Home » Terbaru » Agama » Bacaan Dzikir Pagi dan Petang Sesuai Sunnah Lengkap & Pendek

Bacaan Dzikir Pagi dan Petang Sesuai Sunnah Lengkap & Pendek

wisnu June 20, 2024

Diskop.id – Berdzikir menjadi salah satu upaya yang harus di lakukan oleh umat Islam, dengan begitu setiap muslin akan selalu mengingat kebesaran Allah SWT. Dalam artian, Dzikir ialah, mengingat dan mengucapkan amalan akan kebesaran Allah SWT. Salah satu bacaan dzikir pagi juga akan mengawali hari penuh dengan keberkahan.

Meskipun sejatinya berdzikir dapat dilakukan kapan saja, tidak terpaut waktu. Namun seseorang yang segala aktivitas di awali dengan dzikir, akan senantiasa di lindungi oleh Allah SWT. Selain itu, dzikir pagi juga merupakan amalan yang sangat di cintai oleh Nabi Muhammad SAW.

Berikut ini diskop akan membagikan kepada pengunjung, Bacaan Dzikir Pagi. Yang bisa di amalkan agar mendapatkan ridho dan perlindungan dari Allah SWT.

Keutamaan Bacaan Dzikir Pagi, Pembuka Rizki dan Ridho Allah SWT

Keutamaan-Bacaan-Dzikir-Pagi-Pembuka-Rizki-dan-Ridho-Allah-SWT

Dzikir pagi adalah salah satu amalan yang dilakukan oleh umat Islam sebagai bentuk pengingat dan pengakuan atas kebesaran Allah SWT pada setiap pagi hari. Dzikir pagi memiliki nilai penting dalam kehidupan seorang muslim karena dapat memberikan ketenangan dan kebahagiaan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Dalam Islam, dzikir pagi disebut juga sebagai dzikir sabah, yang merupakan amalan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Dzikir sabah meliputi berbagai macam bacaan seperti membaca Al-Quran, tasbih, tahmid, tahlil, serta shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Melakukan dzikir pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental dan spiritual. Salah satunya adalah dapat mengurangi rasa cemas dan stres pada saat menjalani aktivitas sehari-hari. Dzikir pagi juga dapat membantu memperbaiki kualitas tidur dan membuat tubuh terasa lebih segar ketika bangun tidur

Selain itu, dzikir pagi juga dapat membantu meningkatkan keimanan dan ketakwaan seseorang. Dengan melakukan dzikir pagi, seseorang dapat mempererat hubungannya dengan Allah SWT dan memperkuat keyakinannya akan kebesaran-Nya.

Inilah Bacaan Dzikir Pagi, Amalan Pembuka Rezeki dan Ampunan dari Allah SWT

Inilah-Bacaan-Dzikir-Pagi-Amalan-Pembuka-Rezeki-dan-Ampunan-dari-Allah-SWT

Mengawali hari dengan berdzikir mengingat Allah SWT, selain memberi beberapa manfaat juga akan menjadikan hidup lebih tenang. Banyak Bacaan Dzikir Pagi yang bisa di lafalkan setelah melaksanakan sholat subhuh, atau saat beraktivitas.

Di bawah ini diskop.id akan membagikan kumpulan Bacaan Dzikir Pagi yang bisa di amalkan secara istiqomah setiap harinya :

1. Bacaan Dzikir Pagi dengan Membaca Ayat Kursi

Berikut bacaan dzikir pagi yang di amalkan setiap hari dengan membaca ayat kursi. Di bawah ini merupakan ayat dari Surat Al Baqarah ayat 255, beserta arti dan faedahnya :

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Latin :

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man-dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bi maa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardha wa laa ya-uuduhuu hifzhuhumaa. Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.

Artinya :

Allah, tidak ada ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi-Nya tanpa seizin-Nya. Dia mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha besar.” (QS. Al Baqarah: 255) (Dibaca 1 x)

Faedah: Barang siapa membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Dan siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.

