Home » Terbaru » Agama » Doa Ziarah Kubur Orang Tua, Singkat, Lengkap Arab dan Latin

Doa Ziarah Kubur Orang Tua, Singkat, Lengkap Arab dan Latin

wisnu February 26, 2024

Diskop.id – Doa Ziarah Kubur ini merupakan salah satu hal yang harus di ketahui oleh semua orang. Karena saat melakukan ziarah kubur, maka setiap yang ziarah tentunya harus mengirimkan doa – doa kepada seseorang yang meninggalkannya duluan. Pasti masih banyak yang belum hafal bukan?

Oleh sebab itu makanya para ziarah kubur juga harus menghafalkan doa – doa yang nantinya akan di bacakan. Dengan melakukan Ziarah Kubur ini maka tentunya akan ada sebuah renungan tentang kematian setiap yang berziarah. Jadi harus paham dulu ya bagaimana doa nya.

Karena salah satu adab dalam Islam yakni setiap melakukan ziarah, maka tentu saja di anjurkan untuk mengirimkan doa kepada orang yang telah meninggal. Tentu saja hal ini di lakukan dengan harapan agar senantiasa Allah SWT dapat mengampuni segala dosa dan juga kesalahannya.

Pastinya masih banyak yang belum mengetahui apa saja Doa Untuk Ziarah Kubur ini bukan? Nah, bagi yang belum paham tentang doa nya ini, maka langsung simak saja yuk beragam penjelasannya berikut ini.

Inilah Berbagai Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap Arab dan Latinnya

Inilah-Berbagai-Bacaan-Doa-Ziarah-Kubur-Lengkap PDF

Berbagai bacaan Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah ini tentu saja beragam ya ada yang panjang dan ada juga yang pendek. Tentu saja bacaannya juga berbeda – beda karena ada yang di khususkan untuk kedua orang tua ataupun yang lainnya juga.

Jadi jangan sampai kalau melakukan Ziarah Kubur malah tidak membaca apa – apa ya. Karena mendoakan orang yang telah meninggal dunia ini juga merupakan salah satu hal yang bagus. Karena ini akan bisa membantu orang yang telah meninggal dunia tersebut.

Mungkin masih banyak yang merasa bingung ketika melakukan Ziarah Kubur ingin membaca doa apa bukan? Nah, tenang saja ya, kali ini admin diskop.id telah merangkum berbagai Cara Doa Ziarah Kubur Ke Makan Orang Tua dan juga yang lainnya.

Jadi bagi yang penasaran atau belum mengetahuinya, maka langsung simak saja berbagai Doa Ziarah Kubur yang mudah di hafalkan seperti berikut ini.

1. Doa Ziarah Kubur Singkat dan Mudah Dihafalkan

Doa-Ziarah-Kubur-Singkat-dan-Mudah-Dihafalkan

Bagi para umat muslim yang tidak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan Ziarah Kubur, maka tenang saja tak perlu khawatir ya. Karena pada penziarahnya pun akan bisa tetap mendoakan dengan menggunakan doa – doa yang singkat saja.

Tentu saja dengan doa yang singkat seperti ini akan lebih mudah juga untuk di hafalkannya. Tentu saja walaupun singkat, akan tetapi memiliki arti di dalamnya yakni meminta agar para penghuni kubur yang telah meninggal dunia ini tidak di beri azab.

Berikut ini Doa Saat Ziarah Kubur Singkat :

اَللَّهُمَّ اِنِّي اَسْئَلُكَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ اَنْ لاَ تُعَذِّبَ هَذَا الْمَيِّتِ

Allahuma inni as aluka bihaqqi Muhammadin wa ali Muhammadin an laa tu’adzdziba hadzal mayyiti.

Artinya : “Ya Allah, aku memohon pada-Mu dengan hak Muhammad dan keluarga Muhammad jangan lah azab penghuni kubur ini.”

2. Doa Ziarah Kubur Orang Tua

Doa-Ziarah-Kubur-Orang-Tua

Bagi yang orang tuanya telah tiada atau meninggal dunia, maka salah satu cara kita agar bisa terus berbakti kepadanya yaitu dengan cara mengirimkan doa ketika melakukan Ziarah Kubur. Tentu saja doa dari anak – anaknya akan mampu membantu dalam meringankan azab kubur orang tua.

Jadi kita sebagai anak harus hafal dengan Doa Ziarah Kubur Ibu Bapa agar bisa mendoakannya ketika berziarah. Mungkin masih banyak yang belum hafal bagaimana cara untuk mendoakan orang tuanya yang telah tiada ini bukan?

Nah, tenang saja ya, tentu saja doa yang akan bisa di lakukan ini cukup mudah kok, jadi bagi yang belum hafal maka langsung simak saja doa nya di bawah ini ya.

