Home » Terbaru » Pendidikan » Struktur Surat Pribadi, Cara Membuat, Urutan dan Contohnya

Struktur Surat Pribadi, Cara Membuat, Urutan dan Contohnya

izan_alhasani June 14, 2024

Diskop.id – Teknologi memang memungkinkan setiap orang untuk menikmati sistem komunikasi yang jauh lebih praktis, misalnya melalui aplikasi chat atau media sosial. Tapi masih ada juga yang menggunakan media komunikasi lama seperti surat pribadi. Pahami struktur surat pribadi agar bisa membuatnya.

Surat pribadi tidak sama dengan surat dinas atau surat izin. Perbedaannya ada pada struktur bagiannya, tujuannya, sampai bahasa yang digunakan. Tidak seperti chat, surat pribadi mempunyai kesan yang lebih tulus dalam menyampaikan gagasan dan perasaan penulisnya.

Pengertian Surat Pribadi

Pengertian Surat Pribadi

Agar bisa membuat surat pribadi dengan benar serta tepat, pahami dulu apa sebenarnya surat pribadi itu. Surat pribadi merupakan suatu bentuk komunikasi yang dilakukan secara tertulis dengan tujuan menyampaikan suatu keterangan, informasi, gagasan, atau bahkan pengumuman kepada penerima.

Perlu diketahui juga, bahwa surat pribadi berbeda dengan surat dinas. Surat dinas bersifat formal dan biasanya digunakan untuk keperluan bisnis. Sedangkan surat pribadi berisi permasalahan pribadi dan biasanya dikirimkan oleh seseorang kepada teman lama, keluarga, atau sahabat terdekat.

Dalam surat pribadi, seorang penulis akan menulis atas nama diri sendiri serta tidak akan diwakilkan oleh orang lain. Jika proses penulisan diwakilkan oleh orang lain, maka surat tersebut bisa dikategorikan sebagai surat dinas.

Struktur Surat Pribadi dan Cara Membuatnya

Struktur Surat Pribadi Lengkap

Sebelum mulai membuat surat pribadi dan mengirimkannya kepada orang terdekat, pastikan untuk mencari tahu dan mempelajari struktur lengkap atau bagian yang menjadi surat pribadi. Di bawah ini adalah struktur lengkap surat pribadi yang sebaiknya dipahami terlebih dahulu secara mendalam.

1. Alamat serta tanggal penulisan surat

Di bagian yang pertama ini, penulis surat bisa mengawali dengan menuliskan alamat atau lokasi penulisan surat secara singkat saja. Tidak perlu menuliskan alamat lengkap seperti saat membuat surat dinas. Misalnya kalau penulis tinggal di Bogor tinggal tuliskan saja Bogor tanpa detail lainnya.

Kemudian penulisan alamat tersebut bisa diikuti dengan penulisan tanggal surat. Misalnya saja Bogor, 27 Maret 2023. Penulisan alamat serta tanggal ditulisnya surat ini membuat surat pribadi terkesan lebih akrab dan hangat.

2. Salam pembuka

Kemudian untuk mengawali surat pribadi, diperlukan salam pembuka yang akan membantu penulis mengawali percakapan atau pembicaraan. Salam pembuka sendiri bervariasi, tergantung kebutuhan dan kebiasaan. Penulis perlu memikirkan penerima surat saat akan memilih salam pembuka.

Jangan sampai menggunakan salam pembuka yang bisa menyinggung perasaan penerima surat. Cari tahu salam pembuka yang terkesan hangat tanpa meninggalkan rasa hormat, jika usia penerima surat lebih tua dibandingkan dengan usia penulis surat.

Contoh salam pembuka yang cocok untuk surat pribadi adalah salam sayang atau dear. Salam pembuka seperti ‘dengan hormat’ terkesan terlalu formal dan kurang cocok untuk surat pribadi.

3. Paragraf pembuka

Setelah menyampaikan salam pembuka, bagian lain yang perlu ditambahkan ke dalam surat pribadi adalah paragraf pembuka. Biasanya, paragraf pembuka ini akan berisi pertanyaan singkat mengenai penerima surat. Misalnya saja bagaimana kabar keluarga atau apa saja kesibukan selama ini.

Seperti halnya memilih salam pembuka, pertanyaan yang akan dituliskan di bagian paragraf pembuka sebaiknya dipikirkan baik-baik dan dengan matang. Jangan sampai penulis menyampaikan pertanyaan yang bisa membuat penerima surat merasa malu atau terpojok.

4. Paragraf isi

Struktur surat pribadi yang berikutnya adalah paragraf isi yang merupakan jantung dari surat pribadi. Bagian inilah yang menjadi wadah bagi penulis surat untuk menyampaikan keluh kesah atau isi hati serta menuangkan berbagai hal untuk disampaikan ke penerima surat.