2. Bacaan Dzikir Pagi dengan Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas

Surat Al Ikhlas

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ اللَّهُ الصَّمَدُ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah ilah yang bergantung kepada-Nya segala urusan. Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia.” (QS. Al Ikhlas: 1-4) (Dibaca 3 x)

Surat Al Falaq

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ مِن شَرِّ مَا خَلَقَ وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ  وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb yang menguasai Shubuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan-kejahatan wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki”. (QS. Al Falaq: 1-5) (Dibaca 3 x)

Surat An Nas

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ مَلِكِ النَّاسِ إِلَهِ النَّاسِ مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb manusia. Raja manusia. Sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia.” (QS. An Naas: 1-6) (Dibaca 3 x)

Faedah: Siapa yang mengucapkannya masing-masing tiga kali ketika pagi dan petang, maka segala sesuatu akan dicukupkan untuknya.

3. Amalan Doa Dzikir Pagi

Ada baiknya bacaan dzikir pagi ini di amalkan secara istiqomah dan terus menerus setelah selesai melaksanakan ibadah sholat subuh. Berikut bacaannya :

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوْءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ

Latin :

Ash-bahnaa wa ash-bahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Robbi as-aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Robbi a’udzu bika minal kasali wa su-il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.

Artinya :

“ Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada ilah (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Wahai Rabbku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di alam kubur.” (Dibaca 1x)

Faedah: Meminta kepada Allah kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya, juga agar terhindar dari keburukan di hari ini dan keburukan sesudahnya. Di dalamnya berisi permintaan agar terhindar dari malas (padahal mampu) untuk beramal. Juga agar terhindar dari keburukan di masa tua. Di dalamnya juga berisi permintaan agar terselamatkan dari siksa kubur dan siksa neraka yang merupakan siksa terberat di hari kiamat kelak.

4. Doa Dzikir Pagi

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا، وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allahumma bika ash-bahnaa wa bika amsaynaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikan nusyuur.

Artinya:

“Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu petang. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mu kebangkitan (bagi semua makhluk).” (Dibaca 1 x)

5. Bacaan Dzikir Sayyidul Istighfar

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ.

Allahumma anta robbii laa ilaha illa anta, kholaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mas-tatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu. Abu-u laka bi ni’matika ‘alayya wa abu-u bi dzambii. Fagh-firlii fainnahu laa yagh-firudz dzunuuba illa anta.

Artinya:

“Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku pada-Mu (yaitu aku akan mentauhidkan-Mu) semampuku dan aku yakin akan janji-Mu (berupa surga untukku). Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.” (Dibaca 1 x)

Manfaat Berdzikir di Pagi Hari

Manfaat-Berdzikir-di-Pagi-Hari

Dzikir pagi atau dzikir sabah adalah amalan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada umat Islam. Dzikir pagi merupakan rangkaian bacaan dzikir yang dilakukan setiap pagi untuk mengingat kebesaran Allah SWT dan memohon perlindungan serta keberkahan dari-Nya. Berikut ini adalah beberapa keutamaan dzikir pagi yang penting untuk diketahui:

  1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan
    Manfaat dari dzikir pagi merupakan sarana untuk memperkuat hubungan antara manusia dengan Allah SWT. Dengan melakukan dzikir pagi secara rutin, seseorang dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.
  2. Memberikan ketenangan dan kebahagiaan
    Kemudian dzikir pagi dapat membantu mengurangi rasa cemas dan stres pada saat menjalani aktivitas sehari-hari.
  3. Mendapatkan keberkahan dan rizki
    Selanjutnya dzikir pagi juga dapat menjadi sarana untuk memperoleh keberkahan dan rizki yang melimpah. Dalam hadis riwayat Abu Daud, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan dzikir pagi dan petang sebanyak 100 kali, maka tidak ada yang menghalanginya dari memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.”
  4. Melindungi diri dari bahaya dan keburukan
    Manfaat lain dari dzikir pagi juga dapat membantu melindungi diri dari bahaya dan keburukan. Dengan membaca bacaan dzikir pada pagi hari, seseorang dapat memohon perlindungan dan keamanan dari Allah SWT dalam menjalani hidupnya.
  5. Meningkatkan kualitas hidup
    Dzikir pagi dapat membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang. Dengan membaca bacaan dzikir pada pagi hari, seseorang dapat merasa lebih tenang, bahagia, dan bersyukur dalam menjalani hidupnya.

Dari manfaat di atas, dapat disimpulkan bahwa dzikir pagi memiliki banyak manfaat dan keberkahan bagi kehidupan seorang muslim. Oleh karena itu, setiap muslim sebaiknya mengamalkan dzikir pagi sebagai bagian dari kehidupan spiritualnya untuk meraih manfaat-manfaat tersebut.

Artikel Terkait