Berikut Doa Ziarah Kubur Ayah dan Ibu yang Telah Tiada :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا، خُصُوْصًا إِلَى آبَاءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا

Allaahummaghfir lil muslimina wal muslimaat, wal mukminina wal mukminaat, al-ahyaa’i minhum wal amwaat, min masyaariqil ardhi ilaa maghaaribihaa, barrihaa wa bahrihaa, khushuushan ilaa aabaa inaa, wa ummahaa tinaa, wa ajdaadinaa, wa jaddaatinaa, wa asaatidzatinaa, wa mu‘allimiinaa, wa li man ahsana ilainaa, wa li ashhaabil huquqi ‘alainaa.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.”

3. Doa Ziarah Kubur dalam Bahasa Indonesia

Doa-Ziarah-Kubur-dalam-Bahasa-Indonesia

Untuk mendoakan orang yang telah meninggal dunia tentu saja tidak harus membaca ayat – ayat ya. Karena kalau menggunakan bahasa indonesia tentu saja bisa di lakukan lho. Jadi sampaikan saja kalimat yang ingin di sampaikan ketika melakukan Ziarah Kubur ya.

Mungkin masih ada yang bingung bagaimana cara melantunkan bacaan bahasa indonesia ini agar tidak salah. Jadi kalau masih bingung, maka langsung perhatikan saja doa nya di bawah ini.

Berikut Doa Ziarah Kubur dengan Bahasa Indonesia :

“Bismillahirrahmanirrahim”.

“Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh”.

“Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang, kami datang ke hadapan-Mu dengan penuh rasa takzim untuk ziarah ke makam para tokoh dan orang-orang yang telah meninggal dunia. Kami memohon ampun dan rahmat-Mu atas diri mereka”.

“Ya Allah, ampunilah dosa-dosa mereka, terimalah amal-amal mereka yang baik, dan jadikanlah tempat istirahat mereka sebagai taman-taman surga-Mu. Ya Allah, berilah mereka kedamaian dan kebahagiaan di akhirat kelak”.

“Ya Allah, jadikanlah kami sebagai orang yang senantiasa mengingat kematian dan siap sedia menghadap-Mu di setiap waktu. Jadikanlah kami sebagai orang yang senantiasa berusaha untuk memperbaiki diri dan beribadah dengan sebaik-baiknya”.

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada keluarga dan kerabat mereka yang masih hidup. Berikanlah kesabaran dan kekuatan kepada mereka dalam menghadapi kehilangan yang mendalam ini”.

“Ya Allah, kami memohon kepada-Mu agar selalu dilindungi dan di rahmati dalam setiap langkah kehidupan kami. Berikanlah kami hidayah dan bimbingan-Mu di dunia dan akhirat”. Aamiin.

4. Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah

Doa-Ziarah-Kubur-Sesuai-Sunnah

Untuk melakukan ziarah kubur, maka para penziarahnya juga bisa membacakan saja doa – doa berdasarkan sunnah nya ya. Tentu saja sunnah untuk ziarah kubur ini seperti yang di ajarkan oleh Rasulullah SAW kepada para umat nya.

Mungkin masih banyak yang belum memperhatikan tentang hal yang satu ini ya. Jadi kalau ingin mengetahui bagaimana bacaan Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah ini, maka bisa langsung perhatikan saja di bawah ini.

Berikut Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Sesuai yang Dianjurkan Rasulullah SAW :

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Assalamu’alaikum ahlad diyaar minal mu’miniina wal muslimiin, Wa inna insyaa Allahu bikum la laahiquun, As alullaaha lanaa walakumul ‘aafiyata

Artinya : “Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian,”

5. Doa Ziarah Kubur Latin

Doa-Ziarah-Kubur-Latin

Bagi yang belum bisa membaca bacaan arab, maka kini jangan khawatir ya. Kini para penziarah bisa membaca saja bacaan latinnya untuk bisa mendoakan orang – orang atau kerabat kita yang telah meninggal dunia.

Jadi kini bagi yang belum bisa membaca ayat nya maka jangan khawatir lagi ya, silahkan baca saja latin untuk mendoakan kerabat yang telah meninggal dunia agar lebih mudah.

Berikut Bacaan Ziarah Kubur Latin yang Mudah Diingat :

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu anhu wakrim nuzulahu, wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bilmai was salji, wal baradi, wa naqqihi minal khathaya, kama yunaqqas saubul abyadu minad danas. Wa abdilhu daran khairan min darihi wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min adzabil qabri, wa adzabin nari.

Artinya :

“Ya Allah! Ampunilah almarhumah (jenazah), berilah Dia rahmatMu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan ia dengan air, salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran. Gantikanlah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga (atau istri di surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya) dan masukkan dia ke surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

Nah, itu lah beberapa bacaan Doa Ziarah Kubur yang nantinya bisa di lakukan oleh para penziarah. Silahkan hafalkan saja doanya agar nantinya kita akan bisa senantiasa mengirimkan doa kepada kerabat kita yang telah meninggal dunia.

Artikel Terkait