Home » Terbaru » Agama » Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadhan: Arab Latin & Artinya

Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadhan: Arab Latin & Artinya

dewi_putri June 18, 2024

Diskop.id – Salah satu anjuran ketika membatalkan ibadah puasa Ramadhan adalah membaca doa berbuka puasa. Simak arab latin dan arti bacaan doa berbuka puasa Ramadhan di Diskop.id.

Doa berbuka puasa Ramadhan dibaca sebagai wujud syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Terlebih bisa berbuka dengan hidangan secukupnya, usai menahan haus, lapar, dan nafsu seharian penuh berpuasa.

Namun ternyata, tak sedikit umat muslim yang masih belum mengetahui cara membaca doa buka puasa Ramadhan yang shahih. Membaca doa puasa berbuka puasa Ramadhan menjadi salah satu adab sunnah dalam berpuasa.

Bacaan doa berbuka puasa Ramadhan ini memiliki keutamaan. Berdasarkan buku karya Ahmad Sarwat Lc yakni ‘Puasa Bukan Hanya Saat Ramadhan’, keutamaan membaca doa buka puasa Ramadhan yakni tak akan tertolak doa yang dipanjatkan.

Sebelum mengetahui bacaan doa berbuka puasa Ramadhan yang shahih. Simak manfaat membaca doa puasa Ramadhan di bawah ini.

Manfaat Membaca Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Dalam buku karya Maram Kinanti N yang berjudul ‘Dahsyatnya 7 Puasa Wajib, Sunnah, dan Thibbun Nabawi, doa untuk berbuka puasa masuk dalam adab sunnah dalam puasa.

Membaca doa berbuka puasa Ramadhan dianjurkan untuk dilakukan sebab menjadi bagian dari kelengkapan puasa, dan syukur atas nikmat kala berbuka.

Selain itu, ada salah satu manfaat penting dalam bacaan doa berbuka puasa Ramadhan. Keutamaan doa berbuka puasa yakni doa-doa yang dipanjatkan akan diijabah atau tak tertolak oleh Allah SWT.

Diriwayatkan dari hadist Tirmidzi, Rasulullah SAW menganjurkan umat muslim untuk membaca doa berbuka puasa, baik itu dengan doa buka puasa atau doa lainnya.

Artinya:

“Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berdoa, doanya pemimpin yang adil, dan doanya orang yang terzalimi.” (HR Tirmidzi).

Kapan waktu yang tepat untuk membaca doa berbuka puasa? Di kalangan ulama, terdapat beberapa perbedaan terkait hal tersebut. Sebagian ulama berpendapat, jika doa berbuka puasa dibaca usai seseorang membatalkan puasa pertama kali.

Hal itu berdasarkan dalam lafadz kedua doa buka puasa yang memiliki arti, ‘Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala yang tetap, insya Allah.’.

Namun, sebagian ulama berpendapat jika doa berbuka puasa dibaca sebelum membatalkan puasa. Dan sebagian ulama lain tak menetapkan waktu untuk membacanya.

Arab Latin & Arti Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Shahih

bacaan doa berbuka puasa ramadhan

Dalam buku karya Rizem Aizid berjudul ‘Ajak Aku ke Surga’, menjelaskan jika waktu istijabah adalah waktu berbuka puasa. Pasanya, di waktu tersebut mengandung keberkahan di dalamnya.

Salah satu keberhan tersebut adalah dikabulkannya doa-doa yang dipanjatkan. Ada tiga bacaan doa berbuka puasa Ramadhan yang bisa dibaca saat membatalkan puasa. Doa di bawah ini tercantum di dalam hadist.

1. Doa Buka Puasa Ramadhan – HR Bukhari dan Muslim

Arab latin:

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya:

“Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.”

2. Doa Buka Puasa Ramadhan – HR Abu Daud

Arab latin:

Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah.

Artinya:

“Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah,”

3. Doa Buka Puasa Ramadhan – Kitab Hasyiyatul Bujairimi

Arab Latin:

Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthartu, wa bika amantu, wa bika wa ‘alaika tawakkaltu. Dzahabaz zhama’u, wabtallatil ‘uruqu, wa tsabatal ajru, insya Allah. Ya wasi’al fadhli, ighfir li. Alhamdulillahil ladzi hadani fa shumtu, wa razaqani fa afthartu.

Artinya:

“Tuhanku, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya. Sebab dan kepada-Mu aku berpasrah. Dahaga telah pergi. Urat-urat telah basah. Dan insya Allah pahala sudah tetap. Wahai Zat Yang Luas Karunia, ampuni aku. Segala puji bagi Tuhan yang memberi petunjuk padaku, lalu aku berpuasa. Dan segala puji Tuhan yang memberiku rezeki, lalu aku membatalkannya.”

Sunnah Berbuka Puasa Ramadhan

Terdapat beberapa sunnah yang dapat dilakukan saat berbuka puasa Ramadhan.

1. Menyegerakan untuk berbuka puasa

2. Berbuka puasa dengan menggunakan kurma

3. Tidak makan dan minum berlebihan saat berbuka puasa

Itulah pembahasan mengenai arab latin dan arti bacaan doa berbuka puasa Ramadhan. Dan sunnah yang dilakukan saat berbuka. Semoga membantu, ya. Selamat beribadah puasa!

Baca Juga:

Artikel Terkait