Home » Terbaru » Agama » Doa Puasa Hari ke 14 Ramadhan: Arab Latin & Artinya

Doa Puasa Hari ke 14 Ramadhan: Arab Latin & Artinya

dewi_putri April 21, 2024

Diskop.id – Tak terasa sebentar lagi akan memasuki hari ke 14 puasa Ramadhan. Terdapat amalan doa yang bisa dilakukan oleh umat muslim. Simak arab latin dan arti doa hari puasa ke 14 Ramadhan beserta keutamaannya.

Di bulan Ramadhan ini, umat muslim memang sangat dianjurkan untuk mengerjakan amalan-amalan ibadah lebih giat dari bulan-bulan biasanya. Sebab, di bulan ini Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat-lipat ganda untuk hamba-Nya yang khusyu’ mengerjakan ibadah.

Salah satu amalan ibadah yang biasa dilakukan adalah berdoa. Berdoa menjadi senjata umat muslim untuk meminta ampunan dan segala hajat yang diinginkan. Berdoa dapat dilakukan dalam kondisi apa pun dan di mana pun.

Pada bulan Ramadhan ini, berdoa menjadi salah satu amalan yang istimewa. Mengapa? Sebab, di bulan suci Ramadhan ini Allah SWT menjamin bahwa tak akan tertolak doa-doa hamba-Nya yang meminta ampunan dan memohonkan hajat kepada-Nya.

Maka dari itu, umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak berdoa di bulan Ramadhan ini. Selain berdoa, banyak amalan ibadah lainnya yang bisa dikerjakan oleh umat muslim untuk mendapatkan pahala berlipat-lipat ganda dari Allah SWT.

Umat muslim bisa melakukan ibadah dalam bentuk berdzikir, beristigfar, bershalawat, bersedekah, membaca Al-Quran, dan lainnya. Jangan lupa pula untuk membaca doa hari puasa ke 14 Ramadhan, yang memiliki keutamaan mulia bagi muslim yang mengamalkannya.

Berikut adalah arab latin dan arti bacaan doa puasa hari ke 14

Bacaan Doa Puasa Hari ke 14: Arab Latin dan Artinya

ilustrasi berdoa puasa hari ke 14

Doa puasa hari ke 14

Arab latin:

Allahumma la tuakhidzni fihi bil ‘atsarati wa aqilni fihi minal khathaya wal hafawati wa la taj’alni fihi gharadhan lilbalaya wal afat bi’izzatika ya ‘izzal muslimin

Artinya:

Ya Allah! Mohon Janganlah ENGKAU tuntut dari kami di bulan ini semua kesalahan yang aku lakukan. Hapuskan seluruh kesalahan dan kebodohanku. Hindarkan aku dari bencana dan malapetaka. Demi kemuliaan-MU, Wahai sandaran Kemulian kaum Muslimin

Doa puasa hari ke 13

Arab latin:

Allâhumma thahhirnî fîhi minaddanasi wal aqdzâr wa sabbirnî fîhi ‘ala kâinâtil aqdâri wawaffiqnî fîhi littuqâ wa suhbatil abrâr bi’aunika yâ qurrata ‘ainil masâkîn

Artinya: 

Ya Allah! Mohon sucikanlah diri kami di bulan ini dari segala nista dan perbuatan keji. Berilah aku kesabaran atas apa yang telah Engkau tetapkan. Anugerahkan kepada kami ketakwaan dan persahabatan dengan orang-orang yang baik dengan pertolongan-MU, Wahai cahaya hati orang-orang yang miskin

Doa puasa hari ke 12

ilustrasi berdoa umat muslim

Arab latin:

Allâhumma zayyinî fîhi bissitri wal ‘afâf wasturnî fîhi bilibâsil qunû’i wal kafâf wahmilnî fîhi ‘alal ‘adli wal inshâf wa Wa âminnî fîhi min kulli mâ akhâfu bi’ismatika ya ‘ismatal khâifîn

Artinya: 

Ya Allah, mohon hiasilah aku di bulan ini dengan penutup aib dan kesucian. Tutupilah diriku dengan pakaian kecukupan dan kerelaan diri. Tuntunlah aku untuk senantiasa bersikap adil dan taat. Selamatkanlah aku dari segala sesuatu yang aku takuti. Dengan Perlindungan-MU, Wahai tempat bernaung bagi mereka yang ketakutan.

Apa keutamaan doa puasa hari ke 14?

Pada hari ke 14 puasa Ramadhan, kalian seperti berjumpa dengan Nabi Adam, Ibrahim, Nuh, Musa, Sulaiman, dan Daud. Dan seperti beribadah kepada Allah bersama setiap Nabi selama dua ratus tahun.

Dalam hadist yang diriwayatkan Ahmah menuturkan:

“Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.”

Dari keterangan hadist tersebut diketahui bahwa satu malam di bulan Ramadhan mempunyai nilai yang melebih dari seribu bulan. Yang artinya adalah Ramadhan adalah peluang untuk setiap muslim untuk memperbanyak melakukan amalan ibadah.

Selain berpuasa, amalan ibadah lain yang bisa dilakukan umat muslim adalah berdoa. Di bulan Ramadhan ini pula, Al-Quran pertama kali diturunkan. Allah SWT berfirman dalam surah Al-Qadr ayat 1 sampai 5, yang berbunyi:

“Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar”.

Itulah, arab latin dan arti doa puasa hari ke 14 Ramadhan beserta keutamaannya. Jangan lupa untuk mengamalkan doanya, ya! Selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga membantu, ya.

Baca Juga:

Artikel Terkait