Home » Terbaru » Agama » Doa Menyambut Ramadhan Arab Latin Sesuai Sunnah & Shahih

Doa Menyambut Ramadhan Arab Latin Sesuai Sunnah & Shahih

wisnu February 23, 2024

Dalam beberapa hari kedepan nanti akan kedatangan bulan yang paling dinantikan umat muslim yaitu Ramadan 2023. Suatu nikmat tersendiri masih diberikan kesempatan untuk bertemu di bulan yang suci dan Doa menyambut Ramadhan bisa menjadi awalnya.

Bulan yang mulia penuh berkah, rahmat dan pengampunan ini jauh lebih istimewa jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Maka dari itu hendaknya untuk mendapatkan pahala yang sebesar-besarnya.

Sambut Bulan Puasa! Deretan Doa Menyambut Ramadhan Dari Berbagai Sumber: Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Sambut-Bulan-Puasa-Deretan-Doa-Menyambut-Ramadhan-Dari-Berbagai-Sumber-Arab-Latin-dan-Artinya-Lengkap

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan, hampir mempersiapkan segala hal sebelum memasuki bulan ramadhan. Namun sebelum itu perlu untuk membaca doa menyambut Ramadhan dalam arab, latin dan artinya yang bisa diamalkan sebagai beirkut.

1. Doa Ketika Menyambut Hilal Ramadhan

Memanjatkan doa menyambut bulan Ramadhan merupakan amalan yang sangat baik dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Berdasarkan Hadits Riwayat Ahmad, hendaknya untuk menyambut bulan Ramadhan dengan membaca doa sebagai berikut.

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allahu Akbar, Allahumma ahillahu ‘alaina bilamni wal iimani, wasalaamati wal islaami wattaufiiqi limaa nuhibbu wa tardhii robbana wa robbukallahu

Artinya: Allahu akbar, ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kamu dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang engkau cintai dan engkau ridhoi. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah (HR.Ahmad).

2. Doa Awal Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah

Sebagai seorang muslim, hendaknya memanjatkan doa menyambut bulan Ramadhan sesuai sunnah untuk meminta umur panjang, perlindungan dan kesehatan untuk dipertemukan pada bulan Ramadhan.

Berdasarkan riwayat Imam Ad-Dailami dan Imam At-Thabrani, terdapat doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW sebagai berikut.

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī.

Artinya, “Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

3. Doa Ketika Hilal Datang Pada Bulan Ramadhan

Saat detik-detik memasuki bulan Ramadhan yang ditandai dengan melihatnya hilal juga hendak membaca doa bulan puasa. Berdasarkan kutipan dari Syekh Ibu Hajar al-Haitami pada Ithafu Ahlil Islam bi Khushushiyyatish Shiyam (109) berdoa:

اللَّهُ أَكْبَرُ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ العَظِيْمِ، اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الشَّهْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ الْقَدَرِ، وَمِنْ شَرِّ الْمحَشْرِ

Allāhu akbaru, lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil ‘azhīmi. Allāhumma innī as’aluka khaira hādzas syahri, wa a‘ūdzu bika min syarril qadari, wa min syarril mahsyari.

Artinya, “Allah maha besar. Tiada daya dan upaya kecuali berkat pertolongan Allah yang maha agung. Aku memohon kepada-Mu kebaikan bulan ini (Ramadhan). Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan takdir dan keburukan mahsyar.”

4. Doa Agar Dipertemukan Dengan Bulan Ramadhan

Kemudian, ada doa yang dianjurkan dibaca untuk memohon pertolongan agar dapat mendapatkan ikut menikmati bulan suci Ramadhan. Inilah doa yang dapat diamalkan sebagai berikut.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

Allahumma Bariklana Fi Rajaba wa Sya’bana wa Ballighna Ramadhana

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami pada bulan rajab dan bulan syaban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.

Baca Juga: Bacaan Doa dan Niat Sholat Witir 1 Rakaat & 3 Rakaat Arab Latin

Sikap Terpuji yang Dapat Diamalkan dan Patut Diteladani Sebelum Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Sikap Terpuji yang Dapat Diamalkan dan Patut Diteladani Sebelum Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Tidak hanya doa menyambut bulan suci Ramadhan saja, ada juga beberapa sikap terpuji yang menjadi teladan bagi umat muslim. Para ulama saleh terdahulu telah mengamalkannya dan berikut adalah 6 sikap terpuji yang ditulis oleh diskop.id di bawah ini.

1. Menyambut Ramadhan dengan Kebahagiaan dan Kegembiraan

Menyambut Ramadhan dengan Kebahagiaan dan Kegembiraan sudah menjadi keharusan bagi setiap umat muslim karena Allah SWT masih memberikan kesempatan untuk dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Jadi hendaknya bersyukur yaitu menyambutnya dengan gembira.

2. Pengetahuan yang dalam

Pengetahuan yang dalam juga menjadi suatu keharusan bagi setiap Muslim karena termasuk ke dalam salah satu rukun islam yang harus dijalankan. Dengan mengetahui aturan dan ketentuan tersebut akan membuat ibadah buasa menjadi sempurna dan sah

3. Selalu Berdoa

Sikap terpuji selanjutnya yaitu senantiasa berdoa dimana beberapa diantaranya telah diketahui diatas menjadi sikap yang wajib untuk diteladani. Tantangan yang berat harus diikuti dengan doa agar bisa melalui semuanya di bulan Ramadhan.

4. Tekad dan Perencanaan

Orang-orang yang salih pada dahulu kala selalu menginisiasi rencana dengan matang. Salah satunya dengan mengkhatamkan baca Al-Qur’an, bersedekah, menghadiri pengajian, shalat malam, membaca buku agam dan lainnya.

5. Mempersiapkan Jasad dan Ruh

Orang-orang saleh tidak akan menyia-nyiakan waktu sedikitpun saat bulan Ramadhan tiba. Salah satunya adalah dengan berpuasa, beribadah hingga bersedekah pada bulan Sya’ban. Dengan begitu kondisi tubuh dan ruhiyah sudah terlatih saat memasuki bulan Ramadha.

6. Menyiapkan Materi/Finansial

Materi atau finansial yang dimaksud bukan sahur ataupun berbuka dengan yang mewah-mewah. Akan tetapi materi atau finansial yang ditunjukkan adalah sedekah, ibadah dan infak yang dijalankan.

Baca Juga: Resep Buat Buka Puasa dan Sahur, Sangat Simple dan Enak!

Artikel Terkait