Home » Terbaru » Pendidikan » 3 Contoh Surat Wasiat Tanah, Rumah dan Harta Keluarga

3 Contoh Surat Wasiat Tanah, Rumah dan Harta Keluarga

izan_alhasani April 13, 2024

Harta warisan termasuk salah satu sumber permasalahan dalam keluarga. Permasalahan ini bisa mengakibatkan pertengkaran dan perpecahan dalam rumah tangga. Pelajari contoh surat wasiat untuk mencegah terjadinya pertengkaran serta perpecahan antar ahli waris.

Surat wasiat perlu dibuat oleh seseorang yang hendak mewariskan harta kepada keturunan atau ahli warisnya. Dengan adanya surat wasiat yang jelas, ahli waris tidak perlu saling berebutan karena permintaan dan keinginan orangtua sudah sangat jelas.

Pengertian Surat Wasiat

Pengertian Surat Wasiat

Surat wasiat juga dikenal dengan istilah testamen yang merupakan suatu akta dengan isi berupa pernyataan dari seseorang mengenai apa yang diinginkan atau dikehendaki ketika orang tersebut meninggal. Surat ini bisa direvisi atau dicabut sebelum orang yang membuatnya meninggal.

Bagi ahli warisnya, surat wasiat ini bersifat sah dan harus dilakukan oleh seluruh ahli waris. Pasal 874 KUHPerdata menyatakan bahwa harta peninggalan orang yang telah meninggal dunia menjadi milik ahli waris berdasarkan undang-undang.

Tapi apabila orang yang meninggal membuat surat wasiat yang isinya bertentangan dengan undang-undang, maka kehendak pewaris lah yang akan didahulukan, dan bukan undang-undang yang berlaku. Surat wasiat sebaiknya dibuat ketika pewaris masih dalam kondisi sehat jasmani serta rohani.

Kumpulan Contoh Surat Wasiat Berdasarkan Warisannya

Berbagai Contoh Surat Wasiat

Surat wasiat ada banyak sekali jenisnya. Salah satunya adalah surat wasiat umum atau testamen yang dibuat secara langsung di depan notaris. Artinya, pewaris akan membuat surat wasiat di kantor notaris serta menjelaskan keinginan yang akan dicantumkan di dalam surat wasiat tersebut.

Isinya bisa bervariasi, tergantung kekayaan atau harta yang akan diwariskan. Di bawah ini beberapa contoh surat wasiat berdasarkan jenis harta yang akan diwariskan.

1. Contoh surat wasiat tanah

Saya, pewaris sah yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Amelia Prasasti

Nomor KTP (NIK) : 3456654334560006

Tempat, Tanggal Lahir : Sleman, 6 Juni 1976

Alamat : Jl. Mergangsan Utara 4 No. 89, Sleman Tengah

Dengan surat ini menyatakan bahwa saya merupakan pemilik sah terhadap harta kekayaan yang berupa sebidang tanah serta bangunan dengan luas 100 meter persegi.yang berlokasi di Jl. Mergangsan Utara 4 No. 89, Sleman Tengah.

Harta kekayaan saya tersebut pada saat ini tidak sedang menjadi jaminan untuk jenis pinjaman atau hutang apapun, tidak terlibat dalam sengketa hukum apapun, serta tidak sedang berada dalam penyitaan instansi atau bank apapun.

Saya bermaksud untuk mewariskan harta kekayaan saya ini kepada keponakan saya yang namanya tercantum di bawah ini.

Nama : Anastasia Milla

Nomor KTP (NIK) : 3789378937890009

Tempat, Tanggal Lahir : Sleman, 12 Desember 1992

Alamat : Jl. Mergangsan Timur 8 No. 1, Sleman Tengah

Demi terlaksananya wasiat say aini, saya mengangkat keponakan saya sebagai satu-satunya pelaksana surat wasiat ini. Kepadanya saya serahkan seluruh kekuasaan dan hak yang menurut undang-undang diserahkan kepada pelaksana wasiat, khususnya hak untuk mengurus dan menguasai harta peninggalan saya.

Surat wasiat ini saya buat dalam kondisi sepenuhnya sadar serta tidak adanya paksaan yang diterima dari pihak manapun.

Yang Berwasiat,

Amelia Prasasti

Saksi-Saksi:

Abdullah Abidin[tanda tangan tanpa materai]
Arifin Hikayat[tanda tangan tanpa materai]

2. Contoh surat wasiat rumah

Pada hari ini, Senin 27 Maret 2023 berlokasi di Sleman, DIY, saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Roeswanto Drajat Maroe

Tempat, Tgl Lahir : Labuan Bajo, 23 Maret 1973

Alamat : Jl. Muja Muju Utama no. 18, Sleman Utara

Nomor KTP : 3753375337530003

Bersama dengan surat ini menerangkan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Bahwa saya merupakan pemilik sah atau harta kekayaan berupa:

Sebuah rumah hak milik dengan SHM (Sertifikat Hak Milik) nomor 6543/432 atas nama Ruby Maroe yang berlokasi di Jl. Muja Muju Utama no. 18, Sleman Utara.

