Home » Terbaru » Pendidikan » Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa, Sekolah, Pribadi

Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa, Sekolah, Pribadi

izan_alhasani April 20, 2024

Diskop.id – Surat keterangan menyediakan keterangan yang diperlukan oleh pihak tertentu. Biasanya, surat tersebut ditulis oleh seseorang yang ingin menjelaskan sesuatu hal dengan tujuan tertentu. Contoh surat keterangan tidak mampu termasuk salah satu contoh surat keterangan.

Surat keterangan tidak mampu atau SKTM biasanya dibuat oleh seseorang yang membutuhkan bantuan tertentu. Seperti apa SKTM itu dan bagaimana cara membuatnya? Agar bisa membuat SKTM sendiri, coba pelajari beberapa contohnya dan gunakan sebagai acuan.

Pengertian Surat Keterangan Tidak Mampu

Pengertian Surat Keterangan Tidak Mampu

Tapi sebelum melihat dan mempelajari beberapa contoh surat keterangan tidak mampu, pahami dulu pengertiannya. SKTM merupakan surat yang biasanya menjadi persyaratan bagi para siswa yang akan melakukan pendaftaran KIP atau Kartu Indonesia Pintar.

Surat Keterangan Tidak Mampu dibuat dengan tujuan menerangkan atau menyatakan bahwa penulisnya kurang memiliki kelebihan atau kemampuan, khususnya dalam aspek materiil. Sehingga memerlukan dukungan dari pihak lain untuk melakukan sesuatu.

Biasanya, yang membuat surat keterangan ini adalah mahasiswa atau siswa yang memerlukan bantuan berupa dana pendidikan dari pihak pemerintah. SKTM juga bisa menjadi syarat tambahan yang wajib disertakan oleh pelajar saat ingin mengajukan beasiswa pada instansi pendidikan.

Kumpulan Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu

Berbagai Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu

Setelah memahami pentingnya pembuatan SKTM, sudah saatnya untuk mempelajari beberapa contohnya. Gunakan contoh-contoh SKTM ini agar bisa memahami seperti apa kira-kira proses pembuatan surat keterangan tidak mampu.

1. Contoh surat keterangan tidak mampu dari desa

Biasanya, pihak desa akan membantu proses pembuatan SKTM bagi warga yang memang benar kurang mampu dibandingkan dengan warga lainnya. Surat keterangan tidak mampu yang berasal dari kepala desa biasanya seperti contoh di bawah ini.

SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU

Nomor: 22/LBN/XXIII/2023

Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Desa Bunga Indah menerangkan dengan sejujurnya dan sebenarnya bahwa:

Nama : Kurnia Malik Ahmad

Tempat / Tanggal Lahir : Sleman, 4 Agustus 2007

Jenis Kelamin : Perempuan

Siswa Sekolah : SMK Negeri 98 Sleman

Alamat : Desa Bunga Indah RT 11 RW 22, Bunga Mekar, Sleman

Adalah benar putri dari orangtua:

Nama Bapak : Ahmad

Umur : 40 Tahun

Pekerjaan : Petani

Alamat : Desa Bunga Indah RT 11 RW 22, Bunga Mekar, Sleman

Nama Ibu : Malika

Umur : 38 Tahun

Pekerjaan : Ibu rumah tangga

Alamat : Desa Bunga Indah RT 11 RW 22, Bunga Mekar, Sleman

Sesuai pengamatan kami, keluarga tersebut tidak mampu menanggulangi biaya kehidupan sehari-hari karena kondisi ekonomi lemah.

Berdasarkan hal tersebut, kami menilai bahwa keluarga Kurnia Malik Ahmad tidak mampu membayar seluruh biaya pendidikan yang ditetapkan oleh sekolah. Oleh karena itu yang bersangkutan berhak mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa bidik misi sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat keterangan ini dibuat serta diberikan kepada pihak yang bersangkutan agar bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Sleman, 27 Maret 2023

Mengetahui,

Kepala Desa Bunga IndahCamat Bunga Indah
[Tanda Tangan][Tanda Tangan]
Tri AnggoroDwi Hapsoro

2. Contoh surat keterangan tidak mampu dari sekolah

Selain dari pihak desa, pihak sekolah juga bisa membantu proses pembuatan SKTM atau surat keterangan tidak mampu bagi para siswanya. Tujuannya adalah siswa tersebut bisa mendapatkan bantuan dari sekolah lain yang jenjangnya lebih tinggi. Contoh pembuatannya adalah:

SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (SKTM)

Nomor: 12/SKH/XXIII/2023

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Sekolah Khusus Kuncup Bunga, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, menerangkan bahwa:

Nama : Melati Sekar Kenanga

Jenis Hambatan : Tunarungu

Status Siswa : Siswa Baru

Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 7 Juli 2007

Nama Orangtua : Bambang Udin

Alamat : Jl. Mawar Lor No.14

Siswa tersebut merupakan siswa luar biasa di Sekolah Khusus Kuncup Bunga, Sleman, dan benar merupakan seorang anak yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Surat keterangan ini dibuat dengan sejujurnya dan sebenar-benarnya sehingga bisa digunakan untuk keperluan pengajuan bantuan dari pemerintah.

