dengan pertolongan-MU, Wahai cahaya hati orang-orang yang miskin

Doa puasa hari ke 12

Arab latin:

Allâhumma zayyinî fîhi bissitri wal ‘afâf wasturnî fîhi bilibâsil qunû’i wal kafâf wahmilnî fîhi ‘alal ‘adli wal inshâf wa Wa âminnî fîhi min kulli mâ akhâfu bi’ismatika ya ‘ismatal khâifîn

Artinya: 

Ya Allah, mohon hiasilah aku di bulan ini dengan penutup aib dan kesucian. Tutupilah diriku dengan pakaian kecukupan dan kerelaan diri. Tuntunlah aku untuk senantiasa bersikap adil dan taat. Selamatkanlah aku dari segala sesuatu yang aku takuti. Dengan Perlindungan-MU, Wahai tempat bernaung bagi mereka yang ketakutan.

Doa puasa hari ke 11

Arab latin:

Allâhumma habbib ilayya fîhil ihsan wa karrih fîhil fusûq wal ‘isyân wa harrim ‘alayya fîhis sakhatha wannîrân bi’aunika yâ ghiyâtsal mustaghîtsîn

Artinya: 

Ya Allah! Mohon tanamkanlah ke dalam diriku kecintaan kepada perbuatan baik, dan tanamkanlah ke dalam diriku kebencian terhadap kemaksiatan dan kefasikan. Mohon jauhkanlah dariku kemurkaan-MU dan api neraka dengan pertolongan-MU, Wahai Penolong orang-orang yang meminta pertolongan

Apa keutamaan doa puasa hari ke 13?

Doa-Selamat

Pada hari ke 13 puasa Ramadhan, Allah SWT akan mencatat bagi kalian pahal seperti pahala ibadah penduduk di Mekkah dan Madinah. Allah memberikan syafaat sejumlah bongkahan tanah liat dan bebatuan yang ada di Mekkah dan Madinah.

Dalam hadist yang diriwayatkan Ahmah menuturkan:

“Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.”

Dari keterangan hadist tersebut diketahui bahwa satu malam di bulan Ramadhan mempunyai nilai yang melebih dari seribu bulan. Yang artinya adalah Ramadhan adalah peluang untuk setiap muslim untuk memperbanyak melakukan amalan ibadah.

Selain berpuasa, amalan ibadah lain yang bisa dilakukan umat muslim adalah berdoa. Di bulan Ramadhan ini pula, Al-Quran pertama kali diturunkan. Allah SWT berfirman dalam surah Al-Qadr ayat 1 sampai 5, yang berbunyi:

“Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar”.

Demikian, bacaan doa puasa hari ke 13 Ramadhan arab latin dan artinya. Jangan lupa untuk diamalkan doanya, ya! Selamat menjalankan ibadah puasa semua.

Baca Juga:

Artikel Terkait