Sebuah ruko hak milik dengan SHM (Sertifikat Hak Milik nomor 8876/678 atas nama Ruby Maroe yang berlokasi di Jl. Muja Muju Utara no. 21, Sleman Utara

  • Bahwa harta kekayaan saya sebagaimana yang tertulis dalam poin 1 di atas, pada saat ini tidak menjadi jaminan pinjaman atau hutang apapun, tidak dalam sengketa hukum apapun, serta tidak sedang disita oleh instansi atau bank manapun.
  • Bahwa saya ingin menghibah wasiatkan harta kekayaan saya berupa rumah kepada putri kandung saya Ruby Maroe dan harta kekayaan saya berupa ruko kepada putra kandung saya Rudy Maroe.

Berdasarkan surat wasiat ini, saya mengangkat Ruby Maroe dan Rudy Maroe, yaitu anak-anak saya sebagai pelaksana surat wasiat ini. Kepadanya saya berikan seluruh kekuasaan dan hak yang menurut undang-undang diberikan kepada pelaksana wasiat.

Segala hak sesuai yang disebutkan undang-undang, yaitu untuk memegang, mengurus, dan menguasai kedua harta yang saya tinggalkan, saya serahkan kepada kedua anak saya sampai diberikannya pengesahan serta pembebasan kepadanya.

Demi melaksanakan surat ini, saya titipkan surat wasiat ini kepada notaris Rahman Suswanto, S.H., notaris di Sleman yang saya kenal. Dan kepadanya saya sudah meminta untuk dibuatkan akta penitipan atas surat wasiat ini.

Surat wasiat ini saya buat dengan disaksikan oleh para saksi yang saya percayai, yaitu:

Ruli Simatupang (Kepala Desa) [tanda tangan tanpa materai]
Rafflesia Utari S.H. (pegawai notaria) [tanda tangan tanpa materai]
Yang berwasiatNotaris
Roeswanto Drajat MaroeRahman Suswanto, S.H.

3. Contoh surat wasiat harta

Surat wasiat ini saya buat dan tandatangani pada hari Senin, tanggal 27 Maret 2023, di Kantor Notaris Sugeng Salehudin S.H., yang berlokasi di Jl. Raden Saleh, Sleman. Saya, pewaris sah tanda tangannya terbubuh di bawah ini,

Nama : Dedi Hamengku Buwono

Tempat, Tanggal Lahir : Sleman, 14 Februari 1974

No. KTP : 3213321332130001

Alamat : Jl. Raden Ajeng 2 no. 22, Sleman Selatan

Bersama dengan ini, saya menerangkan bahwa:

  1. Saya merupakan pemilik sah harta kekayaan sebagai berikut:
    • Sebuah kendaraan roda empat dengan merek Jeep Wrangler Rubicon 2023 dengan nomor BPKB 43211234 dan nomor STNK 5367953267.
    • Sebuah kendaraan roda dua dengan merek Harley Davidson Ultra Limited 2023 dengan nomor BPKB 98766789 dan nomor STNK 7823754678.
  2. Harta kekayaan yang saya miliki dan tercatat pada poin 1 di atas sedang tidak menjadi jaminan untuk keperluan utang piutang apapun serta tidak dalam kasus sengketa hukum apapun maupun penyitaan dari pihak manapun.
  3. Saya bermaksud untuk menghibah wasiatkan kendaraan roda empat kepada putri saya Deby Hanania Buwono dan kendaraan roda dua kepada putra saya Dery Hanung Buwono.

Untuk melaksanakan surat wasiat ini, saya titipkan surat wasiat ini kepada notaris Sugeng Salehudin S.H, selaku notaris di Sleman yang saya kenal. Surat wasiat ini saya buat dalam keadaan sepenuhnya sadar dan tidak dengan paksaan dari pihak manapun.

Sleman, 27 Maret 2023

NotarisPewaris
Sugeng Salehudin, S.H.Dedi Hamengku Buwono
Saksi ISaksi II
Fara Dilla Putri UtamiSaid Dika Putra Utama

Setelah mempelajari beberapa contoh surat wasiat, usahakan untuk segera membuat surat wasiat saat Anda masih dalam keadaan sehat, baik secara jasmani, rohani, maupun emosi.

Baca Juga:

Artikel Terkait