Sleman, 27 Maret 2023

Kepala Sekolah

Trisno Suloyo

3. Contoh surat keterangan tidak mampu pribadi

Meskipun biasanya yang membuat surat keterangan tidak mampu adalah pihak desa atau sekolah, biasanya calon penerima bantuan harus membuat pernyataan tidak mampu secara pribadi. Contohnya adalah SKTM untuk pengajuan jaminan persalinan yang bisa Anda lihat dan pelajari di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN TIDAK MAMPU

PELAYANAN JAMPERSAL (JAMINAN PERSALINAN)

KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2023

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Lestari Alamiah

Umur : 29 Tahun

No. KTP/NIK/Surat Domisili : 3939393939390009

Agama : Islam

Pekerjaan : Karyawan Swasta

Alamat : Jl. Alam Semesta 5 No.10, Sleman

Nama Ibu Kandung : Suci Sumringah

Menyatakan dengan sebenar-benarnya, bahwa saya merupakan warga tidak mampu dari keluarga miskin dan tidak sanggup untuk membiayai Biaya Persalinan / Biaya Perawatan Ibu / Bayi.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sejujurnya dan sebenar-benarnya, sebagai salah satu kelengkapan persyaratan peserta Jaminan Persalinan, serta sebagai surat pengantar untuk membuat SKTM di Kepala Desa atau Lurah.

Apabila informasi yang saya cantumkan dalam surat ini didapati tidak benar, saya siap untuk bertanggung jawab sesuai dengan hukum yang berlaku.

Pembuat Pernyataan Tidak Mampu

Lestari Alamiah

4. Contoh surat keterangan tidak mampu untuk BPJS

Pengguna layanan BPJS biasanya wajib membayar setiap bulan. Bagi warga yang tidak mampu membayar setiap bulan, biasanya pihak kepala desa akan membantu dengan membuatkan SKTM untuk digunakan sebagai permohonan agar warga tidak mampu tidak perlu membayar BPJS.

SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU

Nomor: 411/312/652.56.21.33/2023

Yang bertanda tangan dibawah ini,

Nama : Nur Kumalasiwi

Jabatan : Kepala Desa Bunga Mekar, Kecamatan Bunga Sakura, Kabupaten Sleman

Alamat : Desa Bunga Mekar RT 6 RW 18

Menerangkan dengan sejujurnya dan sebenarnya bahwa

Nama : Mawar Rosa Sulistya

Tempat, Tanggal Lahir : Sleman, 20 Januari 2000

Jenis Kelamin : Perempuan

Agama : Islam

NIK : 3883388338830008

Alamat : Desa Bunga Mekar RT 6 RW 18, Bunga Sakura, Sleman

Benar-benar warga Desa Bunga Mekar, Kecamatan Bunga Sakura, Kabupaten Sleman, yang saat ini kondisi ekonominya kurang/tidak mampu.

Surat keterangan ini kami buat dan berikan untuk mengajukan program BPJS Kesehatan Kabupaten Sleman.

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sejujurnya dan sebenar-benarnya sehingga bisa dipergunakan oleh yang bersangkutan dan berwenang sebagaimana mestinya.

Bunga Mekar, 27 Maret 2023

Mengetahui,

Kepala Desa Bunga IndahCamat Bunga Indah
[Tanda Tangan][Tanda Tangan]
Nur KumalasiwiArif Setiawan

Surat Keterangan Tidak Mampu bisa dibuat untuk berbagai tujuan, misalnya untuk memperoleh bantuan berupa sembako, keringanan biaya pendidikan, keringanan biaya perawatan medis, atau untuk mengajukan penerimaan zakat.

Apapun tujuannya, pahami dengan benar pengertian surat keterangan tidak mampu serta contoh surat keterangan tidak mampu yang ada di halaman ini. Dengan begitu, proses pembuatan surat tidak mampu bisa berlangsung dengan lancar dan kebutuhan warga kurang mampu bisa terpenuhi.

Baca Juga:

Artikel Terkait