Ibaratnya, bagian paragraf pembuka merupakan bagian basa-basi sedangkan bagian isi akan menyampaikan maksud sesungguhnya dari penulis surat. Tidak ada ketentuan khusus untuk menulis paragraf isi ini, penulis surat pribadi bebas mengungkapkan apa yang menjadi tujuan mengirim surat.

5. Paragraf penutup

Lalu setelah membuat bagian isi, bagian lain yang juga wajib ada dalam surat pribadi adalah paragraf penutup. Paragraf yang satu ini bertujuan untuk menutup atau mengakhiri surat pribadi. Biasanya, akan digunakan kata-kata khusus saat membuat bagian penutup ini.

Paragraf penutup bisa berisi permintaan maaf atau harapan penulis surat untuk penerima surat. Bagian penutup ini juga berisi salam penutup yang akan melengkapi surat pribadi. Kemudian bagian akhirnya bisa dilengkapi dengan tanda tangan atau sekedar menuliskan nama penulis surat saja.

Kumpulan Contoh Surat Pribadi

Setelah mengerti struktur surat pribadi secara lengkap, coba pelajari contoh penulisan surat pribadi terlebih dahulu. Dengan memeriksa penerapan struktur secara langsung pada surat pribadi, Anda bisa memahami seperti apa kira-kira penulisan surat pribadi yang benar.

1. Surat pribadi untuk keluarga

Jakarta, 27 Maret 2023

Untuk Eyang Tersayang,

Halo eyang putri, ini Arimbi dari Jakarta. Bagaimana kabar eyang putri dan eyang kakung? Arimbi berdoa semoga eyang putri dan eyang kakung selalu sehat supaya Arimbi bisa ketemu eyang lagi waktu liburan nanti.

Arimbi kangen banget sama eyang putri dan eyang kakung, sudah lama nggak bisa ketemu karena pandemi. Maaf ya eyang, Arimbi baru sempat mengirim surat karena tahun-tahun belakangan ini Arimbi sibuk belajar online. Ternyata sekolah online lebih susah daripada sekolah biasa, eyang.

Bapak jadi harus kerja keras supaya bisa beli kuota internet buat Arimbi ikut belajar online. Ibu juga jadi sibuk ngajarin adik yang kesulitan belajar matematika. Sekolah online itu sekolah dari rumah, eyang. Caranya pakai video call lewat komputer.

Sekarang pandemi sudah agak mereda ya, eyang. Arimbi sudah nggak sabar mau liburan ke rumah eyang lagi di Banjarmasin. Besok setelah penerimaan raport, Arimbi coba membujuk bapak dan ibu supaya mengajak Arimbi dan adik-adik liburan ke rumah eyang lagi ya.

Nanti Arimbi tulis surat lagi untuk eyang. Sekarang Arimbi lanjut belajar dulu biar nilai raportnya bagus semua ya eyang. Semoga sehat selalu ya eyang putri dan eyang kakung, sampai bertemu liburan selanjutnya!

Cucu eyang yang paling cantik,

Arimbi Kusuma Astuti.

2. Surat pribadi untuk sahabat

Klaten, 27 Maret 2023

Dear partner in crime-ku satu-satunya,

Hai Luci, gimana kabarmu di Papua sana? Aku berharap kamu sehat selalu tanpa kekurangan apapun sehingga suatu saat nanti kita bisa berjumpa lagi dan melakukan hal-hal gila bersama-sama. Selain itu, aku dan keluargaku disini baik-baik dan sehat-sehat saja.

Aku kangen banget sama kamu dan semua yang sering kita lakukan bersama-sama. Kapan ya kira-kira kita bisa ketemu lagi? Kapan lalu, waktu aku lewat bekas sekolah kita, aku lihat bangunan sekolah itu udah jadi bagus banget, beda sama gedung sekolah kita yang lama.

Saking bagusnya aku sampai nggak memperhatikan jalan, terus tabrakan sama mas-mas ganteng yang kebetulan juga nggak memperhatikan jalan. Intinya, aku sama mas-mas itu jadian, terus bulan depan kami mau menikah. Ini aku kirimkan undangan pernikahanku juga buat kamu ya.

Kamu pasti sibuk banget ya di Papua sana. Tapi aku berharap banget kamu bisa datang ke acara pernikahanku sebagai bridesmaid. Kabari aku secepatnya ya kalau kamu bisa datang ke Klaten tangga; 23 Mei 2023 nanti.

Dari sahabat terbaikmu satu-satunya,

Sheila.

Seluruh struktur surat pribadi lengkap bisa Anda temukan dalam dua contoh surat pribadi di atas. Sekarang, coba tuliskan surat pribadi sendiri berdasarkan struktur yang ada di atas.

Baca Juga:

Artikel Terkait