Home » Terbaru » Agama » Kapan Hari Paskah dan Jumat Agung 2023? Simak Jadwalnya

Kapan Hari Paskah dan Jumat Agung 2023? Simak Jadwalnya

dewi_putri May 20, 2024

Diskop.id – Hanya hitungan hari umat Kristiani akan memperingati Hari Paskah dan Jumat Agung 2023. Kapan Hari Paskah dan Jumat Agung 2023? Simak jadwal rangkaian Paskah Pekan Suci di artikel ini.

Hari Raya Paskah merupakan peringatan untuk mengenang kebangkitan Yesus Kristus dari kematian. Hari Paskah ini terdapat beberapa rangkaian perayaan, mulai dari Rabu Abu dan sebelum perayaan Paskah di Minggu terakhir, umat Kritsiani akan merayakan Minggu Palma.

Minggu Palma ini dilakukan untuk mengenang kesengsaraan yang dialami oleh Yesus. Rangkaian kegiatan ini menjadi pembuka dari Pekan Suci, yang fokus di minggu terakhir Yesu di kota Yerusalem. Dalam Pekan Suci ada perayaan Tri Hari Suci.

Perayaan Tri Hari Suci ini akan diawali dengan serangkaian kegiatan perayaan, yakni Kamis Putih, Jumat Agung, Malam Paskah, hingga perayaan puncak yakni Minggu Paskah.

Makna Paskah dan Jumat Agung

Seperti yang dijelaskan di atas, Hari Paskah adalah perayaan untuk mengenang kebangkitan Yesus. Di mana hal ini adalah suatu peristiwa sangat penting untuk umat Kristen. Perayaan Paskah selalu dirayakan setiap April.

Paskah menandai perayaan kebangkian dari Sang Juru Selamat, Yesus Kristus. Hari Paskah ini akan dirayakan dengan doa dan pujian kemenangan di seluruh gereja di dunia. Sedangkan, Jumat Agung adalah peringatan penyaliban Yesus Kristus juga wafat-Nya di Golgota.

ilustrasi salib

Yesus Kristus wafat di kayu salib atas hukuman mati yang diterimanya. Hukuman salib yang diterima Yesus Kristus itu bukanlah kejahatan. Umat Kristiani seluruh dunia menganggap hukuman tersebut untuk memikul dosa umat manusia.

Peringatan Jumat Agung ini selalu dirayakan di hari Jumat sebelum Minggu Paskah. Tiga hari setelahnya, umat Kristen akan memperingati Hari Paskah, yang merupakan hari kebangkitan Yesus.

Melansir dari web resmi bpkpenabur.or.id, makna Paskah sendiri yakni kemenangan dan harapan untuk umat Kristiani. Di mana Tuhan Yesus berhasil bangkit kembali setelah mengalahkan maut, usai mengalami penderitaan-Nya saat disalib.

Kebangkitan Tuhan Yesus ini menunjukkan jika kehidupan manusia itu akan kekal, melampaui maut dan dosa. Barang siapa yang meyakini-Nya akan memperoleh kehidupan yang kekal.

Makna ini sejalan dengan di Perjanjian Lama, di mana Paskah memiliki peran penting di dalam Perjanjian Baru. Di Perjanjian Baru, makna Paskah yakni penuh dengan anugerah, cinta kasih, dan kuasa yang diberikan oleh Tuhan.

Jadwal Pekan Suci Umat Kristiani

Terdapat serangkaian kegiatan dalam Pekan Suci, yang diperingati oleh umat Kristiani, baik Katolik, Krisetn, ataupun Protestan. Berikut jadwal Pekan Suci dilansir dari laman resmi Gereja Katedral dan Iman Katolik:

1. Minggu Palma

Minggu Palma dilakukan pada hari Minggu, di tahun 2023 ini jatuh pada 2 April 2023. Kegiatan ini memperingati saat Yesus memasuki kota Yerusalem dan disambut baik oleh banyak orang. Kedatangan Yesus ke Kota Yerusalem ini adalah hal yang istimewa.

Yesus masuk ke kota suci tersebut sebelum disiksa hingga mati, lalu bangkit kembali dari kematian.

hari paskah dan jumat agung

2. Kamis Putih

Kamis Putih di tahun 2023 ini jatuh pada Kamis, 6 April 2023 di mana menjadi hari pertama di rangkaian persepertayaan Paskah. Rangkaian ini memperingati saat Yesus Kristus mengadakan Perjamuan Malam terakhir dengan murid-Nya.

3. Jumat Agung

Jumat Agung tahun 2023 jatuh pada Jumat, 7 April 2023. Di hari ini memperingati penyaliban dan wafat-Nya Yesus Kristus.

4. Sabtu Suci

Sabtu Suci tahun 2023 jatuh pada Sabtu, 8 April 2023. Di mana merupakan peringatan saat Yesus turun ke dunia orang mati, ke tempat penantian, untuk mengabarkan Injil.

5. Minggu Paskah

Minggu Paskah rangkaiat terakhir dalam perayaan Hari Paskah. Di tahun 2023, Minggu Paskah jatuh pada Minggu, 9 April 2023. Di Minggu Paskah ini umat Kristiani akan mengenang kebangkitan dan kematian Yesus Kristus.

Itulah penjelasan mengenai kapan Hari Paskah dan Jumat Agung 2023, beserta penjelasan makna Paskah dan jadwal Pekan Suci. Semoga membantu, ya.

Baca Juga:

Artikel Terkait